tanda hamil 1 bulan

Tanda Hamil 1 Bulan: Ciri – Ciri Pada Trimester 1 Yang Harus Bunda Tahu

Selamat untuk kehamilannya, Bunda! Kenali tanda hamil 1 bulan, ciri - cirinya, berikut gejala awalnya. Apa saja perubahan yang terjadi pada diri Bunda selama beberapa minggu ke depan.

 

Kebanyakan kita berpikir masa kehamilan berlangsung selama 9 bulan, namun ternyata usianya sebenarnya 40 minggu, Bun.

 

Terhitung sejak bulan terakhir Bunda mengalami menstruasi, itu adalah awal kehamilan Bunda yang Bunda sudah dapat diprediksikan. Nah, masa kehamilan dibagi menjadi 3 tri semester, masing-masing tri semester lamanya tiga bulan. Apa sih gejala awal kehamilan dan yang terjadi pada perut Bunda di bulan pertama? Ini dia bahasannya.

 

10+ Tanda Hamil 1 Bulan Yang Sering Bunda Rasakan

Kehamilan di bulan pertama biasanya memiliki ciri - ciri yang mirip dengan gejala menstruasi, Bun. Perbedaannya sangatlah sedikit antara PMS dan kehamilan. Karena gejala kehamilan ini muncul secara perlahan dan tidak langsung ketahuan, Bunda perlu lebih teliti dalam menyadarinya. Lakukan pemeriksaan test pack untuk hasil yang lebih akurat dan pasti.

 

tanda hamil 1 bulan

Ciri - Ciri Kehamilan 1 Bulan: Gejala dan Perubahan Bentuk Tubuh

 

Gejala dan Ciri - Ciri

Berikut kami rangkum khusus untuk Bunda, ciri - ciri kehamilan bulan pertama:

 

1. Bunda Mudah Lelah

Pada kehamilan bulan pertama akan ditandai dengan kondisi tubuh Bunda mudah lelah. Perubahan hormon esterogen dan progesteron menyebabkan tubuh kelelahan. Karena masih gejala awal, seringkali banyak wanita tidak menyadarinya, karena dikira kelelahan biasa akibat aktivitas fisik.

 

2. Ukuran Payudara Membesar

Tanda hamil 1 bulan yang terjadi ialah kondisi fisik pada payudara dan badan. Pada payudara, akan lebih terasa lembut dan membesar. Selain payudara yang bengkak, teksturnya juga akan menjadi lunak dan sensitif, Bun. Tanda atau ciri ini mirip saat mau menstruasi. Sehingga terkadang banyak perempuan menganggap ini gejala mau haid.

 

Ciri payudara membesar ini merupakan gejala penting yang sebagai tanda kalau Bunda sedang hamil.

 

3. Sering Mual

Gejala kehamilan berikutnya Bunda akan sering merasa mual atau juga morning sickness. Kondisi ini diakibatkan meningkat hormon kehamilan atau sering disebut Human chorionic gonadotropin (HCG). Berdasarkan hasil survey, terdapat 80% wanita yang PASTI mengalami morning sickness atau mual pada masa awal kehamilan. Kondisi mual ini memang mirip dengan masuk angin, dan beberapa wanita sering tidak sadar bahwa dia mengalami ciri hamil.

 

Pada fase ini, Bunda akan sering muntah - muntah pada pagi hari, tetapi tidak mengeluarkan muntah. Mirip seperti masuk angin. Jaga kondisi kesehatan Bunda dengan minum - minuman herbal atau minuman hangat untuk menyembuhkan rasa mual yang timbul.

 

5. Sakit Pada Pinggang Bagian Bawah

Bunda juga akan mengalami sakit pada pinggang bagian bawah secara tiba - tiba. Hal ini akan terus terjadi hingga proses kehamilan selesai dan si Kecil telah lahir dengan selamat. Gejala ini normal dan sering terjadi, karena terjadinya perubahan postur tubuh Bunda, dan berat badan bertambah.

 

6. Sering Buang Air Kecil

Wanita yang sedang hamil akan lebih sering buang air kecil, dikarenakan terdapat tekanan pada rahimnya. Meskipun Bunda jarang minum air, tetap hal tersebut akan terjadi. Demi kesehatan sang buah hati, Bunda jangan menahan - nahan perasaan buang air kecil ya!

 

7. Perut Kram dan Muncul Bercak (Flek)

Kondisi awal - awal kehamilan 1 hingga 4 minggu, perut Bunda akan kram dan muncul flek hingga darah, mirip gejala haid. Ciri ini memang sangat mirip dengan menstruasi, Bun. Kontraksi pada janin sama seperti haid dan menyebabkan darah keluar dan perut Bunda akan kram.

 

Seringkali wanita salah ketika juga dibarengi adanya bercak darah di hari - hari awal. Padahal itu merupakan ciri Bunda sedang hamil muda. Padahal itu bukan darah haid, tetapi terjadi disebut blastocyst, yang ialah fase awal pertumbuhan struktur janin dalam kandungan.

 

Gejala Hamil 1 Bulan Mirip PMS

8. Indra Penciuman Bertambah Tajam

Saat sedang hamil muda, penciuman Bunda akan menjadi sensitif. Yang pada biasanya ketika sedang tidak hamil, seseorang tidak suka pada yang memiliki bau tajam, jengkol atau durian. Namun, ketika sedang hamil, hal tersebut bisa menjadi biasa saja. Atau bahkan, bau yang tadinya biasa, menjadi tidak biasa dan tidak mengenakkan.

 

Hal ini wajar terjadi ya, Bun. Mengingat bahwa merupakan tanda Bunda sedang hamil muda.

 

9. Terlambat Haid atau Menstruasi

Ciri ini merupakan kelanjutan dari Bunda yang tadinya sering mual - mual dikira masuk angin biasa. Kemudian juga muncul gejala bercak darah seperti haid. Cek kalender menstruasi ya Bun. Jika Bunda telah terlambat haid 1 minggu, bisa jadi, Bunda sedang hamil.

 

Periksakan kondisi Bunda ke dokter atau bisa juga dengan test pack atau alat kehamilan lainnya.

 

10. Sering Merasa Lapar

Ketika sedang hamil, pemilik tubuh bukanlah Bunda seorang. Janin dalam rahim Bunda juga membutuhkan asupan makanan. Maka dari itu, bunda menjadi sering lapar. Kondisi ini sering salah sangka, dikira mirip dengan menstruasi atau PMS, Bun.

 

Karena Bunda sedang berbagi organ dan tubuh dengan janin di rahim, otak mengirimkan hormon lapar. Hal tersebut bertujuan supaya si janin terpenuhi asupan gizinya dan sehat terus ya, Bun.

 

11. Sering Sakit Kepala

Apakah Bunda sering migrain dari pada biasanya akhir - akhir ini? Jika frekuensinya lebih sering, perlu diperhatikan ya Bun. Migrain terjadi pada awal kehamilan dan biasanya akan hilang ketika menjelang kelahiran. Migrain yang Bunda rasakan terjadi karena darah banyak dialirkan ke tubuh, termasuk juga ke kepala, hingga terjadinya tekanan pada saraf kranial, yakni saraf untuk motorik, sensorik, hingga, otonom.

 

Masa Perkembangan Janin di Bulan ke - 1

Pada 4 minggu pertama, telur yang menempel pada saluran uterus Bunda mulai berkembang, membentuk mata dan wajah pada embrio, walaupun belum menyerupai tubuh bayi. Plasenta yang berfungsi membawa nutrisi untuk si kecil dan kantung ketuban yang membantu melindungi si kecil mulai terbentuk. Pada minggu ke-5 hingga ke-7, keajaiban pertama terjadi. Tali pusar yang menghubungkan antara darah Bunda dan si kecil pun mulai terbentuk. Organ tubuh si kecil yang juga mulai berkembang adalah:

  • Sistem Peredaran Darah
  • Jantung
  • Saraf Tulang Belakang
  • Organ Dalam
  • Otak

Embrio berkembang dari hari ke hari terutama pada kaki dan tangannya walau ukurannya masih sangat kecil—berkisar pada setengah inci saja.

 

 

Yang Bunda Rasakan Bulan Pertama Kehamilan

Apa saja ya yang terjadi pada tubuh Bunda di bulan pertama masa kehamilan? Permulaan kehamilan adalah sebuah konsep. Pada 14 hari pertama semenjak masa menstruasi Bunda dimulai, telur mulai berjalan ke saluran fallopi. Bila telur difertilisasi, sel-sel yang terbentuk ketika telur bertemu dengan sperma mulai berlipat ganda. Pada beberapa minggu berikutnya, si kecil mulai berkembang.

 

Walaupun terjadi begitu banyak hal pada beberapa hari pertama, tubuh Bunda tidak terlihat jauh berbeda dari luar. Di kehamilan bulan pertama, Bunda bisa mengalami kenaikan berat badan, atau malah berkurang karena hilang nafsu makan dan kurang enak badan. Bila saat seperti ini tiba, Bunda dapat mengambil tes kehamilan. Tanda pertama yang menyadarkan Bunda kalau Bunda sedang hamil biasanya telat datang bulan atau nyeri dada yang Bunda rasakan.

 

 

Bunda Tahu, Tidak?

Beberapa wanita mengalami sedikit pendarahan pada masa hamil mudanya. Bila hal ini terjadi, jangan sungkan untuk memberitahu dokter kandungan Bunda agar mendapat saran dan penanganan secepatnya.

 

 

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Halo Ayah! Ketika istri sedang menyandang status Mom-to-be, bisa jadi ia menjadi lebih cepat lelah dan kurang enak badan. Pada bulan pertama masa kehamilannya, yuk bantu Bunda mendapatkan istirahat cukup dan makanan bergizi untuk menjaga kondisi tubuhnya tidak drop.

 

Lihat disini apa yang terjadi memasuki bulan ke-2 masa kehamilan Bunda

 

 

 

Related Posts

Tags: , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top