Model Rambut Bayi Perempuan yang Menggemaskan dan Mudah Dibuatnya

Model rambut bayi perempuan sangat beraneka ragam dan menggemaskan. Salah satu hal yang menyenangkan ketika memiliki anak perempuan adalah keceriaan dan kesenangan saat mendadani si kecil.

Sebagai orang tua, bunda tentu ingin si kecil terlihat cantik di setiap penampilannya terutama saat membawanya keluar jalan-jalan. Selain senang mendandani si kecil dengan pakaian yang lucu-lucu, jangan lupa menata rambut si kecil untuk melengkapi penampilannya agar ia terlihat mempesona layaknya seorang putri. Menambah gaya rambut baru juga akan  memberikan suasana baru yang menggembirakan buat si kecil.

Berikut beberapa inspirasi model rambut bayi perempuan yang sangat lucu dan menggemaskan untuk bunda coba di rumah. Cara membuatnya mudah, cepat, dan tentunya nyaman untuk si kecil beraktivitas sepanjang hari. Ketika ada acara kusus bunda tidak perlu ke salon, bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk ikuti panduan berikut dan selamat mencoba!

 

Alat-alat yang Perlu Disiapkan

Sebelum menatanya, pastikan bunda sudah siapkan alat-alat berikut ya:

  • Sisir anti Kusut (Detangling Brush), rambut si kecil yang masih halus terkadang suka kusut, bunda perlu sisir khusus ini agar tidak sakit dan rambut tidak rontok
  • Sisir gigi rapat, untuk menyisir dan merapihkan serat rambut agar lebih halus
  • Karet jepang warni warni, karet khusus yang lembut agar tidak sakit dan tidak merusak rambut si kecil
  • Semprotan air , rambut dibasahkan agar tidak licin, lebih mudah menyisir dan menatanya
  • Hair Lotion , untuk merapihkan tekstur rambut yang terbang-terbang
  • Jepit Bobby Pin, pilih yang ujungnya tumpul/pentul agar tidak melukai kulit kepala si kecil
  • Aktivitas berupa video, buku, atau mainan favoritnya; agar si kecil bisa duduk diam saat ditata rambutnya

 

Model  Rambut Bayi Perempuan yang Cantik dan Menggemaskan

Gaya Rambut Bayi Perempuan dengan HeadBand/ Bandana Style

model rambut bayi perempuan
Model Rambut Bayi Perempuan: Menggunakan Bandana/Bando

Style ini cocok untuk bayi di bawah umur 1 tahun. Styling ini sangat simpel, klasik, dan sangat pas untuk bayi yang masih kecil. Walau si kecil belum memiliki rambut yang lebat dan panjang, bukan berarti bunda tidak bisa berkreasi dan bermain dengan rambutnya. Bunda hanya tinggal menyisirnya rapih, lalu menambahkan dengan headband dan pita yang lucu-lucu.  Pilihlah bahan yang lembut dan anti alergi agar si kecil nyaman memakainya sepanjang hari.

Double Pig Tails

Model rambut bayi perempuan ini sangat cocok saat bunda ingin membawa si kecil bermain keluar di taman. Bunda pastinya sering terkendala ketika membuat kuncir dua, dimana banyak rambut-rambut kecil yang  berantakan terlepas hanya dalam kurang dari satu jam. Dengan style ini, maka rambut si kecil  akan tetap rapih walau si kecil banyak berlari dan bergerak.

gaya rambut double buns
Gaya Rambut Bayi Perempuan: Model Kepang dua

Caranya sangat mudah, bunda hanya tinggal membagi rambutnya jadi empat bagian. Lalu mulai menguncir pada bagian depan sisi kanan- kiri secara sejajar, kemudian bagi rambut di belakangnya lalu ambil kunciran dan gabungkan dengan kunciran berikutnya. Jangan lupa untuk menambahkan pita warna-warni. Tak usah khawatir apabila si kecil belum punya rambut yang panjang, style ini juga cocok untuk segala kepanjangan rambut dari panjang hingga bob.

Multi Ponytail

Ingin membuat tampilan yang imut dan menggemaskan namun dengan model yang simpel dan mudah? Bunda juga bisa berkreasi dengan rambut tipis. Bunda hanya tinggal menguncir dari bagian depan, bagi rambut di belakangnya ambil kunciran tersebut dan gabungkan dengan kunciran berikutnya, begitu seterusnya. Bunda bisa bebas berkreasi dengan jumlah kunciran sesuai dengan ketebalan rambut si kecil, lalu jangan lupa ikat kunciran dengan karet warna warni. Dengan gaya ini si kecil akan sangat bebas beraktivitas tanpa khawatir rambutnya berantakan.

Ponytail Veil

Rambut panjang si kecil yang dibiarkan terurai saat si kecil beraktivitas tentunya mengganggu.  Gaya rambut ini  sangat unik dan seru. Bunda bisa berlatih kreativitas dengan style ini dari peletakan, ukuran dan jumlah kunciran. Bunda hanya tinggal mengikat rambutnya beberapa bagian saling menyambung. Caranya, mulai dengan menguncir kecil. membagi  dua lalu menggabungkannya dengan kunciran yang lain, begitu seterusnya sampai membentuk sebuah pola seperti tirai .

Fringe Twist

model rambut fringe twist
Model Rambut Bayi: Fringe Twist

Mungkin tiba saatnya bunda ingin memanjangkan poni si kecil. Ketika poni sudah mulai tumbuh panjang dan menutupi muka , bunda harus mencari cara agar poninya tidak menutupi mata sehingga tidak mengganggu penglihatannya.  Bunda bisa membuat  style Twist/Pelintir pada bagian poni kearah samping lalu kencangkan ujungnya dengan karet atau jepit. si kecil akan tampil cantik dan sekaligus membuatnya bebas bergerak tanpa terganggu poni yang sudah panjang

Braids

Model rambut bayi perempuan yang paling favorit melihat si kecil tampak stylish namun tetap menggemaskan di segala kesempatan . Bisa divariasikan sesuai dengan keinginan, bisa kepang satu, kepang dua , dan sebagainya.Tidak seperti ponytail yang ketika si kecil berlari-lari terkadang akan teplepas,  kepang akan membuat rambut si kecil rapih bertahan sepanjang hari. Sangat cocok juga untuk berenang,  karena akan membuat rambut si kecil terlindung dari chlorine

Bagi balita yang masih berumur dibawah 2 tahun tentunya agak sulit untuk mengepangnya, karena rambutnya masih halus dan tipis. Namun jangan khawatir, bunda masih bisa mengepangnya, yaitu kepangnya sampai setengahnya, bisa dilakukan pada puncak kepala, lalu amankan dengan karet.angan lupa unntuk menutup karet dengan pita lucu, atau jepit.

model rambut bayi perempuan
Model Braids untuk Rambut bayi Perempuan

MilkMaid Braids

Si kecil adalah puteri kecil bunda. Yuk dandani si kecil dengan sebuah mahota kepang ini. Caranya sangat mudah,  rambut dikepang pada bagian kanan dan kiri, sehingga tercipta dua untaian kepang kanan dan kiri . Lalu silangkan kedua kepang tersebut ke arah atas melingkari kepala menyerupai bando sampai melewati puncak kepala lalu jepit supaya kencang. Style rambut bayi perempuan ini cocok untuk acara spesial atau pesta, si kecil akan menjadi pusat perhatian dan semua orang pasti akan mengaguminya.

Baca Juga: Model Rambut Bayi Laki – Laki Sesuai Jenis Rambut

Double Buns

Style ini akan membuat rambut anak lebih ringkas tanpa harus memotongnya. Cocok untuk si kecil yang aktif bergerak sehingga tidak usah terus menerus merapihkan rambutnya.

rambut perempuan double buns
Rambut Bayi Perempuan Model Double Buns

Gaya cepol ini bisa  dipadukan dengan gaya pakaian kasual maupun gaun pesta yang lucu, Rambut hanya dikuncir 2 kanan kiri, lalu dililitkan dibuat bulat, dan dijepit dengan bobby pin. Jangan lupa tambahkan pita atau aksesoris bunga yang lucu. Apabila rambut si kecil masih tipis, bunda juga bisa  membuat cepol dengan cara menguncirnya, lalu pada saat ikatan kedua, jangan mengeluarkan ujung rambutnya , melainkan hanya sampai setengahnya saja agar membentuk sebuah cepol.

Balerina Bun

Model rambut bayi perempuan ini bisa jadi pilihan agar si kecil terlihat anggun, terutama saat membawanya ke acara spesial. Bunda juga bisa memadukannya dengan dress ala princess yang banyak digemari si kecil.

rambut model balerina
Model Rambut Anak Perempuan Gaya Balerina

Caranya, sisir rambut si kecil semuanya ke belakang, lalu kuncir menyerupai ekor kuda di puncak kepala, kemudian  pelintir dan putar rambut si kecil mengelillingi pangkal kunciran. Kaitkan ujungnya dengan jepit bobby pin. Model ini sangat lucu bila dipadukan dengan poni, pita , bunga, atau aksesoris lainnya.

 

Rambut adalah mahkota para wanita, termasuk juga mahkota bagi si kecil. Rambut adalah hal utama yang akan menarik perhatian, jadi memiliki rambut yang indah dengan penataan yang lucu akan membuat putri bunda menjadi pusat perhatian. Tapi ingat ya bunda , si kecil tentunya tidak betah duduk berlama-lama.  Yang terpenting adalah penataan yang simpel, mudah, dan cepat untuk dilakukan dan tentunya nyaman bagi si kecil untuk beraktivitas sepanjang hari.

Selain itu, jangan menarik, menyisir, atau mengikatnya terlalu kencang, karena akan mengakibatkan ketidaknyamanan bagi si kecil dan mengganggu pertumbuhannya . Tatalah rambut si kecil dengan lembut. Karena si kecil tentunya akan meniru dan belajar memperlakukan rambutnya seperti bunda memberi contoh.  Jangan mengikatnya terlalu sering, rambut harus juga diistirahatkan dibiarkan bebas terurai agar dapat bertumbuh dengan sehat.

Selain menatanya jangan lupa untuk merawatnya ya. Tunjukan dan ajarkan si kecil untuk selalu menjaga agar rambutnya tetap sehat dan buatlah style yang mudah hingga suatu hari si kecil bisa dengan mudah menatanya sendiri. Pakailah shampo,Hair lotion, dan perawatan yang sesuai untuk usia dan kondisi rambut si kecil. Dengan perawatan yang tepat, rambut si kecil akan tumbuh sehat, kuat, dan berkilau.

Tentunya bunda dan si kecil akan semakin senang menghabiskan waktu bersama berdandan dan berkreasi berbagai model rambut bayi perempuan yang cantik dan menggemaskan. Si kecil pasti tak berhenti tersenyum cantik dan bergaya di depan cermin sepanjang hari.

 

ditulis oleh: Diana Hadisuwarno, Professional Hairstylist and Art Director of Hairbeat Beauty Lounge

 

 

 

Related Artikels