Pahami 7 Manfaat Pijat Bayi dengan Cussons Baby Oil Naturals - Cussons Baby Indonesia

Pahami 7 Manfaat Pijat Bayi dengan Cussons Baby Oil Naturals

Pijat bayi memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan pijat pada orang dewasa. Teknik pijat pada bayi lebih mengutamakan kelembutan dan kenyamanan si kecil, bukan berfokus pada pelemasan otot yang tegang seperti pada orang dewasa.

Salah satu cara untuk memastikan pijatan Bunda memberikan kenyamanan maksimal adalah dengan menggunakan baby oil khusus seperti Cussons Baby Soft & Smooth Baby Oil, yang yang diperkaya ekstrak Almond Oil untuk menutrisi dan melembapkan kulit dan aromatik Rose Oil untuk memberikan rasa nyaman, sehingga kulit bayi terasa kenyal dan lembap.

Lalu, apa manfaat dari pijat bayi ini dan bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar dengan bantuan Cussons Baby Soft & Smooth Baby Oil? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

7 Manfaat Pijat Bayi dengan Baby Oil

Apa saja sih manfaat pijat yang bisa didapatkan si kecil? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menenangkan Bayi 

Saat Bunda memijat tubuh bayi dengan lembut dan penuh kasih sayang, ini akan memberi rasa rileks dan tenang pada bayi. Menenangkan bayi adalah hal penting khususnya di saat mereka merasa cemas atau tidak nyaman. Pemijatan yang dilakukan secara rutin juga dapat meningkatkan kenyamanan bayi.

2. Mengurangi Kolik Pada Bayi

Dilansir dari Alodokter, kolik adalah kondisi ketika bayi menangis tanpa alasan yang jelas hingga berjam-jam dan pada akhirnya sering berujung stres bagi orang tua. Pemijatan yang dilakukan secara rutin dapat membantu meredakan kolik dengan membuat bayi menjadi lebih tenang. Dengan kata lain, ketika bayi mengalami kolik, mereka menangis tanpa sebab yang jelas, dan pemijatan secara teratur dapat membantu mengurangi gejala ini dan membuat mereka lebih nyaman.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Kualitas tidur bayi yang baik sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Pijat bayi membantu menenangkan dan merelaksasi si kecil, menyiapkannya untuk tidur yang nyenyak dan lebih lama. Ini juga menjadi rutinitas tidur yang baik yang akan membantu bayi menerapkan jam tidur.

4. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Memijat bayi secara teratur bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi, khususnya pada sistem saraf dan otak. Teknik pijatan yang benar memiliki efek positif pada hormon pertumbuhan bayi dan membantu perkembangan fisik dan mentalnya.

5. Mempererat Ikatan Emosional Antara Parents dan Bayi

Pijat bayi juga memberikan kesempatan bagi Bunda dan bayi untuk mempererat ikatan emosional mereka, melalui interaksi fisik dan mata-mata. Interaksi ini memroduksi hormon oksitosin, yang juga dikenal sebagai hormon “cinta dan pegelukan”, dan memperkuat ikatan antara Bunda dan bayi.

6. Membantu Melancarkan Pencernaan Bayi

Dengan memijat perut bayi dengan lembut dan melingkar dapat meredakan kembung dan sembelit serta membantu melancarkan sistem pencernaannya. Inilah salah satu manfaat pijat bayi yang paling umum dan sering dipraktikkan oleh orang tua.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah Bayi

Pemijatan tubuh secara keseluruhan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah bayi. Hal ini penting untuk mendukung fungsi jantung yang sehat dan perkembangan seluruh tubuh si kecil.

 

Baca Juga: 10 Manfaat Pijat Bayi dan Rekomendasi Minyak Untuk Pijat

7 Tips Melakukan Pijat Bayi

Berikut ini adalah tips memijat bayi yang bisa Bunda terapkan di rumah:

1. Waktu yang Tepat

Sebaiknya lakukan pijat bayi saat si kecil dalam keadaan rileks dan tenang, bisa sebelum atau sesudah mandi. Hindari memijat bayi saat mereka sedang lapar atau merasa mengantuk.

2. Lakukan dengan Lembut

Memijat bayi harus dilakukan dengan lembut dan lambat. Hindari menekan tubuh bayi dengan kuat, cukup lakukan sentuhan ringan dan lembut.

3. Amati Reaksi Bayi

Bunda, perhatikan reaksi bayi saat memijatnya, ya. Jika bayi tampak tidak nyaman atau menangis, segera hentikan pemijatan.

4. Pilih Tempat yang Nyaman

Tempat untuk memijat bayi harus hangat dan nyaman. Pastikan tidak ada benda keras atau tajam di sekitar tempat memijat bayi.

5. Mulai dari Bagian Tubuh yang Lebih Besar

Mulailah pemijatan dari bagian tubuh bayi yang lebih besar seperti punggung atau perut, kemudian baru lanjutkan ke bagian tubuh yang lebih kecil seperti tangan dan kaki.

6. Hindari Area Sensitif

Hindari area sensitif seperti mata, telinga, dan area genitalia bayi saat memijatnya. Lebih baik fokus ke area lain yang lebih besar dan tidak sensitif.

7. Gunakan Baby Oil

Agar tangan Bunda dan tubuh si kecil lebih nyaman, Bunda sebaiknya menggunakan baby oil yang memang aman dan tidak mengiritasi kulit bayi. Salah satu produk yang dapat digunakan adalah Cussons Baby Soft & Smooth Baby Oil adalah baby oil yang dirancang khusus untuk merawat kulit bayi. Mengandung ekstrak Almond Oil untuk memberikan nutrisi dan kelembapan pada kulit, serta Rose Oil  untuk memberikan sensasi nyaman. Penggunaan minyak ini dapat membuat kulit bayi terasa lembut dan kenyal.

Dengan memahami manfaat serta tips melakukan pijat bayi, Bunda dapat membantu buah hati merasakan kenyamanan dan mendukung pertumbuhannya. Pijat bayi memang terlihat sederhana, namun manfaatnya sangat luar biasa bagi kesehatan dan perkembangan bayi.

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: