Ini Tips Agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh, Harus Gunakan Produk Perawatan yang Tepat

Salah satu kebahagiaan dari kehamilan adalah membayangkan penampilan si Kecil, termasuk rambutnya. Bagaimana, ya rambutnya saat baru lahir? Apa saja tips agar rambut bayi cepat tumbuh, sehat serta lebat sejak dini? Yuk simak tips yang harus dilakukan Ayah dan Bunda berikut ini!

Membicarakan rambut bayi memang tidak ada habisnya. Di masa pertumbuhannya, rambut bayi banyak mengalami perubahan. Terkadang Ayah dan Bunda sampai bertanya-tanya. Sebenarnya, ada apa, sih dengan rambut bayiku?

Baca Juga : Serba-Serbi Rambut Bayi Baru Lahir Tidak Tumbuh Merata

Kondisi Rambut Bayi Baru Lahir

Beberapa kondisi yang harus dicatat oleh Ayah dan Bunda mengenai rambut si Kecil, terutama yang baru lahir adalah:

  1. Bayi lahir dengan kondisi rambut berbeda-beda, tergantung pada nutrisi saat di dalam kandungan, mood Bunda saat hamil, dan keturunan,
  2. Pertumbuhan rambut si Kecil pun berbeda-beda saat sudah lahir, dan
  3. Rambut si Kecil akan terus berubah cepat hingga umurnya dua tahun.

Tips agar Rambut Bayi Cepat Tumbuh

Kondisi tersebut adalah normal. Tapi, tentu Ayah dan Bunda menginginkan pertumbuhan rambut yang cepat dan sehat untuk si Kecil. Dengan sejumlah cara, Ayah dan Bunda bisa menstimulasi pertumbuhan rambut si Kecil agar optimal.

Baca Juga :10 Fakta Rambut Bayi yang Harus Bunda Ketahui Agar Perawatannya Optimal!

  1. Maksimalkan asupan nutrisi untuk rambut bayiTips agar rambut bayi cepat tumbuh yang pertama adalah memastikan asupan nutrisi yang maksimal. Layaknya tubuh, rambut bayi membutuhkan nutrisi yang dapat menstimulasi pertumbuhannya.Sejumlah makanan yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan rambut si kecil adalah telur ikan, buah-buahan berwarna cerah, dan kacang.

    Ragam nutrisi seperti ikan, kacang-kacangan, dan sayuran bisa mendukung pertumbuhan rambut bayi yang cepat dan sehat.

    Telur kaya dengan protein. Asupan protein yang cukup akan menstimulasi fungsi folikel rambut, sehingga pertumbuhan rambut bayi pun didorong agar tumbuh cepat dan optimal.

    Ikan, terutama ikan laut mengandung Omega 3 dan Omega 6. Asam lemak esensial ini memang terkenal baik untuk tumbuh kembang otak si Kecil. Namun, ternyata tidak berhenti di situ saja. Omega 3 dan 6 sangat baik untuk kesehatan rambut bayi. Asupan Omega 3 dan 6 yang cukup pada si Kecil dapat membuat rambut mereka tumbuh, sehat, kuat, dan berkilau.

    Sementara itu, buah-buahan berwarna cerah seperti mangga, tomat, stroberi, dan apel kaya dengan Vitamin A. Tidak hanya untuk mata, Vitamin A ternyata sangat baik untuk menstimulasi pertumbuhan rambut bayi.

    Di sisi lain, kacang-kacangan mengandung berbagai mineral yang baik untuk pertumbuhan rambut si Kecil. Mangan, Fosfor, Zat Besi, Zink, dan Selenium dapat menstimulasi pertumbuhan rambut bayi.

  2. Keramas secara teratur Selain nutrisi, mencuci rambut atau keramas rambut bayi secara teratur juga bisa menstimulasi pertumbuhannya. Sejumlah ahli menyebutkan keramas untuk bayi cukup satu sampai dua kali dalam seminggu.
    Saat baru lahir, bayi cenderung memiliki sebum di kulit kepalanya. Sebum atau minyak ini memang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit kepala bayi. Namun, jika tidak dibersihkan, sebum akan menumpuk dan berpotensi menimbulkan cradle cap yang bisa menghambat pertumbuhan rambut bayi. 
    Keramas juga menjadi cara untuk menjaga kebersihan rambut si Kecil. Sehingga, pertumbuhannya sehat dan optimal.Sejumlah ahli mengatakan agar tidak menggunakan sampo untuk mencuci rambut si Kecil hingga berumur dua bulan. Ayah dan Bunda bisa menggunakan hair and body wash khusus Newborn untuk mengatasi hal ini. Contohnya Cussons Baby Newborn Hair & Body Wash.Mencuci rambut si Kecil juga tidak harus pakai sampo, lho! Ayah dan Bunda bisa menggunakan hair oil sebelum mencuci rambut si Kecil. Hal ini pun dinilai lebih aman.

    Jangan lupa berikan sentuhan lembut saat mencuci rambut si Kecil. Sentuhan Ayah dan Bunda bisa membuat si Kecil nyaman sekaligus menstimulasi pertumbuhan rambutnya.

  3. Gunakan handuk dan sisir lembut 

    Bahan handuk yang lembut meminimalisir gesekan antara handuk dan rambut sehingga rambut si Kecil lebih kuat dan tidak kusam.

    Rambut bayi mungkin masih sangat lembut dan tipis. Namun, menyisirnya dengan teratur menggunakan sisir lembut juga dapat memberikan hal positif padanya. Gerakan sisir yang lembut ternyata dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepalanya.

    Lancarnya sirkulasi darah di kepala si Kecil dapat menstimulasi pertumbuhan rambutnya. Darah yang lancar artinya lancar pula distribusi nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan rambut bayi.

    Gunakan sisir dengan bahan sikat lembut khusus untuk bayi. Gerakan sisir dari bagian depan ke belakang dengan lembut agar si kecil nyaman ketika disisir.

    Penggunaan handuk yang lembut juga diperlukan ketika mengeringkan rambut si Kecil ketika habis keramas. Contohnya handuk berbahan katun muslin atau bahan microfiber yang lembut. Permukaan handuk yang lembut bisa memberikan sensasi nyaman untuk kulit kepala si Kecil. Tidak hanya itu, mengeringkan rambut si Kecil sesaat setelah keramas juga diperlukan agar Ia tidak kedinginan terlalu lama.

  4. Gunakan produk perawatan rambut bayi sesuai fungsinya
    Hal paling penting dalam tips agar rambut bayi cepat tumbuh adalah merawatnya menggunakan produk pilihan dengan cara yang tepat. Contohnya menggunakan Hair Lotion dan Hair Oil dari Cussons Baby.

    Cussons Baby Natural Hair Oil digunakan sesaat sebelum keramas. Hair Oil bisa menutrisi rambut dan kulit kepala bayi agar lebih sehat dan pertumbuhan rambutnya lebih cepat.

    Tahukah Ayah dan Bunda bahwa kedua produk ini ternyata memiliki kegunaan yang berbeda?

    Hair Lotion memang lebih familiar, namun sebenarnya produk ini berfungsi untuk melembabkan batang rambut bayi, membuat rambut si Kecil lebih berkilau, dan mudah untuk diatur setelah keramas.

    Sementara itu, Hair Oil ternyata memiliki fungsi lebih dari itu. Hair Oil adalah produk yang dirancang untuk menutrisi rambut dari luar. Sehingga, produk ini berperan besar untuk mendukung pertumbuhan rambut si Kecil.

    Lalu, bagaimana, sih cara menggunakan Hair Lotion dan Hair Oil yang benar?

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Hair Lotion dan Hair Oil bisa digunakan dalam satu rangkaian ketika memandikan si Kecil.

    Setengah jam sebelum mandi, usapkan Cussons Baby Hair Oil Natural pada rambut dan kulit kepala bayi. Berikan usapan lembut saat mengaplikasikan agar si Kecil nyaman dan produk terserap sempurna.

    Memberikan Hair Oil pada rambut bayi dapat menstimulasi pertumbuhan rambut si Kecil secara maksimal. Tidak hanya itu, Hair Oil juga membantu memperkuat kulit kepala si Kecil, sehingga rambutnya lebat, sehat, dan kuat.

     

    Cussons Baby Hair Lotion digunakan setelah keramas. Hair lotion membuat rambut si Kecil mudah diatur sekaligus menutrisi agar kuat dan sehat.

    Sementara itu, Hair Lotion digunakan setelah si Kecil mandi dan keramas. Usapkan beberapa tetes Cussons Baby Hair Lotion ke tangan Ayah dan Bunda, lalu aplikasikan ke rambut bayi dengan cara mengusapkan atau menyisir rambut si Kecil menggunakan jari secara lembut.

    Cussons Baby Hair Lotion hadir dalam tiga varian produk, yaitu Cussons Baby Hair Lotion Candlenut & Celery, Cussons Baby Hair Lotion Almond Oil & Honey, dan Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil & Aloe Vera.

    Sementara itu, Cussons Baby Hair Oil Natural memiliki dua varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rambut si Kecil. Di antaranya Cussons Baby Natural Hair Oil Candlenut dan Cussons Baby Natural Hair Oil Coconut.

    Kandungan kemiri dan Pro-Vit B5 sangat baik untuk menstimulasi kesuburan rambut si Kecil dan membuat rambutnya sehat dan berkilau. Sementara itu, minyak kelapa mengandung Vitamin E dan K yang dapat merangsang akar rambut agar lebih kuat dan cepat tumbuh.

    Kedua produk ini sudah teruji dermatologis, lho. Sehingga, aman untuk kulit bayi. Kandungan alaminya pun mendukung pertumbuhan rambut si Kecil yang lebih alami dan bebas dari kandungan kimia berbahaya seperti paraben.

    Reference: 

    Konsumsi Kacang Hijau Saat Hamil Bikin Rambut Bayi Lebat?

    Easy Tips To Make Your Baby’s Hair Grow Quicker

    BABY HAIR GROWTH – THE SECRET TO HEALTHY HAIR (0-5 YRS)

    Here Are 6 Tips To Improve Newborn Baby Hair Growth

    Hair Oil

    Hair Lotion

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!