10 Fakta Rambut Bayi yang Harus Bunda Ketahui Agar Perawatannya Optimal!

Rambut bayi menjadi salah satu hal yang menjadi fokus perawatan oleh sebagian besar orang tua di Indonesia. Ayah dan Bunda akan senang jika rambut si Kecil tumbuh tebal, hitam, dan bersinar. Sebelum merawatnya, cari tahu fakta rambut bayi agar Ayah dan Bunda bisa merawatnya secara optimal.

Seperti kulit, rambut bayi memiliki keistimewaan. Bayi yang baru lahir akan memiliki kondisi yang berbeda-beda. Ada bayi yang lahir dengan rambut tebal atau tipis. Ada juga yang lahir dengan rambut bule atau pirang hingga kecoklatan, tidak hitam seperti bayi Indonesia kebanyakan.

Ada pula yang lahir dengan rambut panjang dan hitam. Perbedaan ini normal, ya, Ayah dan Bunda. Kondisi bayi rambut bayi ketika baru lahir sangat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Di antaranya nutrisi selama di dalam kandungan, faktor keturunan, bahkan mood Bunda selama hamil.

Nah, kondisi yang berbeda-beda, terkadang muncul mitos-mitos yang membuat Ayah dan Bunda merasa parno. Karenanya, perlu, nih, untuk mengetahui apa saja sih fakta di balik rambut si Kecil yang istimewa.

Baca Juga : Infografik Cussons Baby : Fakta dan Mitos Perawatan Rambut Bayi

10 Fakta Rambut Bayi

Di balik rambutnya yang sehat dan menggemaskan, ternyata ada fakta-fakta rambut yang harus Ayah dan Bunda ketahui agar perawatannya optimal.

Berikut 10 fakta rambut si Kecil yang harus Ayah dan Bunda pahami agar bisa mengawal pertumbuhanya secara optimal.

Sebum di kulit kepala bayi adalah normal 

Seperti kulit bayi yang sedang beradaptasi dengan dunia luar, kulit kepala pun mengalami hal yang sama. Inilah yang menyebabkan kulit kepala bayi cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan kulit kepala orang dewasa.Ketika sedang beradaptasi, kulit kepala bayi memproduksi sebum atau minyak yang bertujuan untuk melindungi kelembaban kulit kepala. Artinya, sebum di kulit kepala bayi normal terjadi. So, Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir.

Untuk mengontrol sebum pada kulit kepala si Kecil, Ayah dan Bunda hanya perlu membersihkannya menggunakan baby oil sesaat sebelum mandi dan memberikan sampo. Jika tidak dibersihkan, akan berpotensi menyebabkan cradle cap pada kulit kepala si Kecil.

Baca Juga : Ini Tips Agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh, Harus Gunakan Produk Perawatan yang Tepat

Rambut bayi bisa terlihat di USG 

Meskipun memiliki helaian yang tipis dan lembut, rambut bayi ternyata bisa terlihat di USG, lho! Rambut bayi bisa terlihat sejak kandungan berumur lima bulan.Ayah dan Bunda bisa memanfaatkan USG untuk melihat pertumbuhan rambut bayi sejak di kandungan. Dari sini, Ayah dan Bunda bisa mulai mengontrol nutrisi yang baik untuk rambut si Kecil agar memiliki rambut yang hitam dan lebat.

Kerontokan pada rambut bayi itu normal, lho! 

Ketika baru lahir, semua bagian tubuh si kecil akan melakukan adaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Termasuk kulit kepala dan rambut.Ada banyak cara adaptasi, namun yang kerap terjadi adalah kerontokan pada rambut bayi. Apalagi jika si Kecil lahir dengan rambut yang tebal.

Kerontokan rambut pada bayi baru lahir ini tergolong normal. Berdasarkan para ahli, kerontokan ini akan terjadi hingga umur si Kecil 6 Bulan. Terkadang, Ayah dan Bunda tidak menyadari adanya kerontokan karena dibarengi dengan pertumbuhan rambut yang cepat. Namun, tidak sedikit kasus yang membuat Ayah dan Bunda khawatir saking banyaknya rambut yang rontok.

Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir. Kerontokan rambut ini bisa terjadi akibat posisi tidur di Kecil yang sama dalam jangka waktu panjang. Kerontokan ini juga bisa terjadi akibat perubahan hormon pada tubuhnya. Yang pasti, Ayah dan Bunda harus memastikan perawatan dan nutrisi maksimal untuk rambut si Kecil.

Baca Juga : Serba-Serbi Rambut Bayi Baru Lahir Tidak Tumbuh Merata

Rambut bayi akan terus berubah seiring pertumbuhannya 

Masih berhubungan dengan kerontokan yang dialami si Kecil, rambut bayi ternyata akan terus berubah seiring pertumbuhannya, lho, Ayah dan Bunda.Saat lahir, bisa saja Ia memiliki rambut yang tipis dan keriting. Namun, seiring dengan nutrisi dan perawatan yang diterimanya, rambutnya akan semakin tebal. Tidak hanya itu, perawatan seperti memotong rambut secara teratur juga mempengaruhi perubahan rambut si Kecil.

Mencukur rambut bayi sangat baik untuk pertumbuhan rambutnya 

Orang tua tentu memiliki pendapat berbeda-beda tentang mencukur rambut bayi mereka. Namun, di Indonesia mencukur rambut bayi adalah hal yang normal, bahkan termasuk sebagai budaya.Beberapa ahli bahkan menganjurkan untuk mencukur rambut si Kecil secara teratur. Faktanya, mencukur rambut bisa menjadi cara untuk merawat rambutnya agar selalu sehat.

Bayi akan mendapatkan ‘rambut dewasa’ pada umur dua tahun 

Perubahan rambut yang cepat pada bayi akan mulai melambat ketika umurnya mencapai dua tahun. Pada umur ini, rambut si Kecil sudah bisa beradaptasi dan mulai memperlihatkan rambut aslinya atau ‘rambut dewasa’.

Jadi, Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir jika rambut si Kecil tidak tumbuh optimal sesaat setelah lahir.

Ketika menginjak usia dua tahun, si Kecil mulai mendapatkan ‘rambut dewasa’-nya. Ditandai dengen pertumbuhan dan jenis rambut yang konstan.

 

Styling rambut si Kecil secara berlebihan bisa menghambat pertumbuhan rambutnya 

Menguncir rambut si Kecil serta memberikan pita dan jepit rambut tentu menambah kegemasan si Kecil.Sebenarnya, styling rambut si Kecil aman-aman saja jika tidak berlebihan. Namun, sejumlah ahli menyarankan untuk meminimalisir dalam melakukan styling. Contohnya kuncir rambut yang terlalu ketat atau menggunakan jepit rambut yang terlalu keras. 

Menyisir rambut si Kecil pun harus pelan-pelan, ya, Ayah dan Bunda. Jangan memaksa jika ada rambut si Kecil yang kusut. 

Styling yang berlebihan serta tarikan paksa pada rambut si Kecil dapat menghambat pertumbuhan rambutnya dan merusak kesehatan rambut si Kecil.Disarankan untuk menggunakan produk perawatan seperti hair lotion sebelum styling agar rambut si Kecil tetap sehat. 

Baca Juga : Tips Styling Rambut Bayi Menggunakan Hair Lotion

Ragam nutrisi untuk mendukung pertumbuhan rambut bayi yang optimal

Nutrisi yang didapat dari makanan si Kecil sangat mempengaruhi pertumbuhan rambutnya. Faktanya, pertumbuhan rambut si Kecil sangat tergantung pada asupan yang diberikan Ayah dan Bunda. Zat besi, Vitamin A, B, D, Zink, dan Protein adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut bayi yang optimal. Nutrisi tersebut bisa ditemukan pada superfood yang baby friendly. Di antaranya labu madu (buttenut squash), labu, wortel, mangga, kacang-kacangan, kentang, dan telur. 

Sayuran hijau juga dianjurkan untuk dikonsumsi bayi sejak mereka sudah bisa mengonsumsi MPASI. Contohnya adalah bayam. Tidak hanya si Kecil makanan ini juga harus dikonsumsi oleh Bunda, ya. Agar manfaatnya bisa ‘ditransfer’ kepada si Kecil melalui ASI.

Merawat rambut si kecil sejak dini sangat dianjurkan

Perawatan rambut si Kecil harus dilakukan sedini mungkin. Sejumlah ahli menegaskan bahwa sampo, hair oil, dan hair lotion bahkan harus diberikan meskipun rambut bayi masih tipis atau botak. Memberikan hair oil pada kulit kepala si Kecil yang masih botak bahkan sangat dianjurkan untuk menghindari ketombe yang diakibatkan oleh kulit kering.

Baca Juga : Panduan Perawatan Rambut Bayi Baru Lahir Bagi Ibu Baru

Rawat rambut si Kecil dengan produk pilihan terbaik

Cussons Baby Natural Hair Oil adalah pilihan terbaik untuk merawat rambut bayi agar tumbuh sehat, kuat, dan bersinar.

Rambut bayi yang sehat tentu membutuhkan perawatan yang terbaik pula. Untuk itu, Ayah dan Bunda harus memastikan untuk memberikan produk perawatan rambut yang baik, cocok, dan sesuai dengan kondisinya.

Gunakan hair oil dengan cara memijat lembut di kulit kepala bayi sebelum keramas agar pertumbuhan rambut si Kecil optimal.

Rangkaian perawatan rambut dan kulit kepala bayi dari Cussons Baby bisa menjadi pilihan. Cussons Baby Hair Oil dengan dua varian, yaitu Cussons Baby Natural Hair Oil Candle Nut dan Cussons Baby Natural Hair Oil Coconut mengandung bahan-bahan natural yang aman untuk kulit kepala dan rambut si Kecil. Kandungan kemiri dan Pro-Vitamin B5 dapat mendukung pertumbuhan rambut si Kecil yang hitam dan lebat. Sementara kandungan minyak kelapa dan vitamin E membuat rambut si Kecil sehat dan tebal.

Nah, setelah keramas, Ayah dan Bunda bisa menggunakan Hair Lotion. Tujuannya, agar rambut si Kecil lembut, ternutrisi, dan mudah diatur. Usapkan Hair Lotion dengan lembut pada rambut bayi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cussons Baby Hair Lotion hadir dalam tiga varian. Di antaranya Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery, Cussons Baby Hair Lotion Almond Oil & Honey, dan Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil dan Aloe Vera.

Kandungan natural yang ada di dalam Hair Lotion dapat mengoptimalkan pertumbuhan rambut di Kecil di awal kehidupannya. Hair Lotion membantu merawat rambut dan kulit kepala bayi, menjaga rambut tetap halus, lembut, mudah diatur, dan terasa segar.

 

Reference :

Newborn Hair: Everywhere or Barely There, It’s All Normal

10 Hacks for Baby Hair Growth

5 Important Baby Hair Care Tips Every Parent Must Know

10 Essential Tips for Baby Hair Care

10 Interesting Facts About Baby Hair

Hair Lotion

Hair Oil

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!