Pentingnya Menciptakan Zona Nyaman untuk Bayi Baru Lahir, Bagaimana Caranya?

Keperluan bayi baru lahir harus bisa difasilitasi dengan baik. Hal ini dapat mendukung proses perawatan dan pertumbuhan si kecil yang lebih optimal. Selain itu, pemenuhan keperluan bayi juga harus mendukung kenyamanannya agar lebih happy dan yidak mudah stress.

Secara teori, zona nyaman atau comfort zone adalah kondisi psikologi di mana manusia merasa familiar dengan lingkungan sekitarnya. Rasa familiar tersebut tercipta dari perasaan mengenal, nyaman, dan bisa mengontrol kondisi di sekitarnya.

Salah satu hal penting untuk keperluan bayi yang baru lahir adalah zona nyaman. Terutama untuk tumbuh kembangnya. Bayi baru lahir memiliki tantangan besar untuk mengenali dunia baru di sekitarnya setelah sembilan bulan terlindung di dalam kandungan Bunda.

Dalam proses adaptasi tersebut, dibutuhkan peran Ayah dan Bunda untuk membuat si Kecil familiar dan merasa nyaman. Inilah mengapa orang tua merupakan comfort zone pertama dalam hidup bayi.

Baca Juga : 5 Cara Seru Ciptakan Momen Mandi Bayi Baru Lahir, Bisa Bikin Mereka Makin Pintar, Lho!

Perhatikan Keperluan Bayi Baru Lahir Untuk  Menciptakan Zona Nyaman Keperluan bayi baru lahir

Pentingnya zona nyaman untuk si kecil agar mereka merasa nyaman saat beradaptasi dan mempelajari lingkungan di sekitarnya.Perasaan nyaman merupakan salah satu faktor penting tumbuh kembang bayi yang optimal. Kenapa, sih?

Para ahli setuju bahwa saat merasa nyaman, bayi akan lebih percaya diri untuk mempelajari lingkungan sekitarnya. Tubuhnya juga akan lebih rileks, sehingga tubuhnya selalu dalam kondisi optimal dan otaknya lebih mudah menyerap informasi baru yang didapatkan.

Profesor Francis McGlone, Ahli Neuroscience Liverpool J.M. University mengatakan bahwa sentuhan orang tua adalah hal pertama yang dipelajarinya saat baru lahir. Dari sentuhan, bayi akan berusaha mengenali suara dan aroma orang tuanya, serta melihat wajah orang tua.

Semua informasi yang memasuki indra pertama kali akan diproses sebagai sesuatu yang akan dicarinya ketika membutuhkan. Contohnya saat merasa tidak nyaman dan lapar.

Dengan adanya kontak pertama yang nyaman, si Kecil akan merasa percaya diri untuk mempelajari hal baru lebih luas lagi. Setelah berkenalan dengan Bunda, mereka akan berkenalan dengan Ayah lewat gendongan lembutnya sesaat setelah berinteraksi dengan Bunda.

Setelah indranya mulai menerima banyak stimulasi, secara insting, Ia akan lebih mudah mengenali orang-orang di sekitarnya. Perlahan, Ia akan menyadari bahwa selain orang tua, Ia dikelilingi oleh saudara, udara, cahaya, bahkan hewan peliharaan dan mainan.

Sejak hari pertamanya lahir, bayi sudah siap mempelajari dunia di sekitarnya. Hal ini terlihat dari respons yang tercipta dari stimulasi yang Ia terima. Contohnya menatap saat diajak berbicara atau bersikap waspada ketika mendengar suara asing.

Penjelasan di atas memperlihatkan bahwa menciptakan zona nyaman untuk bayi dapat mendukung tumbuh kembangnya. Dengan memberikan kenyamanan, respons tubuh dan indra si Kecil terhadap hal asing akan lebih positif. Sehingga, si Kecil lebih responsif dan cepat menyerap pelajaran baru yang didapatkannya. 

Baca Juga : Cara Jitu Memilih Tisu Basah untuk Bayi yang Tepat Demi Kulit Sehatnya

Lalu, apa saja sih keperluan bayi baru lahir yang harus Ayah dan Bunda siapkan agar merasa nyaman dengan lingkungan sekitarnya?

1. Menciptakan bonding erat sejak hari pertama dilahirkan

Bonding atau hubungan yang erat antara Ayah, Bunda, dan bayi merupakan pelajaran besar pertama saat si Kecil dilahirkan.

Para Ahli setuju bahwa bonding antara orang tua dan anak harus dilakukan sejak detik pertama bayi dilahirkan untuk mengaktifkan indra-indranya, serta memberikan kenyamanan pertama untuk mendukung tumbuh kembang.

Sesaat setelah Bunda melahirkan, disarankan untuk langsung melakukan first bonding dengan menaruh si Kecil di dada. Biarkan Ia mengenali sentuhan, aroma, dan suara lembut Bunda di detik pertamanya di dunia. Hal ini akan membuat indra-indranya “menyala” dan otaknya terstimulasi.

2. Menciptakan zona aman di sekitar bayi

Keperluan bayi baru lahir

Alat makan yang bersih dan terbuat dari plastik adalah contoh dalam menjaga keamanan lingkungan di sekitar si Kecil. Sehingga, mereka tidak mudah terluka dan bebas dalam mengeksplorasi sekitarnya.

Zona nyaman untuk bayi baru lahir tidak hanya pelukan orang tuanya. Tapi, juga kondisi lingkungan sekitar.

Untuk itu, Ayah dan Bunda harus memastikan zona aman untuk si Kecil. Dimulai dari kamar yang aman dan baby friendly. Contohnya dengan menjauhkan benda-benda berbahaya dari jangkauan si Kecil, menggunakan pembatas tempat tidur bayi, serta menghindari paparan suara keras dan benda kasar dari bayi yang baru lahir.

Ayah dan Bunda juga bisa menyiapkan perlengkapan bayi yang aman untuk si Kecil. PIlihlah baby crib yang aman untuk si Kecil. Lengkapi juga perlengkapan tidurnya dengan selimut yang lembut. Ayah dan Bunda juga bisa memberikan teman kepada bayi sejak kecil. Seperti boneka yang menemani tidurnya setiap malam.

Ingat, ya, Ayah dan Bunda, bayi baru lahir masih sangat sensitif dengan permukaan dan suara. Mereka memerlukan adaptasi lebih lanjut terhadap sesuatu yang membuat dirinya merasa sakit atau kaget.

Dengan menciptakan zona aman, si Kecil pun akan merasa nyaman dan percaya diri untuk mengeksplorasi dunia pertamanya.

3. Izinkan bayi mengeksplorasi lingkungannya sejak dini

Meskipun harus menciptakan zona amannya, Ayah dan Bunda harus tetap mengizinkan si Kecil untuk mempelajari lingkungan sekitarnya dengan bebas. Salah satu caranya adalah dengan memperluas zona aman dan zona nyamannya.

Pastikan si Kecil berada dalam pengawasan Ayah dan Bunda ketika belajar dan bermain. Ada baiknya, dampingi bayi untuk berkenalan dengan hal baru sejak usianya masih dini.

Eksplorasi yang luas sejak dini membuat rasa ingin tahu bayi lebih aktif dan responsif. Mereka akan tergugah untuk terus belajar yang baik untuk stimulasi otaknya. Selain itu, pendampingan orang tua saat Ia memperluas eksplorasinya pun memberikan keyakinan kepadanya bahwa dunianya aman dan nyaman dan Ia bebas untuk berkembang.

4. Berikan perawatan terbaik untuk eksplorasi yang nyaman

Terakhir, pastikan memenuhi keperluan bayi baru lahir dengan perawatan yang sesuai dengan lifestage-nya.

Hal ini disebabkan oleh kondisi kulit bayi yang perlu adaptasi. Produk yang ditujukan untuk bayi pada lifestage tertentu biasanya sudah disesuaikan dengan kondisi kulitnya. Sehingga, tingkat kelembutannya pun sesuai dan si Kecil bebas dari iritasi seperti ruam dan kulit memerah.

 Cussons Baby Newborn Series adalah pilihan yang baik untuk merawat kulit bayi baru lahir sesuai dengan kebutuhan dan lifestage-nya.

 

Cussons Baby Newborn Series dapat menjadi pilihan Ayah dan Bunda dalam memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembangnya.

Di tengah pertumbuhannya yang cepat, bayi baru lahir memerlukan kenyamanan holistik, tidak hanya dari kondisi lingkungan di sekitar dan kasih sayang Ayah dan Bunda, tapi juga kulit yang sehat.

Hadir dalam tiga varian produk, di antaranya Cussons Baby Newborn Hair & Baby Wash. Cussons Baby Newborn Baby Cream, dan Cussons Baby Newborn Lotion, rangkaian ini dapat menjadi teman Ayah dan Bunda dalam mengawal tumbuh kembang bayi sejak baru lahir.

Kandungan Pure Water, Natural Chamomile, dan Organic Olive Oil memberikan perawatan yang aman untuk kulit si Kecil. Didukung dengan Hypoallergenic Tested dan pH seimbang, kulit si Kecil akan nyaman sepanjang hari dan siap untuk mengeksplorasi dunia sejak hari pertamanya.

 

Reference: 

Babies and safety

Children and “comfort zones”

Understanding Kids’ Comfort, Growth, and Blackout Zones

Can You Grow In Your Comfort Zone?

Child development 0–3 months

Parenting tips for the first two years of life

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!