8 Manfaat Minyak Untuk Rambut Sehat Dan Tebal

Manfaat Minyak Untuk Rambut Sehat Dan Tebal – Perawatan rambut ternyata tak hanya mencuci rambut atau keramas dengan sampo saja. Penggunaan minyak rambut pun sangat diperlukan untuk merawat rambut agar rambut dapat tumbuh sehat, subur, lebat, dan tebal. Berikut manfaat minyak untuk rambut sehat dan tebal.

Sekarang ini sudah banyak produk perawatan rambut yang tersedia di pasaran, baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak, termasuk bayi. Mulai dari sampo, kondisioner, minyak rambut, losion khusus untuk rambut, masker rambut, dan sebagainya. Namun, tahukah Bunda, perawatan rambut dengan minyak ternyata sudah dilakukan sejak zaman dahulu.

Dilansir dari halaman Healthline.com, praktik meminyaki rambut telah dilakukan di India selama berabad-abad lalu. Kegiatan memberikan minyak ke rambut juga direkomendasikan dalam pengobatan tradisional Ayurveda. Praktik ini dilakukan dengan menuangkan minyak ke rambut dan kulit kepala, kemudian kulit kepala dipijat-pijat secara perlahan.

Kegiatan meminyaki rambut seperti ini telah menyebar di luar pengobatan Ayurveda. Banyak juga, orang-orang zaman dulu yang menggunakan cara meminyaki rambut ini untuk menjaga kesehatan rambut.

Peran Penting Minyak untuk Rambut

Pemakaian minyak untuk rambut ternyata memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan perlindungan pada rambut. Penggunaan minyak secara rutin dapat melindungi rambut dari kerapuhan, mengurangi kerusakan rambut akibat hygral fatigue atau pembengkakan dan pengeringan pada batang rambut. Selain itu, meminyaki rambut juga dapat melindungi folikel dari surfaktan dengan mengisi celah-celah di antara sel-sel kutikula.

Menurut seorang ahli trikologi bersertifikat dari The International Association of Trichologists di Australia bernama Dr. Khushboo Garodia, minyak dapat membantu menyehatkan kulit kepala.

Ahli rambut dan kulit kepala itu menjelaskan bahwa minyak yang digunakan untuk memijat kulit kepala dengan lembut dapat membantu pengelupasan kulit dan membantu mengurangi rambut rontok.

“Minyak terdapat asam lemak yang dapat membantu menggantikan lipid di rambut yang hilang. Lipid inilah yang memainkan peranan penting pada rambut agar terlihat sehat dan membantu menjaga kilau rambut, serta membantu memperkuat batang rambut, terutama bagi rambut keriting, kusut, dan kering. Paling bermanfaat apabila minyak didiamkan di rambut semalaman,” kata Dr. Khushboo.

Tak hanya itu saja Bunda, minyak rambut juga berguna untuk melapisi bagian luar kutikula dan menutrisi bagian dalam rambut. Inti rambut di bagian dalam pun akan terjaga kelembapannya sehingga rambut menjadi kuat dan tidak rapuh.

Minyak memiliki peran penting untuk melindungi dan merawat rambut agar tetap sehat
Minyak memiliki peran penting untuk melindungi dan merawat rambut agar tetap sehat

Cara Memberikan Minyak pada Rambut

Dalam mengoleskan minyak pada rambut Si Kecil, pengaplikasiannya sangat sederhana dan mudah dilakukan. Bunda pastinya juga sudah tahu caranya, ya. Dimulai dengan menuangkan setetes atau dua tetes minyak di telapak tangan Bunda. Lalu, oleskan minyak khusus rambut tersebut ke kulit kepala dan rambut Si Kecil. Agar mendapatkan manfaatnya, Bunda bisa sambil memijat-mijat kulit kepala Si Kecil secara perlahan menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar. 

Usai mengoleskan minyak dan memijat kulit kepala serta rambut Si Kecil, Bunda dapat menutup kepalanya dengan handuk atau penutup kepala. Diamkan selama beberapa menit atau semalaman. Keesokan harinya, Bunda dapat mencuci kulit kepala dan membilas rambut Si Kecil secara menyeluruh hingga bersih. 

Baca juga : Minyak Kemiri: Manfaat Untuk Rambut Bayi dan Cara Membuatnya

Manfaat Minyak untuk Rambut

Ada banyak manfaat yang didapat jika Bunda rutin memberikan minyak pada rambut si Kecil. Nah, berikut manfaat minyak untuk rambut sehat dan tebal.

1. Menguatkan rambut

Penggunaan minyak pada rambut memiliki efek multidimensi. Di antaranya adalah dapat membantu meningkatkan kekuatan rambut, mengurangi rambut yang kusut, dan mencegah kerusakan pada rambut. Minyak juga meningkatkan keelastisan rambut, yang artinya rambut tidak akan mudah patah.

2. Melindungi rambut dari suhu panas

Minyak dapat melindungi rambut dari suhu panas yang membuat rambut rusak dan rapuh. Sebabnya, minyak akan melapisi setiap helaian batang rambut dan melindunginya.

3. Menstimulasi pertumbuhan rambut

Saat mengoleskan minyak ke rambut, pijat-pijatlah kulit kepala Si Kecil secara perlahan. Sebab, pemijatan kulit kepala sangat bermanfaat untuk meningkatkan atau merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala. Sirkulasi darah yang lancar ini akan membantu membawa nutrisi ke kulit kepala, yang kemudian bekerja menutrisi rambut sehingga efektif menstimulasi pertumbuhan rambut.

4. Menghidrasi rambut

Rambut cenderung kehilangan hidrasi karena paparan dari lingkungan luar. Ini membuat rambut menjadi kering dan mengalami kerontokan. Nah, minyak dapat menghidrasi dan memperkuat batang rambut. Minyak juga mencegah kerusakan pada rambut sehingga rambut Si Kecil pun akan tumbuh lebih cepat.

5. Menutrisi rambut

Minyak alami yang digunakan untuk perawatan rambut ada berbagai macam. Setiap minyak berbahan alami ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Meski demikian, zat-zat yang terkandung di dalam minyak alami tetap bermanfaat untuk menutrisi dan menyehatkan rambut.

Misalnya, minyak almond yang mengandung vitamin B, K, dan E, sedangkan minyak zaitun memiliki kandungan vitamin B12, B6, B3, K, dan vitamin E. Semua vitamin ini penting untuk merawat rambut dan mencegah kerusakan rambut. Apabila rambut ternutrisi dengan baik, rambut akan tampak tebal.

MANFAAT MINYAK UNTUK RAMBUT SEHAT DAN LEBAT

6. Mencegah rambut kusut

Minyak yang berbahan alami, seperti minyak jarak dan minyak zaitun, kaya akan kandungan vitamin E dan asam lemak. Nah, zat yang terkandung ini dapat menciptakan penghalang di sekitar sel-sel rambut. Perlindungan ini dapat membantu mencegah setiap helaian rambut Si Kecil kehilangan kelembapannya yang akan membuat rambut tampak kering dan rusak. Selain itu, penghalang tersebut juga mencegah kelembapan memasuki batang rambut sehingga tidak membuat rambut kusut.

7. Melindungi rambut dari sinar ultraviolet

Tahukah  Bunda, ternyata minyak secara alami memberikan perlindungan pada rambut dari sinar ultraviolet (UV). Sebabnya, fenol tanaman yang ditemukan dalam minyak nabati memiliki kemampuan alami untuk mencegah dan, bahkan, membalikkan efek berbahaya dari radiasi UV pada rambut. Faktanya lagi, beberapa minyak nabati memberikan perlindungan 30% lebih banyak.

8. Mencegah kerontokan rambut

Mengoleskan minyak alami ke rambut dan kulit kepala sambil memijat-mijatnya tidak hanya melancarkan sirkulasi darah di kepala. Tetapi, juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, termasuk mengelupaskan kulit kepala, membersihkan kulit mati, serta menutrisi dan merevitalisasi rambut halus. Semua ini membantu mencegah rambut rontok. Pemijatan kulit kepala ini juga membantu menghilangkan stres yang menjadi penyebab rambut rontok.

Baca juga : Cara Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Minyak Rambut Berbahan Alami

Pilih minyak yang berbahan dasar alami untuk digunakan sebagai perawatan rambut Si Kecil agar lebih aman. Dari berbagai minyak berbahan alami yang ada, sesuaikanlah dengan kebutuhan rambut Si Kecil. Misalnya, jika ingin rambut Si Kecil tumbuh subur, hitam, lebat, dan berkilau, Bunda dapat menggunakan minyak kemiri.

Ada pula minyak berbahan alami lainnya yang bisa Bunda gunakan untuk merawat rambut Si Kecil. Antara lain, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak argan, minyak alpukat, dan minyak almond.

Cussons Baby Natural Hair Oil Candlenut Pro-Vit B5 dan Coconut & Vit. E

Sekarang ini pun sudah banyak minyak rambut berbahan alami yang formulasinya dibuat khusus untuk bayi dan anak-anak. Rangkaian minyak rambut berbahan natural dari Cussons Baby bisa menjadi pilihan praktis Bunda untuk merawat rambut Si Kecil. Antara lain, Cussons Baby Natural Hair Oil Candlenut & Pro-Vit B5 dan Cussons Baby Natural Hair Oil Coconut & Vit. E.

Produk ini mengandung 100 persen minyak kelapa dan minyak kemiri. Kandungan minyak kelapa dan minyak kemiri ini akan menstimulasi pertumbuhan rambut Si Kecil agar rambut menjadi lebat dan subur.

Selain itu, Cussons Baby Natural Hair Oil Candlenut & Pro-Vit B5 juga mengandung Pro-Vit B5 yang dapat membantu rambut tetap sehat, lembut, dan bercahaya. Sementara itu, Cussons Baby Natural Hair Oil Coconut & Vit. E juga ditambahkan kandungan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut, salah satunya menutrisi kulit kepala.

Nah, Bunda, agar rambut Si Kecil tumbuh sehat, subur, lebat, dan tebal, tambahkan perawatan rambutnya dengan menggunakan minyak berbahan natural secara rutin usai keramas.

Baca juga : Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Bayi

 

REFERENSI
“Hair Oiling Benefits, Choosing Oil, and How to Do It”. Healthline.com
“Does Oiling Hair Really Help Make It Grow Faster, Healthier, and Thicker?”. Vogue.in
“5 Benefits of Using Oil For Hair”. Thehairlust.co.uk
“Jenis-jenis Minyak Rambut dan Manfaatnya bagi Kesehatan Rambut”. Sehatq.com
“10 Benefits of Oiling Hair – Here’s Why You Should Oil Your Hair Regularly”. Parenting.firstcry.com

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!