Perkembangan Bayi 4 Bulan dengan Memenuhi 7 Kebutuhan Dasarnya - Cussons Baby Indonesia

Perkembangan Bayi 4 Bulan dengan Memenuhi 7 Kebutuhan Dasarnya

Sebagai orangtua, Ibu tentu ingin memberikan yang terbaik agar perkembangan bayi 4 bulan sesuai dengan tahapan usianya.

Memasuki usia 4 bulan, bayi Anda mulai menunjukkan banyak kemampuan yang akan membuat Ibu terkagum-kagum. Perkembangan bayi 4 bulan tak hanya soal fisik tetapi juga bagaimana ia mengekspresikan diri.

Bayi Anda mulai menunjukkan karakternya yang unik, yang mungkin mirip dengan Ibu atau Ayah (atau malah gabungan keduanya!). Ia akan mulai banyak tersenyum, tertawa, dan mengoceh.

Seiring berjalannya waktu, Ibu pun sudah bisa memahami apa yang menjadi kebutuhan bayi. Inilah kunci parenting sesungguhnya di bulan-bulan awal kelahiran bayi. Tugas Ibu dan Ayah adalah memastikan apa yang menjadi kebutuhan bayi dan kemudian menyediakannya.

Memang tak selamanya semua berjalan lancar. Ada saat-saat Ibu kebingungan menerjemahkan arti tangisan bayi. Mendadak ia berubah dari bayi yang manis menjadi sangat rewel.

Namun, jangan patah semangat Bun! Tetap penuhi kebutuhan dasar bayi agar perkembangan bayi 4 bulan semakin optimal.

Di usia 4 bulan, bayi Anda mulai ingin dimengerti. Ia sudah bisa protes ketika diletakkan di boks padahal masih ingin digendong. Tentu saja bentuk protesnya dilakukan dengan menangis.

Bayi sebenarnya sangat mahir dalam mengkomunikasikan perasaannya, tetapi karena ia belum bisa bicara, maka setiap kebutuhannya disuarakan lewat tangisan. Selain itu, bayi 4 bulan juga mulai aktif mengeluarkan berbagai suara seperti jeritan, ocehan, meniru bunyi yang didengar, dan sebagainya.

 

Bayi 4 Bulan Bisa Apa?

Kini, kaki dan tangan si kecil akan semakin aktif dan bertambah kuat. Bunda bisa lihat dari bagaimana si kecil mulai dapat menggenggam mainannya dan menggoyang-goyangkannya. Selain itu, ia akan gemar menarik rambut atau anting Bunda. Ia juga akan semakin aktif memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. Si kecil juga akan menendang-nendangkan kakinya ke permukaan kasar bahkan pangkuan Bunda! Jangan kaget ya, Bun.

Ketika si kecil sedang duduk manis, ia mulai bisa meregangkan kakinya bahkan berguling tiba-tiba! Tapi ingat ya, Bun, tidak semua bayi mengalami perkembangan motorik yang sama. Lihatlah hingga satu atau dua bulan kemudian. Si kecil juga kini bisa menahan beban kepalanya sendiri dengan seimbang, juga dengan mudah memalingkan kepalanya bila mendengar suara Bunda.

Penglihatan si kecil juga akan berkembang jauh lebih tajam, ini membuatnya mampu melihat benda dengan jarak yang lebih jauh dan membedakan warna-warna baru. Biasanya, para bayi akan memilih warna-warna terang sebagai mainan kesukaannya. Ia juga akan mulai gemar meniru suara-suara tertentu! Ini adalah salah satu tanda perkembangan kemampuan berbicaranya, Bun. Si kecil juga akan mulai mengalami pertumbuhan gigi, terdapat ruam kemerahan di gusinya adalah salah satu tanda giginya akan tumbuh. Ia juga akan sering memasukkan tangan ke dalam mulutnya.

Bunda juga sudah mulai dapat menikmati tidur yang cukup ketika si kecil memasuki bulan ke-4 ini, ia akan mulai terbiasa beristirahat selama 7-8 jam pada malam hari, juga akan beberapa kali tidur di siang hari.

Kini si kecil akan lebih sering menyusu dan sedikit mencerna makanan. Para experts menyarankan buah hati tidak mengkonsumsi makanan padat hingga usianya 6 bulan, jadi bila si kecil lapar, Bunda bisa menawarkan makanan tambahan yang lembek.

Karena si kecil senang meletakkan objek apapun yang ia pegang, pastikan si kecil tidak memasukkan benda kecil ke dalam mulutnya ya,Bun. Hal ini berguna mencegah si kecil tersendak atau menelan sesuatu. Ingat untuk membaringkan si kecil pada posisi tengkurap untuk memperkuat otot-otot tubuhnya. Si kecil juga akan menikmati berbagai permainan seperti merasakan objek-objek dengan tekstur tertentu, mendengar Bunda berbicara dan menyanyi untuknya!

 

Memaksimalkan Perkembangan Bayi 4 Bulan dengan Memenuhi Kebutuhannya

Bayi Anda mulai mengenali wajah-wajah orang terdekatnya. Tahun pertama kehidupan bayi merupakan saat ia belajar mempercayai orang lain dan siapa yang akan memenuhi kebutuhannya untuk tumbuh kembang.

Otak bayi benar-benar seperti spons yang menyerap segala informasi mengenai bagaimana ia dibesarkan dengan penuh kasih sayang. Jika Anda menggendong bayi Anda ketika ia menangis, dan memberikannya segala bentuk cinta serta perhatian yang dibutuhkan ketika bayi Anda merasa tertekan, maka ia akan mendapatkan dari limpahan kasih sayang Anda maupun pasangan.

Seiring berjalannya waktu, Ibu semakin mahir dan percaya diri dalam mengurus bayi 4 bulan. #NaluriMelindungi yang Ibu miliki tentu sangat dibutuhkan bayi di masa tumbuh kembangnya.

Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan agar perkembangan bayi 4 bulan semakin maksimal.

1. Makan

Menyusui bukan lagi jadi masalah untuk Ibu karena Anda sudah melewati masa-masa membingungkan, misalnya bagaimana posisi menyusui yang nyaman, apakah perlekatan bayi sudah sempurna, jadwal menyusui dan memompa ASI, dan sebagainya. Bayi 4 bulan masih perlu menyusu setiap beberapa jam meski jadwalnya tidaklah sesering bulan-bulan sebelumnya.

Idealnya, bayi Anda akan merasa lapar setiap tiga hingga empat jam sekali. Pastikan bayi Anda tetap mendapatkan nutrisi yang cukup melalui ASI. Biarkan ia menyusu sampai merasa kenyang dan terlihat puas. Bayi 4 bulan belum bisa makan makanan padat, jadi tunggu sampai ia berusia 6 bulan ya, Bun. Biarkan sistem pencernaannya berkembang dulu hingga siap menerima makanan padat. Terlalu terburu-buru memberikan MPASI akan membahayakan keselamatan bayi Anda.

2. Tidur

Pola tidur bayi 4 bulan sudah jauh lebih teratur. Ibu tak perlu lagi bergadang atau terbangun tengah malam. Bayi 4 bulan akan memiliki waktu tidur malam yang lebih panjang. Cobalah mulai melatih bayi untuk tidur di boksnya tanpa harus digendong. Saat bayi mengantuk di siang hari, segeralah untuk mengajaknya tidur.

Bila Anda menunda waktu tidur bayi di siang hari dengan harapan agar ia tidur lebih lama saat malam, cara ini tentu saja tidak tepat. Justru bayi akan rewel sepanjang hari dan mengganggu tidur malamnya.

3. Kesehatan

Jangan lupakan jadwal imunisasi bayi Anda. Pastikan ia telah mendapatkan vaksin yang dibutuhkan oleh bayi 4 bulan. Cek juga kesehatan bayi Anda secara berkala ke dokter anak atau ke layanan kesehatan di sekitar Anda. Bagaimana bila ada imunisasi yang terlewat? Konsultasikan dengan dokter anak agar bayi Anda mendapatkan vaksin susulan. Bayi mungkin akan sedikit rewel saat disuntik namun hanya akan berlangsung sebentar. Anda harus bersabar demi kesehatan bayi Anda.

4. Eksplorasi

Perkembangan bayi 4 bulan yang membuat Anda kagum adalah kemampuannya mengenali orang-orang terdekatnya. Ibu tak perlu memberikan gadget maupun TV untuk menstimulasi perkembangan bayi. Para ahli menyebutkan bahwa sebaiknya dua tahun pertama dalam hidup bayi tidak perlu dikenalkan dengan gadget. Yang dibutuhkan olehnya adalah limpahan kasih sayang dari orangtuanya. Sering-seringlah mengajak bayi mengobrol dan lihat bagaimana ia merespon Anda.

5. Kebersihan

Kulit bayi yang masih lembut dan sensitif harus dijaga kebersihannya. Gunakan Cussons Baby Newborn Hair & Body Wash yang mengandung organic olive oil dan natural chamomile. Penggunaan chamomile dipercaya akan membuat bayi lebih tenang dan mengatasi berbagai masalah kulit. Formula Cussons Baby Newborn Hair & Body Wash sepuluh kali lebih lembap dengan pH yang seimbang sehingga aman untuk kulit dan rambut bayi. Selain itu, produk ini juga tidak pedih di mata dan telah teruji secara klinis hipoalergenik.

6. Rasa aman

Ketika Ibu meletakkan bayi di lantai untuk eksplorasi, pastikan lantai bersih dan bebas dari barang-barang yang dapat membahayakan keselamatan bayi. Cek juga mainan, teether, boneka, atau selimut yang mungkin akan sering dimasukkan ke dalam mulutnya. Jangan sampai bayi memasukkan sesuatu yang kotor atau berbahaya ke dalam mulut.

Ketika bepergian dengan mobil, selalu gunakan car seat yang aman untuk bayi. Jangan pernah sekalipun meninggalkan bayi di dalam mobil tanpa pengawasan meski hanya sebentar saja. Anda tak akan pernah tahu bahaya apa yang mengintai, mulai dari terkunci di dalam mobil, kehabisan oksigen, terkena heat stroke (sengatan panas), keracunan, hingga penculikan.

7. Komunikasi

Mainan yang berbunyi atau kerincingan akan menjadi benda favoritnya. Salah satu tahap perkembangan bayi 4 bulan adalah kemampuan dasar mengenai sebab-akibat. Ketika ia berpikir bahwa telah berhasil menghasilkan bunyi, ia akan merasa senang. Pada usia ini, bayi juga mulai dapat mengenali wajah orangtuanya.

Oleh sebab itu, penting bagi Ibu dan Ayah untuk lebih sering mengajak bayi berkomunikasi. Bayi Anda mungkin belum memahami apa yang Anda katakan, tetapi justru inilah langkah awal bagaimana ia mempelajari komunikasi verbal. Bila bayi Anda mengeluarkan suara, beri respons seolah-olah Anda sedang mengerti dan sedang menjawab pertanyaannya. Bayi akan merasa bahwa Anda benar-benar memerhatikannya.

 

Tips Bulan Ini

Seiring si kecil memasuki usia di bulan ke-empatnya, Bunda mulai dapat beristirahat dengan tenang di malam hari karena si kecil akan lebih sering terbangun di waktu siang. Ia juga akan lebih banyak bercanda, tersenyum dan tertawa, Bun!

Tips untuk Bunda di bulan ini adalah ingat untuk memberi makan si kecil secara rutin ya Bun, pastikan si kecil makan tepat pada waktunya walaupun ia tidak dapat menghabiskan seluruh makanannya.

 

Fakta Seputar Si Kecil

Pada bulan ke-empat ini, si kecil akan mulai mengenali dan menghapal wajah orang-orang dan benda di sekitarnya.

 

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Ayah bisa mulai membacakan cerita nih untuk mengiring si kecil tertidur pulas. Walaupun ia belum mengerti apa yang Ayah ceritakan, ia akan menggemari indahnya suara Ayah.

Tak perlu terlalu khawatir apakah yang Ibu lakukan sudah tepat atau belum. #NaluriMelindungi yang Ibu miliki tentu akan memastikan bayi Anda mendapatkan yang terbaik untuk mendukung tumbuh kembangnya. Selamat menemani buah hati berkembang ya, Bun!

 

Baca Sebelumnya:

Perkembangan Bayi 3 Bulan

 

Baca Selanjutnya:

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: