Yuk Bunda, Ajak si Kecil Bermain Dengan Teman Sepermainannya! - Cussons Baby Indonesia

Yuk Bunda, Ajak si Kecil Bermain Dengan Teman Sepermainannya!

Dunia imajinasi anak adalah salah satu dunia yang tak terbatas, yang bahkan kita masih belum sepenuhnya mengerti. Namun bagi si Kecil akan lebih menyenangkan bila dunia imajinasi itu dia bagi bersama. Misalnya ketik bermain dengan teman sepermainannya.

anak bermain

                                                                        Yuk Bunda, Ajak si Kecil Bermain Dengan Teman Sepermainannya!

Baca Juga : Pro Kontra Anak Bermain dengan Makanan, Benarkah Bisa Bikin si Kecil Lebih Pintar?

Bagaimana Cara Ajak Anak Aktif Bermain dengan Teman?

Kehadiran teman terbukti memberikan pengaruh positif terhadap tumbuh kembang anak. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa bermain merupakan cara anak untuk mempelajari hal sekitarnya. Hal ini juga berlaku saat anak bermain dengan teman-temannya. Ia akan belajar tentang lingkungan dan dunia sekitarnya bersamaan dengan latihan sosialisasi.

Anak-anak memerlukan temannya untuk bermain dan berinteraksi. Bermain dengan teman terbukti melatih kesehatan mental anak. Mereka juga jadi belajar tentang interaksi dengan orang lain, berkomunikasi, dan memecahkan masalah. 

Bermain adalah masa yang penting bagi si Kecil di momen pertumbuhannya. Selain baik untuk membangun kepribadian, ada banyak manfaat lain dari bermain untuk si kecil.

1. Meningkatkan kemampuan berinteraksi

Disaat si Kecil bermain bersama teman-temannya terutama dalam bentuk kelompok, si Kecil tanpa sadar mempelajari banyak hal terutama tentang sosial, tatakrama, dan budaya dari anak-anak lainnya. Saat bermain dengan teman-temannya, si Kecil juga mempelajari pola kerja sama dan bahkan bahasa tubuh. Berinteraksi dengan anak lainnya membuat si Kecil membentuk hubungan pertemanan, belajar untuk saling menghormati, dan menyelesaikan masalah.

2. Memotivasi kerja sama

Tidak dipungkiri lagi kerja sama adalah salah satu hal penentu kesuksesan. Bunda dapat tanamkan sikap kerja sama kepada si Kecil dari umur belia dengan mengajak si Kecil bermain dengan teman-temannya. Dalam kerja sama, si Kecil akan mempelajari bahwa semua usaha, ide, toleransi, berpengaruh terhadap keberhasilan. Dalam contoh sederhananya, biarkan si Kecil bermain puzzle dengan teman-temannya. Dalam kelompok, si Kecil akan belajar untuk bekerja sama dan berbagi ide bersama kawan-kawannya yang akan mempengaruhi hasil akhir kreasi mereka.

3. Mengembangkan diri si Kecil

Semua anak memiliki potensi yang besar, jangan sia-siakan kesempatan mereka. Namun, si Kecil akan tetap merasa malu atau tidak yakin dengan kemampuan dirinya jika si Kecil hanya selalu bermain sendiri. Untuk itu Bunda perlu mendorong si Kecil untuk bermain bersama teman-temannya, dengan bermain secara kelompok dapat membantu pengembangan diri si Kecil hingga dewasa nanti. Ditambah lagi dengan suasana lingkungan yang mendukung si Kecil untuk mengekspresikan dirinya bersama kawan-kawan akan membantu membentuk karakter dan kepribadiannya.

Baca Juga : 6 Manfaat Bermain Bagi Anak Usia Dini untuk Fisik dan Kecerdasan yang Harus Bunda Ketahui!

4. Mengembangkan imajinasi

Tahukah Bunda? imajinasi si Kecil adalah salah satu hal terpenting dalam membuka potensi dirinya. Si Kecil tidak hanya dapat bermain dengan imajinasinya sendirian, tapi ia juga dapat membagikannya! Untuk membuktikannya, Bunda dapat menyiapkan kumpulan benda seperti mainan, figures, bahkan boneka dan perhatikan bagaimana si Kecil akan menciptakan dunia fantasinya sendiri dengan benda-benda tersebut.

Namun, jika si Kecil bermain bersama teman-temannya, ia dapat berbagi imajinasi, cerita, bahkan peran sehingga fantasi mereka lebih hidup dan menyenangkan. Dari hal ini si Kecil akan mempelajari banyak hal, seperti kerja sama, bercerita, ekspresi, dan bahkan menyelesaikan masalah dari dongeng yang ia mainkan bersama kawan-kawannya.

Itulah berbagai manfaat bermain bersama teman-teman bagi si Kecil. Tidak dipungkiri lagi, saat bermain si Kecil akan lebih berkeringat dan rentan terkena bakteri tak terlihat. Bunda dapat menjaga kebersihannya bersama Cussons Kids agar anak tetap sehat dan aktif serta dapat terus bermain bersama kawan-kawannya tanpa ada yang menghalangi petualangan mereka di dunia fantasi dan imajinasinya!

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: