Perkembangan Bayi 5 Bulan: Stimulasi Hingga Jam Tidur - Cussons Baby Indonesia

Perkembangan Bayi 5 Bulan: Stimulasi Hingga Jam Tidur

Memasuki usia 5 bulan, aktivitas bayi semakin banyak. Agar perkembangan bayi 5 bulan maksimal, ajak bayi untuk melakukan aktivitas yang beragam, ya, Bun!

Bayi 5 Bulan Bisa Apa?

Selamat, Bunda, si kecil kini telah memasuki usia 5 bulan. Satu bulan lagi si kecil akan mulai mengeksplorasi dunia dengan mencicipi makanan padat pertamanya. Bunda pasti sudah tak sabar untuk masa MPASI, kan?

Nah, sementara menunggu waktunya MPASI, di usia 5 bulan ini, Bunda bisa mengajak si kecil melakukan berbagai kegiatan menarik untuk mengoptimalkan perkembangan fisik dan kognitifnya.

Ini dia beberapa kegiatan menarik untuk si kecil yang berguna untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 5 bulan.

Berguling

Setelah si kecil mampu tengkurap sendiri di usia 3 atau 4 bulan, di usia 5 bulan beberapa bayi mungkin sudah dapat berguling sendiri, dari posisi terlentang menuju posisi tengkurap dan kembali lagi ke posisi telentang. Ini adalah permulaan yang baik sebelum ia akan mulai merangkak di bulan-bulan berikutnya.

Nah, jadikan aktivitas berguling ini menyenangkan bagi si kecil, misal dengan Bunda menemani di sampingnya sambil memberinya semangat. Bantu si kecil ketika ia nampak sedikit kesulitan untuk kembali ke posisi telentang.

Namun tetap perhatikan keamanan bayi ya, Bun. Ketika ia sudah bisa berguling sendiri, Bunda sebaiknya tidak membiarkannya sendirian tanpa pengawasan, terutama ketika ia sedang tidur. Hal ini untuk mencegah bayi terjatuh dari tempat tidur atau bahkan tercekik tak bisa napas.

Menggenggam

Perkembangan bayi 5 bulan yang juga akan membuat Bunda bangga adalah kemampuannya memegang benda dan memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya. Ia akan lebih sering menarik benda-benda yang terlihat menarik yang ada di dekatnya. Bila bayi Anda minum dengan botol, ia mungkin sudah dapat memegang botolnya sendiri tanpa dibantu.

Untuk membantu memaksimalkan perkembangan motorik bayi 5 bulan Bunda, cobalah beri si kecil benda-benda untuk digenggamnya. Misalnya saja soft toy, teether, atau botol susu. Letakkan benda-benda tersebut bergantian di tangan kanan dan kirinya.

Bernyanyi

Bunda mungkin akan gemas saat mendengar si kecil mulai mengoceh. Ia mulai bisa bersuara dan seperti mengucapkan mama atau papa. Namun jangan senang dulu, Bun! Pasalnya ia hanya senang mengeluarkan bunyi-bunyian dari mulutnya, bukan berarti ia sudah mengerti bagaimana memanggil orangtuanya. Tunggu beberapa bulan lagi sampai ia mulai dengan jelas mengucapkan mama atau papa untuk memanggil Anda.

Di usia 5 bulan, bayi akan mulai mengenali suara-suara di dekatnya. Ia mungkin akan tertarik mendengar gonggongan anjing tetangga atau ketika suara mesin mobil dinyalakan. Si kecil mungkin belum paham tetapi ia mulai akan menolehkan kepalanya ketika mendengar namanya dipanggil. Jadi, cobalah untuk mengucapkan namanya dengan jelas.

Coba putar lagu anak-anak yang nadanya menarik. Si kecil mungkin akan tepuk tangan, tersenyum, tertawa atau bahkan mengoceh seolah-olah ingin ikut bernyanyi. Nah, Bunda bisa ikut bernyanyi ketika memperdengarkan lagu atau musik kepada si kecil. Selain melatihnya mengenali suara dan musik, ini juga jadi aktivitas yang akan mempererat bonding Bunda dengan si kecil, lho.

Aktivitas bernyanyi ini bisa Bunda lakukan setelah mandi sore dan makan malam. Bunda bisa mengajaknya menari sambil memutar lagu favoritnya. Kemudian, lanjutkan dengan bermain cilukba dan biarkan bayi tertawa. Melakukan kegiatan yang berenergi seperti ini bisa membuat si kecil jadi lebih siap untuk tidur malam, lho. Dan si kecil pun akan tidur lebih nyenyak. Bunda tahu, kan, kalau tidur nyenyak adalah salah satu faktor yang mendukung perkembangan bayi.

Melempar bola

Bayi 5 bulan Bunda menyerap hal-hal baru dengan cepat. Ia akan dengan sendirinya belajar bahwa setiap aksi akan menimbulkan reaksi. Misalnya ketika ia melemparkan mainannya, maka Bunda akan segera mengambilkannya untuknya. Maka jangan heran bila ia mulai mengulang-ulang aksinya ini karena tertarik melihat bagaimana Bunda memberikan respons.

Coba Bunda mengajaknya bermain lempar bola. Meski si kecil belum mengerti dan mungkin belum bisa menangkap ataupun balas melempar bola, tapi setidaknya kegiatan ini bisa membuatnya gembira karena ia bisa melempar-lempar, satu kegiatan yang sedang digandrunginya di usia 5 bulan ini.

Sering-seringlah mengajak si kecil berbicara, entah dengan menyebutkan benda-benda apa saja yang dilihatnya atau dengan membacakan buku cerita. Di usia ini, bayi dengan cepat menyerap segala informasi baru.

Tidur cukup akan membantu perkembangan bayi 5 bulan

Kenapa tidur? Karena tidur yang cukup akan membantu perkembangan bayi 5 bulan Bunda. Semua pertumbuhan bayi tentu saja membutuhkan banyak energi. Sebagian besar bayi akan tidur sepanjang malam, sebagian lagi masih terbangun 1 – 3 kali di tengah malam untuk menyusu.

Meski tiap bayi memiliki pola berbeda, namun idealnya bayi 5 bulan membutuhkan:

  • 3 – 4 kali tidur siang dengan durasi total 3 – 4 jam sehari
  • 11 – 12 jam tidur malam
waktu tidur bayi 5 bulan

Bayi 5 bulan akan lebih susah tidur siang. Bunda harus mengajak si Kecil tidur agar bayi Bunda bisa tidur nyenyak malam hari

Mengingat ini masa transisi bagi bayi, beberapa bayi mungkin menolak untuk tidur siang dan lebih senang untuk eksplorasi. Biasanya bayi akan tidur satu kali di pagi hari setelah sarapan dan satu kali setelah makan siang. Cobalah untuk tidak menunda

Tidur siang di usia ini mungkin hanya sebentar saja, tetapi cukup sering. Ibu mungkin khawatir bayi akan kesulitan tidur malam ketika ia terlalu banyak tidur di siang hari. Percayalah, bayi Anda butuh tidur yang banyak agar ia memiliki energi untuk tumbuh kembangnya.

Biarkan anak Anda tidur siang meski hanya sejenak. Membuatnya terjaga terus di siang hari tidak akan membuatnya tidur nyenyak di malam hari. Bayi Anda justru akan rewel dan sulit tidur ketika ia dipaksa tetap terjaga di siang hari. Jadi, mulailah membiasakan rutinitas tidur bayi untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 5 bulan Bunda, ya.

Baca Juga : Jam Tidur Bayi Baru Lahir Hingga 12 Bulan

Membiasakan rutinitas tidur bayi untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 5 bulan

Ingin bayi 5 bulan Anda memiliki pola tidur teratur? Lakukan 5 kebiasaan ini setiap kali waktu tidur malam:

1. Membiarkan bayi beraktivitas di sore hari

aktivitas bayi 5 bulan

Perkembangan Bayi 5 Bulan: Optimalkan Dengan Bermain Bersama si Kecil

Setelah mandi sore dan makan malam, ajak bayi Anda beraktivitas. Ibu bisa mengajaknya menari sambil memutar lagu favoritnya. Atau bermain cilukba dan biarkan bayi tertawa. Dengan melepaskan energinya di sore hari, bayi Anda lebih siap untuk tidur malam.

2. Memandikan bayi dengan air hangat

Salah satu ritual agar bayi tidur nyenyak adalah dengan memandikannya. Bila ia sudah mandi sore, Ibu bisa mengelapnya menggunakan waslap dan air hangat. Jangan lupa basuh wajah, tangan, dan kakinya. Bila giginya telah tumbuh, jangan lupa menyikat gigi bayi. Gantilah popoknya dengan yang kering dan bersih. Pakaikan piyama yang nyaman untuk bayi.

3. Bacakan cerita

Perkembangan bayi 5 bulan lain yang pasti akan Bunda sadari adalah ia akan sering mengoceh cukup lama. Meski kata-katanya tak bermakna, tapi Bunda tetap disarankan untuk meresponnya. Apa yang bisa Bunda katakan pada si kecil?

Bunda bisa membacakan cerita sejak dini yang akan menumbuhkan minat baca si kecil kelak, sekaligus melatihnya mengenal beberapa kosakata baru. Walau si kecil belum dapat merespon saat Bunda membacakan buku, namun kemampuan berbahasanya akan bertambah. Beberapa bayi mungkin akan fokus mendengarkan suara Bunda atau bahkan melihat warna-warni menarik yang ada di buku cerita. Kegiatan baca cerita ini bisa Bunda lakukan menjelang jam tidur si kecil agar ia lebih tenang.

4. Pasang musik lembut

Memutar musik pengantar tidur, musik klasik, atau suara alam akan mendukung suasan tenang yang membuat bayi akan cepat mengantuk. Putar dalam volume yang kecil saja. Ibu juga bisa menyanyikan lagu yang akan meninabobokannya. Bayi senang mendengar suara ibunya karena terasa menenangkan.

5. Redupkan lampu

Bayi akan memahami bahwa ini sudah saatnya tidur ketika Ibu mulai meredupkan lampu. Gunakan lampu tidur kecil dan matikan lampu utama. Ucapkan selamat malam sambil mengecup lembut bayi Anda.

Dengan melakukan kebiasaan ini, bayi akan memahami ketika jam tidur tiba. Jangan lupa gunakan Cussons Baby Newborn Cream yang berfungsi melembutkan kulit bayi. Kandungan chamomile alami dalam krim ini akan membuat bayi lebih tenang dan lebih mudah untuk tidur karena baunya yang lembut.

Yuk, coba lakukan berbagai kegiatan di atas agar perkembangan bayi 5 bulan Bunda tumbuh optimal

Baca Sebelumnya :

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Baca Selanjutnya :

Perkembangan Bayi 6 Bulan

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: