6 Khasiat Lidah Buaya Untuk Rambut Bayi

Panik karena melihat rambut bayi Anda tampak tipis? Tak usah panik, Bunda dapat menumbuhkan rambut sang buah hati dengan alami menggunakan lidah buaya. Memang, apa saja sih manfaat lidah buaya untuk rambut bayi? Simak penjelasan berikut ini yuk, Bunda!

                Melihat pertumbuhan bayi memang menyenangkan ya, Bunda. Segala sisi dari si bayi pastinya selalu Bunda perhatikan, termasuk rambut. Setiap bayi memiliki kondisi rambut yang berbeda-beda. Ada yang lebat, tebal, tipis, bahkan ada bayi yang hanya memiliki rambut beberapa helai saja. Bagi Bunda yang memiliki bayi dengan rambut yang tipis atau beberapa helai saja pasti sempat merasa panik dan khawatir. Apakah pertumbuhan rambutnya tidak subur? Atau, apakah pertumbuhan rambutnya yang sedikit dan tipis itu akan berjalan terus hingga ia dewasa?

Bunda jangan cemas mengenai hal ini ya, yang paling utama adalah rambut si kecil tetap bisa tumbuh dengan sehat dan kesehatan kulit kepalanya terjaga sehingga membantu merangsang pertumbuhan rambutnya. Fokus Bunda saat ini adalah merawat rambut dan kulit kepala Si Kecil. Jika perawatan rambut dan kulit kepala secara rutin dilakukan sejak ia bayi, dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepalanya, serta membantu merangsang pertumbuhan rambutnya.

 

Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut Bayi

Ada berbagai cara perawatan rambut yang bisa Bunda lakukan. Untuk perawatan rambut si bayi yang masih sensitif tentunya harus pilih yang aman dengan bahan alami. Ada banyak bahan alami di sekitar yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah lidah buaya atau yang juga kita kenal aloe vera.

manfaat lidah buaya
Rawat rambut bayi dengan bahan alami, seperti lidah buaya yang kaya akan nutrisi untuk rambut dan kulit kepala.

Sebagai bahan alami, penggunaan lidah buaya untuk kesehatan tubuh memang sudah populer sejak berabad-abad lalu. Tumbuhan tropis yang dapat dengan mudah ditanam di halaman rumah atau di dalam pot ini juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Sejumlah penelitian pun menunjukkan adanya korelasi yang positif antara penggunaan lidah buaya dengan kesehatan rambut.

Lidah buaya yang memiliki “daging” berbentuk gel tembus cahaya ini mengandung 96% air, 75 bahan aktif yang berkhasiat, beberapa senyawa organik dan anorganik, protein, asam amino esensial yang juga ditemukan di tubuh, dan enzim yang dapat meregenerasi sel kulit mati di kulit kepala. Lidah buaya juga kaya akan vitamin termasuk vitamin A, C, E, B12, mineral (seperti copper dan zinc), plant steroid. Banyaknya kandungan penting di dalam lidah buaya inilah, yang meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut menjadi lebat.

 

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Bayi

                Bahan seperti gel yang ada di dalam lidah buaya inilah yang selalu dimanfaatkan untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Nah, berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut bayi.

lidah buaya untuk rambut bayi
Gel lidah buaya yang selalu dimanfaatkan untuk perawatan rambut dan kulit kepala
  • Membersihkan rambut dan kulit kepala. Gel lidah buaya berguna sebagai bahan pembersih yang ringan untuk rambut dan folikel rambut. Dengan begitu, minyak yang berlebih di rambut Si Kecil dapat diatasi. Agar tidak lengket, sebaiknya bilas rambut dengan bersih usai gel lidah buaya dioleskan di kulit kepala dan rambut Si Kecil. Bunda tak perlu cemas, lidah buaya ini tidak akan merusak helai rambut Si Kecil karena merupakan bahan alami.
  • Merangsang pertumbuhan rambut. Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang membantu menyuburkan dan menguatkan rambut. Kandungan vitamin C-nya mampu merangsang pertumbuhan rambut si bayi. Sementara itu mineral yang terkandung di dalam lidah buaya, seperti seng, besi, dan kalsium, berkhasiat untuk membantu pertumbuhan rambut lebih cepat dan kuat.
  • Memproduksi keratin. Tahukah Bunda, lidah buaya mengandung 20 dari 22 asam amino esensial. Dua di antara asam amino esensial tersebut adalah metionin dan lisin. Kedua asam amino esensial ini bekerja efektif untuk memproduksi keratin. Nah, keratin ini adalah protein utama rambut yang sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut bayi. Selain itu, keratin juga meremajakan rambut, membuat tekstur rambut jadi elastis, dan mencegah kerusakan pada rambut.
  • Menjaga pH kulit kepala tetap seimbang dan mencegah kerontokan rambut. Nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, B, C, E, asam folat, kalsium, zat besi, seng, hingga magnesium, dapat membantu mengatur pH kulit kepala bayi agar tetap seimbang. Ketika keseimbangan pH kulit kepala bayi tetap terjaga, rambutnya akan selalu sehat dan kuat sehingga kerontokan rambut dapat dicegah. Selain itu, pH rambut yang tetap seimbang dapat memicu pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat.
  • Membantu mengatasi gatal. Bayi juga bisa mengalami ketombe atau yang disebut dengan cradle cap. Kondisi ini akan memunculkan serpihan atau kerak kulit berwarna kekuningan yang menempel di kulit kepala. Secara medis, kondisi ini juga disebut dengan dermatitis seboroik.
     
    Menurut sebuah penelitian, lidah buaya dapat mengurangi kerak atau sisik yang disebabkan cradle cap. Lidah buaya juga membantu menenangkan kepala yang gatal dan menyeimbangkan kadar minyak di kulit kepala yang diakibatkan dari ketombe. Sebabnya, ada kandungan asam folatnya yang berfungsi sebagai antiperadangan.
  • Menutrisi rambut dan kulit kepala. Lidah buaya bermanfaat untuk merangsang sirkulasi darah di kulit kepala dan membantu mengirimkan oksigen dan nutrisi ke folikel rambut. Kemudian kandungan vitamin A, C, dan E akan membantu pergantian sel, merangsang pertumbuhan sel-sel yang sehat pada rambut, serta membuat rambut tampak berkilau. Sementara itu kombinasi vitamin B-12 dan asam folat lidah buaya mencegah kerontokan rambut. Nutrisi dalam lidah buaya juga membantu melindungi serta melembapkan rambut yang kering. Rambut bayi akan tampak berkilau dan bercahaya.

 

Cara Pemakaian Lidah Buaya

Sebaiknya dalam memanfaatkan lidah buaya untuk bayi, hanya digunakan untuk pemakaian luar saja ya, Bunda. Caranya, ambil lidah buaya yang masih segar dan bersihkan. Lalu, kupas daun hijaunya agar “daging” lidah buaya yang berbentuk gel dapat diambil.

Gel lidah buaya yang berbentuk bening dan berair ini bisa langsung diaplikasikan atau digosokkan ke kulit kepala dan rambut Si Kecil. Saat menggosokkan gel, pijat secara perlahan. Diamkan selama 30 menit agar nutrisi lidah buaya dapat terserap dengan baik di kulit kepala dan rambut bayi. Kemudian bilas kulit kepala dan rambut bayi hingga bersih dengan sampo bayi. Lakukan secara rutin agar rambut bayi tumbuh semakin sehat, lebat, dan berkilau.

 

Pilih Sampo dan Losion Rambut yang Aman

Selain perawatan dengan gel lidah buaya segar, Bunda bisa melengkapi perawatan rambut bayi dengan sampo dan hair lotion yang mengandung lidah buaya. Cussons Baby menghadirkan Cussons Baby Shampoo Coconut Oil & Aloe Vera dan Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil & Aloe Vera.

Cussons Baby Shampoo Coconut Oil Aloe Vera
Cussons Baby Shampo Coconut Oil & Aloe Vera

Usai menggosokkan gel lidah buaya ke rambut bayi, Bunda dapat membilasnya dengan Cussons Baby Shampoo Coconut Oil. Sampo ini mengandung kombinasi bahan-bahan alami, yaitu minyak kelapa dan lidah buaya. Nutrisi lidah buaya dalam sampo ini berguna sebagai bahan pelembab alami. Dengan begitu, akan membantu melembapkan rambut, mencegah kulit kepala dari kekeringan dan tetap sehat, dan membantu pertumbuhan rambut. Kandungan lidah buaya di sampo ini juga dapat menjaga keseimbangan pH rambut dan kulit kepala.

cussons baby hair lotion coconut oil aloe vera
Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil & Aloe Vera

Setelah keramas, rawat rambut Si Kecil dengan losion khusus rambut bayi, yaitu Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil & Aloe Vera. Losion yang mengandung minyak kelapa dan lidah buaya ini berkhasiat untuk merawat rambut dan kulit kepala bayi, menjaga rambut tetap sehat dan terawat. Bahan-bahan alami yang dapat melembapkan rambut bayi ini membuat rambut mudah diatur dan terasa segar.

 

 

 

 

Related Artikels