List Perlengkapan Bayi Baru Lahir untuk Perawatan Kulitnya, Perkuat Bonding yang Manfaatnya Segudang! - Cussons Baby Indonesia

List Perlengkapan Bayi Baru Lahir untuk Perawatan Kulitnya, Perkuat Bonding yang Manfaatnya Segudang!

List Perlengkapan Bayi Baru Lahir untuk Perawatan Kulitnya, Perkuat Bonding yang Manfaatnya Segudang!

 

Hubungan atau bonding antara orang tua dan bayi bukan hanya sebatas penting, tapi kebutuhan untuk keduanya. Bonding yang erat amat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental Bunda dan bayi. Juga memberikan kualitas masa depan yang optimal untuk bayi.

 

Saat bayi baru lahir, salah satu insting yang langsung tumbuh pada Bunda adalah keinginan untuk terus dekat dan melindungi bayinya. Karenanya, Bunda ingin selalu memberikan yang terbaik, terutama untuk memastikan kesehatan tubuhnya.

Salah satu cara Bunda membangun bonding dengan bayi adalah dengan memberikan perhatian dan kasih sayang untuknya. Bentuknya bisa pelukan, tatapan sayang, hingga upaya menjaga kesehatan bayi seperti memberikan vaksin, memeriksakan kesehatannya secara rutin, dan juga memastikan perawatan tubuhnya agar selalu terjaga.

 

Riset terkini membuktikan bahwa kedekatan emosi yang kuat antara Bunda dan Bayi adalah faktor yang bisa membantu dalam meningkatkan sistem imun, mencegah penyakit, dan memperkuat IQ anak.

 

Membangun Bonding yang Sukses dengan Si Bayi

 

Dr. Alice Arianto, Psy.D, CGP, FPCM, Neuroscientist asal Indonesia menyebutkan bahwa Hubungan Bunda dan bayi adalah yang terindah dalam hidup. Bunda membutuhkan koneksi dengan bayi untuk kesehatan fisik dan mental pasca melahirkan. Sementara itu, Bayi membutuhkan ikatan dengan Bunda untuk tumbuh kembang yang optimal. Untuk tubuh, emosi, dan kecerdasannya.

 

Ikatan Bunda dan bayi memang tercipta secara alamiah, tapi bonding tidak terbentuk begitu saja. Dibutuhkan strategi untuk membangun bonding yang erat antara orang tua dan bayi.

 

Contohnya dengan melakukan interaksi penuh cinta pada setiap kegiatan Ayah, Bunda, dan si Kecil. Seperti pelukan, sentuhan, usapan lembut, dan tatapan mata. Dr. Alice mengatakan bahwa memori atau ingatan paling awal yang terbentuk dari bayi terbentuk dari sentuhan orang tua. Saat Ayah dan Bunda memberikan sentuhan pada bayi baru lahir, responsnya menjadi ingatan pertama yang terbentuk di otak bayi.

 

Bonding Mendukung Perkembangan dan Menstimulasi Otak Bayi

 

Mengutip Francesca D’Amato, M.D, ahli tumbuh kembang anak bonding antara Bunda dan bayi memastikan kelangsungan hidup bayi, terutama untuk proteksi, nutrisi, dan kasih sayang. Bayi sudah bisa menerima stimulasi sejak di dalam kandungan. Inilah mengapa stimulasi terhadap bayi bisa dilakukan sejak masa kehamilan.

 

Namun, Dr. Alice menegaskan bahwa bonding yang paling penting adalah ketika bayi baru saja dilahirkan. Setelah lahir, bayi memiliki syaraf yang lengkap dan bisa mulai bekerja.

“Bagaimana membangun bonding melalui cara pengasuhan pada bayi yang membuat mereka aman, dan nyaman menentukan kehidupannya secara jangka panjang. Upaya bonding ini juga akan membentuk attachment yang dibawa hingga mereka dewasa,” kata Dr. Alice.

 

GAMBAR: menunjukkan hubungan ibu-anak yang terkoneksi secara emosi dan yang tidak. Emosi yang terkoneksi dengan baik akan membentuk ko-regulasi ibu dan anak di bagian otak, yang menghasilkan perilaku yang positif.

 

Merawat Bayi Sejak Baru Lahir adalah Upaya Bonding yang Penuh Cinta

 

Menjaga, merawat, dan memastikan tumbuh kembang bayi adalah cara bonding terbaik yang dilakukan oleh Bunda. Saat merawat bayi, akan terjadi banyak interaksi seperti sentuhan, tatapan, bahkan obrolan yang bisa membuat Bunda dan Bayi semakin memahami satu sama lain.

 

Setiap sentuhan yang Bunda berikan saat mengoleskan baby oil, memandikan, menggunakan baby cream akan menstimulasi tubuh dan otak bayi. Sentuhan lembut yang diberikan akan di-translate menjadi memori baik, meregulasi hormon oksitosin yang dapat membuat bayi bahagia, kemudian mendukung otak bayi untuk mengoptimalkan kemampuan kognitif otak bayi.

 

Nah, agar bonding Bunda dan bayi semakin optimal saat merawat tubuhnya, Bunda harus tahu, nih, apa saja sih barang-barang yang dibutuhkan untuk merawat kulit bayi. Yuk, simak list-nya.

 

  • Handuk dan Pakaian berbahan katun yang nyaman

Pastikan kulit bayi baru lahir tidak tergesek permukaan kain yang kasar. Kain katun bisa menjadi pilihan agar kulit bayi tetap sehat. Jenis kain yang menyerap keringat dengan baik juga membuat sirkulasi udara untuk kulit lebih baik, sehingga keringat tidak menumpuk dan menimbulkan biang keringat serta iritasi.

 

  • Nutrisi yang seimbang

Nutrisi yang baik dan seimbang sangat dibutuhkan oleh bayi. Nutrisi ini bisa diberikan melalui ASI. Karenanya Bunda harus memastikan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh dan kulitnya agar sehat selalu.

 

Makanan yang mengandung Vitamin A, B5, dan E sangat dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi kulit bayi. Vitamin A bisa didapatkan di sayur dan buah berwarna terang seperti Wortel dan Tomat. Vitamin B5 bisa didapatkan dari brokoli, kubis, kentang, telur, jamur, susu, dan daging merah. Vitamin E bisa didapatkan dari buah seperti pepaya, alpukat, dan kiwi.

 

  • Perlengkapan kulit bayi baru lahir dari Cussons Baby

Terakhir, pastikan hanya menggunakan produk perawatan terbaik untuk kulit bayi baru lahir. Rangkaian Cussons Baby Newborn bisa menjadi pilihan Bunda untuk merawat kulit si Kecil yang baru lahir. Terdiri dari Cussons Baby Newborn Body Wash, Cussons Baby Lotion, Cussons Baby Cream, dan Sensitive Wipes, Cussons Baby merawat kulit bayi secara alami dan aman karena seluruh rangkaian yang telah teruji dokter kulit.

Rangkaian Cussons Baby Newborn diformulasikan dengan 100% air murni, Natural Chamomile Oil, dan Organic Olive Oil dapat melembutkan dan menjaga kesehatan kulit bayi baru lahir. Kandungan alaminya memberikan kelembaban hingga 10x, memastikan kebersihan kulitnya lebih optimal dan lebih sehat.

Gunakan rangkaian Cussons Baby Newborn saat mandi dan setelah mandi untuk memastikan kesehatan kulit bayi baru lahir. Pastikan juga list kebutuhan bayi baru lahir terpenuhi agar perawatan kulitnya optimal dan bonding dengan Bunda semakin kuat.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: