10 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami

Sejak zaman dahulu, bahan-bahan alami memang dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan. Tak terkecuali, kesehatan untuk rambut. Bunda, ternyata ada banyak bahan alami penumbuh rambut, lho. Bahan – bahan ini juga dapat digunakan untuk semua orang, baik orang dewasa maupun bayi dan anak-anak. Apa saja ya? Bunda bisa simak artikel berikut ini!

Semua orang pastinya merasa senang memiliki rambut yang dapat tumbuh dengan sehat, lebat, tebal, lembut, dan bersinar. Sebab, rambut yang dianggap sebagai mahkota dapat menjadi daya tarik tersendiri. Namun lingkungan sekitar, seperti sinar matahari, polusi, dan penggunaan produk rambut, bisa membuat rambut jadi rusak. Rambut juga bisa mengalami masalah, seperti rontok, kering, dan berketombe.

 

Bahan Alami Penumbuh Rambut yang Aman

Ketika rambut bermasalah, perawatan rambut harus dilakukan untuk mengembalikan kesehatan rambut. Berbagai produk perawatan rambut yang beredar di pasaran memang banyak. Namun yang paling aman, tentunya Bunda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menumbuhkan rambut dan menyehatkan rambut.

Bahan penumbuh rambut ini sangat aman, baik untuk orang dewasa maupun bayi dan anak-anak, bahkan bahan-bahannya sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Selain itu, Bunda juga dapat meracik sendiri bahan-bahan alami tersebut. Nah, berikut ini beberapa bahan alami penumbuh rambut.

bahan alami penumbuh rambut
Minyak kelapa yang sangat mudah dibuat sendiri ini dapat membantu pertumbuhan rambut

1. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kesehatan, pengobatan, kecantikan, dan perawatan tubuh memang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Ambil daging lidah buaya yang berbentuk gel bening sebagai bahan penumbuh rambut alami. Sebab dalam lidah buaya terkandung vitamin B12 dan folic acid yang dapat membantu menguatkan dan menyuburkan rambut.

Selain itu, lidah buaya juga berkhasiat untuk mengurangi ketombe dan minyak berlebih pada rambut. Rambut pun akan tumbuh dengan sehat, lebat, dan terhindar dari kerontokan. Kulit kepala juga akan terasa segar.

2. Minyak Kemiri

Bahan alami penumbuh rambut ini dapat dengan mudah ditemukan di dapur. Sudah tidak asing lagi, kemiri sejak dahulu sudah dipercaya dapat bermanfaat untuk menumbuhkan, menyuburkan, memperkuat, dan menghitamkan rambut. Itu berkat kandungan asam linoleat, vitamin B1, serta miristant yang ada di minyak kemiri.

Nah, buatlah minyak dari kemiri dengan membakar beberapa buah kemiri. Setelah dibakar, ditumbuk kasar hingga mengeluarkan sari berupa minyak. Kemudian minyak tersebut dioleskan di kulit kepala dan rambut. Lakukan secara rutin agar rambut sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

3. Minyak Kelapa

Minyak dari kelapa sering dimanfaatkan sebagai perawatan alami untuk menumbuhkan rambut. Kandungan asam lemak yang kaya di dalam minyak kelapa membantu mengurangi hilangnya protein yang dibutuhkan oleh rambut.

Minyak kelapa yang mengandung vitamin E dan K serta memiliki sifat antijamur, antimikroba, dan antibakteri juga dapat membantu mengatasi kulit kepala yang kering dan berketombe. Selain itu, minyak kelapa juga berfungsi sebagai pelembap alami rambut.

Oleskan saja minyak kelapa di area kulit kepala yang mengalami kekeringan, kemudian pijat secara perlahan dan bersihkan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

4. Minyak Zaitun

Satu lagi bahan alami yang sering digunakan untuk kecantikan dan perawatan tubuh sejak berabad-abad lalu, yaitu minyak zaitun. Kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin E di dalam minyak zaitun mampu menjaga keratin dalam jumlah besar di rambut sehingga memungkinkan rambut jadi lebih sehat dan bersinar. Hasilnya, rambut yang sehat dapat merangsang pembentukan rambut baru. Unsur asam lemak di dalamnya dapat memperbaiki lapisan rambut yang rusak dan membuat rambut jadi lebih halus. Lakukan perawatan rambut dengan minyak zaitun seminggu sekali.

5. Seledri

Bahan ini sering banget dijadikan bahan tambahan masakan. Nah, Bunda bisa menyisihkan seledri untuk merawat rambut. Seledri mengandung protein, mineral, kalsium, lemak, zat, besi, vitamin A, B, dan C. Kandungan inilah yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut, menghitamkan rambut, melembutkan rambut, hingga mengatasi ketombe.

Oleskan saja seledri yang sudah diremas halus ke kulit kepala dan rambut. Tunggu beberapa saat agar nutrisi seledri masuk ke dalam kulit kepala dan batang rambut. Setelah itu, bersihkan. Lakukan secara berkala agar rambut tumbuh dengan subur, lebat, dan hitam.

6. Madu

Cairan kental dan manis ini banyak mengandung protein, mineral, asam amino, antioksidan dan berbagai macam vitamin. Dengan kandungan ini, madu dapat membantu melebatkan rambut, menguatkan akar rambut, dan mencegah kerontokan rambut. Rambut juga akan tambah bersinar.

7. Telur

Bahan baku makanan ini juga dikenal baik untuk kesehatan rambut, salah satunya sebagai bahan alami penumbuh rambut dengan cepat. Telur memiliki kandungan protein dan asam amino esensial yang dapat menyuburkan rambut, dan juga memberikan kelembutan pada rambut.

Caranya hanya dengan mengoleskan telur ke kulit kepala sambil dipijat-pijat secara perlahan. Usai didiamkan selama beberapa saat, bilas rambut dengan sampo agar bau telur dapat menghilang.

8. Almond

Bahan alami dari kacang-kacangan ini merupakan sumber protein dan asam amino esensial. Almond dapat meningkatkan pertumbuhan rambut hingga melebatkan rambut. Bunda bisa mengoleskan minyak almond di kulit kepalanya sekaligus memijat kepalanya.

9. Minyak Jarak

Minyak jarak atau castor oil dihasilkan dari biji jarak yang khasiatnya dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Kandungan vitamin E, asam lemak esensial, oleic acid, mineral, dan enzim yang ada di dalam minyak jarak membantu menyuburkan dan memperkuat rambut.

Minyak jarak juga mengandung asam risinolat yang tinggi yang berkhasiat sebagai antibakteri dan antijamur. Hal ini akan membantu menjaga kebersihan akar rambut dan bagian rambut lainnya. Rambut juga terhindar dari kerontokan karena ada kandungan omega 3 dan asam lemak yang menutrisi folikel rambut.

10. Alpukat

buah alpukat penumbuh rambut
Nutrisi yang terkandung dalam alpukat, seperti biotin dan vitamin B kompleks, dapat membantu rambut tumbuh lebih sehat

Nutrisi yang terkandung dalam alpukat, seperti biotin dan vitamin B kompleks, berfungsi sebagai penumbuh rambut yang lebih sehat. Kandungan mineralnya, seperti potasium dan magnesium, dapat membantu rambut tampak halus dan bersinar. Minyak alami alpukat juga mampu menghidrasi rambut sehingga terhindar dari kekeringan.

Bunda hanya tinggal mengambil daging buah alpukat yang kemudian dihaluskan. Adonan alpukat tersebut dijadikan masker rambut. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas rambut hingga bersih.

 

Perawatan dengan Bahan Alami Terlengkap

Selain bahan – bahan alami penumbuh rambut di atas, Bunda juga dapat menggunakan produk perawatan rambut tambahan yang aman dan praktis untuk sehari-hari untuk si kecil. Cussons Baby menghadirkan rangkaian produk perawatan rambut yang juga mengandung bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, seledri, minyak kemiri, lidah buaya, alpukat, madu, dan lainnya. Mulai dari produk perawatan rambut berupa sampo, hair lotion, hingga hair oil. Beberapa di antaranya adalah Cussons Baby Shampoo Candle Nut & Celery, Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery, Cussons Baby Natural Hair Oil Coconut.

Bahan-bahan alami yang terkandung di dalam sampo, hair lotion, dan hair oil ini memiliki fungsi yang sama untuk kesehatan rambut si kecil. Misalnya, membantu pertumbuhan rambut, menghitamkan rambut, melebatkan rambut, hingga menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat dan lembap. Selain itu, rangkaian produk perawatan rambut yang praktis ini pun sangat lembut untuk penggunaan sehari-hari. Sementara itu, natural hair oil-nya juga dapat digunakan untuk seluruh keluarga.

 

 

 

Related Artikels