Bayiku Prematur, Apakah Kesehatan Kulitnya Berbeda?

Bunda mungkin memiliki banyak pertanyaan mengenai cara yang paling tepat untuk merawat bayi yang terlahir prematur. Khususnya untuk kulit bayi premature yang lebih sensitif dibandingkan bayi normal.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum hari perkiraan lahir (HPL) atau sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu. Karena lahir terlalu cepat, organ tubuh bayi prematur belum dapat berfungsi secara optimal, tak terkecuali kulitnya.

Baca Juga : Infografik Cussons Baby : Mandi Seru Untuk Kulit Bayi Baru Lahir

Perbedaan Kulit Bayi Prematur dengan Bayi Lahir Cukup Bulan

Dibandingkan bayi lahir cukup bulan, kulit bayi prematur lebih tipis dan sensitif. Bahkan, karena sangat tipis, kulit bayi prematur terkadang akan tampak kemerahan dan tembus pandang.

Tak hanya itu, bayi prematur juga memiliki lebih sedikit jaringan lemak di bawah kulitnya. Hal ini membuat kulit bayi prematur mudah kehilangan kelembapan, menjadi kering, dan pecah-pecah.

Karena kulitnya cenderung sensitif dan kering, bayi prematur pun rentan mengalami masalah kesehatan. Ia lebih mudah mengalami iritasi kulit atau bahkan terinfeksi berbagai kuman penyebab penyakit.

Bunda tidak perlu khawatir bila Si Kecil lahir prematur. Bunda hanya perlu menjaga kesehatan kulitnya dengan tepat. Selain itu, Bunda juga perlu cermat dalam memilih produk perawatan kulit yang sesuai untuk menghindarkan kulitnya dari berbagai macam masalah kesehatan.

Baca Juga : Pentingnya Perawatan Kulit Bayi untuk Menjaga Kelembabannya

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi Prematur

Kulit bayi prematur jauh lebih sensitif karena perkembangannya belum sempurna. Lapisan lemak dan cairan di bawah kulit masih sangat sedikit. Untuk itu, Ayah dan Bunda permu memperhatikan asupan cairan yang cukup agar kulitnya selalu sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan kulit bayi prematur yang dapat Bunda terapkan sehari-hari:

  • Berikan asupan cairan yang cukup

Kulit bayi prematur sangat mudah kehilangan kelembapan, terlebih bila ia kekurangan cairan tubuh dan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, Bunda disarankan rutin menyusui Si Kecil setidaknya selama 20 menit setiap 2–3 jam, guna mencegah terjadinya dehidrasi sekaligus menjaga kesehatan kulitnya.

  • Hindari memandikan bayi terlalu sering

Sebenarnya, bayi tidak perlu dimandikan setiap hari, terlebih jika ia lahir prematur. Memandikan bayi prematur terlalu sering justru dapat membuat kulitnya semakin kering dan meningkatkan risiko ia terkena hipotermia. Oleh karena itu, Bunda disarankan memandikan Si Kecil dengan air hangat 1–3 kali saja setiap minggunya.

Sementara itu, untuk bagian-bagian tubuh yang mudah mengalami iritasi, seperti wajah, leher, dan area sekitar popok, Bunda dapat membersihkannya setiap hari secara perlahan menggunakan kain yang telah dicelup ke dalam air hangat.

  • Pilih sabun mandi yang aman untuk bayi prematur

Bunda memang boleh memandikan Si Kecil, tapi Bunda tetap harus cermat dalam memilih produk sabun mandi yang digunakan. Pasalnya, beberapa jenis bahan kimia yang terkandung di dalam sabun mandi bisa saja mengiritasi kulit bayi yang premature.

Oleh karena itu, gunakanlah sabun mandi khusus bayi yang memiliki pH seimbang, tidak mengandung pewarna, serta telah diformulasikan khusus agar tidak pedih di mata.

Agar lebih mudah, pilihlah produk sabun mandi bayi yang memiliki label ‘hypoallergenic tested’. Sabun mandi bayi dengan label ini dinilai memiliki risiko yang lebih rendah untuk menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit bayi dibandingkan produk sabun lainnya.

  • Jaga kelembapan kulit bayi

Berikan perawatan kulit yang lebih intensif untuk si Kecil yang lahir prematur. Menjaga kelembaban kulit adalah kunci penting agar kulitnya tumbuh sehat.

Baca Juga : Kenali Keajaiban si Chamomile yang Bisa Bikin Kulit Bayi Makin Sehat

Setelah Si Kecil selesai dimandikan, Bunda bisa mengoleskan krim atau lotion tambahan untuk mengunci kelembapan kulitnya, terutama di bagian tubuh mudah kering dan pecah-pecah, seperti siku, leher, lutut, dan tumit.

Sama seperti saat memilih sabun mandi, Bunda sebaiknya memilih krim atau lotion dengan pH seimbang, tidak mengandung zat iritatif, seperti pewarna dan alkohol, dan memiliki label hypoallergenic tested.

Bila perlu, pilihlah krim atau lotion dengan kandungan bahan alami, seperti minyak zaitun dan bunga chamomile. Minyak zaitun dapat memberikan kelembutan ekstra pada kulit, sedangkan chamomile diketahui mampu meredakan iritasi yang terjadi pada kulitnya.

  • Gunakan detergen khusus bayi

Detergen yang Bunda gunakan untuk mencuci pakaian ternyata juga dapat memengaruhi kondisi kulit Si Kecil, lho. Jadi, Bunda juga perlu berhati-hati dalam memilih detergen untuk mencuci pakaian Si Kecil.

Bunda sebaiknya memilih detergen pakaian khusus bayi yang memiliki pH seimbang dan tidak mengandung zat pemutih. Detergen jenis ini diketahui lebih aman untuk kulit bayi, terlebih kulit bayi prematur yang sangat sensitif.

Meski terkesan mudah, berbagai cara merawat kulit bayi prematur di atas perlu Bunda lakukan secara hati-hati dan konsisten setiap harinya agar kesehatan kulit Si Kecil dapat terjaga secara optimal.

Namun, bila kulit Si Kecil menunjukkan tanda-tanda iritasi, seperti muncul ruam dan terlihat bersisik, bahkan mengelupas, meski Bunda telah menerapkan semua cara merawat kulit bayi prematur di atas, sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai bagi Si Kecil.

Reviewed by dr. Sienny Agustin

Referensi:

Lee, J., Lee, Y., Park, H. (2018). Effecs of Bathing Interval on Skin Condition and Axillary Bacterial Colonization in Preterm Infants.

Mayo Clinic (2022). Baby Bath Basics: A Parent’s Guide.

Bonicelli, J. & Hertzfeldt, M. Baby Center (2021). Best Baby Lotions. Dubinsky, D. Baby Center (2020). Dry Skin in Babies and Children.

Sinrich, J. Healthline (2021) The 7 Best Baby Lotions, According to Dermatologists. Higuera, V. Healthline (2019). What is Mild Soap and When Should I Use It?

Cherney, K. Healthline. Skin Problems in the Premature Baby.

Haas, E. Parents (2020). Baby Skincare Basics All First-Time Parents Should Know. Raising Children Australia (2019). Your Premature Baby’s Appearance.

Murray, D. Verywell Family (2021). Taking Care and Protecting a Premature Baby’s Skin.

Murray, D. Verywell Family (2020). How Long It Takes to Breastfeed a Baby. Davis, J. WebMD (2021). Baby Skin Care: Tips for Your Newborn.

Parker, S. WebMD (2021). Your Newborn’s Skin and Rashes. WebMD (2021). Olive Oil: Safe to Massage a Baby?

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!