Begini 5 Cara Pijat Bayi yang Benar Agar Tetap Sehat - Cussons Baby Indonesia

Begini 5 Cara Pijat Bayi yang Benar Agar Tetap Sehat

Bunda, apakah Bunda sering mengalami kesulitan dalam menenangkan bayi yang sedang rewel atau sulit tidur? Tak jarang, hal ini justru membuat Bunda merasa frustasi dan lelah.

Atau mungkin, Bunda merasa kurang yakin dengan cara untuk membantu bayi tumbuh dan berkembang dengan optimal? Masalah ini mungkin terdengar membingungkan, tetapi sebenarnya ada solusinya yang sangat efektif dan mudah untuk dilakukan, yaitu pijat bayi.

Pijat bayi bukan hanya bisa meningkatkan kualitas tidur bayi, tapi juga memiliki banyak manfaat lainnya yang mungkin belum Bunda ketahui. Belum lagi, cara melakukannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja di rumah.

Yuk, cari tahu manfaat, cara, dan tips pijat bayi yang benar di bawah ini!

 

Baca juga: Cara Pijat Bayi

 

5 Manfaat Pijat Bayi

Hai Bunda, mungkin Bunda sudah familiar dengan istilah pijat bayi, tapi apakah Bunda mengetahui manfaat yang ada di balik pijat tersebut? Yuk, lancarkan waktu untuk mengetahui lebih lanjut.

1. Memperkuat Ikatan Antara Bunda dan Bayi

Salah satu manfaat dari pijat bayi adalah memperkuat ikatan emosional dan psikis antara Bunda dan bayi. Saat Bunda memijat bayi, Bunda dan bayi berkomunikasi secara non verbal. Ini bisa membantu bayi merasa lebih nyaman, aman dan dicintai.

2. Meningkatkan Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Pijat bayi menggunakan lembut dan lembab pada kulit bayi mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan fisik bayi. Ini termasuk pertumbuhan tulang, otot dan saraf.

3. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Pijat bayi dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit. Dengan menggunakan pijat tertentu, aliran darah dapat ditingkatkan di area usus bayi dan membantu melembutkan feses.

4. Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi yang dipijat sebelum tidur memiliki pola tidur yang lebih baik. Pijat dapat membantu menenangkan dan rileks, yang berguna untuk tidur yang berkualitas.

5. Meningkatkan Sistem Imun Bayi

Pijat bayi dapat merangsang produksi sel-sel pembunuh alami yang ditemukan di dalam sistem imun. Hal ini dapat membantu melindungi bayi dari penyakit dan infeksi.

 

Baca juga: Pijat Bayi yang Sedang Sakit Pilek

 

5 Cara Pijat Bayi yang Benar

Pijat pada bayi memang memiliki banyak manfaat, tapi bagaimana cara melakukannya dengan benar? Ikuti langkah-langkah berikut ini, ya Bunda.

1. Persiapkan Perlengkapan

Pastikan Bunda telah mempersiapkan semua perlengkapan yang diperlukan, berupa handuk lembut, minyak pijat bayi, dan diaper bersih untuk ganti.

2. Suasana yang Nyaman

Pastikan ruangan tempat Bunda memijat bayi berada dalam suhu yang tepat dan cukup tenang. Bunda juga bisa memainkan musik lembut untuk membantu bayi lebih rileks.

3. Mulai dari Kepala

Mulai pijatan dari kepala bayi dan turun ke area lainnya. Berikan pijatan yang lembut dan tidak membuat bayi merasa tidak nyaman.

4. Posisi yang Tepat

Pastikan bayi dalam posisi yang nyaman saat dipijat. Bunda bisa memilih posisi telentang atau tengkurap tergantung kebiasaan bayi.

5. Selesaikan Pijatan dengan Benar

Setelah sesi pijatan selesai, Bunda bisa mengakhiri dengan memberikan pelukan hangat atau menyusui bayi untuk meningkatkan keintiman.

 

5 Tips Pijat Bayi Agar Tidurnya Nyenyak

Mau tahu cara membuat tidur bayi semakin nyenyak melalui pijat? Yuk, simak tips berikut ini.

1. Pilih Waktu yang Tepat

Lakukan pijat menjelang waktu tidur bayi. Tips ini akan membantu bayi merasa rileks dan siap untuk tidur.

2. Gunakan Minyak Pijat yang Tepat

Gunakan minyak pijat yang khusus untuk bayi. Minyak tersebut membantu melancarkan gerakan tangan Bunda pada kulit bayi serta memberikan kehangatan.

3. Pijat dengan Pola Tertentu

Lakukan pijat dengan gerakan melingkar dan memijat kaki bayi dari pergelangan kaki ke jari kaki. Gerakan ini dapat membantu merangsang hormon tidur.

4. Jaga Konsistensi

Lakukan pijat rutin setiap hari. Konsistensi ini dapat membantu memperkuat pola tidur bayi secara alami.

5. Tutup Sesi Pijat dengan Kebiasaan Tidur Bayi

Setelah selesai memijat, Bunda bisa membaca cerita, mendengarkan musik lembut, atau menyusui bayi. Ini akan semakin mempersiapkan bayi untuk tidur.

 

Rekomendasi Minyak untuk Pijat Bayi

Nah, salah satu rekomendasi produk bayi yang bisa Bunda manfaatkan untuk pijat bayi adalah Cussons Baby Minyak Telon Plus. Ada berbagai manfaat lebih yang bisa didapatkan dengan Cussons Baby Minyak Telon Plus, di antaranya:

  1. Formula dan tekstur Cussons Baby Minyak Telon Plus lembut untuk dibalurkan ke kulit bayi, sehingga cocok untuk pijat tanpa meninggalkan sensasi lengket di kulit.
  2. Cussons Baby Minyak Telon Plus punya hangat yang pas sebab tidak terlalu panas, tapi tetap memberikan kenyamanan dan kehangatan untuk membantu meredakan gejala masuk angin dan perut kembung pada bayi.
  3. Minyak telon plus ini menawarkan aroma telon yang khas dan memberikan kenyamanan serta wangi khas bayi.
  4. Cussons Baby Minyak Telon Plus juga memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk hingga 8 jam, sehingga bayi nyaman dan tidak rewel.

Jadi, yuk gunakan Cussons Baby Minyak Telon Plus untuk memijat bayi, Bun!

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: