5 Cara Seru Ciptakan Momen Mandi Bayi Baru Lahir, Bisa Bikin Mereka Makin Pintar, Lho!

Setiap momen dalam proses tumbuh kembang si Kecil sangatlah berharga. Sejak hari pertamanya di dunia, Ayah dan Bunda berusaha menciptakan momen bahagia untuk si Kecil. Bahkan saat mandi. Ayah dan Bunda akan berusaha menciptakan momen mandi bayi baru lahir yang seru dan menyenangkan agar terpatri sebagai memori positif untuk mereka.

Mandi bayi adalah cara menyenangkan untuk membuat si Kecil ceria. Tidak hanya karena tubuhnya menjadi bersih, tapi juga kesempatan untuk bermain-main dengan kesegaran air.

Tidak hanya sampai di situ, lho, Ayah dan Bunda. Momen mandi bayi ternyata bermanfaat untuk tumbuh kembang otak dan psikisnya. Contohnya mempererat bonding orang tua dan anak, mendorong perkembangan komunikasi, dan mendorong perkembangan kemampuan motorik dan sensorik.

Baca Juga : Bunda, Yuk Bikin Momen Mandi Bayi Baru Lahir yang Rileks dan No Cranky

Cara Seru Ciptakan Mandi Bayi yang Menyenangkan

Mandi Bayi Baru Lahir

Menciptakan momen mandi yang menyenangkan bisa membuat si Kecil nyaman sekaligus menstimulasi otaknya

Momen mandi yang penuh manfaat tentu tidak bisa terjadi jika Ayah dan Bunda tidak membuat mandi bayi menjadi kegiatan menyenangkan.

Untuk itu, yuk disimak bagaimana caranya menciptakan momen mandi bayi yang menyenangkan, aman, nyaman, dan penuh manfaat untuk si Kecil yang baru lahir.

Baca Juga : Perlengkapan Mandi Bayi yang Tepat Dukung Si Kecil Tetap Segar Beraktivitas di Luar Ruangan

1. Tingkatkan Mood Saat Mandi dengan Obrolan dan Nyanyian

Bayi baru lahir sangat sensitif dengan kondisi di sekitar mereka. Di 1.000 hari pertama Ia dilahirkan, semua indranya bekerja keras untuk beradaptasi.Begitupun saat mandi. Kulitnya akan merasakan suhu air yang hangat dan sentuhan lembut dari Ayah dan Bunda. Matanya pun bekerja keras agar fokus pada tatapan penuh cinta dari Ayah Bunda.Sementara kaki dan tangannya bergerak untuk merasakan air lebih lanjut. Sedangkan hidungnya berusaha mencium aroma liquid soap yang menenangkan.

Bagaimana dengan telinganya? Nah, di sinilah peran Ayah dan Bunda untuk melengkapi momen mandi bayi baru lahir. Sambil memandikan, Ayah dan Bunda bisa mengajak si Kecil mengobrol. Ayah dan Bunda juga bisa menyanyikannya lagu anak-anak yang memiliki melodi menenangkan.

Perlu diketahui, bayi baru lahir sudah bisa mengenali suara Ayah, Bunda, dan orang-orang sekitarnya. Obrolan dan nyanyian ketika mandi dapat mendorong otak bayi untuk mengingat kosa kata dan melodi. Stimulasi ini pun disempurnakan dengan efek suara lembut yang bisa membuat mood si Kecil semakin nyaman saat dimandikan.

Uniknya, kenyamanan ini tidak hanya dirasakan oleh bayi. Tapi juga dirasakan oleh Ayah dan Bunda yang merasa puas saat melihat si Kecil nyaman dan tidak rewel saat dimandikan.

Sentuhan lembut dan tatapan mata Ayah dan Bunda saat memandikan si Kecil bisa membuatnya lebih nyaman. Tambahkan nyanyian dan canda tawa agar Mandi si Kecil makin menyenangkan.

 

2. Berikan Mainan yang dapat Melatih Sensorik Bayi


Memberikan mainan saat mandi bisa menjadi cara seru untuk membuat momentum mandi menyenangkan. Mainan juga bisa membangun imajinasi si Kecil yang baik untuk perkembangan otaknya.Untuk bayi baru berumur kurang dari sebulan, mungkin Ayah dan Bunda belum bisa memberikan mainan. Namun, saat si Kecil mulai bisa merespons, Ayah dan Bunda bisa memberikan mainan untuk menemaninya mandi.
Misalnya adalah bebek karet, rattle stick, atau mini baby teether. Adanya mainan di bak mandi bayi pun tidak hanya membuat mandi lebih seru dan membuat si Kecil nyaman, tapi juga melatih imajinasi dan kreativitasnya.

3. Mendekorasi Kamar Mandi Bayi


Cara lain untuk membuat momen mandi bayi baru lahir menyenangkan adalah dengan menciptakan suasana yang bahagia di kamar mandi.Suasana ini bisa dihadirkan dari dekorasi kamar mandi si Kecil. Gunakan warna-warna cerah namun lembut seperti biru langit, putih gading, merah muda, atau hijau muda pada tembok. Sejumlah penelitian bahkan mengatakan warna cerah dan lembut bisa menstimulasi perkembangan otak si Kecil sejak dini.
Ayah dan Bunda juga bisa menempelkan stiker lucu di kamar mandi bayi. Misalnya stiker bernuansa laut, binatang, atau ruang angkasa. Kehadiran stiker ini pun bisa menjadi stimulus untuk otak si Kecil.

4. Mandi Sambil Berenang


Mandi bayi baru lahir tidak selalu dilakukan di kamar maupun kamar mandi, Lho. Untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan, Ayah dan Bunda bisa memandikan bayi sambil berenang.Memang tidak dilakukan di kolam renang biasa. Tapi, Ayah dan Bunda bisa membuat kolam renang mini sendiri di rumah menggunakan kolam plastik.
Menurut Asosiasi Sekolah Renang Amerika Serikat, bayi bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana di air mulai umur dua bulan. Mengajak anak berenang sejak dini akan mendorong perkembangan motoriknya lebih aktif.Untuk memastikan keamanan si Kecil, Ayah dan Bunda bisa ikut berenang bersamanya. Taruhlah si Kecil di dada Ayah dan Bunda saat berada di dalam air dan biarkan Ia beradaptasi dengan kondisi di sekitarnya.

Perlahan, si Kecil akan mulai bergerak. Saat inilah Ayah dan Bunda bisa melatihnya gerakan gerakan kecil di dalam air.

Sejumlah penelitian menyebutkan sebagian besar bayi sangat menikmati waktu-waktu bermain air. Berenang bisa menjadi pilihan Ayah dan Bunda agar momen mandi si Kecil semakin berharga.

Baca Juga : Keajaiban Sentuhan Lembut Bunda Saat Memandikan Bayi Membantu Meningkatkan Kemampuan Kognitifnya

 

5. Menggunakan Produk Mandi Berkualitas 

Cussons Baby Newborn Hair and Baby Wash mengandung ingredients yang aman untuk kesehatan kulit bayi baru lahir, membuat mandi si Kecil nyaman dan menyenangkan.

6. Last but not least, momen mandi bayi bisa semakin seru jika ayah dan Bunda menggunakan produk yang berkualitas.

Cussons Baby Newborn Hair and Body Wash mengandung ingredients alami yang cocok untuk kulit bayi baru lahir yang lembut. Kombinasi Organic Olive Oil, Natural Chamomile, dan Pure Water menjadikan produk ini sangat baik untuk kulit bayi yang baru lahir.

Natural Olive Oil memberikan sensasi lembut dan mencegah kulit kering pada bayi baru lahir. Sementara itu, Natural Chamomile memberikan efek nyaman kepada si Kecil ketika mandi. Kombinasi ingredients alami ini juga membuat Cussons Baby Newborn Hair and Body Wash teruji Hypoallergenic dan pH Balanced.

Sehingga, membuat momen mandi si Kecil akan semakin nyaman, aman, menenangkan, dan menyenangkan setiap hari.

Menciptakan momen mandi bayi yang menyenangkan pada faktanya bisa menjadi kenangan yang menyenangkan, lho. Ayah dan Bunda juga bisa mengikuti kompetisi Cussons Bintang Kecil 2021. Lewat kompetisi ini, Ayah dan Bunda bisa membagikan momen mandi si Kecil yang penuh canda dan tawa.

Ada kesempatan untuk memenangkan total hadiah Rp 1 Miliar, lho!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk bagikan momen seru penuh canda tawa dengan si Kecil bersama Cussons Bintang Kecil 2021! Selengkapnya bisa dicek di https://cbk2021.id, Facebook Cussons Baby Indonesia, dan Instagram @cussonsbabyid.

Referensi: 

Washing and bathing your baby

Here’s How To Make Your Baby Love Bath Time

Developmental Benefits of Bath Time

When can I take my baby swimming?

Can Newborn Babies Really Swim?

Cussons Baby Newborn Wash Doy

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!