Cara Mengatasi Rambut Kusut Pada Anak

Bunda seringkali mengalami kendala dalam mengatasi rambut kusut pada anak Memasuki usia  3 tahun ke atas, si Kecil pastinya sudah mulai aktif bermain dan beraktivitas, karena itu kondisi rambutnya jangan sampai lupa diperhatikan ya bunda. Terutama untuk anak perempuan yang biasanya senang memiliki rambut panjang.

Ketika beraktivitas berlari-larian, rambut panjangnya seringkali mudah berantakan dan menjadi kusut. Apalagi bila rambut si kecil ikal dan lebat, rambutnya yang lucu dan menggemaskan itu bisa menjadi masalah apabila kusut. Bunda tak perlu khawatir, tak perlu langsung memangkasnya, asal bunda tahu cara mengatasinya.

Berikut tips-tips mudah yang bunda bisa lakukan untuk mengatasi rambut kusut si Kecil.

 

Mengatasi Rambut Kusut Pada Anak

Sering Menyisir

Agar rambut si Kecil tidak mudah berantakan, bunda sebaiknya menyisir rambut si kecil secara rutin. Tidak hanya setelah habis mandi saja, namun boleh beberapa kali sehari. Sering menyisir akan membantu mengatasi rambut kusut pada anak. Si kecil terlihat rapih dan menawan sepanjang hari.

Namun perlu diperhatikan pemilihan sisirnya ya bunda. Pakailah sisir yang tepat agar mempermudah saat menyisir rambut, tidak menyakiti si kecil, dan tidak membuat rambutnya rontok. Gunakan sisir yang giginya tidak tajam dan bergigi jarang agar tidak mudah tersangkut di rambut anak.

Bunda juga bisa menggunakan “detangling brush” yaitu sisir yang bentuknya seperti sikat dengan bulu-bulu kawat yang lembut, yang khusus didesain untuk dapat melepaskan bagian-bagian yang kusut dengan mudah. Untuk si kecil yang berusia dibawah 1 tahun yang rambutnya masih sedikit dan sangat halus,gunakanlah sisir sikat dengan bulu-bulu halus agar tidak melukai kulit kepala si kecil yang masih rentan.

Apabila menemukan rambut si kecil sangat kusut, hindari menyisir dari bagian rambut paling atas, karena akan membuat rambut semakin kusut dan menyakiti si kecil, melainkan sisirlah perlahan-lahan mulai dari bagian ujung rambut dahulu. Lepaskan terlebih dahulu gumpalan-gumpalan kusut dengan jari bunda  lalu baru disisir sedikit demi sedikit. Jangan dibasahakan saat rambutnya kusut ya, karena akan membuat semakin kusut.

Pilih Model Potongan Layer

Seringkali si kecil menolak dipotong pendek dan ingin memiliki rambut panjang terurai seperti tokoh princess cantik yang dikaguminya. Namun rambut  si kecil yang panjang tebal seringkali mudah kusut ketika si kecil beraktivitas dan berlari-larian. Apabila bunda ingin membiarkan rambut si kecil tetap panjang, bunda dapat memilih model guntingan Layer.

Baca Juga: Model Rambut Bayi Perempuan yang Menggemaskan dan Mudah Dibuatnya

Potongan Layer akan membantu mengatasi rambut kusut pada anak. Dengan model guntingan ini, bunda tetap dapat mempertahankan rambut panjang indahnya namun tidak mudah kusut. Si kecil tetap dapat tampil cantik dan rapih dengan rambut terurai.

Gunakan Shampo Anak Yang Mengandung Pelembab Alami

Pastikan si kecil keramas menggunakan shampo khusus anak yang mengandung bahan-bahan alami yang aman untuk rambut si kecil . Karena rambut si kecil tidak sama dengan rambut orang dewasa. Teksturnya masih sangat halus dan rentan. Hindari yang mengandung terlalu banyak bahan kimia buatan karena bisa membuat rambut kering dan semakin kusut.

Gunakan shampo khusus anak yang mengandung bahan pelembab alami, seperti almond oil dan coconut oil agar rambut si kecil lebih lembut dan mudah disisir. Shampo khusus anak yang berkualitas akan menghilangkan minyak dan kotoran tanpa banyak menguras kelembapan alaminya.  Jangan gunakan shampo dan kondisioner untuk orang dewasa ya bunda, karena kandunganya keras sehingga bisa membuat rambut si kecil kering dan semakin kusut.

Hindari Keramas Terlalu Sering dan Jangan Jarang Keramas

keramas membuat rambut kusut
Salah satu cara supaya rambut si Kecil tidak kusut ialah tidak keramas setiap hari

Terlalu sering keramas dapat menyebabkan masalah rambut kusut pada anak., karena keramas terlalu sering akan membuat rambut si kecil menjadi kering dan kehilangan kelembapannya sehingga menjadi mudah kusut.

Baca Juga: Perlukah Bayi Keramas Setiap Hari?

Jangan mencuci rambut setiap hari, karena  akan membuat rambutnya terlihat kusam, kering, dan mudah kusut. Bunda bisa mencucinya setiap 2 hari sekali. Sebaliknya, terlalu jarang keramas apalagi saat kotoran menumpuk pada rambut si kecil juga membuat rambutnya mudah kusut

Cara terbaik saat mencuci rambut si kecil adalah fokuskan shampoo pada akar-akarnya jangan terlalu banyak menariknya ke ujung rambut. Terlalu banyak menyampo pada ujung rambut akan membuat rambut kehilangan kelembapan, kering, dan semakin kusut.  Hindari menggosoknya terlalu kencang, karena akan membuat kulit kepala si kecil iritasi dan rambut mudah kusut.

Kuncir Saat Bermain Agar Terhindar Dari Rambut Kusut Pada Anak

supaya rambut tidak kusut
Saat si Kecil sedang beraktivitas, usahakan selalu mengkuncir rambutnya

Agar si Kecil terbebas dari rambut kusut, usahakan menguncir rambut saat bermain terutama saat berakvitas di luar yang banyak angin dan debu. Rambut si kecil yang terurai akan semakin mudah kotor dan kusut.

Selain menguncir, bunda bisa juga mengepang rambut si kecil ketika bermain di luar. Jangan lupa untuk melepaskan ikatan atau kepangnya sebelum mereka mandi ya bunda, supaya tidak membuat rambutnya semakin kusut ketika terkena air. Dan juga, jangan lupa untuk melepaskan ikatan saat si kecil mau tidur,  agar saraf dia kepala lebih rileks

rambut anak kusut
Selagi mengajak si Kecil bermain, jangan lupa Untuk menyisir rambut si Kecil ya Bun

Bagaimana apabila si kecil menolak dikuncir? Ajak mereka bermain dengan berbagai macam kunciran dan kepang yang lucu-lucu dengan ikatan warna-warni agar si kecil senang dan semangat mengenaknnya. Bunda bisa memberikan variasi mulai dari kuncir kuda, kuncir dua, kepang, cepol, dll

Jaga Kelembapan Rambutnya

Rambut kusut disebabkan oleh rambut yang kering. Rambut yang kering lebih mudah menyerap kelembapan udara sehingga menjadi mudah kusut. Karena itu salah satu cara terpenting untuk mencegah masalah rambut kusut adalah dengan menjaga kelembapannya sepanjang hari.

Bunda bisa meggunakan Hair Lotion untuk membantu agar rambut si kecil mudah diatur dan tidak mudah kusut. Pilihlah yang banyak mengandung pelembab alami seperti almond oil dan coconut oil. Setelah mengoleskan hair lotion, sisir rambut si kecil dari akar ke ujung rambut untuk melepaskan bagian yang kusut.  Menggunakan hair lotion juga membantu memperhalus helai rambut dan membuatnya lebih mudah diatur.

Namun hati-hati ya bunda saat menggunakan hair lotion. Untuk si kecil yang berambut ikal dan tebal bunda bisa mengoleskannya dekat pangkal rambutnya. Sedangkan untuk rambut tipis, bunda cukup mengoleskannya pada bagian ujung rambut yang kusut. Karena penggunaan terlalu banyak akan membuat rambut si kecil menjadi lepek dan  berminyak.

Gunting Rambut Secara Rutin

gunting rambut
Memotong Rambut Anak secara Rutin Bisa Membantu Untuk Terhindar dari Rambut Kusut

Semakin panjang dan tebal rambut si kecil, semakin mudah kusut. Apalagi ketika si kecil tidak mau dikuncir atau dijepit. Oleh karena itu bunda sebaiknya rajin menggunting atau melakukan trimming (menggunting ujung-ujungnya) untuk membuang bagian yang kering yang seringkali membuatnya kusut. Melakukan trimming secara rutin akan membantu mengatasi rambut kusut pada anak.

Baca Juga: Cara Memotong Rambut Bayi Yang Benar

Ajari si kecil untuk rajin menyisir dan merawat rambutnya

merawat rambut
Ajarkan si Kecil Merawat rambutnya sejak dini supaya terhindar dari rambut kusut

Tanamkan kepada si kecil sejak dini bahwa rambut panjang itu memerlukan tanggung jawab, salah satunya yaitu dengan rajin menyisir. Bunda dapat memberikan contoh dan mengajak si kecil saling menyisir bersama.

Agar aktivitas menyisir lebih menyenangkan Bunda juga dapat bermain salon-salonan dengan si kecil.  Bunda bisa membelikannya sisir kecil yang bentuknya lucu dan berwarna cerah, agar si kecil tertarik dan lebih bersemangat untuk menyisir dan merawat rambutnya.

Jadi, bunda tak perlu khawatir lagi untuk mengatasi rambut kusut pada anak. Bunda juga tak perlu langsung memotong habis rambut si kecil, bunda hanya tinggal menjaga kelembapann dan kesehatan rambutnya, maka si kecil akan terbebas dari rambut kusut sepanjang hari.

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Temukan Kami:

Related Artikels