Mau Pijat Bayi Karena Batuk Pilek? Cek Dulu Info Ini! - Cussons Baby Indonesia

Mau Pijat Bayi Karena Batuk Pilek? Cek Dulu Info Ini!

Masalah kesehatan yang kerap menyerang bayi adalah batuk dan pilek. Meski umum dan bukan penyakit serius, batuk dan pilek pada bayi bisa mengganggu kenyamanan dan membuat orang tua khawatir. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan pijatan. Kok bisa pijat bayi bisa membantu mengatasi batuk pilek? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Mengapa Pijat Bayi Bisa Bantu Atasi Batuk dan Pilek?

Pijatan, atau yang biasa dikenal dengan istilah perawatan bayi, adalah teknik yang telah digunakan selama berabad-abad di berbagai budaya di seluruh dunia. Pada dasarnya, manfaat pijat datang dari sentuhan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua kepada bayinya. Itu membuat bayi merasa dicintai, diterima, dan merasa aman.

Pijatan juga memiliki manfaat fisik yang tak terbantahkan, termasuk untuk mengatasi gejala batuk dan pilek pada bayi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pijatan bisa membantu bayi yang batuk dan pilek:

 

1. Meringankan Pernapasan

Salah satu teknik pijat adalah merangsang dan memperkuat sistem pernapasan bayi, sehingga dapat meringankan gejala batuk dan pilek.

2. Membantu Mengendurkan Otot

Ketika bayi batuk, otot dada dan tenggorokannya bisa tegang. Pijat bisa membantu melemaskan otot-otot ini, sehingga meringankan gejala batuk.

3. Menstimulasi Sirkulasi Darah

Pijatan pada bayi juga dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk paru-paru, sehingga bisa membantu meringankan gejala batuk dan pilek.

 

Baca juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir sambil Menstimulasi Tumbuh Kembangnya

Teknik Pijat Bayi Batuk Pilek

Berikut adalah teknik-teknik pijatan yang bisa diaplikasikan pada bayi yang batuk atau pilek:

1. Dada

Mulai dengan merilekskan otot-otot di sekitar dada bayi. Gunakan ibu jari Anda untuk membuat gerakan melingkar kecil di sekitar dada bayi. Jangan menekan terlalu kuat, cukup lembut untuk menenangkan dan mengendurkan otot dada bayi.

2. Punggung

Gerakan pijatan di bagian punggung sama seperti di dada, tetapi lakukan sambil bayi tengkurap atau saat Anda menggendongnya. Gerakan melingkar ini bisa membantu meredakan batuk dan pilek dengan membantu lendir bergerak dan keluar.

3. Telapak Kaki

Tekanan lembut pada titik refleksi telapak kaki bayi juga bisa membantu meredakan batuk dan pilek. Khususnya, cobalah berfokus pada area yang terletak di bawah jari kaki tengah dan jari kaki ke empat, karena daerah ini berkaitan dengan sinus dan paru-paru.

4. Tangan

Jarak antara ibu jari dan jari telunjuk bayi merupakan daerah refleksi paru-paru. Dengan menekan ringan area ini, kita bisa membantu meredakan batuk.

5. Wajah

Terakhir, titik pijat batuk pilek pada bayi adalah wajah. Cobalah pijatan lembut di sekitar hidung dan sinus bayi. Ini dapat membantu melonggarkan lendir dan meredakan pilek. Hati-hati ketika melakukan pijatan di daerah ini untuk menghindari mata dan tempat lain yang mungkin sensitif.

Seiring dengan pijatan, elus dan belai bayi dengan lembut sambil berbicara pada mereka dengan suara yang menenangkan. Cara ini akan membuat mereka merasa lebih aman dan mengurangi stres.

Pijatan pada bayi yang batuk dan pilek ini juga perlu ditunjang dengan penggunaan minyak telon yang memang dirancang khusus untuk bayi. Dilansir dari SehatQ, hal ini bertujuan untuk memberikan memberikan rasa hangat dan menenangkan.

 

Mengapa Minyak Telon Efektif untuk Bantu Atasi Batuk dan Pilek?

Pada dasarnya, minyak telon ini memiliki sifat khas yaitu mampu menciptakan rasa hangat ketika dioleskan ke tubuh bayi. Sensasi hangat ini sangat bermanfaat dalam mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan batuk dan pilek.

Rasa hangat dari minyak telon dapat membantu meredakan pernafasan bayi yang tersumbat akibat pilek, menghangatkan dada dan punggung bayi yang bisa meredakan batuk. Minyak telon dengan kandungan minyak kayu putihnya juga memiliki efek analgesik alami yang dapat bantu meredakan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada bayi.

 

Rekomendasi Minyak Telon untuk Bayi

Salah satu rekomendasi minyak telon untuk bayi adalah Cussons Baby Minyak Telon Plus. Cussons Baby Minyak Telon Plus memberikan rasa hangat di tubuh si Kecil dan membantu legakan pernapasan.

Tidak hanya itu, Cussons Baby Minyak Telon Plus punya hangat yang pas sebab tidak terlalu panas, tapi tetap memberikan kenyamanan dan kehangatan. Sebagai tambahan, minyak telon plus ini memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk hingga 8 jam, sehingga bayi nyaman dan tidak rewel.

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: