Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Bayi

Satu lagi nih bahan alami yang sering dipakai untuk perawatan rambut bayi, yaitu minyak kelapa. Nah, apa saja ya manfaat minyak kelapa untuk rambut bayi? Simak artikel berikut ini yuk, Bunda!

Minyak kelapa dianggap sebagai bahan alami yang sehat karena sifat terapeutiknya.

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari bahan masakan, bahan kosmetik, hingga dimanfaatkan sebagai bahan untuk merawat tubuh secara alami. Penggunaan minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan juga sudah dipercaya sejak dulu secara turun-temurun.

Tak hanya orang dewasa saja, minyak kelapa juga bermanfaat untuk bayi lho, Bunda. Manfaatnya sering digunakan untuk perawatan kulit ataupun perawatan rambut bayi. Bunda pastinya juga sudah tidak asing lagi bahwa minyak kelapa menjadi salah satu bahan alternatif  untuk perawatan rambut bayi. Minyak kelapa dipercaya sebagai minyak terbaik untuk merawat rambut bayi karena kandungan nutrisinya yang dapat menyehatkan rambut, seperti membantu mencegah protein pada rambut menghilang. Antioksidan yang terkandung di dalam minyak kelapa juga mampu melawan dampak radikal bebas.

Nutrisi yang ada di dalam minyak kelapa adalah rantai asam lemak yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antibiotik, antibakteri, dan antijamur.

 

Minyak Kelapa yang Aman untuk Bayi

Bunda, berikut ini ada beberapa macam minyak kelapa yang perlu diketahui. Meski begitu, jenis-jenis di bawah ini masih aman untuk penggunaan luar bagi buah hati Bunda.

minyak kelapa
Ekstrak buah kelapa yang diproses menjadi minyak kelapa
  • Minyak kelapa murni. Minyak kelapa jenis ini diambil dari daging buah kelapa yang sudah dihancurkan dan dikeringkan. Proses pengeringan dilakukan di bawah sinar matahari hingga minyak dari kelapa tersebut keluar. Jika dilihat dari prosesnya, minyak kelapa ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia.
  • Virgin coconut oil (VCO). Kalau minyak kelapa yang satu ini diekstraksi dari daging buah kelapa yang segar dan matang. Dalam proses pembuatannya, minyak kelapa yang diambil dari santan kelapa ini tidak menggunakan suhu yang tinggi/pemanasan terkendali, bisa juga dengan proses tanpa pemanasan sama sekali, dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia. Prosesnya dibuat secara alami. Dengan begitu, kandungan senyawa esensial di dalam minyak kelapa yang dibutuhkan tidak rusak, seperti senyawa phenolic.
  • Minyak kelapa organik. Seperti namanya, jenis ini diambil dari daging buah kelapa yang pohonnya tumbuh secara organik. Karena organik, tentunya tidak menggunakan pupuk tambahan, seperti pupuk kimia atau pestisida. Sementara itu, untuk proses pembuatannya hampir sama dengan pembuatan virgin coconut oil.

 

Khasiat Minyak Kelapa untuk Rambut Bayi

kandungan minyak kelapa
Kandungan yang ada di dalam minyak kelapa dapat melembutkan rambut sehingga rambut bayi tidak mudah kasar dan kusut saat disisir

Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut bayi.

  • Mengatasi cradle cap dan merawat kulit kepala. Kulit kepala bayi bisa mengering, kemudian bisa muncul serpihan atau kerak berwarna kekuningan. Selain itu, kulit kepala juga akan tampak ruam kemerahan. Kepala dan rambut bayi pun seperti tampak berketombe. Kondisi ini dinamakan cradle cap yang memang bisa terjadi pada bayi baru lahir.Untuk mengatasinya, Bunda dapat mengoleskan minyak kelapa di area kulit kepala Si Kecil yang mengalami cradle cap sebelum mandi. Memiliki sifat antibakteri akan membantu mengurangi kondisi cradle cap yang dialami si bayi dan merawat kulit kepalanya. Minyak kelapa yang bermanfaat sebagai pelembap alami, membantu mengatasi pengelupasan kerak kulit cradle cap pada kepala bayi.
  • Melembutkan rambut dan kulit kepala. Minyak kelapa bermanfaat juga sebagai bahan pelembap alami yang dapat menghidrasi kulit kepala bayi. Selain itu, juga dapat melembutkan kulit kepala dan rambut sehingga terhindar dari kekeringan dan bersisik.
  • Merawat rambut. Dalam sebuah esai yang dipublikasikan di The Journal of Cosmetic Science, perawatan dengan menggunakan minyak kelapa dapat mencegah kerusakan rambut, apa pun jenis rambut yang dimiliki si bayi. Itu karena kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa memiliki afinitas tinggi untuk protein agar dapat menembus ke dalam batang rambut dan melindungi rambut dari kerusakan.
  • Merangsang pertumbuhan rambut. Minyak kelapa mengandung vitamin E dan K yang dapat diserap dengan baik hingga ke dalam kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, asam lemak yang kaya di dalam minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Kandungan ini membantu menutrisi kulit kepala dan membantu  menghilangkan sebum yang menumpuk dari folikel rambut. Dengan begitu, rambut tumbuh dengan sehat dan subur.
  • Menguatkan rambut. Nutrisi yang terkandung dalam minyak kelapa, seperti asam lemak dan protein, akan membantu merangsang akar dan helaian rambut menjadi lebih kuat. Rambut Si Kecil pun akan terhindar dari kerontokan.
  • Mencegah rambut kusut dan kasar. Pada awal-awal bayi baru lahir, rambutnya akan terasa lembut. Namun rambutnya yang terkena gesekan dengan permukaan bantal atau tempat tidur, dapat membuat rambut di bagian tertentu menjadi keriting dan kasar. 

    Lakukan pijatan lembut dengan minyak kelapa di kepala buah hati Bunda agar dapat membantu mencegah rambutnya kasar dan kusut. Minyak kelapa dipercaya efektif dapat melembutkan dan menghaluskan rambut bayi. Lagi-lagi karena kandungan asam laurat yang memberi nutrisi hingga ke dalam batang rambut.

Baca Juga: 10 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami

Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Rambut

Untuk menggunakan minyak kelapa ini, Bunda bisa mengoleskannya beberapa saat sebelum Si Kecil mandi. Sebelum dioleskan, basahi dulu kepalanya dengan air hangat. Kemudian saat mengoleskan minyak kelapa, pijat-pijatlah secara lembut dan perlahan. Kemudian, diamkan selama 20—30 menit agar kandungan nutrisi dalam minyak kelapa dapat terserap dengan baik di kulit kepala dan rambutnya.

Mengoleskan minyak kelapa sebelum rambut Si Kecil dikeramas, dapat membuat rambut dan kulit kepalanya terlindungi dengan baik dari air yang bisa merusak rambut. Setelah itu, bersihkan olesan minyak kelapa tersebut dengan membilasnya. Setelah dibilas dengan bersih, keringkan dengan handuk lembut.

 

Minyak Kelapa Praktis

Tak ingin repot membuat minyak kelapa sendiri? Nah, Bunda dapat menggunakan rangkaian produk dari Cussons Baby yang mengandung minyak kelapa. Sebelum keramas, Bunda dapat mengoleskan Cussons Baby Natural Hair Oil Coconut di kepala Si Kecil selama 30 menit sambil dipijat-pijat perlahan. Dengan kandungan minyak kelapa alaminya, dapat membantu melembapkan kulit kepala dan rambut Si Kecil.

Setelah itu, bersihkanlah rambut dan kulit kepala Si Kecil yang berminyak tersebut dengan Cussons Baby Shampoo Coconut Oil & Aloe Vera. Dengan bahan-bahan alami di dalamnya, termasuk minyak kelapa, sampo yang lembut ini bermanfaat untuk menjaga kulit kepala bayi tetap sehat. Ditambah pula dengan kandungan aloe vera yang bermanfaat untuk mencegah kulit kepala dari kekeringan dan membantu pertumbuhan rambut.

Terakhir, usai Si Kecil keramas dan bagian kepalanya dikeringkan dengan handuk lembut, Bunda dapat mengoleskan Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil & Aloe Vera pada rambut dan kulit kepalanya. Losion rambut yang khusus diformulasikan untuk bayi ini bermanfaat untuk merawat rambut dan kulit kepalanya, Bunda. Juga, dapat menjaga rambut tetap sehat terawat, mudah diatur, dan terasa segar. Lakukan perawatan rambut dengan rangkaian perawatan lengkap yang mengandung minyak kelapa dari Cussons Baby ini secara rutin agar rambut Si Kecil dapat tumbuh lebih cepat dan sehat. Rambut juga dapat terlindung dari lingkungan sekitar, seperti angin, asap/polusi, dan sinar matahari.

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!