Tips Pemberian Makanan Pendamping ASI

Si Kecil genap enam bulan hari ini. Wah, berarti sudah saatnya Ia mencicipi makanan lain selain ASI Bunda. Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan langkah lanjutan mereka tumbuh besar.

Memasuki usia enam bulan, pencernaan si Kecil sudah semakin kuat. Bunda sudah bisa memulai pelan-pelan melatih si Kecil untuk mengonsumsi nutrisi kompleks selain ASI. MPASI adalah jawaban tepat untuk melatih pencernaan si Kecil sekaligus memaksimalkan asupan nutrisinya untuk tumbuh besar. 

Baca Juga : Persiapan MPASI yang Baik untk si Kecil!

MPASI tidak boleh diberikan sembarangan, lho, Bunda. Setiap makanan yang Bunda berikan harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan si Kecil. Contohnya karbohidrat, protein, serta vitamin dan mineral yang seimbang.

Nah, agar tepat dalam memberikan MPASI untuk bayi, yuk, simak tips di bawah ini.

  1. Pencernaan bayi umur 6 bulan masih dalam masa transisi. Karena itu selalu perkenalkan bahan makanan satu per satu. Pemberian 2 jenis makanan sekaligus akan menyulitkan Bunda mengetahui mana bahan makanan yang menimbulkan alergi. Berikan makanan satu dengan yang lainnya dengan jarak waktu pemberian 3-4 hari. Hal ini untuk menjaga agar bahan makanan yang tidak dapat diterima oleh bayi dapat segera diidentifikasi.
  2. Berikan makanan bayi dengan beberapa tahapan tekstur dan konsistensi yang berbeda untuk merangsang kemampuannya mencerna dan bayi Bunda pun tidak merasa bosan.
  3. Berikan sendok makan saat memberinya makanan. Biarkan bila bayi Bunda mencoba ikut mengambil makanan dari piring. Selain, akan mempercepat proses makan, cara ini akan menambah rasa percaya dirinya.
  4. Biasakan memberikan makanan di meja makan yang akan mempermudah Bunda mengajarinya makan di meja makan.
  5. Bila makanan terbuat dari lebih dari 2 bahan makanan, letakkan makanan dalam tempat makan bayi yang memiliki sekat-sekat. Biarkan anak Bunda mengeksplorasi rasa ingin tahunya.
  6. Waspada bila anak Bunda tersedak makanan. Hindari makanan dengan permukaan yang licin dan bentuk utuh, seperti kacang, dan anggur.
  7. Pemberian makanan pendamping dimulai dengan makanan yang memiliki faktor pemicu alergi yang rendah (kadar protein rendah), yaitu kelompok serealia (beras merah atau putih, havermouth). Campur bahan makanan ini dengan air, ASI, air buah atau jus buah tanpa gula, seperti air jeruk peras, dan susu formula hingga menjadi sedikit cair. Jangan memulainya dengan kelompok buah karena buah memiliki rasa manis (bayi Bunda akan menolak makanan dari karbohidrat dan sayuran karena kedua bahan makanan ini tidak manis).
  8. Sebisa mungkin gunakan makanan pendamping dalam bentuk kemasan hanya saat dalam perjalanan. Buat makanan alami saat di rumah.

Baca Juga : Pro Kontra Anak Bermain dengan Makanan, Benarkah Bisa Bikin si Kecil Lebih Pintar?

Menyusun Menu Makanan Pendamping Asi

MPASI yang berhasil adalah MPASI yang disantap nikmat hingga habis oleh si Kecil. Jika makanannya habis, maka nutrisi akan maksimal masuk ke tubuhnya dan hal itu tentu berakibat baik.

Ketika memulai MPASI, kendala yang akan Bunda hadapi tidak jauh dari anak yang menolak makan atau Bunda bingung akan memasak apa untuk si Kecil. 

Saat si Kecil menolak makanan yang diberikan, ada beberapa faktor yang mungkin terjadi. Pertama, si Kecil tidak menyukai makanan; Kedua, ketika mencicipi mereka tidak menyukai rasanya; dan ketiga, si Kecil bosan dengan menu yang diberikan.

Jika sudah begini, Bunda berarti perlu menyusun menu MPASI. Penyusunan menu akan membantu si Kecil mengenal berbagai jenis makanan sekaligus mempermudah Bunda mengatur nutrisi anak setiap harinya.

Dalam menyusun menu MPASI, Cussons Baby memiliki sejumlah tips, di antaranya:

  1. Buatlah jadwal menu mingguan
  2. Identifikasi makanan kesukaan anak dari semua MPASI yang diberikan
  3. Susun tabel nutrisi untuk menyeimbangkan menu harian
  4. Kreatif mencari referensi menu MPASI melalui media sosial, buku, dan YouTube.

Bunda ada tips lain utk memberikan MPASI? Share dikolom komentar dibawah ini, yuk!

Sumber : Parents Indonesia

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!