9 Cara Memandikan Bayi Yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda!

Bagi orang tua yang baru saja memperoleh buah hati, tentunya harus tahu cara memandikan bayi dengan benar ddan tepat. Ini adalah skill dasar sebagai orang tua. Memang terlihat mudah bagi sebagian orang, akan tetapi butuh proses belajar dan kehati-hatian bagi para oang tua baru.

Memandikan bayi juga bukan hanya sekedar aktivitas rutinitas, namun ada banyak hal yang bisa diperoleh dari proses ini. Pada kali ini kita akan membahas cara memandikan bayi dengan baik, dan panduan lengkap untuk Bunda dadn Ayah. Simak yah!

1. Perhatikan Jadwal Mandi Bayi

Hal Pertama yang perlu diperhatikan tentang cara memandikan bayi, pilihlah waktu yang tepat untuk jadwal mandi bayi dimana tidak akan ada yang mengganggu Bunda. Hal ini sangat penting dan jangan meninggalkan bayi bahkan untuk beberapa detik sekalipun pada saat memandikan bayi, Jika ada hal yang mengganggu dan harus meninggalkan ruangan, bawalah si bayi bersama Bunda.

2. Siapkan ruangan

Harus yang hangat dan bersih, jika Bunda menggunakan bak, letakkan bak di permukaan yang rata dan stabil, seperti meja, dimana  Bunda bisa merasa nyaman memandikan si bayi.

Baca Juga : Perlengkapan Mandi Bayi yang Tepat Dukung Si Kecil Tetap Segar Beraktivitas di Luar Ruangan

3. Siapkan semua peralatan mandi bayi

Siapkan handuk, waslap, sabun, krim bayi dan pakaian bersih, dan pastikan semua peralatan mandi mudah dijangkau saat memandikan si bayi.

4. Tuangkan air di bak mandi bayi

Air sebaiknya cukup sampai dan dapat menutupi bahu bayi saat dimandikan. Gunakan sabun khusus bayi yang lembut dengan pH seimbang, yang cocok untuk kulit bayi.

5. Cek temperature air 

Untuk keamanan, sangatlah penting agar Bunda mengecek suhu air sebelum memasukan si bayi ke dalam air. Air untuk mandi sebaiknya jangan terlalu hangat, dan juga jangan terlalu dingin, cara untuk mengujinya yaitu dengan lengan atau siku Bunda. Jangan menuangkan air lagi setelah bayi sudah berada didalam air.

6. Lepaskan pakaian bayi

Lepaskan pakaian bayi dengan hati-hati dan tahan leher dan kepalanya dengan lembut, serta masukan bayi di bak dan air mandi yang sudah disiapkan.

7. Sirami dan basuhi bayi dengan air

Basuh si bayi dengan air secara lembut dengan satu tangan dan perlahan mulai dari atas kepala, leher dan yang lainnya. Pastikan Bunda membasuh di semua lipatan, termaksud di bawah dagunya. Basuh bagian bawah bayi pada saat terakhir. Jangan memandikan si bayi lebih dari 5 menit.

8. Lakukan dengan lembut

Angkat si bayi dengan lebut dan hati-hati saat keluar dari bak mandi dan langsung selimuti bayi dengan menggunakan handuk lembut, kemudian keringkan tubuh bayi dengan perlahan dan lembut.

Baca Juga : Keajaiban Sentuhan Lembut Bunda Saat Memandikan Bayi Membantu Meningkatkan Kemampuan Kognitifnya

9. Gunakan krim

Oleskan krim lotion yang berfungsi untuk melembabkan kulit bayi yang sangat kering seperti di area popok. Bunda bisa memilih krim yang khusus bayi, juga gunakan bedak untuk membantu menyerap keringat si bayi agar tidak terjadinya biang keringat. Setelah itu, gunakan minyak telon plus untuk menjaga bayi, agar tubuh bayi tetap hangat sekaligus melindungi bayi dari gigitan nyamuk yang menganggu.

Setelah itu, pakailah pakaian yang sudah disiapkan. Selesai, bayi pun bersih, dan wangi.

Manfaat Mandi Bayi

Manfaat memandikan bayi sendiri sangat banyak diantaranya untuk melindungi bayi dari kuman yang dapat menyebabkan penyakit, dari sisa kotoran dan makanan yang menempel, hingga untuk menjaga tubuh si kecil tetap nyaman dan segar setiap harinya. Tubuh bayi yang segar akan membuatnya teerasa lebih nyaman dan tenang.

Langkah Bayi Yang Benar Dan Tepat

Memandikan bayi sangat menyenangkan, walaupun Bunda mungkin merasa sedikit gugup untuk melakukannya. Berikut adalah metode dan cara mandi bayi yang tepat untuk diterapkan.

Memandikan bayi untuk pertama kali bisa menakutkan, tetapi dengan persiapan yang matang, mandi bayi bisa menjadi sangat mudah dan lancar.

Mandi Bayi

9 cara memandikan bayi bagi ibu pemula

Baca Juga : 5 Cara Seru Ciptakan Momen Mandi Bayi Baru Lahir, Bisa Bikin Mereka Makin Pintar, Lho!

 

Baca Juga:Sabun Anak – Daftar Rekomendasi Sabun Mandi Yang Aman Untuk Kulit dan Cara Memilihnya

Fakta dan Mitos Tentang Memandikan Bayi

Setiap orangtua, sangat berhati-hati merawat bayi. Perawatan bayi bermacam-macam, ada perawatan mulut, perawatan kulit, perawatan rambut, dan juga perawatan mandi. Banyak para orangtua yang tidak banyak tahu tentang beredarnya mitos dan fakta tentang memandikan bayi. Beberapa orangtua juga percaya akan cerita-cerita yang diwariskan generasi sebelumnya tentang merawat bayi. Nah, Bunda harus mencari tahu, dan mengetahui apakah fakta dan mitos tersebut benar adanya? Untuk melindungi si Kecil, inilah beberapa fakta dan mitos memandikan bayi :

  • Memandikan bayi dengan air dingin

Mitosnya : Kebiasaan memandikan bayi dengan air dingin karena menganggap cara ini bisa membuat bayi kuat, ini adalah mitos.

Faktanya : Bayi rentan terhadap suhu dingin. Air dingin dapat membuat pembakaran dan metabolisme tubuh bayi meningkat, sehingga makanan dalam tubuh bisa terkuras untuk mengatur suhu tubuh. Akhirnya bayi kehabisan tenaga dan mudah sakit. Sebaiknya mandikan bayi dengan air hangat, sekitar 37 derajat celcius. Durasi yang diperlukan untuk memandikan bayi sekitar 5-10 menit.

“Mandi dengan air dingin amannya untuk anak di atas satu tahun,” jelas dr Attila Dewanti, SpA(K).

Baca Juga :Bunda, Yuk Bikin Momen Mandi Bayi Baru Lahir yang Rileks dan No Cranky

  • Sebelum usia bayi 40 hari dilarang memandikan pada sore hari

Mitosnya : Jangan memandikan bayi yang belum berusia 40 hari disaat sore hari.

Faktanya : Karena bayi butuh mandi dua kali sehari. Memandikan bayi sebelum 40 hari bukan masalah. Bayi yang lahir setelah 6 jam sudah boleh dimandikan. Pagi hari bayi yang baru lahir atau bulan-bulan pertama bisa dimandikan antara jam 07:00, 08:00 dan sampai jam 09:00 pagi, sedangkan pada sore hari pukul 14:00 dan . Sebaiknya bayi dimandikan dua kali dalam sehari.

  • Jangan mandi terlalu lama, ini akan menyebabkan kulit bayi kering

Mitosnya : Mandi terlalu lama, akan membuat kulitnya menjadi kering.

Faktanya : Mandi baik untuk kulit bayi karena bisa menghilangkan kotoran dari kulitnya. Tetapi jika terlalu sering dimandikan dan teralu lama, minyak alami yang terdapat kulit bayi juga akan berkurang, cukup 5-10 menit jangan terlalu lama saat dimandikan. Gunakan air yang hangat 37 derajat celcius ini juga membantu mengurangi kulit kering pada bayi.

  • Bercak putih pada bayi, apakah itu panu?

Mitosnya : Apakah bercak putih pada bayi itu adalah panu?

Faktanya : Tidak benar jika dikatakan itu panu. Jika panu, lebih sering pada area lembab atau tertutup pakaian. Bercak tersebut lebih karena alergi yang faktornya bawaan yang menurun, juga disebabkan oleh jamur, menurut dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre. Istilah untuk kondisi itu adalah pitiriasis alba (peradangan kulit yang disebabkan banyak faktor, bisa dalam diri atau luar tubuh).

Tahukah Bunda?

Untuk memandikan bayi dengan air dingin, bayi akan menjadi kuat. Faktanya, memandikan bayi dengan menggunakan air dingin sangatlah tidak dianjurkan untuk bayi, dengan alasan disaat bayi diberi air dingin tentu badannya akan menyesuaikan agar tetap hangat, dan terjadilah pembakaran metabolisme. Kurang seimbangnya suhu, dengan asupan kalori pada bayi bisa menyebabkan bayi sakit. Jadi, usahakan mandi dengan suhu yang nyaman buat bayi.

Apakah si bayi menikmati saat mandi? Taruh pendapat Bunda di kolom komentar

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!