Manfaat Seledri Untuk Rambut Bayi

Apa saja khasiat seledri untuk rambut bayi? Seledri tak hanya untuk dikonsumsi saja Bunda, tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk perawatan tubuh. Salah satunya untuk merawat rambut bayi. Simak yuk, penjelasannya berikut ini!

Bayi yang baru lahir memang butuh perawatan khusus ya, Bunda. Tak hanya perawatan kulit bayi saja yang perlu diperhatikan, perawatan rambut dan kulit kepalanya juga butuh perhatian. Apalagi jika Bunda menginginkan rambut si bayi selalu tampak sehat, tumbuh subur dan lebat, serta bercahaya. Wah, pastinya Bunda sangat senang melihatnya, ya.

Memang, ketebalan, tekstur, warna, dan pertumbuhan rambut bayi tergantung pada genetik yang dimilikinya sejak lahir. Namun tak ada salahnya, Bunda juga tetap melakukan perawatan rambut pada si bayi agar dapat merangsang pertumbuhan rambutnya. Mungkin saja, dengan perawatan rambut secara rutin bisa membantu rambut Si Kecil jadi lebih sehat.

Produk perawatan rambut untuk bayi di pasaran memang banyak. Namun karena bayi baru lahir memiliki kondisi kulit yang masih sangat rentan dan sensitif dengan benda-benda asing, jadi tak boleh sembarangan menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia yang keras. Nah, agar lebih aman, Bunda dapat memilih dan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut Si Kecil.

 

Apa Manfaat Seledri Untuk Rambut?

Ada aneka bahan alami di sekitar yang memiliki khasiat ekstra untuk merawat rambut. Salah satunya seledri, yang dengan bisa dengan mudah Bunda dapatkan di dapur. Harganya pun murah. Seledri merupakan tanaman rawa yang termasuk ke dalam keluarga Apiaceae. Seledri memang sudah dibudidayakan sebagai sayuran sejak dahulu.

Sebagai sayuran, seluruh bagian seledri mulai dari daun, batang, hingga umbinya dapat dijadikan bahan pangan. Seledri dianggap sebagai salah satu superfood karena banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Jika bayi ingin konsumsi seledri, perhatikan dulu apakah ia memiliki alergi atau tidak. Sebabnya, seledri bisa menjadi salah satu alergen yang dapat menimbulkan alergi. Tak hanya itu, sejak dahulu seledri juga dipercaya dapat merawat dan menjaga kesehatan rambut. Bukan cuma orang dewasa saja yang bisa memanfaatkan seledri untuk perawatan rambut, seledri pun sudah bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut bayi.

Baca Juga: 10+ Bahan Alami Penumbuh Rambut Aman

Kandungan Seledri Kaya Gizi untuk Merawat Rambut Bayi

Mengapa seledri untuk rambut bayi? Sebabnya, seledri, baik batang maupun daunnya, memiliki kandungan gizi yang tinggi. Seledri merupakan sumber yang baik untuk kandungan vitamin dan mineral. Di antaranya adalah mengandung air, karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K. Kandungan lainnya adalah mineral, seperti zinc, magnesium, kalsium, potasium, iron.

Baca Juga: 6 Khasiat Lidah Buaya Untuk Rambut Bayi

Selain itu, sayuran hijau ini juga tinggi fitonutrien yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan, mengandung flavonoid, tannin, dan minyak atsiri. Dalam seledri, juga terdapat poliasetilena yang berfungsi sebagai zat antibakteri dan antijamur.

seledri untuk rambut bayi
Manfaat nutrisi seledri untuk rambut bayi

Dengan nutrisi dan gizi tinggi yang terkandung dalam seledri tersebut, berikut beberapa manfaat yang didapat dari seledri untuk rambut bayi dan kulit kepala bayi.

  • Kondisi rambut dan kulit kepala bayi terkadang kotor karena ada serpihan-serpihan seperti ketombe. Nah, seledri ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala si bayi. Selain itu, seledri juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit kepalanya. Dalam sebuah penelitian, seledri mengandung khasiat terapeutik yang membantu mengendalikan ketombe atau dermatitis seboroik pada bayi.
  • Ketika rambut dan kulit kepala sudah mulai bersih, rambut bayi tentu akan tumbuh subur dan sehat. Kandungan seledri yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan air di dalam selderi mampu merangsang pertumbuhan rambut bayi yang sehat dan kuat. Hal ini akan menjaga kesuburan rambut sehingga rambut bayi akan tampak lebat dan tebal. Bagus juga nih untuk dicoba Bunda, apalagi kalau Si Kecil memiliki rambut yang tipis.
  • Kandungan mineral silika di dalam seledri membantu memperkuat pembuluh darah sehingga mendorong aliran darah ke kulit kepalanya. Hal ini memungkinkan pertumbuhan rambut bayi menjadi kuat. Mineral silika juga dapat mencegah rambut bayi dari kerusakan. Sementara itu kandungan vitamin, mineral, dan air di dalam seledri dapat membantu memperbaiki tekstur rambut bayi, seperti meluruskan rambut.

    rambut lebat
    Seledri bermanfaat untuk melebatkan, menebalkan, hingga meluruskan rambut bayi.
  • Tingginya vitamin A dan kandungan air dalam seledri juga dapat menyehatkan dan menutrisi akar rambut, kulit kepala, dan helai rambut bayi. Hal ini akan membantu pertumbuhan rambutnya, serta merawat akar dan setiap helai rambut si bayi sehingga masalah ketombe dan kerontokan rambut pada bayi pun dapat dicegah.
  • Selain sehat, sayuran yang satu ini juga dapat membantu memberikan tampilan rambut bayi menjadi lebih berkilau alami, melembutkan rambutnya, dan mengembalikan kehitaman rambut Si Kecil. Itu karena ada kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang menutrisi folikel rambut bayi.
  • Kondisi rambut bayi yang berminyak bisa menyebabkan lengket dan timbul ketombe. Nah, seledri dapat mengatasi rambut bayi yang berminyak ini secara alami.
  • Minyak atsiri yang terkandung dalam seledri dan memiliki wangi yang khas ini dapat membantu menghilangkan bau tak sedap pada rambut bayi.
  • Kandungan vitamin E dalam seledri berfungsi sebagai pelembap alami rambut bayi sehingga rambut bayi bisa terhindar dari kondisi rambut yang kering dan memperbaiki rambut.

 

Penggunaan Seledri untuk Rambut Bayi

Untuk penggunaannya, sangat mudah Bunda. Bunda hanya tinggal menyiapkan seledri yang sudah dibersihkan secukupnya atau sekitar 7—10 helai daun seledri. Kemudian, seledri dihaluskan dengan cara diremas-remas, ditumbuk, atau di-blender. Lalu, campurkan seledri halus tersebut dengan air sedikit.

ramuan seledri untuk rambut
Buat seledri halus untuk dioleskan ke kulit kepala dan rambut bayi

Aplikasikan seledri yang sudah dihaluskan tersebut ke kepala Si Kecil. Saat mengoleskan seledri untuk rambut bayi, Bunda bisa sambil pijat-pijat kulit kepalanya secara perlahan. Kemudian, diamkan seledri selama beberapa saat, sekitar 30—40 menit, agar kandungan seledri dapat meresap hingga ke kulit kepala, akar, dan batang rambut si bayi.   Lalu, bilas kepala Si Kecil dari sisa-sisa seledri tersebut hingga bersih dengan air hangat.

Saat membersihkan sisa-sisa seledri dari kepala dan rambut Si Kecil, Bunda juga bisa menggunakan sampo bayi, seperti Cussons Baby Shampoo Candle Nut. Manfaat yang terkandung pada seledri untuk rambut juga bisa didapatkan di sampo yang praktis ini, Bunda antara lain untuk membantu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala bayi serta menjadikan rambut bayi terlihat sehat, hitam berkilau, dan lebat.

Bunda juga dapat menambahkan perawatan rambut lainnya dengan Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery sebagai rangkaian perawatan rambut si Kecil  tetap terjaga kesehatannya. Rangkaian perawatan yang mengandung seledri ini cukup aman karena memang diformulasikan khusus untuk bayi, dilengkapi dengan pH balance, serta sudah diuji secara klinis. Bunda bisa melakukan hal ini perawatan seledri untuk rambut bayi ini secara rutin, sekitar dua sampai tiga kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang optimal.

 

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Temukan Kami:

Related Artikels