Hamil 2 Bulan – Perkembangan Janin Hingga Perubahan Tubuh - Cussons Baby Indonesia

Hamil 2 Bulan – Perkembangan Janin Hingga Perubahan Tubuh

Kini, Bunda hamil 2 bulan yang artinya telah memasuki tri semester pertama. Pada akhir tahap ini, si kecil dipastikan telah terbentuk dengan sempurna.

Orang-orang di sekitar Bunda mungkin tidak memperhatikan perubahan yang terjadi pada bentuk tubuh Bunda sekarang, namun pada minggu ke-12, kehamilan Bunda akan mulai terlihat. Di saat seperti ini, para calon ibunda biasanya akan menggunakannya momentum tersebut untuk memberitahukan kehamilan mereka kepada para kerabat dan sahabat-sahabatnya.

Apa Perubahan Yang Terjadi Pada Tubuh Bunda Saat Masa Hamil 2 Bulan?

Usia trimester satu kehamilan adalah masa – masa yang sangat membahagiakan untuk para calon Bunda baru. Bunda akan mulai membayangkan bagaimana ketika si Kecil lahir dan bermain bersama, sangatlah menyenangkan.

hamil 2 bulan

Hamil 2 Bulan: Perkembangan Janin Hingga Perubahan Tubuh

Pada masa ini, telah terjadi beberapa perubahan pada Bunda, demikian juga bentuk tubuh Bunda. Berat badan Bunda akan berkurang, karena asupan gizi Bunda telah terbagi dengan calon bayi di kandungan. Pada masa kehamilan 1 – 3 bulan ini, Bunda hanya akan bertambah berat badan sebanya 1 – 2 kilogram. Sangat sedikit. Konsumsilah lebih banyak asupan gizi, setidaknya berat badan Bunda harus meningkat sebanyak minimal 11 kilogram demi kesehatan calon bayi.

Baca Juga : Apa Itu Baby Blues? Penyebab & Cara Mengatasinya

Pada masa hamil 2 bulan Bunda akan sering mengalami kelelahan. Terutama mual, muntah, dan morning sickness pada pagi hari akan sering terjadi. Hal tersebut normal terjadi saat masa – masa awal kehamilan karena pengaruh hormon yang berubah. Bunda juga akan mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Lalu, sering buang air kecil juga merupakan gejala awal yang dirasakan ketika sering sedang hamil.

Cara mengurangi mual atau morning sickness pada pagi hari ialah dengan menghindari makanan dan minuman yang memiliki aroma tidak sedap atau terlalu menyengat/kuat, seperti kopi. Lebih banyak minum air putih dan dianjurkan pakai pakaian yang lebih longgar. Hindari melakukan aktivitas yang berlebih, tetapi usahakan untuk tetap melakukan aktivitas – aktivitas ringan sebagai pengalih fokus Bunda.

Faktor psikologis juga tidak ketinggalan akan berubah saat bunda telah memasuki masa kehamilan trimester pertama ini. Mood atau perasaan bakalan cepat berubah. Kondisinya mirip ketika bunda akan PMS, bahkan lebih parah. Beberapa wanita, tidak semua, akan merasakan sakit dan kembung pada ulu hatinya. Rambut dan kuku Bunda juga akan lebih cepat tumbuh karena hormon yang meningkat seperti penjelasan diawal.

Baca Juga : Pentingnya Perawatan Kulit Bayi untuk Menjaga Kelembabannya

Ciri – Ciri Kehamilan Pada Usia Dua Bulan

Pada masa hamil 8 minggu atau bulan ke dua ini Bunda juga harus mengetahui bahwa volume darah meningkat sebanya 40 – 50% dari biasanya. Hal tersebut berpengaruh pada perubahan warna kulit, yaitu puting payudara/areola Bunda akan berwarna gelap. Ditambah lagi, payudara Bunda akan semakin membesar, menjadikan Bunda harus menggunakan bra yang lebih besar juga.

Bunda yang telah mengalami beberapa gejala awal diatas, yuk cari tahu lebih lagi ciri – ciri hamil 2 bulan berikut:

1. Morning Sickness atau Nausea

Gejala awal kehamilan yang paling terlihat ialah, mual dan muntah pada pagi hari.Pada masa kehamilan, sangatlah normal dan berbuah positif ketika mengalami morning sickness. Artinya, selalu, bahwa si Kecil dalam kandungan berada dalam kondisi sehat.

2. Mood Swing

Terjadi perubahan perasaan yang sangat cepat. Kenapa begitu? Hal tersebut terkait dengan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh Bunda yang semakin meningkat karena Bunda sedang hamil. Bagaimana mengatasinya? Banyak – banyaklah berpikir positif, Bun. Kondisikan juga perasaan Bunda dengan pasangan.

3. Payudara serta areola membesar

Bunda akan membutuhkan bra baru dengan ukuran yang lebih besar ketika sedang hamil. Payudara serta puting Bunda akan membesar, lebih lembut, hingga menjadi sangat sensitif ketika disentuh.Hal tersebut wajar terjadi, karena tubuh Bunda sedang mempersiapkan diri menjadi seorang Ibu Baru.

4. Perut Kembung

Kenapa perut kembung tanda hamil? Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron pada tubuh Bunda saat sedang hamil. Akibatnya, otot pada perut dan pencernaan mengalami yang disebut relaksasi. Bunda jadinya juga merasakan perasaan perut seperti penuh.Hindari makanan yang mengadung gas tinggi dan kolesterol tinggi ya Bun. Seperti kopi dan mie instan.

Masa Perkembangan Buah Hati di Bulan ke – 2

Pada usia kehamilan 2 bulan, Bunda sudah memasuki minggu ke – 5. Berikut beberapa perubahan janin yang terjadi pada tiap minggunya.

Usia Hamil 5 Minggu

Memasuk kehamilan 2 bulan atau minggu ke-5, ukuran janin telah mencapai 4 sampai 5 sentimeter. Janin telah membentuk sistem peredaran darah dasar serta organ jantung. Kemudian pada bulan ke – 2 ini telah tumbuh bakal tangan & kaki, otak, saraf, dan bakal sumsum tulang belakang.

Pada kehamilan minggu ke 5 ini plasenta telah terbentuk.

Usia Hamil 8 Minggu

Di minggu ke 7 hingga 8, embrio mulai membentuk janin dibandingkan di minggu-minggu sebelumnya, ekornya pun akan menghilang, walaupun si kecil masih berukuran begitu kecil. Mulai dari bagian tubuh luar si kecil hingga ke organ dalamnya, terutama otak dan paru-parunya akan mulai berkembang.

Pada minggu ke 7 – 8 ini, jantung si kecil telah terbentuk. Kemudian pada bentuk lengannya juga sudah terdapat sikunya. Pada bagian muka, seperti mata, telinga, hati, bibir, hingga kelopak mata mulau berbentuk pada minggu ini.

Usia Hamil 9 minggu

Di minggu ke-9, wajah si kecil, terutama bagian mulut dan lidahnya, juga terbentuk. Selanjutnya, di minggu ke-10, tangan, telinga dan hidung si kecil juga mulai terbentuk. Jemari dan kakinya yang semula berselaput, kini akan terpisah sedikit demi sedikit.

Usia Hamil 12 Minggu

Pada bulan ke-12, ia akan terbentuk secara sempurna dengan ukuran 5,4 sentimeter. Tulang si kecil juga mulai mengeras. Menakjubkan bukan, Bun? Pada masa ini, begitu banyak perkembangan yang terjadi. Si kecil kini mulai dapat berpindah tempat sedikit demi sedikit, walaupun Bunda belum dapat begitu merasakannya.

Yang Bunda Rasakan Hamil 2 Bulan

Kebanyakan ibunda merasa penciumannya lebih sensitif dan mudah mual mencium bau tertentu, terutama yang menyengat. Beberapa calon ibu juga merasa moody. Kantung plasenta yang membawa nutrisi untuk si kecil juga makin berkembang.

Baca Juga : Hindari Dehidrasi pada Kulit Bayi, Pastikan Sabunnya Lembut dan Menyehatkan

Bunda Tahu, Tidak?

Jantung si kecil terbentuk dengan sempurna ketika ia memasuki minggu ke-10, detak jantungnya pun jauh lebih cepat dibandingkan denyut jantung Bunda—180 detak per menit.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Ayah, yuk lebih peka terhadap perubahan mood Bunda dan jadilah lebih sabar ketika Bunda mulai mengidam. Di waktu luang, ajak Bunda untuk berolahraga ringan seperti berjalan-jalan atau jogging, ini akan membantu emosi Bunda lebih stabil.

Kini Bunda akan segera melewati masa tri semester pertama.

 

Baca Sebelumnya:

Hamil 1 Bulan: Ciri – Ciri Hamil Muda Minggu Pertama

Baca Selanjutnya:

Hamil 3 Bulan: Perkembangan Janin dan Pantangan

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: