Manfaat Bedak Bayi Untuk Hindari si Kecil dari Badan Bau Apek Saat Bereksplorasi

Ada banyak manfaat bedak bayi, salah satunya untuk menghindari dari bau apek ketika bereksplorasi. Keringat sudah menjadi teman baik si Kecil yang sedang aktif-aktifnya bereksplorasi. Tapi jika dibiarkan, justru bisa menghambat proses belajarnya, lho karena tubuhnya akan terasa lengket dan tidak segar lagi. Ayah dan Bunda bisa, nih, memanfaatkan bedak bayi untuk menjaga kesegaran tubuh si Kecil agar nyaman aktif seharian.

Eksplorasi merupakan salah satu insting natural yang dimiliki si Kecil dalam proses tumbuh kembangnya. Setiap hari, otaknya akan terdorong untuk mencari tahu hal baru, Tidak heran jika mereka selalu penasaran dan aktif mencoba segala hal yang dilihat.

Kalau sudah begini, Ayah dan Bunda hanya perlu mendampinginya, ya. Memastikan si Kecil aman dan nyaman dalam proses belajarnya.

Baca Juga : Memanfaatkan Bedak Bayi Sebagai Sensory Play Seru untuk Si Kecil

Perubahan Mood si Kecil saat Bereksplorasi

Bayi Bermain Bola

Ketika bermain, suasana hati anak mudah berubah akibat banyak faktor, seperti udara, kelelahan, hingga keringat yang membuat tumbuhnya tidak nyaman.

Melihat si Kecil berhasil mengeksplorasi dan mempelajari hal baru tentu menyenangkan, ya. Tapi, pernahkah Ayah dan Bunda melihat si Kecil tiba-tiba tidak mood bermain? Bahkan cranky dan menolak meneruskan permainannya. Mood si Kecil yang tiba-tiba berubah ini bisa disebabkan banyak hal lho. Di antaranya.

  1. Si Kecil lelah bermain
  2. Bosan dengan permainan yang dimainkan
  3. Permainan kurang menarik
  4. Tubuhnya tiba-tiba tidak nyaman.

Nah, Ayah dan Bunda harus pintar-pintar menyiasati mood si Kecil agar tidak mudah berubah. Caranya dengan berusaha membaca kondisi dan gerak tubuhnya. Jika mereka sudah lelah bermain, ajaklah untuk beristirahat sebentar dengan melakukan refreshing.

Jika mereka bosan, Ayah dan Bunda bisa mengajak si Kecil untuk melakukan permainan lain. Usahakan untuk bertanya lebih dahulu permainan apa yang ingin mereka lakukan. Ayah dan Bunda juga bisa memancingnya untuk mencari hal baru yang bisa mengaktifkan kembali insting eksplorasi si Kecil.

Beda lagi jika tubuh si Kecil terasa tidak nyaman. Anak-anak memiliki kecenderungan untuk bersikap jujur dengan kondisi tubuhnya. Jika sudah tidak nyaman, mereka akan memperlihatkan mood yang kurang baik. Biasanya dengan menunjukkan rasa bosan, menangis, bahkan cranky.

Untuk itu, Ayah dan Bunda harus selalu siap, nih, ‘alat tempur’ agar mood si kecil kembali ceria.

Baca Juga : Bayi Baru Lahir: Panduan dan Rutinitas Merawat Si Kecil

 

Penyebab Tubuh Anak Tidak Nyaman Ketika Bermain

Ketika menemani bayi bermain, Ayah dan Bunda tidak hanya mengawasi keamanannya, tapi juga kesegaran tubuh dan suasana hati agar bermainnya bisa menjadi proses belajar yang optimal.

 

Ketika beraktivitas, si Kecil akan terpapar banyak hal. Contohnya adalah sinar matahari, debu, kotoran, dan polusi udara. Apalagi di Indonesia, sinar matahari yang bersinar terik sepanjang tahun membuat si Kecil lebih mudah berkeringat. Kalau sudah bercampur dengan paparan debu dan kotoran tentu akan semakin membuatnya tidak nyaman.

Keringat dan kotoran debu yang menempel pada kulit si Kecil akan menghilangkan kesegaran tubuhnya. Wangi sabun yang digunakan saat mandi pun akan hilang dan berganti dengan bau keringat. Meskipun keringat bayi hampir tidak memiliki bau kecut, tetap saja kesegaran tubuh yang hilang membuat tubuhnya tidak nyaman.

Tidak hanya itu, gabungan keringat dan debu kotoran juga bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di kulitnya, lho! Si Kecil bisa merasa gatal-gatal, bahkan alergi akibat hal tersebut. Ayah dan Bunda harus gerak cepat untuk mengatasi hal ini.

Manfaat Bedak Bayi untuk Menjaga Kesegaran Tubuh si Kecil

Manfaat bedak bayi untuk mengatasi masalah kulit si Kecil merupakan cara yang ideal. Mulai dari alergi ringan, ruam merah, bahkan diaper rash di awal gejalanya. Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia mengatakan, secara komposisi manfaat bedak bayi dapat melindungi kulit bayi yang masih sensitif. 

Selain itu, kandungan bedak bayi juga diketahui dapat memberikan efek sejuk dan menyerap keringat berlebih pada bayi.

Inilah sebabnya bedak bayi sangat bagus sebagai solusi awal mengembalikan kesegaran tubuh si Kecil di tengah aktivitas eksplorasinya. Hal ini tentu lebih efektif dibandingkan dengan memandikan si Kecil saat tubuhnya mulai tidak nyaman. Perlu diingatkan kembali, ya, Ayah dan Bunda, memandikan si Kecil terlalu sering justru tidak disarankan, lho. Karena bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering.

Cussons Baby Poeder Mild and Gentle dengan wangi vanilla yang merelaksasi bisa menjaga kenyamanan tubuh bayi saat bermain agar suasana hatinya selalu ceria.

Nah, bagaimana, sih caranya memanfaatkan bedak bayi agar si Kecil segar selalu?

Bedak bayi adalah produk yang bisa digunakan berkali-kali dalam sehari. Ayah dan Bunda bisa memakaikan bedak bayi kepada si Kecil setelah mandi. Sehingga, kesegaran tubuhnya akan maksimal. 

Bedak bayi bisa digunakan kembali saat si Kecil sudah merasa tubuhnya tidak nyaman ketika beraktivitas. Sebelum kembali memakaikan bedak bayi di tubuh si Kecil yang berkeringat, Bunda bisa membersihkan tubuhnya dulu dengan tisu basah atau handuk lembut yang kering. Setelah keringatnya sudah kering, pakaikan bedak bayi ke permukaan kulit si Kecil dengan cara mengusapkan bedak dengan lembut.

Hindari penggunaan bedak di bagian wajah dan lipatan kulit seperti ketiak dan siku, ya. Hal ini dilakukan untuk menghindari terhirupnya dan mengumpulnya bedak di bagian kulit bayi yang mudah lembab. 

Dalam memberikan bedak bayi untuk si Kecil, pastikan Ayah dan Bunda memperhatikan komposisinya. Gunakan bedak bayi dengan komposisi yang aman untuk si Kecil. Selain itu, pastikan wangi bedak bayi bisa meningkatkan mood si Kecil agar bisa kembali ceria untuk mengeksplorasi sekitarnya.

Cussons Baby Powder dengan teknologi Moodscent™ memberikan kenyamanan dan kesegaran pada si Kecil yang sedang aktif bereksplorasi. Cussons Baby Powder hadir dalam tiga varian, yaitu Mild & Gentle dengan wangi vanilla yang lembut dan menenangkan; Soft & Smooth dengan wangi sakura yang menyenangkan; serta Fresh & Nourish dengan wangi berries yang menyegarkan.

Teknologi Moodscent™ yang dikembangkan oleh para ahli dari Cussons Baby membuat wangi tubuh bayi segar lebih lama. Sehingga, moodnya terjaga dan ceria sepanjang hari. Mood ceria si Kecil mendukung aktivitas eksplorasi yang menyenangkan dan mendukung tumbuh kembang otaknya yang lebih optimal.

Cussons Baby Powder merupakan pilihan tepat untuk Ayah dan Bunda dalam mengawal proses belajar si Kecil. Didukung dengan minyak esensial yang memberikan wangi segar dan nyaman, teruji dermatologi, dan teruji steril terbukti aman untuk menjaga kulit si Kecil yang sedang aktif-aktifnya.

Manfaat Bedak Bayi untuk hindari si Kecil dari badan bau apek saat bereksplorasi, semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan manfaat untuk Ayah dan Bunda.

Reference:

Is Baby Powder Safe?

Sebenarnya Bolehkah Bayi Menggunakan Bedak?

Baby Powder to keep your little ones rash-free and smell good

12 genius things you can do with talcum powder

Is Baby Powder Safe?

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!