ruam

Cara Menghilangkan Gatal dan Ruam Merah Pada Bayi

Posted in 2-5 Bulan, Kulit Bayi

Ruam

Ruam Merah atau gatal pada si Kecil selalu muncul pada bayi baru lahir. Pada tahun pertama, kulit bayi akan sangat rentan terhadap gangguan-gangguan manapun, karena lapisan kulit pada bayi belum sempurna. Dibutuhkan beberapa waktu, kurang lebih selama setahun untuk kulit epidermisnya berkembang, dan juga berfungsi secara baik. Kulit bayi sangat tipis, ikatan antara sel-selnya sangat lemah dan juga lebih halus, mempunyai pigmen yang lebih sedikit, dan juga tidak bisa mengatur suhu temperature yang seperti layaknya orang dewasa.

ruam

cara menghilangkan gatal dan ruam merah pada bayi

Ruam Merah Pada Bayi dan Cara Menghilangkannya

Kemerahan pada bayi, biasanya merupakan salah satu gejala atau juga alergi pada tubuh bayi yang muncul. Berikut adalah beberapa jenis kulit yang dijumpai pada bayi dan cara menghilangkannya:

 

  1. Biang Keringat

Biang keringat ini biasanya terjadi pada bagian leher, wajah, punggung, dan juga bagian bokong pada bayi yang terkena popok. Terlihat adanya kulit yang kemerahan, gelembung-gelembung kecil, dan juga disertai dengan rasa yang gatal, ini akan membuat bayi merasa rewel. Penyebab biang keringat ini adalah udara yang panas, dan juga polah si bayi ketika beraktivitas. Cara menghilangkannya, gunakan pakaian yang longgar dan pastikan pakaian berbahan katun yang mudah sekali untuk penyerapan keringat si bayi. Selain itu, gunakan Diaper Rash Cream, untuk mencegah terjadinya biang keringat pada bayi yang biasanya terjadi di daerah bokong pada bayi. Diaper ini mengandung Zinc Oxide zat pelindung yang lembut, Allantoin yang melindungi kulit dan anti iritasi, Witch Hazel Extract untuk mengurangi gatal dan juga iritasi yang disebabkan oleh penggunaan popok.

 

  1. Intertrigo

Kemerahan yang terjadi pada lipatan tubuh bayi, biasanya terletak di bagian paha dalam, ketiak, dan bagian perut. Lipatan akan membuat kulit berwarna merah, dan juga gatal, dan rasa sakit akan muncul ketika terjadinya gesekan. Umumnya terjadi pada bayi yang gemuk. Penyebabnya karena kelebihan lipatan pada bayi, dan juga kurangnya udara yang masuk ke sela-sela tubuh bayi, sehingga terjadinya kelembabab. Cara menghilangkannya, cuci lipatan-lipatan pada bayi dengan air, dan angin-anginkan sebentar.

 

  1. Seborrhea

Peradangan kulit yang terjadi di bagian atas kulit yang biasanya akan menimbulkan kulit menjadi sisik terjadi pada bagian kulit kepala, wajah, belakang telinga, pipi, dan juga dada. Ini sering terjadi pada usia dibawah 6 bulan, yang tampak seperti ketombe, sisik kekuningan dan juga berkerak. Cara menghilangkannya untuk Bunda, lakukan pengobatan tradisional disertai dengan baby oil, dan juga minyak zaitun.

 

  1. Eksim

Eksim ini terjadi pada tubuh bayi mulai dari usia 3 sampai 4 bulan. Eskim ini sering disebut dengan eksema, atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan gelembung kecil (vesikel) pada kulit hingga pecah dan berisi air. Jika tidak ditangani secara cepat, akan menimbulkan nanah dan juga kerak pada kulit bayi. Penyebab ini biasanya riwayat alegi pada keluarga. Pada umumnya, setiap bayi mempunyai eksim yang berbeda-beda. Cara menghilangkannya, gunakan krim pelembab yang sangat dianjurkan, untuk menjaga suhu kulit agar tetap lembab dan tidak kering. Jika penyakit kulit ini berlangsung terus dan menjadi parah, segera hubungi dokter khusus kulit dan konsultasi secara bertahap.

 

  1. Dermatitis kontak

Iritasi kulit ini terjadi karena paparan oleh bahan-bahan yang menyebabkan reaksi alergi. Dermatitis kontak ini akan menyebabkan ruam besar, gatak, dan rasa terbakar. Penyebabnya, jika ini terjadi pada bayi Bunda, kemungkinan besar sabun atau detergen yang digunakanlah penyebabnya. Cara menghilangkannya, untuk iritasi ringan bisa menghindari bahan-bahan yang menyebabkan iritasi ringan, dan penggunaan krim yang mengandung bahan hidrokortison yang dapat membantu meredakan gatal, dan juga kemerahan. Jika ini semakin memburuk, segeralah hubungi dokter untuk konsultasi selanjutnya.

 

Inilah beberapa ruam dan juga penyebab-penyebab gatal dan alergi pada bayi. Bunda harus mengetahui dan juga mempelajari cara menghilangkannya, agar bayi bebas dari penyakit kulit lainnya, sehingga menganggu tumbuh kembang bayi.

Related Posts

Tags: , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Comments

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. Netri yunida says:

    Anak sy usianya 2 bln dr tanda2nya sepertinya mengalami yg nm nya seborrhea pakai baby oil bertambah memerah tolong bantu sy obat tradisional jenis apa saja?? Thanks

  2. mutiara says:

    cara menghilangkan bintik bintik pada wajah bayi 2 bulan

  3. Tiara says:

    Umur anak Saya 14 , Tiba2 kulitnya memerah seperti digigit semut, awalnya Saya Begitu, tp lama2 Merah dipaha Dan dipipi dikasih kaladin cair hilang tp gk lama timbul lagi

  4. richa kurniati says:

    Belakang kepala anak saya merah tetapi basah, kayak luka lecet gitu… Kenapa ya, minta solusinya donk usianyabaru 2bulan. Bahaya gak yaaa

  5. naim says:

    anak sedare sy omor 11 bln naik ruam mcm gambar kat atas

Top