Manfaat Minyak Almond Untuk Rambut Sehat dan Lebat

Manfaat minyak almond untuk rambut ini dipercaya dapat menyehatkan dan melebatkan rambut, loh. Almond tak hanya dapat dikonsumsi, tetapi juga bisa diambil minyaknya. Minyak almond yang kaya nutrisi ini sangat bermanfaat untuk tubuh, salah satunya merawat rambut. Bunda, kita cari tahu yuk, apa saja sih manfaat minyak almond?

Bunda perlu tahu nih, almond pada dasarnya termasuk ke dalam biji-bijian yang dapat dikonsumsi. Almond diambil dari buah almond yang merupakan hasil dari pohon almond atau Prunus dulcis. Di dalam buah almond yang sudah matang terdapat daging buah, cangkang, dan kernel kecil. Nah, kernel kecil itulah yang disebut-sebut sebagai “kacang almond”. Aslinya pohon almond tumbuh di wilayah Timur Tengah, yang kemudian tersebar ke wilayah Mediterania, Afrika, Eropa, hingga Amerika Serikat.

Almond termasuk ke dalam superfood atau makanan super dan sehat karena banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Karena sehat, almond seringkali dijadikan salah satu pilihan makanan dalam program diet. Selain diet, almond juga dipercaya untuk merawat kecantikan tubuh. Salah satunya dimanfaatkan untuk merawat rambut.

Mengenal Minyak Almond

Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, almond bisa langsung dikonsumsi. Almond juga bisa diolah menjadi minyak almond. Nah, minyak almond ini diproses dari almond matang yang digiling dan diperas, kemudian diambil minyaknya dengan menggunakan tingkat panas yang rendah agar nutrisi dan minyak tetap terlindungi. Bunda, biasanya minyak almond ini disebut juga dengan minyak almond manis. Minyak almond teksturnya ringan dengan wangi yang aromatik.

Nah, minyak ini dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut agar rambut tetap sehat dan cantik. Pemanfaatan minyak almond untuk rambut memang tidak sepopuler seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kemiri. Meski begitu, khasiatnya tak kalah dengan minyak dari bahan alami lainnya. Penggunaan minyak ini sudah umum dimanfaatkan oleh masyarakat India dari generasi ke generasi.

minyak almond
Minyak almond kaya akan nutrisi sehat untuk merawat rambut agar tetap sehat, lembut, dan kuat

Nutrisi dalam Minyak Almond

Lalu, apa saja sih yang terkandung di dalam minyak almond? Almond memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan kaya akan protein, asam lemak baik seperti omega 9, antioksidan, fitokimia, vitamin seperti vitamin A, E, B2, B1, B6, dan mineral seperti mangan, fosfor, magnesium, copper.

Almond juga mengandung asam fitat yang tinggi. Ini merupakan zat yang mengikat mineral tertentu dan mencegah mineral tersebut untuk diserap. Umumnya, asam fitat dianggap sebagai antioksidan yang sehat. Kandungan nutrisi dalam minyak almond ini dapat membantu memperbaiki kemilau dan kekuatan rambut, termasuk rambut bayi. Minyak ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk digunakan pada bayi. Sebabnya, secara alami minyak almond kaya akan emolien.

Manfaat Minyak Almond untuk Rambut

Tahukah Bunda, minyak almond dapat mengatasi hampir semua permasalahan rambut. Meskipun tidak banyak penelitian tentang manfaat minyak almond untuk rambut sehat, namun ada banyak ahli yang menganggap minyak almond dapat menjadi pilihan untuk kesehatan rambut. Nah, berikut beberapa manfaat minyak almond untuk rambut.

  • Mencegah rambut dari kerusakan. Minyak almond membantu mencegah rambut menyerap air terlalu banyak, yang akan membuat rambut keropos dan rentan mengalami dehidrasi atau kekeringan hingga rusak. Dengan begitu, minyak ini dapat membantu menghasilkan rambut yang sehat, halus, dan berkilau. 
  • Memperkuat dan memperbaiki rambut. Minyak almond yang memiliki kandungan oleic acid dan linoleic acid dapat membantu meningkatkan ketahanan dan kekuatan rambut. Hal ini membuat kondisi rambut yang patah dan bercabang jadi berkurang. Asam lemak omega yang terkandung di dalam minyak almond dapat membantu mengembalikan kelembapan dan elastisitas pada rambut, serta membantu memperbaiki rambut yang rusak. 
  • Melembutkan rambut. Minyak almond bersifat emolien. Artinya, dapat mengisi celah atau kekosongan yang ada pada batang rambut hingga pada tingkat sel. Emolien ini punya tujuan utama, yaitu untuk membantu menenangkan dan melembutkan. Dengan menggunakan minyak almond secara rutin, rambut bayi pun akan terasa lebih lembut ketika disentuh. Tekstur rambut bayi pun akan lebih lembut seiring waktu sehingga rambut lebih mudah ditata.
  • rambut sehat
    Rambut lebat dan sehat dengan minyak almond
  • Menumbuhkan dan melebatkan rambut. Minyak almond dapat membantu rambut lebih kuat dan tidak terlalu rentan dengan rambut bercabang. Nah, hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan rambut tidak melambat. Kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak almond dibutuhkan agar pertumbuhan rambut tetap sehat.
     
    Dalam satu penelitian menunjukkan, minyak almond yang dioleskan ke kulit kepala juga dapat membantu mengurangi kerontokan pada rambut. Itu berkat kandungan mineral, seperti magnesium, kalsium, dan seng, yang ada di dalam minyak almond. Selain itu, minyak almond yang kaya dengan kandungan vitamin E sebagai antioksidan alami, dapat membantu melindungi rambut dari stres sehingga membantu rambut terlihat lebih muda dan lebih sehat.
  •  

  • Merawat kondisi kulit kepala bermasalah. Minyak almond juga dapat digunakan untuk membantu merawat kondisi kulit kepala yang bermasalah karena kulit yang kering, terlalu banyak menggunakan sampo, dan tidak membersihkan kulit kepala dan rambut dengan baik. Ini membuat munculnya masalah rambut seperti dermatitis seboroik, ketombe, dan psoriasis di kulit kepala.
     
    Pemanfaatan minyak almond untuk membantu merawat kulit kepala yang bermasalah ini sudah dilakukan dalam pengobatan China dan Ayurveda sejak berabad-abad lalu. Selain itu, sifat antioksidan dalam minyak almond mampu membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Minyak almond juga membantu melembutkan ketombe sehingga bisa lepas dari kulit kepala dan dapat dibersihkan saat keramas.

Baca Juga: 10 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami

Penggunaan dan Risiko

Cara menggunakan minyak almond untuk rambut seperti minyak bahan alami lainnya. Cukup satu hingga dua tetes saja yang dapat dioleskan secara langsung di rambut dan kulit kepala bayi sambil dipijat-pijat secara perlahan. Pengunaan minyak almond untuk rambut ini, bisa diaplikasikan sebelum atau sesudah Si Kecil mandi. Minyak ini juga bisa dicampur dengan bahan alami lainnya untuk dijadikan masker rambut.

Meski begitu, Bunda juga perlu memperhatikan risikonya. Terutama apabila sang bayi memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan. Jika memiliki riwayat alergi, sebaiknya hindari penggunaan minyak almond ini ya, Bunda, agar tidak menjadi pemicu alergi serius pada bayi.

Lengkapi dengan Losion Rambut dari Minyak Almond

Agar rambut bayi selalu sehat, lembut, dan berkilau, merawat rambut dengan menggunakan sampo saja kurang cukup. Nah, Bunda dapat melengkapi perawatannya dengan losion khusus yang diperuntukkan bagi rambut bayi. Bunda juga dapat memilih losion rambut khusus bayi yang mengandung minyak almond. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, minyak almond punya segudang manfaat untuk rambut agar tetap sehat.

Cussons Baby Hair Lotion Almond Oil & Honey adalah salah satu losion khusus rambut bayi yang bisa Bunda pilih. Losion khusus rambut bayi ini mengandung minyak almond untuk rambut dan bahan-bahan alami lainnya yang dapat membantu meningkatkan kelembutan dan mencegah rambut kering. Formulasi losion rambut ini diciptakan secara khusus agar bisa menjaga rambut tetap lembut dan halus. Apalagi ditambah dengan kandungan madu yang juga membantu melembapkan rambut dan kulit kepala.

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!