Cacar Air pada Bayi: Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya - Cussons Baby Indonesia

Cacar Air pada Bayi: Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

Cacar air pada bayi bisa jadi sangat mengganggu dan membuat khawatir, terutama bagi seorang ibu yang baru pertama kali mengalami hal tersebut. Apalagi banyak mitos seputar cacar air yang bisa jadi salah. Misalnya saja pertanyaan apakah si kecil yang sedang mengalami cacar boleh mandi. Pertanyaan apakah cacar air boleh mandi jadi salah satu mitos yang pasti bunda sering dengar. Simak penjelasan lengkap soal cacar air pada bayi berikut ini!

 

Penyebab Cacar Air pada Bayi

Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster dan sangat menular. Infeksi dapat menyebar melalui udara atau kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi. Virus ini biasanya menyebar melalui orang yang sedang dalam tahap aktif penyakit dan hanya 1 atau 2 hari sebelum bintik-bintik merah muncul di kulit. Biasanya cacar air terjadi pada anak-anak usia 1-10 tahun.

Berikut ini adalah 5 penyebab cacar air pada bayi:

  1. Paparan langsung pada seseorang yang sedang mengidap cacar air
  2. Ibu hamil yang terkena cacar air. Virusnya dapat menyebar pada bayi melalui plasenta
  3. Mengalami kontak langsung dengan benda yang terkontaminasi virus varicella zoster
  4. Daya tahan tubuh yang lemah atau sedang sakit
  5. Bayi memiliki riwayat keluarga yang mengalami cacar air

 

Baca juga: Kulit Bayi Ruam Tanpa Sebab, Cek Cara Mengatasinya di Sini

 

5 Ciri-Ciri Cacar Air pada Bayi

Cacar air pada bayi ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil berisi cairan yang keluar di seluruh tubuh. Berikut ini adalah 5 ciri-ciri cacar air pada bayi:

  1. Muncul bintik merah dan gatal pada seluruh badan, kepala dan wajah
  2. Bintik-bintik tersebut berkembang menjadi gelembung berisi cairan yang dapat pecah
  3. Bayi mulai menunjukkan gejala demam, mulai dari suhu tubuh yang meningkat, lesu, dan kurang nafsu makan
  4. Bintik-bintik tersebut akan mengelupas setelah beberapa hari dan meninggalkan bekas luka kecil di kulit
  5. Selama cacar air, bayi akan merasa sangat gatal dan akan sering menggaruk-garuk

 

5 Cara Mengatasi dan Melakukan Perawatan Bayi Cacar 

Meskipun menyakitkan dan mengganggu, cacar air pada bayi pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari. Namun, bunda bisa melakukan beberapa tips perawatan bayi cacar yang bisa membantu meredakan gatal dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut ini adalah 5 cara mengatasi cacar air pada bayi:

  1. Memberikan obat pereda gatal seperti lotion yang mengandung oatmeal atau calamine lotion
  2. Menjaga kebersihan kulit bayi dan menjaga agar tidak terkena air atau sabun yang keras
  3. Memberikan obat pereda demam seperti paracetamol
  4. Menghindari memencet atau menggaruk gelembung cacar air yang sudah pecah untuk mencegah infeksi atau bekas luka di kulit yang lebih parah
  5. Memperbanyak minum air dan makan makanan yang sehat dan bergizi untuk membantu 

 

Jadi, apakah cacar boleh mandi? Jawabannya, boleh. Sebab melansir informasi di HelloSehat, secara medis kondisi ini tidak ada larangan mandi.

Bayi yang sedang terkena cacar tetap boleh mandi. Tapi, bunda perlu memperhatikan suhu air yang digunakan. Usahakan saat mandi, air yang digunakan adalah suhu ruam-ruam kuku jangan sampai terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi dan gatal. Sedangkan air yang terlalu dingin juga bisa membuat rasa gatal yang berlebihan.

Selain suhu air, bunda juga perlu membatasi waktu mandi sekitar 20-30 menit. Jangan lupa juga untuk mengganti sabun menjadi sabun untuk kulit sensitif untuk mengurangi iritasi.

 

Rekomendasi Sabun Mandi untuk Cacar

Salah satu rekomendasi sabun mandi untuk cacar  yang bisa digunakan adalah Cussons Newborn Hair & Body Wash. Formula khusus dari Cussons Newborn Hair & Body Wash yang mengandung Organic Olive Oil, Chamomile, dan Air Murni dengan tingkat pH yang seimbang. Produk ini dirancang secara khusus untuk membersihkan tubuh dan rambut bayi. Tidak hanya itu, formula ini juga bebas pewarna atau memiliki kandungan pewarna sebesar 0%. Selain itu, produk ini tidak mengandung busa yang dapat menyebabkan kulit kering. 

Cussons Newborn Hair & Body Wash bisa menjaga keseimbangan dan kelembutan kulit bayi. Produk ini Hypoallergenic, yang menandakan bahwa tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan alergi dan iritasi.

Makanya, produk ini aman digunakan bahkan pada kulit bayi yang baru lahir dan bisa dijadikan sabun mandi untuk cacar karena formulanya yang lembut sekaligus tidak mengiritasi. 

Tags: cacar air

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: