liburan anak

5 Kegiatan Edukatif Untuk Mengisi Liburan Anak

Posted in 12+ Bulan, Anak, Balita

Hore, saatnya liburan! Tapi bukan berarti Bunda libur dari mengajarkan si Kecil hal-hal baru yang akan meningkatkan kecerdasan dan pekembangan si Kecil. Aktivitas liburan anak akan sangat menyenangkan. Kali ini Cussons Kids akan membahas aktivitas-aktivitas berkualitas apa saja yang bisa Bunda dan si Kecil lakukan disaat liburan. Bersenang-senang sambil belajar adalah salah satu cara paling sukses dalam memperkenalkan si Kecil berbagai hal baru.

Liburan anak tidak selalu harus repot atau bahkan menghabiskan banyak budget, dari aktivitas di rumah sampai di luar akan selalu ada cara untuk para Bunda membantu si Kecil melepas penat.

liburan anak

5 kegiatan edukatif untuk mengisi liburan anak

Aktivitas Liburan Anak

  1. Cooking Time!

Dihari-hari sekolahnya, si Kecil selalu disiapkan sekotak bekal untuk santapannya disekolah. Namun disaat liburan, Bunda dapat mengajak si Kecil untuk ikut memasak makanannya. Aktifitas-aktifitas di dapur dapat memberikan banyak pengetahuan bagi si Kecil. Puaskan rasa ingin tahunya dengan bahan-bahan memasak dan peralatan-peralatan dapur, namun pastikan jaga si Kecil tetap aman dari alat-alat berbahaya seperti kompor dan pisau.

 

Selain dapat memberikan keceriaan, aktifitas memasak bersama si Kecil juga dapat mengajarkan kerja sama, kesabaran, dan yang pasti pengetahuan tentang objek di sekitar dapur.

 

  1. Dear Diary…

Di umurnya yang belia, Bunda harus mengajarkan si Kecil untuk dapat mengekspresikan dirinya. Dalam waktu liburan akan banyak aktifitas yang berbeda tiap harinya, yang pastinya akan memberikan si Kecil berbagai pengalaman baru yang unik dan menarik yang dapat ia ceritakan. Bunda dapat memberikan si Kecil sebuah buku kecil, dimana ia dapat menuliskan bahkan menggambarkan pengalaman dan perasaan mereka tiap harinya selama liburan.

 

Selain mengajarkan si Kecil untuk mengekspresikan diri melalui tulisan, Bunda juga dapat mengajarkan ia untuk menggambar, sehingga membuka potensi kreativitasnya yang lain. Lebihnya lagi, Bunda dapat mempelajari apa yang dilalui dan dirasakan si Kecil melalui tulisan dan gambar di bukunya untuk dapat lebih memahami si Kecil.

 

  1. Gardening

Percaya atau tidak, si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia luar. Bunda dapat memuaskan rasa ingin tahunya dengan mengajak si Kecil untuk beraktivitas menanam di kebun rumah. Dari hal sederhana seperti menyiram bunga hingga menanam tanaman baru, semua hal tersebut akan memberikan pengalaman baru bagi si Kecil.

 

Selain mudah dan menyenangkan, si Kecil juga dapat mempelajari berbagai hal mengenai tanaman, kesabaran, bahkan merawat tanaman. Namun pastikan si Kecil aman dari bahan-bahan kimiawi dan alat berbahaya.

 

  1. Nature, History, Science, or Art?

Bosan dirumah? Kalau begitu, Bunda dapat mengajak si Kecil berlibur sambil belajar di museum impiannya! Pastikan Bunda memilih museum sesuai dengan ketertarikan si Kecil, bisa dari museum alam, sejarah, science, bahkan seni. Lebih baik lagi, pastikan museum yang Bunda pilih memiliki banyak wahana interaktif. Selalu ingat si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap hal-hal yang baru baginya.

 

Baca Juga : Cara Merawat Kulit Bayi Tetap Halus, Sehat, dan Lembut

Kenapa wahana interaktif? Karena si Kecil tidak akan cukup hanya dengan memperhatikan. Rasa ingin tahunya yang besar mendorong untuk mencoba segalanya secara langsung. Jadi, selain memberikan ilmu baru bagi si Kecil, Bunda juga dapat mewujudkan mimpinya yang lain dengan merasakan langsung wahana interaktif disekelilingnya.

 

  1. Saatnya berpetualang!

 

Apakah petualangan harus selalu bersamaan dengan tempat wisata? Tentu tidak, Bunda! Pengalaman dan permainan baru itu sendiri telah menjadi petualangan bagi si Kecil. Ajak si Kecil berjalan ria di tempat-tempat keramaian dan Bunda dapat menyiapkan tantangan baginya.

 

Tantangan seperti apa ya?

 

Di tempat keramaian begitu banyak hal yang bisa dijadikan ide permainan bagi Bunda yang kreatif. Sebagai contoh, Bunda dapat memainkan permainan mencari toko di kanan kiri yang kelihatan. Contoh lainnya Bunda dapat mengajak si Kecil untuk mencicipi makanan dan minuman yang unik dan baru, selama makanan dan minuman tersebut aman untuk si Kecil dan baik bagi kesehatannya. Bunda dapat memberikan pengetahuan kepada si Kecil mengenai hal yang mereka lakukan atau coba.

 

Semua pengalaman baru yang si Kecil bisa rasakan tetaplah berasal dari apa yang Bunda perkenalkan kepadanya, dengan ide kreatif maka tidak akan ada batas bagi Bunda dan si Kecil untuk mengeksplorasi keceriaan sekaligus mengedukasi anak.

 

Itu adalah 5 cara dalam menikmati liburan bersama si Kecil sambil belajar! Bagi para Bunda silahkan selalu diingat, kreativitas tetaplah menjadi kunci utama dalam membuka potensi si Kecil agar menjadi anak dambaan Bunda.

Banyaknya ragam aktifitas tidak menutup fakta bahwa si Kecil akan terpapar dengan banyaknya kotoran dan bakteri. Karena itu, Cussons Kids siap mendampingi Bunda dalam menjaga kebersihan si Kecil agar selalu sehat dalam mengejar imajinasi dan membuka potensinya. Cussons Kids menyiapkan produk-produk yang diformulasikan khusus untuk anak sehingga Bunda dapat menggunakannya tanpa rasa khawatir. Dengan menjaga kualitas dan fokus terhadap perkembangan si Kecil, Cussons Kids terbukti telah dipercaya oleh banyak ibu di dunia.

Saatnya si Kecil untuk berlibur dan mengejar imajinasinya!

Related Posts

Tags: , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top