Melihat Perkembangan Bayi Baru Lahir Usia 2 Bulan, Semakin Gemas! - Cussons Baby Indonesia

Melihat Perkembangan Bayi Baru Lahir Usia 2 Bulan, Semakin Gemas!

Tidak terasa Si Bayi sudah melewati bulan pertamanya. Di umurnya yang ke-31 hari, ternyata banyak perkembangan yang terjadi. Kira-kira apa saja yang sudah bisa dilakukan oleh bayi berumur dua bulan?

 

Perjalanan tumbuh kembang bayi berlangsung sangat cepat. Tidak terasa 31 hari lalu Bunda berjuang melahirkan bayi yang kini semakin sehat dan terlihat tumbuh kembangnya. Ini merupakan milestone untuk bayi dan Bunda.

 

Memasuki umur dua bulan, bayi masih terlihat terlihat seperti bayi baru lahir, namun lebih aktif. Tubuhnya kini bergerak lebih banyak dengan mata terbuka lebar, kaki yang terus bergerak menendang, tangan yang semakin aktif, juga wajah yang mulai menunjukkan ragam ekspresi.

 

Di usia barunya, bayi dua bulan mungkin masih memiliki kolik. Ia juga masih rewel saat tengah malam. Namun tubuhnya semakin kuat. Adaptasinya terhadap lingkungan sekitar juga semakin baik. Pertumbuhannya juga semakin terlihat dengan badan yang tumbuh cepat.

 

Melihat pertumbuhan bayi berusia dua bulan

 

Dilansir dari Cohen Children’s Medical Center, Amerika Serikat ada beberapa aspek tumbuh kembang yang bisa dilihat pada bayi usia dua bulan. Diantaranya pertumbuhan verbal, kognitif, tubuh, pola tidur dan makan, juga ekspresi wajah. 

Pertama, pertumbuhan verbal bayi dua bulan berlangsung cepat. Di usia ini, bayi semakin bawel menunjukkan kemampuan vokalnya. Mereka lebih komunikatif dan ingin terus mengeluarkan suara. Seperti ‘a’ dan ‘u’.  Tidak heran jika bayi suka menanggapi Ayah dan Bunda saat sedang berbicara. 

 

Hal ini didorong oleh kemampuan komunikasinya yang berkembang cepat. Selain itu, bayi juga berusaha lebih vokal lewat tangisan dan rewel. Ini cara mereka mengekspresikan ketidaknyamanan dan mencari perhatian. Di umur segini, Bunda mulai bisa banyak mengajak bayi berinteraksi untuk melatihnya berkomunikasi sekaligus mengajarkan kosakata untuk bayi.

 

Kedua, kemampuan kognitif bayi juga berkembang sangat cepat. Dari indera-indera yang terstimulasi, bayi pun mempelajari banyak hal. Bayi berumur dua bulan mulai bisa mengingat wajah orang-orang di sekitarnya. Ia juga belajar mengingat bentuk dan suasana yang familiar untuknya sehari-hari. Membentuk bonding dengan kehidupan terdekatnya.

 

Ketiga, tubuh bayi juga tumbuh semakin besar. Biasanya, bayi berumur dua bulan memiliki panjang tubuh 51-58 cm dengan berat 3.4 – 6.7 kg untuk bayi laki-laki dan 50-57.4 cm dan 3.2 – 5.4 kg untuk bayi perempuan. Tubuhnya juga semakin padat dengan otot dan kulit yang mulai mengencang.

 

Keempat, bayi usia dua bulan memang masih harus disusui dengan frekuensi tertentu. Namun, kini Bunda sudah mulai bisa melatih bayi agar memiliki pola tidur dan pola makan yang lebih teratur. Sehingga, waktu istirahat Bunda bisa kembali normal.

 

Kelima, bayi semakin pintar berekspresi. Di usia dua bulan, bayi belajar mengungkapkan perasaannya lewat tersenyum dan menangis. Ekspresi ini juga dipelajari dari contoh saat melihat Ayah dan Bunda saat berinteraksi dengannya.

 

Merawat kulit bayi usia dua bulan untuk mendukung tumbuh kembangnya

 

Selain bentuk fisik, kognitif, dan emosi yang semakin berkembang, bagian tubuh lain yang semakin berkembang adalah kulit. Kulit bayi baru lahir yang sebelumnya sangat sensitif kini semakin kuat di usianya yang ke-2 bulan.

Kulit bayi usia bulan sudah mulai aktif memproduksi kolagen. Sehingga, kulitnya semakin sehat dan mulai berperan penuh sebagai pelindung utama tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu, dengan adanya kolagen dalam kulit juga cairan pada kulit tidak mudah lepas, sehingga kulitnya tidak mudah kering dan kehilangan kelenturan. Dengan demikian, risiko iritasi kulit semakin rendah.

 

Kondisi kulit yang masih aktif berkembang menjadi kesempatan Bunda untuk mengoptimalkannya. Agar kulitnya semakin sehat, lembut, lentur, dan bebas iritasi. Yaitu, melalui perawatan kulit bayi baru lahir yang intensif dan penuh kelembutan.

 

Pilihan produk perawatan kulit bayi baru lahir yang baik untuk mendukung perkembangan kulit salah satunya Cussons Baby Newborn Cream. Digunakan setelah mandi bayi baru lahir yang lembut, Cussons Baby Newborn Cream membantu kulit bayi usia dua bulan dalam melembabkan dan melembutkan.

 

Mengandung formula pure water, minyak zaitun organik, dan minyak chamomile, Cussons Baby Newborn Cream merawat kulit bayi dimulai dari menjaga kelembabannya. Formulanya yang lembut, teruji dermatologi, 0% alkohol dan pewangi membuat produk ini aman digunakan bayi. Uniknya, tidak hanya melembabkan, Cussons Baby Newborn Cream juga bisa menenangkan kulit bayi, sehingga menurunkan risiko iritasi pada kulit bayi.

 

Yuk, pastikan milestone si Kecil terus termonitor setiap hari. Berikan perawatan yang serba baik, dimulai dari kulit yang sehat, lembab, dan bebas iritasi.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: