Tips Styling Rambut Bayi Dengan Hair Lotion Baby

Bosan dengan gaya rambut bayi yang itu-itu saja? Namun bunda seringkali khawatir apabila memakaikan berbagai macam produk pada rambut bayi yang masih halus dan rentan. Jangan khawatir, bunda tetap dapat bermain-main menata rambut si kecil hanya dengan menggunakan Hair Lotion Baby.

Hair lotion membantu rambut si kecil tetap rapi, menonjolkan texture rambut yang indah dan berkilau. Menggunakan Hair Lotion merupakan cara mudah untuk menata rambut  si kecil sementara tetap merawat dan memberikan nutrisi. Selain aman, tentunya rambut si kecil akan harum dan segar sepanjang hari.

 

Mengapa perlu memakai Hair Lotion Baby untuk merawat rambut bayi?

Agar Rambut bayi tumbuh lebat dan sehat, bunda perlu memberikan rangsangan nutrisi untuk pertumbuhan rambut, yaitu dengan rajin mengoleskan Hair lotion setiap habis keramas . Kulit kepala bayi yang kurang sehat dan kurang dirawat juga dapat mengakibatkan kerontokan. Oleskan Hair lotion  pada seluruh kulit kepala dan rambut.

Bunda juga dapat melakukan sambil melakukan pijatan ringan ketika mengoleskan Hair lotion pada kepala si kecil agar dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah. Penggunaan Hair lotion secara berkala akan membantu menutrisi, dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Jangan lupa untuk memilih produk yang kandungannnya aman dan sesuai untuk jenis kulit kepala si kecil. Kulit kepala bayi masih tipis dan jaringanya masih rentan sehingga kulitnya begitu sensitif, karena itu bunda harus jeli dan selektif memilih produk perawatan rambut untuk si kecil.

Sebaiknya hindari menggunakan produk penataan untuk orang dewasa ya Bunda, karena kandungan yang terlalu keras akan dapat merusak rambut si kecil yang masih sensitif. Pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk rambut bayi dan juga sekaligus menutrisinya.

 

Kandungan Bahan-Bahan Alami yang Bagus untuk Menutrisi Kulit Kepala dan Rambut Bayi

  • Minyak Kelapa / Coconut Oil
    Untuk menutrisi kulit kepala agar  lebih sehat dan merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan Vitamin E dan K yang kaya dalam minyak kepala akan merangsang akar rambut agar lebih kuat dan lebih cepat tumbuh. Minyak Kelapa juga membantu mengurangi pengelupasan kulit kepala bayi tanpa menyebabkan iritasi.

    minyak kelapa
    Kandungan Minyak Kelapa dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut
  • Lidah Buaya /Aloe Vera
    Berfungsi untuk mencegah rontok dan melembutkan rambut yang sudah tumbuh. Kandungan zinc, zat besi, dan kalsium dapat menunjang pertumbuhan lebih cepat dan kuat dan mencegah kerontokan. Befungsi juga untuk menjaga keseimbangan PH kulit kepala sehingga akar rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

    hair lotion baby aloe vera
    Lidah Buaya atau Aloe Vera Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Rambut
  • Minyak Almond / Almond Oil
    Memiliki manfaat anti kusut dan sebagai kondisioner alami. Rajin memijat kepala bayi dengan minyak almond dapat meningkatkan kesehatan rambut, memberikan kelembutan ekstra dan merangsang pertumbuhan batang rambut menjadi lebih kuat.

    minyak almond
    Manfaat minyak almond pada Hair lotion untuk meningkatkan kesehatan rambut si Kecil
  • Madu
    Kandungannya membuat helai rambut lebih halus, mudah diatur, dan berkilau. Madu dapat merangsang pertumbuhan sel-sel rambut baru sehingga sangat ampuh untuk mengatasi masalah rambut rapuh , gampang patah dan mudah rontok. Sifat emolien madu membantu melembutkan folikel rambut sehingga terlihat lebih berkilau terhindar dari kering dan kusam.

    hair lotion baby madu
    Madu Bermanfaat untuk membuat rambut lebih halus dan mudah diatur
  • Kemiri / Candle Nut
    Mengandung asam lenoleat berfungsi untuk menutrisi rambut agar rambut menjadi tebal, hitam,dan sehat bercahaya. Kandungan protein asam amino didalamnya juga mampu menjaga kelembapan kulit kepala agar terlindungi dan terhindar dari kekeringan.

    hair lotion baby kemiri
    Kemiri bermanfaat untuk menebalkan, menghitamkan, dan membuat rambut sehat
  • Seledri
    Memiliki kandungan protein, kalsium yang dipercaya merangsang pertumbuhan rambut dan menebalkan rambut si kecil. Sangat baik untuk menutrisi kulit kepala dan meningkatkan kesuburan pertumbuhan rambut.

    hair lotion seledri
    Seledri Sangat baik untuk menutrisi dan meningkatkan pertumbuhan rambut

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Bayi

Tips Menata Rambut Dengan Hair Lotion Baby untuk Bayi Perempuan

  1. Sleek Baby Girl Style

Gaya rambut ini sangat cocok untuk bayi berusia di bawah 6 bulan ketika rambut si kecil masih halus dan belum terlalu banyak. Penggunaan Hair Lotion Baby akan sangat membantu bunda dalam menata dan menyisir rambut si kecil menjadi lebih rapi, terbebas dari anak-anak rambut yang membandel. Bunda bisa mencoba gaya sleek yang tersisir rapih dengan belahan ke arah samping.

gaya sleek
Model rambut styling dengan hair lotion: Sleek Baby Girl

Jangan lupa menambahkan jepit  atau bando yang lucu-lucu sebagai pemanis. Si kecil akan terlihat rapih dan classy namun tetap menggemaskan saat menghadiri pesta dan acara-acara spesial. Pilihlah Hair Lotion yang mengandung coconut oil dan Aloe Vera untuk merangsang pertumbuhan rambut si kecil agar lebih lebat dan kuat.

  1. Ponytail

Rambut si kecil yang masih halus atau yang ikal seringkali mempersulit bunda untuk membuat ponytail yang rapih. Bunda bisa mengakalinya dengan penggunaan Hair Lotion sebelum menyisir dan mengikatnya agar kunciran si kecil lebih tertata rapih sepanjang hari. Selain itu, kondisi rambut yang tertata rapih akan juga  mempermudah bunda dalam bereksperimen dengan berbagai model kunciran yang bervariasi dan lucu-lucu.

rambut ponytail
Model rambut styling dengan hair lotion: Sleek multi Ponytail
  1. Braid Style

Kepang merupakan salah satu gaya favorit para bunda. Selain membuat si kecil tampak stylish, kepang juga membuat si kecil lebih bebas beraktivitas tanpa terganggu rambut yang menutupi pandangan mereka.

Namun, bunda tentunya sering terkendala dalam membuat jalinan kepang yang rapih tertutama saat rambut si kecil belum tumbuh cukup panjang dan masih banyak anak-anak rambut.

braid style
Model rambut styling dengan hair lotion: Braids

Untuk itu, agar mempermudah saat mengepang, bunda dapat membasahkan sedikit rambut si kecil kemudian mengoleskan hair lotion sebelum memulai menyisir dan mengepang, agar menjadi lebih mudah dan rapih terbebas dari anak-anak rambut yang suka membandel. Bunda akan dapat menciptakan kepangan yang lucu dan rapih bagaikan seorang profesional hairstylist!

  1. Cute Curly Style

Memiliki putri berambut keriting merupakan suatu keberuntungan bagi para bunda ketika bunda tau cara menatanya, si kecil akan terlihat sangat menggemaskan seperti malaikat kecil.  Namun, apabila bunda tidak tahu cara menatanya, seringkali rambut keriting si kecil menjadi sulit diatur dan terlihat berantakan. Kendala utama untuk rambut keriting adalah tektsturnya yang mudah kering dan  frizzi.

anak rambut keriting
Model rambut styling dengan hair lotion: Cute Curly

Tips terpenting dalam menjaga rambut keriting si kecil agar tetap indah adalah dengan senantiasa menjaga kelembapannya sepanjang hari,  yaitu dengan menggunakan Hair Lotion secara rutin setiap sehabis keramas.

Pilihlah Hair Lotion yang kaya akan kandungan pelembab alami seperti Almond Oil. Dengan mengoleskan hair lotion secara rutin , maka rambut keriting akan terlihat sangat indah, berkilau dan terbebas dari kusut. Bunda juga sebaiknya menyisir mengggunakan sisir bergigi lebar agar tidak merusak bentuk indah keritingnya. Jangan lupa untuk menambahkan aksesoris yang lucu-lucu untuk melengkapi penampilan si kecil ya bunda.

 

Tips Menata Rambut Dengan Hair Lotion untuk Bayi Laki-Laki

  1. Sleek Style

Gaya Sleek sangat cocok untuk bayi laki-laki usia 0-6 bulan dimana pertumbuhan rambut belum terlalu tebal. Bunda hanya tinggal memberikan hair lotion lalu menyisirnya dengan belahan ke arah samping. Si kecil akan terlihat rapih dan segar sepanjang hari. Bunda bisa memakai Hair Lotion dengan kandungan Coconut Oil dan Aloe Vera agar merangsang pertumbuhan rambut yang lebih lebat dan kuat.

model sleek bayi laki laki
Model rambut styling dengan hair lotion: Sleek Baby Boy
  1. Curly Style

Menata rambut keriting bagi putra bunda seringkali menjadi tantangan. Memiliki bayi berambut keriting, ikal, mungkin akan membutuhkan belajar extra dari bunda, tidak bisa dipastikan keritingnya akan terlihat sama setiap hari. Tapi semakin kita mencintai tekstur alaminya, begitu juga mereka akan belajar mencintainya sejak kecil.

anak laki keriting
Model rambut styling dengan hair lotion: Curly Baby Boy

Yang terpenting adalah terus menjaga kelembapan rambut si kecil dengan pemakaian Hair Lotion Baby secara rutin agar rambut keriting si kecil tampak teratur, lembut, dan berkilau. Gunakan jari jemari bunda untuk menyisir rambut si kecil agar keriting naturalnya tetap indah. Pilihlah jenis hair lotion yang banyak mengandung pelembab alami seperti almond oil dan madu agar kelembapannya selalu terjaga.

  1. Spike

Model ini cocok untuk si kecil yang berambut lurus dan agak kaku. Seringkali rambut lurusnya berdiri tidak teratur. Dengan mengoleskan Hair Lotion, bunda bisa lebih mudah mengatur rambutnya agar terlihat lebih rapih dam trendy. Bunda bisa bereksperimen dengan gaya spike acak ataupn spike mohawk .

rambut spike
Model rambut styling dengan hair lotion: Spike
  1. Naturally Polished

Gaya ini cocok untuk rambut si kecil yang sudah cukup banyak pertumbuhannya. Hanya dengan memberikan Hair Lotion dan membiarkan jatuh alami akan membuat tekstur rambut si kecil yang indah semakin terlihat. Putra bunda akan terlihat segar sepanjang hari. Apabila ingin rambut si kecil tampak lebih lebat, hitam, dan berkilau, bunda bisa memilih hair lotion dengan kandungan kemiri.

 

 

Nah,  Setelah mengetahui manfaat Hair Lotion Baby dan fungsinya dalam menata rambut si kecil, bunda sekarang dapat dengan tenang bermain dengan berbagai gaya rambut si kecil tanpa khawatir merusak rambutnya yang masih halus dan rentan . Selain membantu membantu bunda dalam menata rambut si kecil dengan berbagai macam gaya, Hair Lotion Baby sekaligus menutrisi rambut bayi, jadi sangat aman . Agar hasil penataan rambut si kecil lebih maximal, jangan lupa juga menyertakan rangkaian pemakaian shampoo yang khusus dan sesuai kondisi rambut si kecil ya bunda.

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

 

Related Artikels