Teknik Dasar Menyusui Yang Benar Dan Tepat

Menyusui memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk bayi – ditambah ini adalah cara yang bagus untuk menciptakan ikatan yang erat dengan bayi. Untuk itu penting mengetaui teknik dasar menyusui yang tepat. Baca tentang bagaimana untuk memulai menyusui.

Baca Juga : Gaya Menyusui Bayi Yang Tepat!

ASI adalah makanan yang sangat ideal untuk bayi. Bahkan,  bayi tidak memerlukan makanan apapun selain ASI sampai berusia 6 bulan.

Itu karena ASI:

  • memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan bayi di awal bulan
  • memiliki antibodi untuk melindungi bayi terhadap penyakit seperti diare dan pneumonia
  • mengurangi kemungkinan anak terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari
  • bahkan dapat meningkatkan kecerdasan
  • tidak mengeluarkan biaya.

Mengetahui Teknik Dasar Menyusui Sangat Membantu Ibu 

Ibu yang menyusui dapat terhindar dari kanker payudara dan ovarium di kemudian hari.

Dan berat badan ibu kembali normal dari berat badan sebelum hamil. Untuk lebih lanjut, lihatlah tentang bentuk tubuh yang kembali normal sesudah melahirkan.

Memulai dengan menyusui

Meskipun menyusui adalah proses alami, Bunda akan mengalami sejumlah tantangan. Mulai dari posisi bayi yang tidak nyaman sehingga ia rewel saat disusui hingga produksi ASI yang menurun.

Karenanya, Bunda harus mempelajari cara menyusui sejak sebelum si Kecil lahir. Hal-hal seperti kelelahan bisa, lho, memengaruhi keberhasilan pemberian ASI Eksklusif. Bahkan, posisi dan teknik menyusui juga menentukan keberhasilan progam ASI untuk si Kecil.

Nah, ini saat yang tepat bagi Bunda untuk mencari tahu bagaimana, sih, teknik menyusui yang benar.

Sebelum kelahiran

Belajar tentang menyusui sebanyak yang Bunda bisa, sehingga Bunda tahu apa yang harus dilakukan dan diharapkan. Pelajaran cara menyusui bisa melalui kelas-kelas parenting, video di internet, dan buku kehamilan. 

Mencari tahu teknik menyusui lebih awal juga lebih baik untuk kualitas ASI. Bunda bisa menyiapkan diri melalui nutrisi dan gaya hidup yang mendorong kualitas ASI.

Tidak ada salahnya, ya, belajar menyusui lebih awal. Ini akan membuat Bunda lebih siap untuk memberikan ASI terbaik kepada si Kecil.

Setelah melahirkan

Masa menyusui paling krusial adalah di minggu pertama kehidupan bayi hingga usianya enam minggu. Dalam jangka waktu tersebut, sel-sel tubuh bayi berkembang sangat cepat sembari beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya. Di masa ini, bayi sangat membutuhkan ASI bunda agar tumbuh kembangnya optimal.

Ketika menyusui si Kecil, gendonglah bayi yang baru lahir agar bersentuhan dengan kulit Bunda. Ini akan membantu membangkitkan nalurinya, untuk menyusui dan ini kesempatan untuk memberinya makan pertama kali, sebaiknya ini dilakukan dalam satu jam setelah kelahirannya.

Lalu, biarkan bayi ingin menyusui kapanpun dia mau. Beberapa Bunda sangat khawatir jika tidak memiliki cukup banyak ASI, semakin sering menyusui akan membantu mengeluarkan dan menghasilkan ASI lebih banyak. Pada awalnya mungkin bayi merasa membutuhkan ASI sangat banyak, tetapi ini juga akan menjadi rutinitas Bunda untuk si bayi kecil.

Selain itu, Hindari pengunjung yang datang untuk menengok bayi di hari-hari pertama kelahirannya untuk menggendong si Bayi, karena menjaga bayi tetap dekat dengan Bunda akan membantu Bunda untuk tahu bahwa si bayi memerlukan makanan atau tidak.

Baca Juga : Ayah, Ini Cara Mempererat Bonding dengan Buah Hati dan Manfaatnya

Mengetahui posisi menyusui yang tepat

Untuk menyusui dengan benar, Bunda perlu memasukan payudara Bunda pada mulut bayi, bukan hanya puting payudara Bunda saja. Posisi yang tepat akan membantu proses ini.

  • Duduk atau berbaring dalam posisi di mana ibu merasa nyaman dan di mana ibu bisa bersandar untuk mendapatkan posisi yang tepat pada bagian punggung.
  • Bayi menghadap si ibu, dengan mendekatkan hidung bayi sampai ia bisa mencapai puting dan payudara dengan posisi kepala berada diujung.
  • Peluk si bayi, sehingga ia dapat mencapai payudara Bunda dengan mudah. Pastikan kepala dan tubuhnya berada dalam satu garis lurus.
  • Jaga belakang kepalanya dengan telapak tangan atau bahu dengan lengan Bunda.

Bunda mungkin perlu mencoba berbagai posisi agar mendapatkan posisi yang paling nyaman untuk Bunda dan sang bayi. Tetaplah mencoba, menyusui akan jauh lebih mudah dalam seiring waktu.

 

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!