Tips Memilih Tisu Basah yang Aman untuk Bayi

Kulit bayi lebih sensitif dan rentan mengalami ruam. Oleh karena itu, memilih produk perawatan kulit untuk bayi perlu sangat berhati-hati, termasuk dalam  memilih tisu basah. Nah, agar Bunda tidak salah pilih, yuk simak tips memilih  tisu basah yang aman untuk bayi berikut ini. 

Seperti namanya, tisu basah adalah tisu yang telah dibasahi dengan cairan khusus,  misalnya antiseptik. Pada bayi, umumnya tisu ini digunakan untuk membersihkan  wajah, tangan, mulut, dan bokong.  

Selain popok, tisu basah merupakan salah satu kebutuhan bayi yang perlu selalu  Bunda sediakan. Sebab, tisu jenis ini bisa membantu Bunda menjaga kulit Si Kecil  tetap bersih, khususnya bila Bunda sedang bepergian atau sulit untuk menemukan  sumber air bersih dan sabun.

Baca Juga : Cara Jitu Memilih Tisu Basah untuk Bayi yang Tepat Demi Kulit Sehatnya

Tips Memilih Tisu Basah yang Aman untuk Bayi 

tisu basah yang aman untuk bayi

Tisu basah atau baby wipes bisa membantu Ayah dan Bunda membersihkan kulit si Kecil yang sedang aktif-aktifnya lebih efektif, sehingga mereka terhindar dari kuman dan penyakit.

Seiring pertambahan usianya, bayi akan lebih aktif bermain dan mulai  mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Ia pun akan sering menyentuh benda-benda  di sekelilingnya. 

Bila tidak diperhatikan dan dijaga dengan baik, sangat mungkin Si Kecil akan  memegang kotoran, seperti debu atau mainan kotor yang banyak mengandung  bakteri dan virus, Bun.

Jika kuman-kuman ini sampai masuk ke mulutnya, Si Kecil bisa mengalami beragam  masalah kesehatan, seperti flu, diare, bahkan COVID-19 dan pneumonia. 

Oleh karena itu, kebersihan tangan dan kulit Si Kecil perlu dijaga ya, Bun. Nah,  untuk membersihkan tangan dan kulitnya, penggunaan tisu basah bisa menjadi  alternatif nih, terutama bila Bunda dan buah hati tengah bepergian dan kesulitan  untuk menemukan sumber air dan sabun.  

Baca Juga : Pentingnya Perawatan Kulit Bayi untuk Menjaga Kelembabannya

Namun, tidak semua tisu basah aman untuk bayi lho, Bun. Sewaktu memilih tisu  basah yang baik untuk Si Kecil, coba deh Bunda ikuti tips-tips berikut ini: 

1. Perhatikan kandungan pada tisu basah 

Sebelum membeli tisu basah, Bunda harus membaca daftar kandungan pada tisu  yang tertera di kemasannya, ya. Pilihlah tisu basah berbahan lembut dan bebas dari alkohol. Pasalnya, alkohol bisa menyebabkan kulit bayi  kering, apalagi pada bayi yang baru lahir

tisu basah untuk bayi baru lahir

Pilihlah tisu basah yang berkualitas dengan ketebalan yang tidak mudah robek, tidak mengandung alkohol, hypoallergenic, dan sesuai dengan kebutuhan kulit si Kecil.

2. Pilih sesuai kebutuhan bayi 

Jenis kulit setiap bayi tidaklah sama. Ada yang normal, tapi ada pula yang sangat  sensitif. Nah, bila buah hati Bunda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya pilihlah tisu  basah yang khusus untuk kulit bayi senstif ya, Bun.  

Selain itu, pastikan juga kemasan tisu basah berlabel “hypoallergenic”, yang  menandakan bahwa tisu tersebut aman digunakan pada bayi berkulit sensitif. 

3. Cek ketebalan tisu basah 

Untuk memilih tisu basah yang aman untuk bayi, Bunda juga perlu memperhatikan  tingkat ketebalan tisu, ya. Pilihlah tisu basah yang tidak terlalu tipis karena mudah  robek saat digunakan. Selain itu, tisu basah yang tipis juga bisa saja membuat  cairan dalam tisu jadi mudah merembes atau menetes sebelum digunakan. 

4. Perhatikan jumlah isi tisu basah dan harganya 

Pastikan Ayah dan Bunda memilih merek tisu basah dengan nilai terbaik. Pilihlah produk dengan kualitas komposisi yang baik untuk kulit si Kecil dan isi yang lebih banyak. Sehingga, Ayah dan Bunda tidak kehabisan tisu basah saat diperlukan.

Ayah dan Bunda juga perlu menyesuaikan pembelian dengan seberapa sering Bunda akan menggunakannya sehari-hari agar penyimpanannya lebih efisien.

tisu basah untuk wajah bayi

Membersihkan mulut dan tangan si Kecil lebih aman dan bersih, sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal. Kulitnya pun terjaga.

Nah, itulah beberapa tips memilih tisu basah yang aman untuk bayi. Untuk  penggunaannya sendiri, pada prinsipnya, penggunaan tisu basah sama kok dengan  penggunaan tisu kering. Bunda hanya perlu mengelap tangan atau kulit Si Kecil yang terpapar kotoran dengan tisu basah. 

Namun, bila Bunda menggunakannya untuk membersihkan area organ intim Si  Kecil, sekal-ah dari bagian depan ke belakang ya, terutama pada bayi perempuan.  Tujuannya adalah untuk menghindari bakteri berpindah dari anus ke organ intimnya. 

Penggunaan tisu basah untuk kebersihan kulit si Kecil amat sangat membantu Ayah dan Bunda karena lebih praktis. Oleh karena itu, pastikan memilih tisu basah yang mengandung bahan-bahan aman dan bisa membersihkan kulitnya secara maksimal.  

Bila Si Kecil sudah berusia lebih besar dan bisa mengerti arahan yang Bunda  berikan, mulailah mengajarkannya untuk rajin cuci tangan guna menjaga kebersihan dan kesehatannya, ya.  

Jika Bunda masih ragu mengenai penggunaan tisu basah atau bingung memilih tisu  basah yang aman untuk bayi dan cocok digunakan pada kulit Si Kecil, jangan  sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter ya, Bun. 

Referensi: 

Reeder, M. J. (2020). Allergic Contact Dermatitis to Fragrances. Dermatol Clin,  38(3), pp. 371–377. 

Child Mind Institute (2022). Complete Guide to Developmental Milestones. Luther, E. DermNet New Zealand (2020). Fragrance Allergy. 

KidsHealth, Nemours (2018). Parents. Hand Washing: Why It’s So Important. KidsHealth, Nemours (2018). Parents. Looking at Your Newborn: What’s Normal. Smith-Garcia, D. Healthline (2021). The 7 Best Baby Wipes for 2021. MedicineNet (2021). What Triggers Eczema in Babies? 

Raising Children Network Australia (2021). Suitable for 0-18 Years. Dry skin. 

Raising Children Network Australia (2021). Suitable for 0-18 Months. Baby Genitals:  Care and Cleaning

Toseland-Bolton, L. Baby Centre UK (2022). Best baby wipes for 2022. Whiting, F. Baby Centre UK. Choosing baby skincare products. 

Shu, J. The Bump (2017). Can I Use Baby Wipes on My Newborn? 

Haas, E. Parents (2020). Baby Skincare Basics All First-Time Parents Should  Know. 

Corley, H. Verywell Family (2020). How to Choose the Best Baby Wipes. Walsh, B. Verywell Family (2021). The 7 Best Baby Wipes of 2022. WebMD (2020). What Baby Skin Care Products Does Your Newborn Need?

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!