Wewangian Ternyata Bisa Mendukung Tumbuh Kembang Bayi lho, Bun!

Hampir semua produk bayi dilengkapi dengan wewangian yang khas. Mulai dari minyak telon, sabun, hingga sampo. Namun, sebenarnya kehadiran wewangian ini tidak sekadar memberikan aroma harum saja lho, Bun, tapi juga memiliki sejumlah manfaat untuk tumbuh kembang Bayi.

Tidak sedikit orang tua beranggapan bahwa memberikan wewangian pada bayi, seperti parfum, cologne, atau losion, hanya untuk membuatnya wangi saja. Padahal, selain bisa membuat harum, pemberian wewangian pada tubuh bayi juga bisa membuatnya lebih tenang, bahkan menstimulasi fungsi otaknya, lho.

Baca Juga : Hebatnya Manfaat Canda dan Tawa terhadap Tumbuh Kembang Bayi secara Holistik

Fakta Wewangian untuk Tumbuh Kembang Bayi

Tahap Tumbuh Kembang Bayi

Si Kecil bisa mengenal aroma sejak baru dilahirkan. Aroma merupakan salah satu cara pertama si Kecil mengenali lingkungan sekitarnya dan belajar mengenali orang lain.

Sejak lahir, bayi sudah bisa mengenali berbagai aroma, seperti aroma tubuh Bunda dan aroma ASI. Inilah mengapa Si Kecil bisa merasa lebih nyaman ketika berada di pelukan atau gendongan Bunda dan bisa jadi rewel saat berada di lingkungan dengan wewangian yang tidak dikenalnya.

Kemampuan bayi dalam mencium bau atau wewangian ini membuat bayi mampu mengenali anggota keluarganya. Ini juga bisa meningkatkan ikatan atau bonding bayi dengan anggota keluarga.

Nah, karena bayi sudah mampu mengenali dan cukup sensitif terhadap wewangian yang ada di sekitarnya, Bunda dan anggota keluarga disarankan untuk menghindari penggunaan produk dengan bau yang terlalu menyengat, ya. Bau seperti itu dapat membuat Si Kecil tidak nyaman dan bahkan jadi lebih malas makan.

Waktu Terbaik Menggunakan Wewangian pada Bayi

Tidak ada waktu terbaik atau khusus untuk menggunakan wewangian pada bayi. Salah satu pilihan waktu penggunaan produk yang mengandung bau atau wewangian adalah setelah bayi mandi. Hal ini bisa menambah kesegaran untuk Si Kecil.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bayi cocok dengan produk yang mengandung bau atau wewangian. Jika setelah menggunakan produk wewangian muncul ruam, gatal, atau kulit Si Kecil menjadi kering, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut.

Baca Juga : Aroma yang Menenangkan Dapat Mendukung Tumbuh Kembang si Kecil

Manfaat Wewangian untuk Tumbuh Kembang Bayi

Seperti yang telah disebutkan di atas, wewangian tidak hanya membuat Si Kecil lebih harum, Bun, tapi juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatannya, seperti:

1. Memperbaiki suasana hati

Banyak hal yang bisa membuat Si Kecil menjadi rewel, seperti merasa haus atau lapar, mengantuk, atau merasa tidak nyaman. Nah, salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk memperbaiki suasana hati atau mood-nya adalah dengan memberikan wewangian, misalnya dengan mengoleskan cologne atau losion ke tubuhnya.

Bila ingin meningkatkan mood Si Kecil, Bunda bisa memberikan produk wewangian yang beraroma berries . Pasalnya, aroma ini diketahui bisa membuat suasana hati si Kecil bahagia, lho. Selain itu, produk dengan wangi vanilla dan sakura juga bisa jadi pilihan karena memberikan efek relaksasi untuk si Kecil agar suasana hatinya semakin baik.

2. Membuat bayi lebih tenang

Karena wewangian bisa meningkatkan suasana hati bayi, jangan heran bila setelah Bunda memakaikan Si Kecil wewangian, ia bisa menjadi lebih tenang dan menghentikan tantrumnya.

Namun, selain menggunakan wewangian, pastikan juga Si Kecil sudah mendapatkan ASI dan makanan yang cukup ya, Bun. Selain itu, pastikan pula pakaian yang ia gunakan nyaman dan popoknya kering. Ini karena hal-hal tersebut juga membantu bayi merasa tenang dan nyaman.

3. Membantu bayi tidur lelap

Tahap Tumbuh Kembang Bayi

Beberapa wewangian bisa membantu si Kecil tidur lebih lelap untuk mendukung tumbuh kembang otaknya yang optimal. Contohnya Lavender dan Chamomile.

Beberapa aroma wewangian, seperti chamomile dan lavender , dipercaya bisa membantu bayi tidur lebih lelap, lho. Selain itu, wangi vanilla juga bisa menjadi opsi untuk membuat si Kecil rileks. Sehingga, tidurnya nyaman dan lelap. Nah, mendapatkan tidur yang berkualitas dan cukup sangat penting untuk menunjang proses tumbuh kembang Bayi.

Kualitas dan kuantitas tidur yang kurang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan pada bayi, termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuh dan melambatnya perkembangan fungsi kognitif.

4. Menstimulasi fungsi otak

Wewangian juga memiliki peran dalam menstimulasi fungsi otak lho, Bun, Bahkan, salah satu penelitian menyebutkan bahwa wewangian dapat memengaruhi aktivitas otak dan fungsi kognitif, yang bisa terlihat dalam pemeriksaan EEG (elektroensefalogram).

Penelitian ini menyebutkan bahwa aktivitas indra penciuman berperan penting dalam perkembangan fungsi kognitif, mood, dan perilaku sosial.

Tips Aman Memilih Wewangian untuk Tumbuh Kembang Bayi

Kendati wewangian memiliki banyak manfaat, Bunda tidak boleh sembarangan memilih produk wewangian untuk Si Kecil, ya. Ini karena tetap ada risiko terjadinya iritasi atau alergi saat kulit Si Kecil terpapar produk wewangian yang tidak cocok atau yang terlalu keras.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Bunda lakukan dalam memilih produk wewangian untuk bayi:

● Pilihlah produk wewangian yang diformulasikan khusus untuk bayi. Hindari penggunaan produk wewangian yang ditujukan untuk orang dewasa.

● Pilihlah produk yang memiliki aroma tidak menyengat dan terbuat dari bahan alami.

● Hindari penggunaan produk wewangian yang mengandung alkohol, karena produk tersebut berisiko membuat kulit bayi kering atau iritasi.

● Pastikan untuk memilih produk wewangian yang sudah terdaftar BPOM. Jangan lupa, cek juga tanggal kadaluarsa produk.

Setelah mengetahui informasi di atas, Bunda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan wewangian pada Si Kecil, ya.

Namun, bila setelah pemakaian produk yang mengandung wewangian timbul gejala alergi pada Si Kecil, segera hentikan pemakaiannya dan periksakan Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:

Sowndhararajan, K., & Kim, S. (2016). Influence of Fragrances on Human Psychophysiological Activity: With Special Reference to Human Electroencephalographic Response. Scientia pharmaceutica, 84(4), pp. 724–751.

Raising Children Australia (2021). Suitable for 0-18 Years. Dry Skin.

Stanford Children’s Health. Lucile Children’s Hospital Stanford. Newborn Senses. Miller, S. Baby Center. Baby Sensory Development: Smell.

Harper, E. Healthline (2016). Safe Essential Oils for Babies and How to Use Them. Santos, A. Healthline (2019). How to Smell Good All Day.

Watson, K. Healthline (2019). How to Know If Your Perfume Is Poisoning You. WebMD (2021). Baby Skin Care: Tips for Your Newborn.

WebMD (2020). What Baby Skin Care Products Does tYour Newborn Need?

 

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!