Minyak Kemiri: Manfaat Untuk Rambut Bayi dan Cara Membuatnya

Di Indonesia, kemiri memang sering ditemui di dapur untuk digunakan sebagai bahan masakan. Selain bahan masakan, Bunda juga sudah pasti tahu ya, bahwa kemiri sangat bermanfaat untuk perawatan rambut. Sebabnya, penggunaan kemiri untuk perawatan rambut sudah dipercaya sejak dahulu. Bahkan perawatan rambut dengan kemiri ini juga bisa diaplikasikan untuk rambut bayi. Nah, Bunda dapat mempelajari cara membuat minyak kemiri untuk rambut bayi berikut ini!

Kemiri, yang memiliki nama ilmiah Aleurites Moluccanus, merupakan tanaman berupa pohon yang banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis di pulau-pulau di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Buah dari pohon kemiri ini bentuknya mirip seperti kacang walnut. Di dalam buah kemiri terdapat satu hingga dua biji. Biji kemiri inilah yang selalu dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk untuk merawat rambut.

 Agar bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut, kemiri harus diolah terlebih dulu. Sebab, kemiri yang masih mentah mengandung saponin dan phorbol yang sedikit beracun. Biasanya kemiri diolah sedemikian rupa untuk diambil minyaknya yang berwarna kuning cerah.

 

Minyak Kemiri

Kandungan Minyak Kemiri

Sebelum dimanfaatkan untuk perawatan rambut, Bunda perlu tahu juga isi kandungan di dalam minyak kemiri. Antara lain adalah kandungan asam oleat, asam linoleat, dan asam linolenat.

  • Kandungan asam oleat di dalam minyak kemiri ada sebanyak 15%. Asam oleat merupakan lemak tidak jenuh rantai tunggal yang dapat ditemukan secara alami pada hewan ataupun tumbuhan. Kandungan ini juga biasanya disebut sebagai asam lemak omega 9, yang termasuk ke dalam lemak yang sehat.
  • Asam linoleat yang terkandung di dalam minyak kemiri terdapat 40%. Asam linoleat merupakan asam lemak tak jenuh omega-6, yang sangat penting karena tubuh tak mampu memproduksinya.
  • Asam linolenat yang terkandung di dalam minyak kemiri terdapat 30%. Asam linolenat termasuk ke dalam asam lemak omega-3 yang diperlukan tubuh.
  • Kandungan lain yang terdapat di dalam minyak kemiri adalah gliserida, protein, vitamin B1, vitamin E, mineral, miristat, antioksidan alami dan lainnya.
kemiri
Kemiri yang bermanfaat untuk perawatan rambut, baik untuk bayi maupun orang dewasa

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Ekstrak biji kemiri atau minyak kemiri memang sudah dimanfaatkan untuk perawatan rambut sejak dahulu. Bahkan minyak kemiri menjadi pilihan bahan alami untuk perawatan rambut bayi. Ada banyak manfaat dari minyak kemiri untuk merawat rambut Si Kecil karena berbagai bahan alami yang terkandung di dalamnya.

Antara lain adalah membantu jaringan kulit dan rambut tetap sehat karena ada kandungan asam linoleat dan asam linolenat. Asam lemak esensial dan asam amino yang terdapat dalam minyak kemiri juga mudah diserap kulit kepala Si Kecil sehingga kulit kepala dan rambutnya tetap sehat.

Kandungan asam oleat, asam linoleat, dan asam linolenat juga dapat membantu merangsang   pertumbuhan rambut bayi sehingga rambut tumbuh subur dan lebat. Asam lemak esensialnya juga membantu menutrisi, menghidrasi, melembapkan, sekaligus mencegah rambut dari kerontokan. Sebuah studi menyatakan bahwa apabila kekurangan asam linoleat, rambut akan menjadi tipis dan rambut beruban lebih cepat.

Baca Juga: Cara Melebatkan Rambut Bayi Secara Alami

Selain menebalkan rambut, minyak kemiri juga dipercaya dapat membantu menghitamkan rambut secara alami karena kandungan zat lemak dan miristat di dalamnya. Sementara itu kandungan protein di dalam minyak kemiri membantu rambut bayi tetap sehat dan indah. Untuk memperkuat akar rambut sekaligus menjaga kesehatan sistem saraf di sekitar rambut, ada kandungan vitamin B1 atau thiamin yang terdapat di dalam minyak kemiri. Manfaat minyak kemiri juga dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menyebabkan ketombe. Untuk menghilangkan kotoran di kulit kepala, pakaikan minyak kemiri usai keramas.

minyak kemiri
Ilustrasi minyak kemiri yang dapat dimanfaatkan untuk menutrisi dan merawat rambut

Cara Membuat Minyak Kemiri

                Minyak kemiri memang bisa didapatkan dengan mudah karena sudah banyak yang dijual di pasaran. Bunda juga bisa mencarinya di toko online. Namun Bunda juga dapat mengolah dan membuat minyak kemiri sendiri loh. Ada beberapa cara pengolahan yang bisa Bunda lakukan untuk mendapatkan minyak kemiri yang sehat. Nah, berikut langkah-langkah pembuatan minyak kemiri di rumah. Coba yuk, Bun!

1. Cara Dibakar

Untuk mendapatkan minyak kemiri, Bunda bisa mengolahnya dengan cara dibakar terlebih dulu. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini ya, Bunda.

  1. Siapkan biji kemiri secukupnya.
  2. Bersihkan biji-biji kemiri dari kulitnya.
  3. Cuci bersih kemiri di bawah air mengalir.
  4. Kemudian, bakar biji-biji kemiri tersebut hingga berwarna hitam seperti arang.
  5. Setelah dibakar, masukkan biji-biji kemiri ke dalam blender. Blender hingga kemiri mengeluarkan minyak.
  6. Ambil minyak kemiri tersebut, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup. Minyak kemiri sudah bisa digunakan kapan saja.

 

2. Cara Diperas

Cara kedua dalam membuat minyak kemiri adalah dengan memerasnya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan biji kemiri yang telah dibersihkan dari kulitnya. Cuci hingga bersih.
  2. Kemudian, Bunda bisa memarutnya, menumbuknya, atau memblendernya hingga biji kemiri halus.
  3. Biji kemiri yang sudah halus, lalu diperas dengan menambahkan air sedikit demi sedikit.
  4. Saring air perasan kemiri ke dalam wadah untuk memisahkan cairan dengan ampasnya. Tutup wadah dan diamkan selama 24 jam.
  5. Kemudian, masak air perasan kemiri yang sudah didiamkan tersebut hingga mengeluarkan minyak. Ambil minyaknya dan masukkan ke dalam wadah.

Namun, cara membuat minyak kemiri untuk rambut bayi dengan diperas seperti ini ada kekurangannya, yaitu minyak yang dihasilkan sedikit. Pembuatannya pun membutuhkan waktu yang lama. Meski begitu, Bunda perlu tahu bahwa minyak yang dihasilkan dengan metode ini akan berwarna bening.

 

3. Cara Disangrai

Cara lainnya adalah dengan menyangrai biji kemiri. Ikuti caranya seperti berikut ini, Bunda.

  1. Siapkan biji kemiri secukupnya. Biji kemiri sudah dibersihkan dari kulitnya dan dicuci bersih.
  2. Siapkan wajan tanpa minyak, masukkan biji kemiri yang bersih ke wajan, lalu sangrailah biji-biji kemiri tersebut hingga matang dan kehitaman.
  3. Usai disangrai, biji-biji kemiri dihaluskan dengan menumbuknya atau memblendernya.
  4. Biji-biji yang telah disangrai dan dihaluskan, diperas sarinya dengan menggunakan air.
  5. Saat diperas, akan keluar minyak dari kemiri. Masukkan ke dalam wadah tertutup untuk digunakan sewaktu-waktu.

 

Pilihan Praktis

Kalau minyak kemiri yang satu ini lebih praktis lagi Bunda. Cussons Baby memiliki rangkaian produk perawatan rambut yang mengandung minyak kemiri, yaitu Cussons Baby Natural Hair Oil Candle Nut & Pro-Vit B5, Cussons Baby Shampoo Candle Nut & Celery, serta Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery.

hair oil
Cussons Baby Natural Hair Oil Candlenut & Pro Vit B5 untuk merawat rambut dan Kulit Kepala Bayi

Dalam perawatan rambut Si Kecil ini, pertama-tama Bunda bisa mengoleskan Cussons Baby Natural Hair Oil Candle Nut & Pro-Vit B5 pada rambut Si Kecil. Tunggu selama 30 menit agar kandungan minyak kelapa di dalam produk ini dapat menyerap rambut dan kulit kepalanya. Hair oil yang mengandung minyak kemiri ini dapat membantu menutrisi rambut si bayi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat, subur, dan lebat. Kandungan lainnya juga membuat rambut lebih hitam dan berkilau.

sampo bayi
Cussons Baby Shampoo Candle Nut & Celery Membantu Menghitamkan Rambut si Kecil

Kemudian, rambut dan kulit kepala Si Kecil dikeramas menggunakan Cussons Baby Shampoo Candle Nut & Celery. Sampo yang terasa lembut ini mampu membersihkan rambut dan kulit kepala bayi. Dengan diperkaya bahan-bahan alami, seperti kemiri dan seledri, dan sudah teruji klinis, sampo ini dapat memberi nutrisi dengan baik dan membantu menghitamkan rambut Si Kecil. Selain itu, kandungan seledri di dalamnya juga membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga bayi Bunda memiliki rambut yang tebal.

Lengkapi perawatan rambut Si Kecil dengan Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery dalam kesehariannya. Kandungan di dalam krim rambut ini tak hanya minyak kemiri, tetapi ada pula kandungan seledri. Oleskan losion rambut ini pada rambut dan kulit kepala bayi sambil dipijat-pijat perlahan ya, Bunda. Krim yang khusus diformulasikan bagi bayi ini akan merawat rambut dan kulit kepala bayi. Losion rambut ini juga akan menjaga rambut bayi tetap sehat, hitam, tebal, dan terasa segar.

 

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels