Cara Memijat Bayi Dengan Pijat ‘I Love You’

Cara Memijat Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Memijat bayi atau baby bonding adalah hal yang penting bagi ibu dan si kecil, Cara memijat bayi dengan pijat "I Love u berguna untuk menstimulasi bayi yang dimana dapat memberikan rangsangan pada bayi agar lebih rileks, dan juga kedekatan Bunda dengan bayi akan lebih terjalin erat. Selain itu, jika Bunda sering melakukan baby bonding, maka tumbuh kembang si kecil akan lebih optimal, lebih sehat, lebih ceria, tidur cukup, tidak mudah sakit, dan juga akan merangsang perkembangan motoriknya lebih pesat.

 

cara memijat bayi

Cara Memijat Bayi dengan Pijat 'I Love U'

 

Baca Juga : Baby Blues Syndrome: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

 

Memijat bayi bisa dilakukan di rumah juga lho! Bunda bisa memijat bayi setelah memandikannya. Lakukan pijatan-pijatan dengan itensitas tekanan yang lebih ringan, agar bayi bisa merasakan pijatan dengan lembut, dan juga bisa merasakan kasih sayang yang tulus. Ada langkah-langkah praktis atau cara memijat bayi yang Bunda bisa lakukan di rumah:

Persiapan Memijat Bayi Baru Lahir

 

  • Siapkan handuk lembut sebagai alas pijat bayi, agar bayi merasa nyaman.
  • Siapkan minyak untuk memijat bayi, Bunda bisa menggunakan Natural Baby Oil. Minyak ini digunakan selain untuk memijat bayi, juga melembabkan kulit bayi, menghangatkan agar bayi menjadi nyaman.

    Jika Bunda menggunakan Minyak Telon Plus Cussons, selain untuk memijat dan memberikan kehangatan untuk si bayi, juga berguna membantu meringakan Kolik pada si kecil. Penyebab Kolik masih menjadi perdebatan para ahli, salah satu yang diyakini adalah karena bayi terlalu banyak menelan udara saat minum.Caranya: pijat lembut di daerah perut, sambil mengoleskan Minyak Telon Plus Cussons agar terasa hangat dan nyaman. Selain pijatan diperut, Bunda bisa meredakan kolik dengan cara, tepuk-tepuk secara perlahan dibagian punggungnya, lalu balurkan Minyak Telon Plus Cussons.
  • Siapkan pakaian bayi dan popok yang bersih dan berbahan katun.

Tahapan Dalam Memijat Bayi dengan Pijat 'I Love You'

 

Selama baby bonding berlangsung, Bunda bisa bernyanyi-nyanyi kecil, dan juga mengajak bayi berbicara, Bunda bisa nikmati waktu berkualitas dengan bayi. Pijatan dimulai dari:

 

 

  • Tungkai
    Berikan pijatan dari pangkal paha sampai ke bawah. Tuangkan Baby Oil ke telapak tangan Bunda, gosok-gosok sampai terasa hangat. Setelah itu, Bunda pijat lembut ke bagian paha sampai ke betis bayi. Lalu, Bunda bisa memijat punggung kakinya dengan gerakan memutar. Berikan usapan memijat pada bagian pergelangan kaki sampai ke jari-jari kaki bayi yang mungil.
  • Lengan
    Mulai berikan pijatan dari lengan atas, sampai ke pergelangan tangannya, dan putar lembut dan perlahan di bagian ini. Lalu, pijat telapak tangan dengan ibu jari Bunda.
  • Dada
    Letakkan tangan Bunda di bagian dada bayi, lalu pijat lembut dan perlahan, kearah luar, dan tekan dengan lembut dengan telapak tangan Bunda. Ulangi beberapa kali.
  • Perut
    Gunakan ujung jari tangan Bunda, lakukan pijatan kecil melingkar. Bentuk pijatan dengan menggunakan pola I Love U. Berikut tahapannya:Huruf I : pijat kaki bayi dari bawah iga ke bawah.Huruf L : pijat melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah.Huruf U : pijat dari kanan bawah bayi, naik ke atas, dan bentuk pijatan melengkung untuk huruf U, dan turun lagi ke kiri bayi.Semua gerakan, berakhir di perut kiri bayi.
  • Punggung
    Pastikan bayi dalam posisi tengkurap, kemudian Bunda bisa memijatnya dari area tulang leher sampai bokong memakai ujung jari Bunda, lakukan secara lembut, dan perlahan. Terakhir, pijat bayi dengan pijatan panjang, dari atas sampai bawah kakinya. Setelah itu, Bunda bisa memakaikan pakaian dan juga popok. Bayi akan merasa nyaman setelah di pijat, hingga akhirnya tertidur lelap.

 

Waktu yang tepat untuk melakukan baby bonding melalui pijatan adalah ketika bayi sedang dalam keadaan tenang. Tidak dalam keadaan lapar atau kenyang saat memijat bayi. Saat memijat, perhatikan isyarat-isyarat yang dikeluarkan oleh bayi. Apakah bayi suka dengan pijatan atau tidak? Jika bayi Bunda menangis, hentikan pijatan karena itu pertanda bahwa bayi sudah merasa cukup untuk dipijat.

 

 

Related Posts

Tags: , , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. william riwu says:

    Dengan membaca semua tentang merawat baby aq jadi tau dan pahan,dan slalu hati”merawat buahh hhati. Tersyang.

Top