Manfaat Hair Oil, Shampoo, dan Hair Lotion Serta Cara Penggunaannya

Semua orang tua pasti mendambakan rambut si kecil terawat dan tebal. Penting untuk rutin melakukan perawatan rambut bayi sejak baru lahir. Beberapa bayi lahir dengan rambut yang sedikit atau tipis. Bisa disebabkan oleh faktor keturunan, atau kurangnya asupan nutrisi yang merangsang pertumbuhan rambut pada janin saat dalam kandungan. Namun bunda tak perlu khawatir, biasanya rambut bayi akan tumbuh lebat seiring dengan  bertumbuhnya usia .

Agar rambut si kecil tumbuh sehat dan lebat, keramas saja belum cukup ya bunda.  Lalu bagaimana cara agar rambut bayi bisa sehat dan lebat?  Si kecil juga memerlukan rangsangan nutrisi yang baik agar pertumbuhannya menjadi lebih sehat dan lebat.  Bunda juga perlu memakaikan Hair Oil dan Hair Lotion yang memang diformulasikan khusus untuk bayi.

Namun, tahukah Bunda perbedaan Hair Oil dan Hair Lotion? Sebentar lagi bunda akan akan dapat memahami tujuan dan cara pemakaiannya agar penggunaanya dapat lebih maximal untuk kesehatan rambut si kecil. Berikut beberapa rutinitas penting yang bunda harus perhatikan agar rambut si kecil tumbuh sehat dan indah.

 

Pentingnya Rutinitas Keramas Si Kecil Yang Benar

bayi keramas
Pentingnya membiasakan bayi keramas secara rutin. Gunakanlah sampo bayi yang aman dan tidak pedih di mata

Produk perawatan si kecil tentunya berbeda dengan yang digunakan orang dewasa ya bunda. Pililah Shampo yang diformulasikan khusus untuk bayi, karena kulit kepala bayi yang masih lembut dan helai rambut yang masih halus. Pilihlah yang mengantung bahan-bahan alami yang aman untuk menjaga kelembapandan menyuburkan rambut si kecil.

Shampoo khusus bayi juga biasanya dilengkapi dengan formula yang tidak pedih di mata sehingga sangat aman untuk si kecil. Jangan terlalu sering mengkeramasi si kecil ya bunda, karena akan menguras kelembapan alami rambutnya dan membuat rambutnya jadi kering.

Baca Juga: Perlukah Bayi Keramas Setiap Hari?

Pilihlah shampo bayi dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Apabila ingin rambut si kecil tumbuh lebih lebat, bunda dapat memilih Shampo bayi yang mengandung minyak kelapa dan seledri. Apabila rambut si kecil sudah banyak dan bunda ingin rambutnya lebih hitam dan berkilau, bunda dapat memilih shampoo bayi yang mengandung kemiri.

 

Manfaat Hair Oil dan Hair Lotion

manfaat hair oil dan lotion
Apa saja manfaat dari hair oil dan hair lotion? Apa perbedaan dari keduanya?

Merawat rambut bayi tidak cukup hanya dengan keramas teratur. Agar tumbuh lebih lebat dan indah, bunda juga perlu merawatnya dengan memberikan Hair Oil dan Hair Lotion  secara teratur.Hair Oil  dan Hair Lotion biasanya mengandung bahan-bahan alami  bernutrisi yang aman untuk kulit dan rambut bayi yang masih sensitif, tidak mengandung alkohol dan kaya pelembab.

Terdapat perbedaan Hair Oil dan Hair Lotion dari segi fungsi dan cara pemakaiannya, namun keduanya sama-sama diperkaya kandunggan-kandungan alami yang bagus untuk menunjang pertumbuhan rambut si kecil.

Sekarang ini banyak sekali varian perawatan rambut bayi yang tersedia di pasaran. Varian itu biasanya bergantung kepada bahan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Bunda dapat memilih berbagai jenis Hair Oil dan Hair Lotion yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan si kecil.  Berikut berbagai macam kandungan alami yang sangat baik untuk menutrisi dan menjaga pertumbuhan rambut bayi yang lebih sehat, antara lain:

  • Candle Nut (kemiri), fungsinya untuk mengkilaukan dan menghitamkan rambut.
  • Celery (Seledri), fungsinya untuk menyuburkan dan menebalkan rambut
  • Coconut Oil (Minyak Kelapa), membuat kulit kepala lebih sehat dan merangsang pertumbuhan rambut agar lebih sehat, cepat, dan lembut
  • Aloe Vera (Lidah Buaya), berfungsi untuk melembutkan dan menguatkan rambut yang sudah tumbuh
  • Almond Oil (Minyak Almond), sangat baik untuk menjaga kelembapan rabut agar rambut tumbuh lebih sehat dan berkilau.
  • Olive Oil (Minyak Zaitun) , banyak mengandung anti oksidan sangat baik untuk menjaga kelembapan rambut bayi agar tumbuh lebih sehat dan bersinar

Baca Juga: Minyak Kemiri: Manfaat Untuk Rambut Bayi dan Cara Membuatnya

Namun, sangat penting bagi  bunda untuk memahami  betul perbedaan hair oil dan hair lotion. Sekilas dari namanya memang mirip. Banyak bunda yang mengira bahwa hair lotion dan hair oil adalah sama. Namun, Hair Lotion dan Hair Oil punya fungsi dan cara pakai yang bebeda.

 

Perbedaan Hair Oil dan Hair Lotion

Hair Oil

Hair Oil, mengandung nutrisi yang kaya akan pertumbuhan rambut bayi. Texturnya biasanya oil-based. Contoh produk hair oil adalah mintak kelapa, minyak zaitun dan minyak kemiri. Tujuannya untuk membersihkan dan menutrisi kulit kepala dan akar rambut agar menstimulasi pertumbuhan rambut yang lebih lebat.

Cara menggunaan Hair Oil: gunakan 30 menit sebelum keramas, oleskan secara merata di seluruh kulit kepala bayi, lalu lakukan pijatan ringan. Lalu bilas bersih dan shampoo.

Bunda perlu melakukan rutinitas berkala memijat kulit kepala bayi menggunakan hair oil agar kebersihan kulit kepala bayi terjaga (terutama bayi yang memiliki malasah craddle cap). Kulit kepala yang kering pada bayi dapat menutup pori-pori dan meghambat nutrisi pada batang rambut bayi. Dengan rutin melakukan pijatan menggunakan Hair Oil, kulit kepala bayi lebih terjaga kebersihannya sehingga pertumbuhan lebih sehat, kuat, dan tidak mudah rontok.

beda hair oil dan lotion
Apa bedanya sampo, hair oil dan hair lotion? Bagaimana cara menggunakannya pada rambut bayi?

Hair Lotion

Hair Lotion, formulanya khusus  untuk bayi umumnya tidak mengandung alkohol dan diperkaya pelembab serta bahan-bahan alami bernutrsisi . Berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut agar tumbuh lebih lebat dan berkilau. Formulanya juga berfungsi untuk melembabkan batang rambut bayi supaya lebih lembut dan mudah diatur. Hair Lotion  juga berfungsi menghambat debu dan kotoran yang dapat membahayakan kulit kepala bayi.  Hair Lotion membantu merawat rambut dan melindungi kulit kepala si kecil dari cuaca panas maupun dingin. Mengoleskan hair lotion juga akan membuat rambut si kecil segar dan wangi sepanjang hari.

Selain perbedaan fungsi dan manfaatnya, yang terpenting untuk diingat mengenai perbedaan Hair Oil dan Hair Lotion adalah dari cara dan langkah pemakaiannya. Hair Oil dipakai sebelum keramas sedangkan Hair Lotion dipakai setelah keramas. Perbedaan lainnya adalaah dari segi texturnya, Hair Oil biasanya berbentuk lebih pekat dan oil-based, sedangkan Hair Lotion biasanya berbentuk lebih ringan dan cair karena tidak perlu dibilas kembali.

Cara menggunakan Hair Lotion: Setelah keramas, keringkan rambut bayi dengan handuk secara perlahan dengan cara menepuk-nepuk sampai tidak menetes, kemudian oleskan hair lotion secukupnya pada kulit kepala dan rambut bayi. Sisir dan lakukan styling seperti biasa. Bunda juga bisa menggunaan hair lotion sebagai produk styling yang aman untuk si kecil sebelum menguncir atau bermain dengan berbagai gaya rambut yang seru. Bunda tak perlu khawatir produk tersebut dapat merusak rambut si kecil , melainkan melindunginya.

Rambut adalah mahkota. Mau rambut si kecil tumbuh sehat dan kuat? Bunda pasti ingin rambut si kecil tak hanya wangi, tetapi juga bersih dan tumbuh dengan sehat.

Setelah mengetahui perbedaan Hair Oil dan Hair Lotion, bunda kini sudah tau kiat-kiat yang tepat yang harus dilakukan dalam rutinitas merawat rambut si kecil.   Bunda juga harus cermat dalam memiliih jenis kandungan produk perawatan rambut si kecil yang paling sesuai dengan kondisi rambut si kecil.Yuk rajin merawat rambut si kecil  sejak dini agar rambutnya tumbuh lebat dan kuat di kemudian hari!

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Temukan Kami:

Related Artikels