Cara Mudah Memotong Rambut Anak Laki – Laki di Rumah

Bingung bagaimana cara memotong rambut anak laki – laki? Rambut si kecil yang sudah semakin panjang akan membuatnya mudah gerah. Bunda tentunya mulai gemas melihat rambutnya tumbuh berantakan dan menusuk-nusuk mata sehingga mengganggu penglihatan serta aktivitas si kecil.

Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 ini,  kita masih enggan dan khawatir membawa si kecil keluar rumah untuk hal yang tidak mendesak. Termasuk jadwal rutin potong rambut anak pastinya akan terhambat. Alhasil, bunda harus bisa mencukur rambut si kecil sendiri di rumah. Berikut adalah kiat-kiat sukses cara memotong rambut anak laki-laki di rumah.

Panduan / Cara Memotong Rambut Anak Laki – Laki

Siapkan dahulu “Alat Tempur” untuk menggunting rambut si kecil

Sebelum mulai menggunting, pastikan bunda mempersiapkan seluruh perlengkapan yang dibutuhkan, karena bunda harus mengusahakan memotong rambut si kecil dalam waktu yang tidak terlalu lama agar si kecil tetap anteng. Si kecil pastinya akan sulit menunggu apabila di tengah-tengah proses bunda harus mencari-cari alat yang belum lengkap. Berikut yang harus dipersiapkan:

  • Gunting rambut
  • Alat Cukur electrik (Clipper), bunda bisa memilih yang jenis cordless (tanpa kabel) untuk mempermudah proses potong rambut
  • Cermin
  • Sisir
  • Jepit
  • Botol spray air
  • Sikat
  • Jubah (Cape)
  • Kursi tinggi (High Chair)

Tentukan Model Guntingan Rambutnya

Sebelum mulai menggunting,  bunda sebaiknya menentukan dahulu model rambut anak laki-laki bunda.  Untuk menentukan modelnya, bunda harus mengenal terlebih dahulu jenis tekstur rambut anak bunda ya. Cara memotong rambut anak laki-laki ada 2 metode yaitu bisa menggunakan clipper (alat cukur electric/mesin pencukur listrik) , menggunakan gunting saja, dan menggunakan kombinasi clipper dan gunting. Hal ini tergantung dari model  guntingan dan tekstur rambut si kecil.

Tentukan model guntingan seperti apa yang bunda ingin buat. Apabila bunda ingin bagian sampingnya tipis dan bagian atasnya agak  panjang,bunda dapat mengkombinasikan menggunakan clipper pada bagian samping dan belakang, kemudian menggunakan gunting untuk bagian atasnya. Apabila bunda ingin model rambut anak pendeknya seragam pada bagian samping, belakang, hingga atas, bunda dapat menggunakan clipper untuk keseluruhan rambutnya.

Carilah Waktu yang Tepat dengan Aktivitas Favorit si Kecil

Selain menguasai cara memotong rambut anak laki-laki di rumah dengan baik, bunda juga harus memperhatikan waktu yang tepat saat memotong rambut si kecil. Anak-anak cenderung tidak bisa diam ketika dipotong rambutnya. Apalagi ketika mendengar suara clipper dan getaran yang dihasilkan alat tersebut.

Beberapa anak terkadang ada yang merasa takut akan getaran yang dihasilkan oleh alat tersebut. Bunda dapat mengalihkan perhatiaanya dengan memberikan aktivitas favorit si kecil, seperti membaca, bernyanyi, atau bermain dengan mainan kesukaaanya. Bunda juga bisa memutar video kesukaannya agar si kecil relax, senang, dan bisa duduk diam.

Bunda juga harus memastikan memotong rambutnya di saat yang tepat, yaitu di saat si kecil tidak mengantuk atau tidak lapar.  Apabila si kecil sedang rewel atau takut, sebaiknya jangan dipaksakan agar tidak membuat si kecil trauma.  Bunda bisa menunda dahulu kegiatan memotong tersebut dan mencari kesempatan lainnya saat si kecil sudah lebih tenang.

Langkah Mudah Cara Memotong Rambut Anak Laki – Laki

Cara memotong rambut anak laki-laki di rumah tidaklah sulit asal bunda mengetahui langkah-langkah penting yang harus diperhatikan. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Bagi Rambut menjadi beberapa bagian

    membagi rambut jadi beberapa bagian
    Langkah pertama: Membagi Rambut Jadi Beberapa Bagian

    Setelah rambut dibasahkan, pisahkan rambut bagian atas dengan bagian bawah untuk mempermudah proses pengguntingan dan agar bentuk potongan lebih teratur.

  2. Mulai menggunting dari bagian atas rambut
    Mulai dari bagian puncak kepala tengah, sisir rambut ke atas lalu jepit dengan jari (jari telunjuk dan hari tengah), lalu potong garis lurus. Lakukan sedikit demi sedikit agar tidak kependekan.

    gunting bagian atas
    Langkah 2: Menggunting Rambut Bagian Atas

    Setelah rapih, mulai ambil lagi bagian yang ada di depannya lalu lakukan cara yang sama dan potong mengikuti patokan kepanjangan rambut yang dibelakanganya. Lakukan terus sampai ke bagian depan (poni). Apabila rambut si kecil susah dijepit dengan jari bunda juga bisa menahannya menggunakan sisir, lalu dipotong bagian ujung-ujungnya.

  3. Potong Bagian Belakang

    memotong bagian belakang
    Langkah 3: Memotong Bagian Belakang Rambut

    Setelah selesai bagian atas, bunda bisa mulai menggunting bagian belakang. Mulai dari tengah, rambut disisir ke arah samping tegak lurus secara vertikal, lalu jepit dengan jari dan potong pola lurus vertikal. Lalu lanjutkan ke arah samping kanan dan kiri dengan cara yang sama.

  4. Potong Bagian Samping

    memotong bagian samping
    Langkah 4: Potong Rambut Bagian Samping

    Lanjutkan ke bagian samping, bunda sisir sekaligus secara mendatar, lalu jepit dengan jari dan gunting pola lurus. Kemudian sisir ke arah bawah dan rapihkan polanya dengan hati-hati terutama bagian di sekitar telinga.

    memotong rambut anak
    Memotong Rambut Anak Bagian Samping Harus Bunda lakukan secara mendatar dan secara hati – hati terlebih pada bagian telinganya
  5. Potong Bagian Poni

    potong rambut anak laki
    Langkah 5: Memotong Rambut Poni Anak Laki Laki

    Jangan ketinggalan juga untuk merapihkan bagian poni ya bunda. Sisir rambut ke arah atas lalu potong ujung-ujungnya pola lurus. Bagian ini juga merupakan bagian terpenting agar si kecil terlihat fresh dan rambut tidak menutupi wajah tampan si kecil.

  6. Rapihkan bagian bawahnya dengan menggunakan Hair Clipper

    merapikan rambut anak
    Langkah 6: Rapikan Rambut Anak Menggunakan Clipper

    Untuk merapihkan bagian bawah dan membuat gradasi bunda bisa menggunakan alat cukur elektrik (Hair Clipper). Sebelum menggunakan Hair Clipper, simak dahulu tata cara pemakaiannya ya bunda.

Baca Juga: Tips Cukur Rambut Bayi

Yang Perlu Diketahui Saat Menggunakan Hair Clipper

Salah satu kunci terpenting dalam menguasai cara memotong rambut anak laki-laki di rumah adalah memahami benar cara pemakaian Hair Clipper.

Pada setiap clipper, bunda akan menemukan beberapa sisir pembatas (Guard) dengan beberapa nomor (misalkan: 1,2,3,4). Tiap Nomor tersebut menentukan ukuran  kepanjangan rambut yang diharapkan setelah dipotong. Semakin kecil ukurannya, maka akan semakin pendek potonganya.  Semakin besar nomornya, maka akan semakin panjang hasil potongan rambutnya.  Setiap jenis clipper memiliki ukuran guard yang berbeda-beda. Karena itu Bacalah dan pelajari  dahulu intruksi/aturan pada clipper untuk mengetahui kepanjangan rambut yang bunda harapkan.

Setelah memasang salah satu guard (sebaiknya mulai nomor yang paling besar , cth: no 4). Posisikan clipper menempel pada permukaan kepala. Cukurlah lurus dari ke arah bawah ke atas mulai dari bagian tengkuk lalu ke arah samping.  Pastikan merata di seluruh bagian dan tidak ada rambut yang terlewatkan.  Setelah bagian belakang, mulailah mencukur pada bagian samping kanan dan kiri.

Setelah merata semua, lanjutkan dengan mengganti guard dengan nomor yang lebih kecil (cth: no 3). Lakukan hal yang sama mulai mencukur dari arah bawah ke atas. Dengan semakin menurunkan nomor guard, maka akan menghasilkan bagian yang bergradasi lebih tipis di bagian bawahnya. Lalu terus lanjutkan dengan menurunkan nomor sampai ke nomor paling kecil, sehingga akan menciptakan suatu gradasi. Lalu jangan lupa juga untuk membersihkan dan merapikan rambut-rambut secara lebih berhati-hati di bagian leher, sekitar telinga, dan jambang.

Baca Juga: Model Rambut Bayi Laki – Laki Sesuai Jenis Rambut

Tips Penting Saat Memotong Rambut Si Kecil

tips memotong rambut anak laki
Perhatikan beberapa tips dibawah ini dalam memotong rambut anak laki – laki ya, Bun!

Selain mengetahui langkah-langkah cara memotong rambut anak laki-laki di rumah, bunda juga harus memperhatikan hal-hal berikut agar proses memotong rambut lebih lancar.

  • Gunakan gunting khusus rambut agar tidak merusak rambut dan hasil guntingan lebih rapih.
  • Jangan lupa untuk melembabkan rambut dengan menyemprotkan air secukupnya agar mempermudah saat menggunting dan pola lebih rapih
  • Gunakanlah Clipper khusus bayi yang biasanya getarannya tidak terlalu kencang agar si kecil tidak kaget dan takut.
  • Apabila helai rambut anak bunda termasuk tipis dan halus, jangan menggunakan clipper, melainkan gunakanlah gunting rambut. Apabila rambut anak bunda helainya tebal bunda bisa menggunakan clipper.
  • Apabila ingin memotong jumlah banyak, bunda bisa menggunakan clipper, apabila ingin memotong jumlah sedikit, bunda bisa menggunakan gunting.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan sikat lembut untuk membersihkan badan dan tubuh si kecil ketika menggunting. Seringlah menyikat rambut-rambut yang menempel di wajah dan tubuhnya agar si kecil terhindar dari rasa gatal dan bergerak-gerak
  • Jika bunda masih awam dengan cara memotong rambut anak laki-laki di rumah, mulailah dengan cukup merapihkan bagian bagian rambut yang terlihat agak berantakan dan panjang. Samakan potongan dengan mengikuti pola sebelumnya. Jangan mencoba mengganti model rambut dengan potongan-potongan yang sulit
  • Buatlah anak merasa nyaman saat potong rambut. Bunda bisa memberikanya snack, ice cream kesukaanya. Sediakan juga mainan favoritnya agar si kecil tidak takut usahakan mengajaknya ngobrol dan bermain dan bernyanyi agar si kecil tidak tegang dan gelisah.
  • Apabila si kecil takut, bunda juga bisa mengajak si kecil melihat ayahnya saat dipotong rambut. Tunjukan bahwa cukur rambut itu tidak menakutkan dan buat suasana semenyenangkan mungkin. Bisa juga mengajak anak bermain peran. Ceritanya anak mengunjungi sebuah salon dan bunda yang menjadi tukang cukurnya, Jangan lupa menggunakan Cape warna warni yang menarik atau tokoh kartun kesukaanya,
  • Berilah reward atau hadiah saat si kecil selesai potong rambut dan telah duduk manis agar si kecil senang dan menunggu-nunggu saat potong rambut selanjutnya.

Demikian kiat-kiat sukses cara memotong rambut anak laki-laki bunda. Sekarang bunda akan semakin mahir menjadi hairstylist pribadi yang handal di rumah.  Si kecil akan terlihat imut dan tampan sepanjang hari. Yuk silahkan dicoba ya Bunda

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Temukan Kami:

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!