Catat 7 Cara Membersihkan Kotoran Bayi Baru Lahir Berikut Ini! - Cussons Baby Indonesia

Catat 7 Cara Membersihkan Kotoran Bayi Baru Lahir Berikut Ini!

Memandikan bayi baru lahir bisa jadi tugas yang menakutkan. Seiring waktu, Bunda akan merasa lebih nyaman dan bisa melakukannya dengan mudah. Namun, orang tua baru cenderung membuat beberapa kesalahan umum. 

 

Kesalahan dalam Membersihkan Bayi Baru Lahir

Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari saat membersihkan bayi baru lahir dan cara mengatasinya:

1. Memandikan Bayi Terlalu Sering

Bayi baru lahir tidak memerlukan mandi setiap hari. Memandikan mereka terlalu sering bisa membuat kulit bayi menjadi kering karena menghilangkan minyak alami yang melindungi dan melembabkan kulit mereka. Bayi baru lahir cukup dimandikan dua atau tiga kali seminggu. Antara waktu mandi, Bunda bisa membersihkan area yang perlu, seperti wajah, leher, dan popok dengan kain basah lembut.

2. Tidak Memperhatikan Suhu Ruangan dan Air

Suhu ruangan dan air yang tepat sangat penting saat memandikan bayi. Bayi bisa merasa dingin atau panas lebih mudah daripada orang dewasa. Sebelum memulai mandi, pastikan suhu ruangan hangat dan nyaman. Juga, gunakan thermometer mandi atau siku Bunda untuk memeriksa suhu air. Air harus hangat, sekitar 37-38 derajat Celcius, yang aman dan nyaman untuk bayi.

3. Menggunakan Produk Dewasa untuk Bayi

Produk mandi dewasa bisa terlalu keras untuk kulit bayi yang lembut dan sensitif dan bisa menyebabkan iritasi. Gunakan produk yang khusus dibuat untuk bayi, karena biasanya lebih lembut dan memiliki pH yang sesuai dengan kulit bayi.

4. Merendam Bayi dalam Air Sebelum Tali Pusar Jatuh dan Kering

Bayi baru lahir harus mandi dengan cara “sponge bath” sampai tali pusar mereka jatuh dan area tersebut kering sepenuhnya. Jika area tali pusar basah atau dibasahi, ini bisa memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko infeksi.

5. Menggosok Kulit Bayi Terlalu Kuat

Bayi memiliki kulit yang sangat lembut dan sensitif yang bisa iritasi dengan mudah. Jadi, saat memandikan dan mengeringkan bayi, lakukan dengan lembut. Gunakan tangan Bunda atau kain lembut untuk membersihkan, dan handuk lembut untuk mengeringkan kulit bayi dengan menepuk, bukan menggosok.

 

Baca juga: Rutinitas Merawat Newborn

 

7 Cara Membersihkan Kotoran Bayi Baru Lahir

Membersihkan bayi baru lahir adalah tugas penting yang harus dilakukan orang tua dengan hati-hati. Berikut adalah tujuh cara membersihkan kotoran bayi baru lahir dengan aman dan efektif:

1. Membersihkan Daerah Popok

Bersihkan daerah popok bayi setiap kali mereka membuang air besar atau kecil. Gunakan tisu basah khusus bayi yang lembut atau kapas yang dibasahi air hangat. Ingatlah selalu membersihkan dari depan ke belakang untuk mencegah penyebaran kuman.

2. Membersihkan Telinga Bayi

Dibandingkan dengan menggunakan cotton bud, lebih baik membersihkan bagian luar telinga dengan kain lembut yang telah dibasahi air hangat. Ingat, jangan masukkan apa pun ke dalam saluran telinga, karena dapat merusak gendang telinga bayi.

3. Mandi Spons

Hingga tali pusar bayi jatuh dan kering, Bunda harus menggunakan teknik mandi spons. Basahi spons atau kain lembut dengan air hangat dan perlahan bersihkan bayi, mulai dari wajah dan kepalanya lalu turun ke bagian tubuhnya.

4. Memberishkan Mata Bayi

Gunakan bola kapas baru yang telah dibasahi air hangat untuk membersihkan setiap mata bayi. Mulailah dari sudut dalam mata (dekat hidung) dan bergeraklah ke arah luar.

5. Membersihkan Mulut dan Lidah Bayi

Gunakan kain lembut yang dibasahi air hangat untuk membersihkan gusi dan lidah bayi. Tidak perlu menggunakan pasta gigi sampai gigi pertama bayi muncul.

6. Merawat Kulit Bayi

Gunakan krim atau lotion khusus bayi jika kulit bayi tampak kering. Juga, setelah mandi, pastikan untuk secara lembut mengeringkan bayi, terutama di lipatan kulit, untuk mencegah iritasi.

7. Membersihkan Hidung Bayi

Kadang-kadang, bayi mungkin memiliki hidung tersumbat. Bunda dapat membersihkannya dengan alat penyedot lendir khusus bayi atau ubah posisi bayi untuk membantu aliran udara.

Ingatlah bahwa kulit bayi baru lahir sangat sensitif, jadi selalu gunakan produk yang khusus diperuntukkan untuk bayi dan bebas dari zat kimia keras. Selalu keringkan kulit bayi setelah membersihkannya, terutama di lipatan kulit, untuk mencegah iritasi atau ruam. 

 

Baca juga: Cara Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Halus

 

Rekomendasi Produk untuk Bayi Baru Lahir

sabun mandi bayi baru lahir

Salah satu pilihan produk mandi bayi yang layak dicoba adalah Cussons Newborn Hair & Body Wash. Formula khusus dari Cussons Newborn Hair & Body Wash mengandung Organic Olive Oil, Chamomile, dan Air Murni dengan tingkat pH yang seimbang, dirancang khusus untuk membersihkan tubuh dan rambut bayi.

Selain itu, produk ini bebas pewarna atau memiliki kandungan pewarna sebanyak 0%, serta tidak mengandung busa yang dapat menyebabkan kulit kering. Cussons Newborn Hair & Body Wash dapat menjaga keseimbangan dan kelembutan kulit bayi. Produk ini juga telah diuji secara Hypoallergenic, menandakan bahwa ia dijamin tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan alergi dan iritasi. Oleh karena itu, aman digunakan bahkan pada kulit bayi yang baru lahir dan lebih rentan terhadap iritasi.

Selain itu, Cussons Baby Sensitive Baby Wipes juga merupakan pilihan yang tepat. Diformulasikan khusus dengan bahan yang lembut dan halus, tisu ini dirancang untuk kulit bayi baru lahir. Tisunya yang lembut sangat cocok untuk kulit yang mudah teriritasi. Kombinasi dengan Olive Oil (minyak zaitun) dalam formulanya memberikan efek lembab dan dipercaya sebagai anti-iritasi, sehingga menjadikan kulit bayi tetap bersih, segar, dan terjaga kelembutannya.

Tags: newborn

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: