Cara Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Rambut si kecil yang lebat dan sehat tentunya impian dari setiap Bunda. Merawat dan menjaga kesehatan rambut si kecil tidak cukup hanya dengan keramas secara rutin ya Bunda.  Agar rambut si kecil tumbuh lebih lebat dan indah, Bunda juga perlu memberikan perawatan tambahan yaitu dengan mengoleskan minyak rambut bayi untuk memberikan nutrisi yang lebih bagi kulit kepala dan rambut si kecil, sehingga merangsang pertumbuhan rambut yang lebih lebat, sehat, dan kuat.

produk bayi

Berikan perawatan rambut bayi yang maksimal dengan minyak rambut bayi terbaik sehingga menutrisi dan menyebatkan rambutnya

Fungsi Minyak Rambut Untuk Bayi

Rambut yang sehat dan indah berasal dari kulit kepala yang sehat. Tahukah Bunda bahwa kulit kepala yang kurang sehat akan mengakibatkan batang rambut kurang kuat sehingga seringkali mengalami kerontokan rambut. Karena itu sangat penting untuk memastikan kulit kepala si kecil dirawat dan dinutrisi dengan baik agar rambut dapat tumbuh kuat dan sehat. Berikut fungsi minyak rambut bayi untuk si kecil:

minyak rambut bayi

Selain melebatkan, berikut ini fungsi dan manfaat dari minyak rambut bayi.

  1. Menutrisi kulit kepala dan rambut agar merangsang pertumbuhan rambut yang lebat, sehat, dan indah
  2. Memperkuat akar rambut agar lebih kuat dan tidak mudah rontok
  3. Membuat rambut si kecil harum sepanjang hari
  4. Melindungi rambut bayi dari cuaca panas maupun dingin, menghambat debu dan kotoran yang membahayakan kulit kepala bayi.
  5. Memberikan kelembutan extra pada batang rambut si kecil sehingga rambut berkilau alami.
  6. Memberikan kelembapan pada kulit kepala bayi sehingga mencegah kekeringan dan ketombe.
  7. Membantu menguraikan rambut dan mencegah kusut, terutama untuk si kecil yang berambut ikal atau keriting.

Bagaimana Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Berikut adalah apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih minyak rambut bayi yang bagus:

  • Pastikan mengandung bahan-bahan alami yang aman untuk si kecil

Perlu diperhatikan jaringan kulit kepala bayi masih tipis dan jarigannya masih longgar, sehingga kulitnya begitu rentan dan sensitif. Oleh karena itu, Bunda harus berhati-hati dan jeli dalam memilih produk minyak rambut bayi yang tepat.

Minyak rambut untuk si kecil tentunya berbeda dengan yang digunakan untuk orang dewasa.  Gunakan minyak rambut yang diformulasikan khusus untuk bayi karena kandungannya aman dan sesuai untuk kebutuhan kulit kepala dan rambut si kecil.

Minyak rambut untuk bayi juga biasanya tidak mengandung alkohol dan kaya pelembap sehinga tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala si kecil, Minyak rambut bayi yang bagus adalah yang mengandung bahan alami yang sangat aman untuk kulit kepala dan rambut si kecil.

  • Perhatikan komposisi bahan yang sesuai dengan kondisi si kecil

Setelah memastikan kandungannya dari bahan alami yang aman untuk kulit kepala dan rambut si kecil, jangan lupa juga untuk memperhatikan komposisi bahan yang terdapat di dalamnya. Pilihkan yang cocok untuk kondisi kebutuhan si kecil. Misalkan apabila Bunda ingin rambut si kecil lebih hitam dan berkilau, bisa memilih kandungan kemiri.

Apabila ingin rambut si kecil lebih tebal dan lebat bisa memilih yang mengandung aloe vera, dll. Untuk panduan lengkap mengenai komposisi yang tepat untuk si kecil Bunda bisa membaca pada bagian selanjutnya ya.

minyak rambut bayi

Perhatikan Kandungan Bahan Pada Minyak Rambut Bayi. Pastikan mengandung bahan alami yang dapat melebatkan dan menyebatkan rambutnya

  • Pilih yang wanginya tahan lama dan menyegarkan

Pilih minyak rambut bayi yang wanginya tahan lama, mengandung bahan pewangi alami dan lembut tanpa kandungan pewangi buatan yang terlalu menusuk hidung, agar tidak mengganggu kenyamanan si kecil

  • Pilih yang kandungannya tidak terlalu berminyak

Minyak rambut yang baik untuk si kecil adalah yang kandungannya ringan dan  mudah menyerap.  Karena kandungan yang terlalu berat akan menutup pori-pori kepala si kecil sehingga akan membuat rambut si kecil menjadi berminyak dan mudah lepek.

Jenis-Jenis Kandungan Minyak Rambut Bayi dan Manfaatnya

Agar dapat memilih dengan tepat yang dibutuhkan oleh si kecil, Bunda juga perlu memahami berbagai macam kandungan alami dan manfaatnya untuk rambut si kecil  Beberapa kandungan pada minyak rambut bayi yang baik dan bagus untuk merawat rambut dan kulit kepala si kecil adalah:

  • Kemiri, berfungsi untuk menyuburkan rambut, menghitamkan dan menambah kilau rambut
  • Minyak Kelapa, berfungsi sebagai pelembab alami, membantu pengelupasan kerak kulit, membantu melembutkan rambut dan menghindrasi kulit kepala bayi.
  • Pro-Vitamin B5, membuat rambut jadi lebih halus, kuat, serta berkilau. Kandungannya juga dapat membantu mencegah rambut rontok.
  • Alpukat, mengandung antioksidan, asam lemak, dan mineral. Menjaga kelembapan rambut, menguatkan batang rambut dan memperbaiki rambut yang rusak.
  • Minyak Almond, melembutkan tekstur rambut, memperkuat dan memperbaiki rambut, mencegah rambut dari kerusakan. Rambut akan lebih mudah ditata.
  • Lidah Buaya, membersihkan rambut dan kulit kepala, membantu mengatasi gatal, mencegah kerusakan pada rambut, menjaga keseimbangan pH kulit kepala bayi tetap terjaga sehingga merangsang pertumbuhan rambut lebih sehat.
  • Minyak Zaitun, membantu agar rambut lebih halus, lebih mudah diatur, dan tidak kering.

 

Baca Juga: 10+ Bahan Alami Penumbuh Rambut

 

Cara Penggunaan Minyak Rambut yang Benar

Terdapat 2 jenis minyak rambut bayi dengan cara penggunaannya yang berbeda, yaitu Hair Oil dan Hair Lotion. Hair Oil kandungannya lebih padat sehingga harus dibilas dan menggunakan sampo setelah pemakaiannya. Hair Lotion kandungannya lebih ringan, dapat dipakai sebagai leave-on treatment dan tidak perlu dibilas kembali setelah pemakaiannya. Hair Oil selain menutrisi juga dapat membantu membersihkan kerak-kerak di kulit kepala bayi.

Cara pemakaian Hair Oil adalah sebagai berikut:

  • Sebelum keramas, usapkan Hair Oil secara merata pada seluruh kulit kepala lalu lakukan pijatan ringan berputar secara merata ke seluruh bagian kepala. Sisir secara lembut dengan sisir bergigi jarang dengan bantalan. Diamkan selama 30 menit untuk peresapan.
  • Setelah itu keramas dengan shampoo seperti biasa, pastikan bilas dengan bersih.

Cara pemakaian Hair Lotion adalah sebagai berikut:

  • Setelah keramas, rambut dikeringkan handuk, lalu oleskan Hair Lotion secara merata ke seluruh bagian kulit kepala dan batang rambut
  • Lakukan pijatan ringan memutar secara lembut lalu sisir dan biarkan kering alami.

Saat memijat, jangan lupa memberikan sentuhan yang lembut untuk merangsang panca inderanya. Selain baik untuk kesehatan si kecil juga dapat menyenangkan suasana hati si kecil.

memijat kepala bayi

Pijat kepala si Kecil dengan perlahan setelah menggunakan minyak rambut bayi

Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Sehat

Selain memberikan minyak rambut bayi untuk menutrisi dan merawat rambut si kecil, berikut rutinitas yang Bunda perlu juga perhatikan agar rambut si kecil tumbuh lebih indah dan terawat:

  • Selain memastikan rambut si kecil ternutrisi dengan baik, Bunda juga perlu memastikan kebersihannya. Saat keramas, pastikan Bunda membersihkan kulit kepalanya dengan teliti agar bersih deri kotoran yang menempel yang dapat menghambat pori-pori. Bunda bisa menambahkan pijatan berputar secara lembut selama 1-2 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Tahukah Bunda bahwa menyisir juga dapat membantu melebatkan rambut bayi secara alami? Menyisir rambut si kecil dengan cara yang benar dapat membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah dan transportasi nutrisi dan oksigen ke batang dan akar rambut sehingga memicu pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Menyisir juga membantu mempertahankan minyak alami yang ada di kulit kepala untuk melindungi batang rambut. Gunakan sisir bergigi besar dengan permukaan bantalan yang lembut ya Bunda agar tidak menyakiti si kecil. Atau apabila rambut si kecil masih sedikit, gunakan sisir bergigi halus. Menyisir dapat dilakukan sekali atau dua kali sehari.

    menyisir rambut

    Rawat Rambut si Kecil dengan rutin menyisir rambutnya

  • Jangan telalu sering memakaikan topi. Terlalu sering memakaikan topi akan mengakibatkan kurangnya sirkulasi pada kulit kepala si kecil sehingga terjadi penumpukan keringat dan kulit kepala menjadi panas. Akibatnya pertumbuhan rambut si kecil menjadi terhambat dan menjadi kurang sehat.
  • Apabila Bunda memiliki anak perempuan, jangan mengikat atau mengepangnya terlalu kencang. Selain dapat menyakiti si kecil, juga dapat menarik akar rambutnya sehingga dapat mengganggu pertumbuhannya dan mengakibatkan mudah rontok

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Bayi Lebih Hitam dan Tebal Dengan Bahan Alami

Kini Bunda sudah memahami rutinitas merawat rambut si kecil agar tumbuh lebat dan indah. Namun selain cara merawatnya, jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan makanan yang kaya nutrisi seimbang untuk menunjang pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Diantaranya dengan memberikan asupan gizi makanan yang banyak mengandung kacang-kacangan, biji-bijian, telur, ikan, daging, sayur bayam, dan buah-buahan.

merawat rambut bayi

Supaya rambut bayi sehat, Bunda harus merawat rambutnya lebih teratur

Jangan jadikan aktivitas merawat rambut ini menjadi beban ya Bunda. Namun, jadikan rutinitas merawat rambut si kecil ini menjadi momen spesial yang menyenangkan hati Bunda dan si kecil. Saat Bunda melakukannya dengan penuh kasih sayang, maka rutinitas kontak fisik ini akan membentuk ikatan batin yang kuat antara Bunda dengan si kecil, yang sangat bermanfaat dalam pembentukan karakternya di kemudian hari. Wah, jadi semakin semangat merawat rambut si kecil ya Bunda!

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

 

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!