Cara Mengepang Rambut Anak Modern dan Keren

Bagaimana cara mengepang rambut anak yang lucu dan menggemaskan? Bunda memiliki anak perempuan usia balita? Wah pasti sangat menyenangkan! Bunda bisa bermain-main dan mendandani si kecil dengan berbagai macam gaya mulai dari baju hingga rambut. Apalagi pada masa stay at home ini, BBunda tentunya mempunyai lebih banyak waktu untuk bersama-sama dengan si kecil.

Jadikan kesempatan ini sekaligus menjadi momen spesial yang akan dikenang saat si kecil beranjak dewasa nanti. Kini saatnya BBunda bisa mencoba berbagai gaya kepang yang lucu dan seru yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Yuk simak cara mengepang rambut anak di rumah.

Apa itu Kepang?

cara mengepang rambut anak

Bagaimana Cara Mudah mengepang rambut si Kecil? Berikut ini tips dan panduan hingga contoh model kepang rambut anak yang lucu dan modern

Kepang adalah teknik menghias rambut dengan cara menjalin dan mengikat. Gaya kepang ini sebenarnya sudah ada sejak zaman peradaban tepatnya di benua Afrika sekitar 500 tahun sebelum masehi. Kemudian gaya ini terus berkembang dan diperkenalkan ke berbagai penjuru dunia. Hingga kini terus menjadi andalan untuk berbagai jenis acara dari formal hingga casual.

Kepangan adalah gaya rambut yang tak lekang oleh waktu. Selain membantu agar si kecil tampil rapih sepanjang hari dan bebas beraktivitas, kepang juga membuat penampilan si kecil terlihat lucu dan unik.

Alat-alat yang perlu disiapkan Untuk Mengepang Rambut Anak

Sebelum mulai mengepang, Bunda perlu menyiapkan alat-alat berikut ya:

  • Detangling brush, sisir anti kusut. Usahakan rambut si kecil tidak kusut agar mudah mengepangnya.
  • Sisir bergigi rapat, untuk merapihkan serat rambut si kecil sebelum mulai mengepang
  • Semprotan air, mengepang dalam kondisi agak lembab mempermudah agar kepangan lebih rapih
  • Hair lotion, jangan lupa memberikan Hair Lotion sebelum mengepang agar mempermudah saat mengepang dan menjaga kesehatan rambut si kecil agar tetap sehat dan kuat
  • Karet jepang, gunakan karet yang tidak merusak helai rambut si kecil
  • Jepit bobby pin ujung pentul, agar tidak menyakiti kepala si kecil
  • Aksesoris yang lucu-lucu seperti pita, bunga, dll.

Jenis-Jenis dan Cara Mengepang Rambut Anak yaang Trendy dan Mudah Membuatnya

Kepang itu banyak jenisnya dan dapat disesuaikan dengan kepribadian si kecil lho Bunda! Model rambut kepang juga bisa divariasi sesuai keinginan, seperti kepang satu, kepang dua, atau kepang kecil-kecil. Kira-kira kepang rambut seperti apa ya yang cocok untuk si kecil? Simak berikut inspirasi gaya kepang rambut anak yang terlihat lucu dan menggemaskan beserta step by step simple cara mengepang rambut anak di rumah.

1. Kepang Bando

kepang bando

Model Kepang Bando Rambut Anak Perempuan

Gaya kepang ini simpel dan tetap cantik. Untuk mendapatkan gaya kepang ini, rambut si kecil tidak usah terlalu panjang. Minimal sebatas leher atau bahu.

Cara mengepang rambut anak: Belah tengah rambut kanan dan kiri. Lalu sisir. Ambil segumpal rambut pada bagian kanan dan kiri. Mulai dari bagian kanan. Bagi kunciran tersebut menjadi 3 cabang lalu lakukan kepang.

Mulai dengan cabang kanan disilangkan ke tengah, lalu cabang yang kiri ke tengah. Kemudian kembali lagi ke bagian kanan. Lakukan silangan tersebut terus sampai mendekati ujung rambut, lalu ikat dengan karet rambut. Lalu arahkan kepangan ke belakang telinga mengarah ke tengkuk lalu jepit agar menempel dan rapih. Kita akan membuat sebuah kepangan lagi pada bagian kiri dan usahakan posisi, tebal,  dan panjangnya sama.

Lakukan yang sama untuk sisi sebelah kiri. Setelah dijepit, kepangan akan berbentuk menyerupai bando yang sangat cantik.

2. French Braid

kepang french braid

Gaya Kepang Model French Braid Untuk Anak

Disebut juga dengan kepang tempel. Kepang ini sangat stylish dan menjadi favorit untuk berbagai usia dari anak kecil hingga dewasa. Bahkan masih banyak digunakan oleh para model runway untuk berbagai Fashion Show karena bentuknya yang sangat stylish dan trendy untuk berbagai acara.

Cara mengepang rambut anak: Ambil rambut bagian depan, kumpulkan rambut di bagian depan tengah lalu dibagi menjadi 3 cabang dengan ketebalan yang sama. Mulai mengepang dengan cara menyilangkan bagian kiri ke bagian tengah, lalu bagian kanan juga kebagian tengah. Disilingkan melewati bagain atas.

Lanjutkan jalinan tersebut dengan cara menambahkan sejumlah rambut dari sisi kanan dan kiri sedikit demi sedikit sampai tercipta beberapa baris.  Lakukan teknik tersebut sampai kebelakang hingga habis ke bawah,  sampai kepangan sudah tidak menempel pada kulit kepala . Sisanya lakukan kepang biasa sampai ke ujung rambut lalu ikat dengan karet rambut.

3. Dutch Braid

kepang dutch braid

Model Rambut kepang Dutch Braid

Disebut juga dengan kepang timbul. Kepang ini bentuknya sangat cantik dan modern. Tekniknnya menyerupai French Braids namun dengan cara sebaliknya yaitu dengan  menyilangkannya dari arah bawah.

Cara mengepang rambut anak: Buat belahan samping sejajar dengan pelipis. Lalu ambil bagian depan dan bagi menjadi tiga, lalu buat kepang biasa, menyilangkan bagian kanan ke arah tengah, menyilankgan kiri ke arah tengah (silangkan dari arah bawah, sehingga akan memberikan efek timbul).

Lanjutkan menyilangkan terus sampai beberapa baris, kemudian ambil sejumput rambut di bagian depan lalu satukan dengan bagian kiri lalu silangkan ke tengah. Kemudian lanjutkan dengan mengambil sejumput rambut bagian kanan lalu satukan dengan bagian cabang bagian kanan lalu silangkan ke tengah.

Lakukan terus sampai ke bagian bawah. Setelah kepangan sudah tidak menempel pada kulit kepala, lanjutkan kepangan tersebut sampai ke bagian ujung lalu ikat. Regangkan kepang yang sudah dibuat dengan mencubit tiap jalinannya agar lebih bervolume.

4. Kepang Air Terjun

kepang air terjun

Model Kepang Air Terjun Anak Perempuan

Kepang ini tak hanya mudah dibuatnya tapi juga membuat si kecil sangat menggemaskan. Caranya menyerupai teknik French Braids, tetapi dengan cara melepaskan cabang yang bagian bawah dan  dibuat menggantung di sepanjang sisi kepala sehinga akan membentuk seperti waterfall (air terjun).

Cara mengepang rambut anak: Bagi rambut sesuai belahan, lalu ambil sebagian kecil rambut dari bagian pelipis. Lakukan kepang dari arah wajah ke arah belakang . Bagi rambut jadi 3 bagian lalu kepang ke arah belakang. Ambil sejumput bagian baru di tiap sisinya dan sertakan di dalam kepangan. Lalu lepaskan yang bagian bawah dan biarkan tergantung pada sisi kepala. Lanjutkan teknik ini sampai ke belakang.

5. Kepang Rambut ala Korea

kepang ala korea

Gaya Kepang Rambut ala Korea yang Imut dan Cantik

Terinspirasi dari mode dan trend fashion rambut di Korea, gaya kepang ini terlihat sangat feminin, imut dan cantik.

Cara mengepang rambut anak: Sisir rambut dari kening ke balakang, kemudian ikat di puncak kepala dengan pita. Lalu ambil sedikit rambut dari samping kanan dan kiri wajahn lalu silangkan ke tengah lalu lakukan jalinan kepang. Lakukan terus sampai ke ujung lalu ikat dengan karet.

6. Boxer Braids

rambut boxer braids

Model Kepang Rambut Boxer Braids Perempuan

Kepangan yang terinspirasi  oleh para Boxer Perempuan ini membuat tampilan si kecil sangat keren dan trendy. Selain itu akan membuat rambut si kecil rapih sepanjang hari  dan akan membuatnya sangat bebas beraktivitas.

Cara mengepang rambut anak: Belah rambut di bagian tengah menjadi 2 bagian, kiri dan kanan.  Lakukan teknik kepang french braids/dutch braids pada masing-masing sisi. Pastikan kepangnya rapih dan tidak kendur. Setelah sampai ke ujung rambut ikat dengan karet. Dengan kepang ini, rambut si kecil tidak gampang berantakan dan tertarik-tarik. Untuk lebih mempercantik penampilannya, Bunda bisa menambahkan aksesoris pita rambut yang lucu.

7. Braided Bun

 braided bun

Model Rambut Braided Bun anak perempuan

Gaya kepang ini cocok untuk si kecil yang aktif dan mudah berkeringat. Gaya rambut cepol kepang ini unik dan akan membuat si kecil sangat cantik dan menggemaskan. Cocok juga untuk berbagai acara spesial ketika si kecil mengenakan gaun cantik bagai seorang putri.

Cara mengepang rambut anak: Rambut dibelah 2 kanan dan kiri. Lalu kuncir di posisi agak atas. Kepang masing-masing kunciran. Lalu ikat bagian bawah rambut. Kemudian Lingkarkan kepangan hingga berbentuk cepol lalu jepit dengan bobby pin. Tambahkan aksesoris pita agar lebih menggemaskan.

8. Milkmaid Braids

model milkmaid braids

Model Kepang Milkmaid Braids Anak perempuan

Gaya kepang ini sangat lucu dan sangat mudah membuatnya dan cocok untuk acara-acara spesial dan pesta. Terinspirasi dari gaya rambut khas Milkmaid, atau gadis Belanda  yang bekerja memerah susu sapi dan membuat produk dairy.

cara mengepang rambut anak

Model Kepang Rambut Milkmaid Braids Yang Lucu

Pada awal sejarahnya, gaya kepang yang khas ini digunakan agar membuat rambutnya tetap rapih tidak menutupi muka agar nyaman saat bekerja bahkan saat cuaca panas. Kini, gaya Milkmaid braids ini banyak divariasikan dengan sentuhan gaya modern membuat tampilannya menjadi fresh dan cantik. Salah satunya dengan memberikan variasi poni dan dipadukan dengan berbagai gaya kepang lainnya. Gaya kepang ini juga sangat cantik ketika dipadukan dengan berbagai aksesoris seperti pita dan bunga.

Cara mengepang rambut anak: Bagi rambut menjadi 2 bagian kanan dan kiri. Lakukan kepang di setiap bagian sampai ke ujung lalu ikat ujungnya dengan karet. Bisa juga divariasikan dengan menambahkan pita yang digabungkan saat membuat jalinan kepang.

Setelah selesai mengepang, lingkarkan jalinan kepang tersebut ke arah depan menuju ke atas mengelilingi kepala menyerupai sebuah mahkota/bando, lalu jepit rapih dengan bobby pin. Apabila si kecil memiliki poni, dan layer rambut bagian depan, Bunda dapat menariknya sedikit demi sedikit untuk memberikan kesan lebih natural dan fashionable.

Voila! Si Kecil akan tampak seperti seorang puteri dongeng yang sangat imut dan menggemaskan.

9. Crown Braids

Cocok untuk rambut si kecil yang panjang. Model ini mirip dengan kepang rambut ala korea. Caranya mudah dan cepat cocok untuk berbagai acara santai maupun formal.

Cara mengepang rambut anak: Ambil sebagian rambut di bagian samping kiri dan kanan, lalu lakukan kepang pada masing2 sisi sampai ke ujung rambut lalu ikta ujungnya. Satukan 2 kepang tersebut ke arah belakang menyerupai mahkota. Ikat dengan karet lalu tambahkan aksesoris pita atau bunga.

Baca Juga: Model Rambut Anak Perempuan Keriting Yang Cantik

Tips-Tips Mengepang yang Bunda Perlu Ketahui

kepang rambut anak

Terdapat beberapa panduan dalam mengepang rambut anak

Berikut tips and trik yang Bunda perlu perhatikan agar hasil lebih baik dan cara mengepang rambut anak menjadi lebih mudah:

  • Apabila Bunda ingin anak perempuan Bunda sering dikepang, perhatikan potongan rambutnya ya, jangan yang terlalu banyak layer. Karena layer yang terlalu pendek akan sulit mengepangnya dan membuat helai rambut keluar-keluar sehingga kepang menjadi agak berantakan.
  • Untuk mempermudah saat mengepang, Bunda bisa melakukannya saat setengah basah dengan cara menyemprotkan air secukupnya lalu gunakan hair lotion agar menjalinnya lebih mudah dan rapih. Baca Juga: Tips Styling Rambut Bayi Dengan Hair Lotion Baby
  • Rajin menggunakan perawatan yang tepat yaitu menggunakan Shampoo dan Hair Lotion yang mengandung bahan alami yang aman. Rambut anak-anak yang masih halus dan kulit kepala yang masih rentan. Dengan menggunakan produk perawatan yang tepat, kesehatan rambut si kecil akan tetap terjaga dan Bunda tak perlu khawatir lagi ketika sering bermain-main dengan rambut si kecil. Baca Juga: Tips Memilih Sampo Bayi Terbaik Agar Rambut si Kecil Lebat
  • Gunakan sisir atau sikat rambut yang lembut untuk mencegah kerusakan rambut dan tidak mnyakiti kulit kepala si kecil
  • Pastikan untuk tidak mengepangnya terlalu kencang karena akan menyakiti si kecil dan membuat rambutnya rontok.
  • Untuk si kecil terutama yang berambut ikal dan keriting dan sangat senang memanjangkan rambutnya bagaikan tokoh-tokoh Princess idolanya, dengan mengepangnya sehari-hari, akan membantu rambutnya tertata rapih agar terhindar dari kekusutan. Kini si kecil dapat memanjangkan rambutnya dengan leluasa dan terhindar dari kekusutan.

Mengepang rambut merupakan cara untuk merapikan rambut si kecil dan juga sekaligus membuatnya jadi tambil lebih stylish lho. Untuk anak perempuan yang rambutnya panjang dan suka berantakan, kepang akan membantu membuat rambutnya tertata rapih sepanjang hari sehingga tidak mengganggu aktivitas dan mengganggu penglihatan. Nah, Bunda sudah mengetahui berbagai langkah dan tips cara mengepang rambut anak di rumah. Semoga bisa menginspirasi Bunda untuk berbagai gaya dan acara. Selamat mencoba!

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!