5 Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Aman dengan Baby Oil - Cussons Baby Indonesia

5 Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Aman dengan Baby Oil

Sudah jadi informasi umum bahwa baby oil bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit bayi, termasuk juga penggunaan pada telinga yang sensitif. 

Dilansir dari Alodokter, baby oil punya kandungan lanolin, sejenis lilin yang ditemukan pada kulit domba yang sangat lembut dan sering digunakan sebagai pelembap.

Senyawa ini menjadikan baby oil sebagai bahan yang lembut untuk kulit, serta mampu melunakkan kotoran telinga tanpa merusak area sensitif telinga atau menghilangkan lapisan lilin pelindung yang alami pada telinga bayi.

 

Pentingnya Membersihkan Telinga Bayi

Bunda, jika telinga bayi tidak dibersihkan secara teratur dan dengan benar, hal tersebut bisa berpotensi menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan yang tidak diinginkan.

Dilansir dari Alodokter, di dalam telinga bayi, terdapat zat alami yang dikenal dengan nama serumen atau lebih umum disebut sebagai kotoran telinga. Bunda mungkin berpikir bahwa kotoran telinga adalah sesuatu yang tidak diinginkan dan harus dicabut habis.

Namun, sebetulnya serumen punya fungsi melindungi telinga dari benda asing dan infeksi. Makanya, penting untuk menjaga kebersihan telinga bayi tapi tidak mencabut serumen sepenuhnya.

Kotoran telinga yang menumpuk dan tidak dibersihkan dapat menyebabkan gangguan pendengaran, iritasi, infeksi, dan berbagai komplikasi lainnya. Oleh karena itu, membersihkan telinga bayi secara teratur dan dengan benar penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanannya.

 

Baca juga: Membersihkan Telinga Bayi Baru Lahir

 

5 Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Aman dengan Baby Oil

Berikut adalah beberapa cara membersihkan telinga bayi dengan aman dengan menggunakan baby oil:

1. Bersihkan Luar Telinga

Gunakan kain lembut yang telah direndam dalam air hangat untuk membersihkan bagian luar telinga bayi. Ingat, jangan masukkan apa pun ke dalam saluran telinga.

2. Teteskan Baby Oil

Setelah bagian luar telinga bersih, teteskan beberapa tetes baby oil ke dalam saluran telinga. Pastikan suhu baby oil cukup hangat dan nyaman untuk bayi.

3. Diamkan Sejenak

Tunggu sekitar 30-60 detik untuk membiarkan baby oil melunakkan kotoran telinga. Pastikan bayi tetap tenang dan aman selama proses ini.

4. Gunakan Kapas

Selanjutnya, gunakan kapas yang telah dibasahi dengan baby oil untuk membersihkan bagian dalam telinga. Jangan masukkan kapas terlalu jauh ke dalam saluran telinga.

5. Periksa Telinga Bayi

Setelah proses pembersihan, periksa telinga bayi untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal. Jika diperlukan, ulangi proses pembersihan dengan hati-hati.

 

3 Tips Aman Membersihkan Telinga Bayi

Berikut beberapa tips aman dalam membersihkan telinga bayi:

1. Hindari Pakai Cotton Bud

Saat membersihkan telinga bayi, hindari penggunaan cotton bud. Alat ini berisiko mendorong kotoran lebih dalam ke dalam saluran telinga bukan malah membersihkannya

2. Manfaatkan Bola Kapas atau Kain Lap

Ketika Bunda ingin membersihkan telinga bayi setiap hari atau secara teratur, manfaat bola kapas yang telah direndam air hangat atau kain lap yang lembut.

3. Hindari Memasukkan Barang ke Dalam Telinga Bayi

Jangan memasukkan waslap atau bola kapas ke dalam telinga bayi karena dapat menyebabkan kerusakan pada saluran telinga.

 

Baca juga: Cara Pilih Baby Oil yang Bagus

 

Rekomendasi Baby Oil untuk Bersihkan Telinga

Salah satu Baby Oil yang bisa Bunda gunakan untuk membersihkan telinga si Kecil adalah Cussons Baby Mild & Gentle Oil. Cussons Baby Mild & Gentle Oil merupakan minyak mineral murni dengan wangi khas bayi yang lembut untuk menambah kelembaban pada kulit bayi dan membantu menghilangkan kerak pada kulit bayi.

Kandungan Baby Oil yang satu ini terdiri dari Chamomile Oil yang menenangkan, sehingga cocok juga untuk membantu menenangkan bayi, mengurangi masuk angin, sembelit dan membantu membuatnya tidur nyenyak.

Tags: baby oil

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: