Kenali Keajaiban si Chamomile yang Bisa Bikin Kulit Bayi Makin Sehat

Bunda tentu sangat familiar dengan chamomile. Tanaman berjenis bunga dari keluarga Asteraceae ini kerap digunakan sebagai bahan herbal. Tidak hanya untuk orang dewasa, manfaat chamomile untuk kulit bayi juga sangat banyak.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang manfaat chamomile untuk kulit bayi, yuk kenali dulu, siapa sih, si chamomile ini?

Chamomile atau kamomil adalah tumbuhan semusim yang masih satu keluarga dengan bunga matahari. Bunga ini merupakan salah satu tanaman musim dingin yang tumbuh di wilayah Eropa dan sebagian wilayah Asia yang memiliki empat musim.

Seiring dengan waktu, chamomile semakin terkenal akibat manfaatnya yang sangat besar untuk kesehatan manusia. Kini, chamomile banyak dibudidayakan di beberapa negara. Termasuk Indonesia.

Selama bertahun-tahun, chamomile dimanfaatkan untuk obat-obatan. Di dalam chamomile, terdapat zat flavonoid, coumarin, polyacetylenes seskuiterpen yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, tanaman ini juga mengandung komponen bioaktif fenolik yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas.

Ada banyak cara memanfaatkan chamomile untuk kesehatan tubuh. Yang paling terkenal tentu saja dua cara, yaitu dikonsumsi dan digunakan sebagai obat luar.

Bunda tentu tidak asing dengan teh chamomile. Ya, betul! Teh chamomile adalah teh yang terbuat dari bunga chamomile yang dikeringkan. Kandungan chamomile yang dikeringkan tidak jauh berbeda dengan bunga yang masih segar. Tidak heran jika jenis teh ini terkenal untuk mendapatkan manfaat chamomile secara maksimal.

Selain teh, chamomile juga banyak diproduksi menjadi essential oil atau minyak esensial. Chamomile oil biasanya digunakan sebagai obat luar. Untuk pijat atau sekadar mengoleskannya di bawah hidung untuk meningkatkan mood

Chamomile oil juga kerap digunakan sebagai pengharum ruangan. Baik dalam bentuk diffuser atau lilin aroma terapi. Aromanya mengandung zat-zat yang terbukti bisa menenangkan orang yang menghirup.

Baca juga : 5 Tips Mencegah Kulit Bayi Kering

Chamomile Oil Baik untuk Kulit Bayi

Karena merupakan obat herbal alami, chamomile oil ternyata memiliki banyak manfaat untuk si kecil, lho, Bunda! Terutama untuk kesehatan kulit dan meningkatkan mood bayi.

Si kecil, terutama yang baru lahir memiliki kulit yang cenderung lebih sensitif. Hal ini disebabkan perbedaan kondisi dari rahim Bunda ke paparan dunia luar. Kulit bayi juga cenderung lebih tipis dan lebih rentan terhadap iritasi. 

Selain akibat perubahan lingkungan sekitar, kondisi kulit bayi yang seperti ini juga disebabkan oleh jaringan kulit yang masih terus tumbuh.

Untuk itu, Bunda harus lebih teliti dalam merawat kulit bayi. Di masa-masa sejak si Kecil dilahirkan hingga berumur 1-2 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengidentifikasi kondisi dan jenis kulit si Kecil.

Selain itu, di masa-masa ini juga Bunda memiliki kesempatan besar untuk mendukung perkembangan si Kecil dari kulitnya. Penelitian yang dilakukan oleh Francis McGlone, Professor of Neuroscience Liverpool JM University dan Cussons Baby Research & Development membuktikan bahwa sentuhan Bunda sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif si Kecil.

kulit bayi

Sentuhan lembut Bunda ke kulit bayi memberikan kenyamanan dan mendukung perkembangan kognitifnya

Kulit bayi sangat sensitif terhadap sentuhan. Setiap sentuhan lembut yang diterima akan dikirim sebagai pesan baik (feel-good) ke otak mereka yang masih berkembang.

Sentuhan lembut seperti elusan dan pijatan pada permukaan kulit bayi inilah yang akan membantu perkembangan otak yang positif. Otak si Kecil akan memproduksi pesan-pesan yang juga dapat mengembangkan emosi mereka secara positif.

Penelitian berikutnya bahkan membuktikan bahwa sentuhan-sentuhan lembut penuh cinta ini dapat membantu perkembangan sistem imun, mood, dan menurunkan level stres pada si Kecil.

Sentuhan Bunda sangatlah penting untuk si Kecil. Efek sentuhan ini pun bisa semakin maksimal jika Bunda memilih produk yang tepat ketika merawat si Kecil.

Contohnya adalah saat mandi. Produk dengan kandungan chamomile oil di dalamnya bisa menjadikan momentum mandi bayi lebih bermakna.

Jika orang dewasa menggunakan teh chamomile untuk relaksasi, maka si Kecil bisa menggunakan chamomile untuk relaksasi ketika mereka mandi.

Bunda bisa memanfaatkan aroma dan zat-zat di dalam chamomile yang dapat menenangkan bayi saat mandi dan setelahnya. Tidak heran jika memilih produk dengan kandungan chamomile alami bisa menjadi solusi Bunda dalam memberikan kenyamanan pada si Kecil.

Tahukah Bunda, dengan menggunakan produk mandi seperti liquid wash yang mengandung chamomile juga bisa meningkatkan kualitas tidur si Kecil?

Efek relaksasi yang ditimbulkan chamomile dapat membuat tidur mereka lebih tenang. Sehingga, kualitas tidurnya akan lebih baik.

Lebih jauh lagi, ternyata manfaat chamomile untuk kulit bayi juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulitnya, lho, Bunda.

Baca juga : 5 Cara Merawat Kulit Bayi Tetap Halus, Sehat dan Lembut

Chamomile terkenal baik sebagai solusi alami untuk mengatasi masalah kulit bayi. Di antaranya adalah:

 

  • Mengurangi gatal-gatal pada kulit bayi 

Chamomile oil sangat ampuh untuk membantu mengurangi gatal-gatal pada kulit bayi. Baik akibat paparan permukaan yang kotor atau inflamasi akibat produk perawatan yang tidak cocok.

Tentu sangat mudah bagi Bunda untuk kembali membuat si Kecil nyaman dengan Chamomile oil. Bunda hanya perlu memberikan beberapa tetes chamomile oil di air mandi si Kecil. Berikan juga bayi pijatan-pijatan yang menenangkan pada kulit bayi agar tidak hanya kulitnya, mood bayi juga bisa lebih baik.

 

  • Mengatasi iritasi dan kulit bayi kemerahan

Chamomile mengandung azulene, zat anti-inflamasi yang baik untuk mengembalikan kesehatan kulit bayi. Kulit si Kecil yang masih rentan akibat sedang aktif-aktifnya beradaptasi dengan lingkungan di luar rahim akan lebih mudah iritasi dan memerah.

Bunda bisa mencampur chamomile oil pada air mandi si Kecil atau langsung mengaplikasikannya di kulit si kecil.

Tenang saja, chamomile oil yang natural sangat aman untuk kulit bayi. Untuk memaksimalkan efeknya, Bunda bisa memberikan pijatan lembut pada kulit si Kecil. Pijatan ini membantu penyerapan chamomile oil yang lebih maksimal dan membantu si Kecil lebih nyaman. Sentuhan yang penuh cinta dan kenyamanan juga bisa memperkuat hubungan emosional Bunda dan si Kecil.

 

  • Mengatasi kulit yang terkelupas dan diaper rash

Kondisi kulit si kecil yang lebih tipis dan lebih sensitif dari kulit orang dewasa membuat responnya terhadap produk yang tidak cocok lebih cepat. Tidak heran kadang Bunda menemukan kulit tipis yang terkelupas, sehingga membuat kulit bayi tidak sehat dan terlihat kering.

Respons kulit semacam ini juga bisa terjadi ketika si Kecil menggunakan popok (diaper) yang komposisi bahannya tidak cocok dengan jenis kulit. Akibatnya, kulit bayi di sekitarnya akan memerah, gatal, dan perih untuk di Kecil.

Dengan kandungan anti-inflamasi alami, chamomile oil bisa menjadi pilihan Bunda untuk mengatasi masalah ini. Selain mencampurkan chamomile oil ketika memandikan si Kecil, Bunda juga bisa memanfaatkan produk-produk perawatan yang mengandung chamomile oil alami.

cussons baby oil

Cussons Baby Mild & Gentle dengan kandungan Chamomile dan Madu alami membuat momen mandi si Kecil semakin nyaman dan menyenangkan

Contohnya adalah rangkaian Cussons Baby Mild & Gentle Wash.  Gabungan natural ingredients yang terdiri dari chamomile dan madu alami akan membuat momen mandi si Kecil semakin berharga. 

Chamomile & Honey menjadi formula yang memberikan kelembutan extra untuk si Kecil saat mandi. Komposisi ini juga membantu menjaga kelembaban alami kulit, menjadikan rambut bayi lembut, bercahaya, dan mudah disisir.

Baca juga : Merawat kulit bayi yang baru lahir

Kombinasi super ingredients ini tidak hanya membersihkan kulit si Kecil saat mandi. Cussons Baby Mild & Gentle Wash adalah solusi perawatan bayi yang aman dan nyaman.

Tentunya, pH seimbang juga akan memperkuat manfaat chamomile oil yang terkandung di dalamnya saat Bunda memberikan sentuhan cinta untuk si Kecil.

Bagaimana Bunda, Chamomile ini ternyata begitu ajaib, ya, untuk kulit si Kecil?

 

Yuk, Bunda, terus berikan perawatan terbaik yang alami untuk buah hati.

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!