Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut Dan Dapatkan Manfaatnya

Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut – Minyak kemiri sudah dikenal banyak orang akan manfaatnya untuk memperindah, menyuburkan, hingga menyehatkan rambut. Bahkan orang tua zaman dahulu selalu menganjurkan perawatan rambut bayi dengan menggunakan minyak kemiri.

Nah, agar bisa mendapatkan manfaat minyak kemiri yang optimal, ketahui cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut berikut ini yuk, Bunda.

Kemiri (Aleurites moluccanus) banyak tumbuh di daerah-daerah tropis, salah satunya di Indonesia. Sebutan untuk kemiri di berbagai daerah di Indonesia juga berbeda-beda.

Di antaranya, kereh (Aceh), muncang (Sunda), kameri (Bali), buah koreh (Minangkabau), sakete (Ternate), engas (Ambon), dan lainnya.

Sementara di luar negeri, kemiri dikenal dengan beberapa nama, seperti Indian walnut, candlenut, candleberry, atau kukui nut.

Sebelumnya Bunda perlu tahu nih, kalau biji kemiri tak boleh dikonsumsi mentah-mentah. Sebabnya, di dalam biji kemiri terdapat zat-zat beracun.

Biji kemiri pun harus diolah terlebih dulu ya, Bun. Biji kemiri banyak dimanfaatkan dan diambil ekstraknya, salah satunya sebagai sumber minyak. Itu karena pada bagian daging biji kemiri terkandung minyak.

 

Mengolah Kemiri Menjadi Minyak

Pengolahan biji kemiri menjadi minyak ada beberapa cara. Bunda juga dapat mengolah sendiri biji kemiri menjadi minyak dan bisa dilakukan di rumah. Bahannya pun mudah.

Bunda cukup menyiapkan biji kemiri yang bisa dibeli di pasar atau toko terdekat di rumah. Semakin banyak kemiri yang disiapkan, semakin banyak pula minyak didapatkan.

Proses pengolahannya pun mudah, cepat, dan lebih hemat. Beberapa cara pengolahan biji kemiri di antaranya adalah disangrai, dibakar, dipanggang, dan diperas.

Cara membuatnya, Bunda bisa menyangrai, membakar, atau memanggang kemirinya terlebih dulu hingga kemiri berubah warnanya. Kemiri yang sudah disangrai atau dibakar, kemudian dihaluskan.

Bunda dapat menghaluskan kemiri dengan cobek, alat tumbuk, atau di blender. Haluskan kemiri hingga keluar minyaknya. Setelah itu, saring kemiri yang sudah dihaluskan tersebut untuk memisahkan ampas dan minyak dari kemiri itu.

Ada pula kemiri yang diolah dengan cara dioven atau dipanggang. Kemiri yang sudah dioven dan berubah warnanya, kemudian dihaluskan.

Kemiri yang sudah halus disimpan di toples kaca, kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Minyak kemiri pun akan keluar dengan sendirinya.

Bunda juga bisa langsung menghaluskan kemiri dengan cara diparut atau di blender. Saat dihaluskan dengan blender atau diparut, tuang air sedikit demi sedikit. Kemudian saring untuk memisahkan air dan ampas kemirinya.

Simpan air perasan kemiri tersebut di dalam toples kaca atau wadah tertutup lainnya dan diamkan selama 24 jam. Keesokannya, Bunda dapat merebus air kemiri tersebut dengan api sedang dengan mengaduk-aduknya secara perlahan.

Tunggu hingga mendidih dan mengeluarkan minyak. Minyak yang dihasilkan dari proses ini biasanya bening. Nah, mudah kan, Bunda!

minyak kemiri sebagai masker rambut, kondisioner, dan perawatan kulit kepala
minyak kemiri sebagai masker rambut, kondisioner, dan perawatan kulit kepala (Foto: Freepik)

Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut

Setelah kemiri diolah menjadi minyak, Bunda dapat menyimpan hasil minyak kemiri tersebut di dalam wadah tertutup. Nah, minyak kemiri buatan sendiri ini dapat digunakan untuk berbagai pengobatan dan perawatan tubuh. Salah satunya digunakan untuk perawatan rambut bayi.

Untuk perawatan rambut Si Kecil, Bunda dapat menggunakannya sebagai masker rambut dan perawatan kulit kepala.

Berikut ini cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut Si Kecil, Bunda. Ikuti langkah-langkahnya, yuk!

  1. Ambil minyak kemiri secukupnya dengan menuangkannya di mangkuk kecil.
  2. Kemudian, minyak kemiri dioleskan pada kulit kepala dan helaian rambut Si Kecil secara perlahan. Bunda dapat mengoleskan minyak kemiri ini saat kondisi rambutnya kering atau basah.
  3. Ratakan minyak kemiri ke seluruh kulit kepala dan rambut Si Kecil dengan sisir yang lembut atau sambil dipijat-pijat perlahan dengan jari Bunda agar nutrisi minyak kemiri dapat menyerap ke rambutnya.
  4. Tunggu sampai kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Bisa juga didiamkan selama semalaman. Gunakan penutup kepala agar minyak tak berceceran.
  5. Setelah didiamkan, Bunda bisa langsung membilas rambut Si Kecil dengan sampo dan air hangat untuk membersihkan minyak kemiri di rambut dan kulit kepalanya.
  6. Lakukan perawatan rambut Si Kecil dengan minyak kemiri secara teratur agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Selain itu, Bunda juga dapat memanfaatkan minyak kemiri sebagai kondisioner rambut yang alami. Sebagai kondisioner rambut alami, Bunda dapat menggunakannya setelah rambut Si Kecil dibasahi terlebih dulu.

Kemudian, oleskan minyak kemiri ke kulit kepala dan rambutnya saat kondisi basah sebagai kondisioner. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas rambut Si Kecil sampai benar-benar bersih dari minyak agar tidak menimbulkan masalah baru.

Baca juga : 8 Manfaat Minyak Untuk Rambut Sehat Dan Tebal

Sederet Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Apabila Bunda menggunakan minyak kemiri untuk rambut Si Kecil secara rutin, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Apalagi di dalam minyak kemiri terkandung nutrisi yang bisa membuat rambut dan kulit kepala jadi lebih sehat.

Di antaranya adalah vitamin C, B1, D, E, antioksidan, dan asam lemak esensial yang baik, seperti asam oleat (omega-9), asam linoleat (omega-6), dan asam linolenat (omega-3). Asam lemak ini mampu membawa nutrisi yang ada di dalam minyak kemiri ke dalam kulit.

Kandungan nutrisi lainnya adalah protein, mineral, gliserida, dan miristat. Selain itu, minyak kemiri juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Dengan segudang kandungan nutrisi di dalam minyak kemiri, berikut sederet manfaat yang didapat jika menggunakan minyak kemiri untuk rambut sejak dini.

1. Menguatkan rambut

Kandungan asam linoleat dan linolenat yang ada di dalam minyak kemiri mampu melapisi rambut, memberikan nutrisi, melembapkan, mencegah kerusakan, dan memperbaiki penampilan dan kilau rambut. Kandungan protein dan mineral di dalam minyak kemiri, dapat membantu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut.

2. Menumbuhkan rambut

Sudah sejak lama, minyak kemiri dipercaya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut dapat tumbuh panjang secara alami. Dengan akar rambut yang kuat, minyak kemiri dapat mencegah kebotakan.

3. Mencegah kerontokan

Minyak kemiri juga dapat menjaga folikel rambut tetap sehat dan bekerja dengan baik sehingga membantu mencegah kerontokan rambut sejak dini.

4. Mencegah ketombe

Minyak kemiri mampu melapisi kulit dan mengunci kelembapan sehingga dapat mencegah kulit kering dan timbulnya ketombe. Kandungan asam linoleat di dalam minyak kemiri berfungsi sebagai antiinflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe.

5. Menghitamkan rambut

Banyak orangtua yang menganjurkan perawatan rambut dengan minyak kemiri pada bayi agar Si Kecil mendapatkan rambut hitam yang berkilau.

Itu karena di dalam minyak kemiri juga terdapat kandungan asam gamma-linolenic yang fungsinya sebagai kondisioner alami bagi rambut. Dengan begitu, rambut akan lembap kembali. Kandungan omega-3 juga dapat membantu rambut tampak hitam berkilau.

 

Sederet manfaat minyak kemiri untuk rambut bayi
Sederet manfaat minyak kemiri untuk rambut bayi (Foto: Pixabay/Fujikama)

Hair Lotion dengan Kandungan Minyak Kemiri

Dalam mengolah minyak kemiri sendiri memang agak merepotkan bagi sebagian orang, apalagi jika Bunda memiliki kesibukan pekerjaan. Namun, Bunda dapat menggunakan minyak kemiri yang sudah dikemas di dalam botol, yang banyak dijual di pasaran.

Baca juga : Manfaat Seledri Untuk Rambut Bayi

Meski begitu, perhatikan keamanannya dan tetap waspada saat membelinya agar tidak salah membeli minyak kemiri palsu. Apalagi jika minyak kemiri ini akan digunakan untuk bayi Anda.

Hair Lotion candle nut celery

Salah satu produk yang mengandung minyak kemiri dan aman untuk digunakan sebagai perawatan rambut Si Kecil adalah Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery.

Baca juga : Manfaat Minyak Almond Untuk Rambut Sehat dan Lebat

Dengan manfaat minyak kemiri yang terkandung di dalamnya, hair lotion ini dapat memberi nutrisi sehingga merawat rambut dan kulit kepala bayi. Formulanya yang ringan dengan pH yang seimbang serta tidak pedih di mata, akan menjaga rambut Si Kecil tetap sehat, hitam, tebal, dan terasa segar.

 

REFERENSI
“Manfaat Kemiri untuk Rambut Serta Cara Membuat dan Menggunakannya”. Sehatq.com
“15 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Bisa Bikin di Rumah!”. Allthingshair.com
“Kemiri (Aleurites Moluccana)”. Ccrc.farmasi.ugm.ac.id
“9 Amazing Benefits & Uses Of Kukui Nut Oil”. Organicfacts.net
“7 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Jaga Kesehatannya Secara Alami”. Liputan6.com

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!