Benarkah Parfum Bayi Bisa Mendukung Eksplorasi Si Kecil? Ungkap Faktanya! - Cussons Baby Indonesia

Benarkah Parfum Bayi Bisa Mendukung Eksplorasi Si Kecil? Ungkap Faktanya!

Hidung adalah salah satu organ tubuh yang paling powerful saat bayi baru lahir. Mereka bilang, hidung menjadi yang pertama tahu saat si Kecil mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Stimulasi hidung penting untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

Untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal, bayi memerlukan stimulasi pada inderanya, salah satunya hidung. Sebuah literatur mengatakan, “hidung mengetahui.” melalui hidung, bayi mengenali orang tua dan lingkungan sekitarnya. Hidung juga ‘memimpin’ perkembangan indera lainnya yang ada pada tubuh.

Bayi lahir dengan indera penciuman yang kuat. Indera penciuman bayi akan terus tumbuh kuat hingga delapan tahun pertama kehidupan anak. Saat baru lahir, kemampuan penciuman bayi sudah setara dengan orang dewasa. Seiring dengan perkembangannya, hidung bayi akan lebih banyak mempelajari dan mengenali beragam wangi yang ditemukan. Dari penciuman itu juga otak bayi memproses memori yang terasosiasi dengan wangi, mengenali orang sekitarnya, dan mempengaruhi emosinya.

Manfaat wangi untuk perkembangan otak bayi

Menstimulasi indera penciuman bayi begitu baik untuk perkembangan otaknya. Para ahli mengatakan bahwa dengan menstimulasi hidung bayi, Bunda bisa melatih tiga aspek kecerdasan. Di antaranya kecerdasan kognitif, kemampuan bahasa, dan kreativitas. Disamping itu, menstimulasi hidung bayi juga bisa melatih perkembangan emosionalnya.

Saat mencium sebuah wangi, hidung akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memproses wangi tersebut. Wangi yang masuk dari hidung akan mestimulasi syaraf hidung, kemudian di-translate di area ingatan otak. Inilah mengapa wangi bisa menstimulasi kecerdasan otak bayi.

Selain itu, wangi juga akan dikirim ke area otak yang berhubungan dengan emosi. Ragam wangi tertentu bisa mempengaruhi mood bayi. Contohnya wangi yang menyengat akan membuat bayi merasa terganggu dan tidak nyaman. Wangi yang segar seperti bunga dan buah bisa membuat bayi merasa ceria. Sedangkan wangi lembut seperti vanilla bisa membuat bayi merasa tenang.

Pentingnya melatih indera penciuman bayi

Sekarang, sudah tahu kan bahwa melatih indera penciuman bayi sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya. Dengan melatih dan menstimulasi hidungnya, Bunda mendorong tumbuh kembang kecerdasan yang optimal.

Nah, bagaimana, sih cara menstimulasi hidung yang lebih optimal untuk si Kecil?

Menstimulasi hidung bayi bisa dilakukan dengan beberapa kegiatan smell sensory. Sebuah metode sederhana untuk melatih hidung bayi dengan memberikan wangi dan aroma dari benda sekitar.

1. Wangi buah

Bunda bisa menstimulasi hidung bayi dengan aroma segar buah-buahan. Berikan pilihan buah yang mudah digenggam dan memiliki aroma khas, seperti melon, jeruk, semangka.

2. Wangi bunga

Kegiatan seperti mencium wangi bunga juga bisa menjadi salah satu smell sensory yang efektif untuk menstimulasi indera penciuman bayi. Wangi bunga yang manis dan lembut juga bisa membuat mood si Kecil bahagia. Izinkan Ia memegang bunga dan menghirupnya untuk mengetahui wangi bunga. Lakukan beberapa kali pada bunga yang berbeda akan mendorong si Kecil memahami jenis-jenis bunga dan ragam wanginya.

3. Wangi tubuh

Wangi tubuh juga bisa menjadi cara untuk menstimulasi indera penciuman, lho! Saat baru lahir, hidung bayi akan langsung bekerja untuk mengenali orang di sekitarnya. Salah satunya sang Bunda lewat wangi tubuhnya.

Begitu pun wangi tubuh bayi. Saat wangi tubuhnya segar setelah mandi, hidung bayi akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuhnya dalam kondisi yang baik, sehingga perasaan atau mood-nya akan baik juga.

Hal ini juga berlaku saat si Kecil diselimuti oleh wangi lembut sebelum tidur. Akan tumbuh perasaan nyaman dan aman karena hidung akan mengirimkan sinyal tersebut ke otak.

Nah, agar si Kecil senantiasa merasa bahagia, nyaman, dan ceria, gunakan Cussons Baby Cologne dengan teknologi Moodscent™ yang bisa meningkatkan mood atau perasaan bayi. Enam pilihan wanginya bisa memberikan perasaan positif yang mendukung eksplorasinya setiap hari. Rangkaian wangi bayi yang lembut dan bikin gemesh di antaranya Varian Cheerful Smile, Soft Touch, Sparkling Joy, Beautiful Sunshine, Lovely Kiss, dan Happy Fresh, bisa menjadi teman si Kecil memberikan wangi tubuh yang menstimulasi indera penciumannya. 

Jadi, makin paham kan kalau penting untuk membuat tubuh bayi senantiasa wangi? Tubuh bayi yang wangi tidak hanya membuat si Kecil nyaman, tapi juga bisa menjadi stimulasi indera penciumannya yang baik untuk perkembangan otak.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: