Model Rambut Anak Laki – Laki Ikal Modern

Memiliki anak yang rambutnya ikal adalah sebuah keberuntungan lho Bunda! Si kecil dengan rambut ikalnya tentunya terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Namun, seringkali rambut ikal dan keriting menjadi tantangan tersendiri untuk para Bunda dalam menatanya.

Rambut ikal atau keriting memerlukan trik khusus dalam merawat dan menatanya. Apabila salah, maka rambut ikal si kecil akan mudah berantakan dan kurang enak dilihat. Jangan khawatir Bunda, berikut ini Bunda akan mendapatkan panduan untuk mencari model rambut anak laki – laki ikal modern yang cocok buat si kecil. Serta jangan lupa untuk memperhatikan cara merawat serta tips dan trik yang dibagikan agar si kecil tampil keren dan menawan sepanjang hari.

Rekomendasi Model Rambut Anak Laki-Laki Ikal Yang Keren dan Modern

Bosan dengan gaya rambut si kecil yang itu-itu saja? Jangan khawatir Bunda, model rambut anak laki-laki ikal juga banyak variasinya lho. Bunda bisa bermain dan bereksperimen dengan berbagai gaya yang lucu dengan tetap menonjolkan tekstur ikal alaminya yang menggemaskan. Berikut ini, berbagai model rambut anak laki-laki ikal modern yang lucu buat si kecil

Model Guntingan Short Layer

short layer
Model Short layer Untuk Rambut Anak Laki Laki Ikal

Model rambut anak laki-laki ikal ini cocok untuk si kecil yang pertumbuhan rambutnya belum terlalu banyak. Cara menatanya sangat mudah, Bunda hanya tinggal membiarkannnya tumbuh natural kemudian membentuk ujung-ujungnya agar lebih rapi. Kemudian menyisirnya dengan jari sesuai dengan arah jatuh naturalnya. Rambut ikalnya akan dengan sendirinya memberikan dimensi dan tekstur pada model guntingan ini.

Model Guntingan Short Crop

short crop
Model Short Crop Rambut Anak Laki Laki Ikal

Model rambut anak laki-laki ikal ini sangat cocok untuk si kecil yang aktif dan gemar berlari-larian. Karena pendek dan ringkas akan membuat rambut si kecil tetap rapih dan terhindar dari gerah saat beraktivitas. Model guntingan ini sangat bagus dipadukan dengan rambut ikal si kecil, karena akan lebih terlihat bertekstur dan bervolume.

Untuk mendapatkan model guntingan ini, Bunda perlu mencukur pendek samping dan belakangnya, dan bagian atas dipotong layer pendek. Sisakan bagian poni masih sedikit panjang untuk memberikan aksen yang lucu pada wajah si kecil. Untuk menatanya Bunda hanya tinggal menyisirnya dengan sisir bergigi renggang ke arah depan dan biarkan jatuh alami.

Baca Juga: Apa Itu Lanugo Pada Bayi Baru Lahir?

Model Guntingan Undercut

model rambut anak laki laki ikal
Gaya Rambut Ikal: Undercut

Model rambut anak laki-laki ikal ini membuat si kecil terlihat sangat stylish dan modern Gaya ini memberikan dimensi yang spesial pada rambut si kecil, Guntingan ini juga  sangat low maintencance  dan lebih mudah menatanya. Dikarenakan bagian samping-sampingnya pendek dan bagian atasnya saja yang panjang, maka akan membantu mengurangi kesan berantakan pada rambut ikal si kecil.

Model undercut ini juga bisa dikombinasikan dengan bagian atas yang panjang maupun pendek. Untuk menjaga bentuknya, Bunda hanya tinggal rajin merapihkan bagian samping dan belakangnya. Bagian atas Bunda bisa variasikan dibiarkan tumbuh agak panjang agar terlihat semakin trendy.

Baca Juga: Cara Mudah Memotong Rambut Anak Laki – Laki di Rumah

Model Guntingan Quiff

model rambut anak laki laki ikal
Gaya Rambut Anak Laki Laki Ikal: Quiff

Gaya quiff atau jambul ini membuat si kecil terlihat sangat tampan dan menawan, sangat cocok untuk acara-acara spesial.

Untuk model rambut anak laki-laki ikal ini, Bunda tinggal memendekkan bagian samping dan belakanganya, lalu meninggalkan bagian atasnya jangan terlalu pendek ya. Kemudian menyisirnya dengan jari ke arah atas. Jangan terlalu rapi menatanya ya Bunda karena akan terlihat kaku. Melainkan, biarkan sebagian rambut ikalnya jatuh alami membingkai dahi si kecil.

Model Rambut Anak Laki Laki Ikal: Bowl Cut

bowl cut rambut laki laki ikal
Model Rambut Anak Laki Laki Ikal: Bowl Cut

Model Bowl cut ini membuat tekstur ikalnya semakin menonjol dan menawan. Bunda hanya tinggal memanjangkan rambut bagian sampingnya mencapai batas bawah telinga kemudian membuat pola oval ke bagian poninya.

Model rambut anak laki-laki ikal ini sangat mudah menatanya. Kuncinya adalah pada guntinganya, Bunda bisa membawanya ke salon atau menyerahkan kepada profesionnal hairdresser untuk membentuk pola guntingan bowl cut agar terlihat lebih maximal. Si kecil akan terlihat seperti rockstar yang sangat menggemaskan.

Model Guntingan Side Part

model side part
Model Rambut Anak Laki Laki Ikal: Side Part

Ingin membuat si kecil tampil lebih retro? Bunda bisa mencoba gaya side part ini. Gaya ini sangat cocok untuk si kecil yang berambut ikal, karena teksturnya yang sudah bervolume secara alami.

Caranya mudah, Bunda hanya tinggal membelah samping rambutnya, lalu menatanya ke arah samping dan membiarkan ujung-ujungnya rambut jatuh alami. Jangan lupa untuk memberikan Hair Lotion agar rambutnya terlihat semakin berkilau dan tekstur ikalnya semakin menawan.

Model Guntingan Long Layer

model rambut anak laki laki ikal
Model Long Layer Untuk Rambut Anak Laki Laki Ikal

Model rambut anak laki-laki ikal ini cocok untuk si kecil yang jumlah rambutnya sudah cukup banyak. Bunda bisa membiarkannya tumbuh agak panjang agar tekstur ikalnya semakin terlihat dan menonjol. Namun agar tidak mengganggu pengllihatan si kecil, jangan lupa untuk memotong rutin bagian poninya pas di atas mata agar tidak mengganggu penglihatannya. Walau dibiarkan tumbuh agak panjang, Bunda tetap perlu melakukan trimming atau menggunting ujung-ujung rambutnya secara rutin setiap 1-2 bulan agar terhindar dari kering dan kusut.

Cara Merawat, Mengeringkan, dan Menata Rambut Ikal Si Kecil

Rutinitas merawat rambut ikal si kecil juga memerlukan perhatian khusus ya Bunda. Berikut yang Bunda perlu lakukan agar rambut ikal si kecil tumbuh sehat dan mudah diatur

  • Keramas menggunakan sampo khusus untuk bayi dengan kandungan bahan alami yang aman untuk rambut si kecil yang masih rentan dan halus. Untuk si kecil yang berambut ikal, Bunda bisa memilih yang kandunganya banyak mengandung pelembab alami seperti mengandung coconut oil atau minyak kelapa. Coconut Oil merupakan bahan yang sangat baik untuk merawat rambut ikal dan keriting, karena  tidak hanya melapisi batang rambut namun juga meresap sampai ke dalam  batang rambut  . Coconut oil membantu mengatasi kehilangan protein , menambah kelembapan dan membuat pertumbuhan rambut lebih sehat serta mudah diatur.
  • Untuk si kecil yang rambut ikalnya mudah kusut, Bunda bisa menambahkan rutinitas memberikan Hair Oil ketika sebelum keramas lalu sisir rambut dengan sisir bergigi renggang kemudian diamkan untuk beberapa saat, setelah itu baru dibilas bersih dengan sampo. Bunda bisa melakukan rutinitas ini sebanyak seminggu sekali.
  • Setelah selesai keramas, keringkan rambut si kecil menggunakan handuk secara perlahan dengan teknik blotting atau membungkusnya secara perlahan dan agak menepuk-nepuk secara lembut untuk menyerap kelebihan air pada rambut si kecil. Terus ulangi sampai rambut dalam kondisi lembab dan tidak menetes air.
  • Sisir rambut si kecil menggunakan sisir bergigi renggang sesuai dengan arah pertumbuhannya. Apabila si kecil rambutnya agak panjang dan keriting, Bunda bisa memelintir satu persatu setiap bagian-bagian rambutnya untuk membantu mengatur alur keritingnya agar lebih teratur saat kering.
  • Oleskan Hair Lotion secara merata lalu lalukan scrunch atau remas secara lembut perlahan agar tekstur ikalnya keluar kembali. Biarkan kering alami

Baca Juga: 10+ Bahan Alami Penumbuh Rambut

Tips dan Trik Menata Rambut Anak Laki-Laki Ikal Agar Mudah Diatur

model rambut anak laki laki ikal
Tips Menata Rambut Ikal Anak Laki Laki

Agar rambut ikal si kecil tumbuh indah terawat dan mudah menatanya, Bunda perlu juga memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Jangan terlalu sering menyisir rambut ikal si kecil. Melainkan, Bunda dapat menyisirnya setiap kali habis mandi.
  2. Jangan menyisir menggunakan sisir bergigi rapat, melainkan gunakan sisir bergigi renggang. Menyisirnya dengan sisir bergigi rapat akan membuat tekstur rambut ikalnya menjadi frizi dan berantakan. Apabila tidak kusut, Bunda juga bisa menyisirnya dengan jari agar tidak merusak alur ikalnya.
  3. Rambut ikal dan keriting lebih rentan kering dan kusut, karena itu Bunda harus rajin memberikan nutrisi  pada rambut si kecil agar menjaga kelembapannya sepanjang hari dan mencegah kusut. Jangan lupa merawatnya juga dengan memberikan Hair Oil seminggu sekali dan Hair Lotion setiap kali sehabis keramas.  Semakin ikal rambut si kecil, semakin memerlukan kelembapan extra untuk menjaga kondisisnya agar tetap sehat dan berkilau. Apabila kelembapannya terjaga, tekstur rambut ikal si kecil akan semakin terlihat dan indah berkilau.
  4. Jangan terlalu sering keramas. Terlalu sering keramas akan menguras kelembapan alami rambut si kecil sehingga membuatnya mudah kering. Bunda bisa melakukan keramas setiap 2 hari sekali.
  5. Rutin melakukan trimming untuk membuang rambut yang kering pada ujung2nya untuk menjaga bentuknya tetap rapih dan mencegah kusut. Karena rambut keriting lebih mudah kering, maka ujung-ujungnya juga lebih rentan rusak dan menjadi mudah kusut.Jangan khawatir Bunda, memotongnya tidak akan menghilangkan ikal keritingnya. Ikal keritingnya pasti akan muncul kembali saat tumbuh.
  6. Apabila pertumbuhan rambutnya masih sedikit dan tipis jangan dibiarkan  tumbuh  terlalu panjang, karena akan membuatnya semakin terlihat tipis.Bunda bisa mencari inspirasi model guntingan pendek yang trendy sambil menunggu pertumbuhan rambutnya.
  7. Saat mengeringkan rambutnya setelah keramas, Bunda bisa menggunakan handuk yang bahanya lembut seperti bahan microfiber atau bahan kaos Jangan menggosokan handuk terlalu kencang, karena akan melukai kutikula rambutnya dan menjadi frizzi.
  8. Apabila tekstur ikal rambut si kecil termasuk yang agak bandel dan sulit diatur, Bunda bisa menyerahkan kepada professional hairdresser untuk memotongnya. Karena memotong rambut keriting adalah seni. Tidak bisa sembarangan memotongnya. Apabila salah caranya bisa membuat jatuh rambutnya kurang maximal dan sulit untuk tertata rapih.

Rambut ikal atau keriting sangat lucu dan menggemaskan, namun memerlukan perhatian ekstra agar bisa tumbuh indah dan mudah ditata. Bunda sudah  mengetahui berbagai model rambut anak laki laki ikal, cara merawatnya, dan tips menatanya. Namun yang terpenting adalah Bunda juga perlu mengajarkan si kecil untuk mencintai rambut ikalnya.

Banyak dari orang tua yang kesulitan menangani rambut ikal si kecil, akhirnya si kecil tumbuh dengan membenci rambut ikalnya dan berharap ini lurus. Jadi usahakanlah untuk tidak komplain terhadap rambut ikalnya, melainkan sering memujinya bahwa rambut ikalnya itu indah. Hal ini akan membantu dia untuk tumbuh mencintai rambut ikalnya. Selain itu jangan lupa untuk selalu mengajarkannya merawat rambutnya agar ia semakin percaya diri dan tampil menawan dengan rambut ikalnya.

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!