Kulit Kepala Bayi Berkerak? Ini Cara Mengatasinya

Kerak kepala Bayi biasanya terdapat pada kepala dan dahi yang baru lahir. Kerak kepala atau cradle cap ini akan terkelupas dengan sendirinya, seperti serpihan-serpihan ketombe. Kerak ini muncul karena dipengaruhi hormon Bunda, yang mengakibatkan produksi minyak berlebih pada jaringan kulit bayi. Kerak kepala bersifat sementara sampai bayi berusia 8 -12 bulan. Kerak kepala ini cukup membuat gatal, dan sangat menggangu pertumbuhan rambut bayi. Bunda harus rutin merawat rambut serta kulit kepala bayi dengan baik, benar, dan terjadwal.

Beberapa hal yang dilakukan untuk menghilangkan kerak kepala bayi:

  1. Sebelum menggunakan shampoo. Bunda bisa menggunakan Baby Hair Oil untuk mengatasi kerak kepala bayi. Dengan kandungan bahan alami seperti minyak kelapa yang telah dipercaya sejak lama dapat merawat rambut dan kulit kepala dengan baik, Baby Coconut Hair Oil bisa membantu menghilangkan kerak atau kotoran pada kepala bayi. Tuangkan secukupnya, lalu oleskan ke kepala bayi, gosok lembut pada kulit kepala. Setelah itu, pijat lembut kepala bayi agar bayi merasa nyaman. Lakukan selama 5-10 menit. Lalu diamkan selama 30 menit agar nutrisinya meresap. Tidak hanya itu, Cussons Baby NATURAL Hair Oil CocoNUT ini mampu membuat rambut agar berkilau dan juga merangsang pertumbuhan rambut bayi yang sehat dari akarnya.
  1. Step selanjutnya, cuci rambut si kecil menggunakan shampoo khusus untuk bayi. Bunda bisa menggunakan Coconut Oil & Aloe Vera Baby Shampoo  dengan kandungan coconut oil yang berfungsi sebagai melindungi dan melembabkan rambut, serta aloe vera untuk meningkatkan pertumbuhan rambut pada bayi. Gosok secara lembut pada kulit kepala bayi, setelah itu bilas dengan air yang hangat. Pastikan shampoo tidak tersisa di kepala bayi.
  1. Setelah menggunakan shampoo, gunakan handuk dan usap-usap kepalanya untuk menghilangkan kerak yang ringan di kepala bayi.
  1. Pada step akhir gunakan Hair Lotion Almond Oil & Honey yang mengandung almond oil untuk meningkatkan kelembutan dan mencegah rambut kering, serta honey untuk melembabkan rambut dan kulit kepala. Pijat lembut kulit kepala bayi, kemudian sisir rambut bayi dengan lembut.
  1. Jangan pernah menghilangkan kerak dengan cara mengelupasnya dengan menggunakan kuku, karena akan menyebabkan kulit kepala bayi infeksi.

Jika kerak kepala bayi Bunda masih terus-menerus berkerak, Bunda bisa melakukan perawatan beberapa minggu agar keraknya tidak menyebar dan menjadi warna kemerahan. Jika menyebar, Bunda bisa konsultasi langsung dengan dokter kulit untuk mencegahnya.

Kerak kepala bayi yang terlihat kemerahan dan muncul didaerah telinga, alis, ketiak atau lipatan lainnya, disebut dengan dermais seboroik. Ini terjadi akibat adanya jamur yang terdapat pada pelepasan minyak dipermukan kulit.

Jika kerak kepala bayi Bunda sudah hilang, pastikan lah Bunda mencegahnya datang kembali. Jangan berlebihan memberikan shampoo pada bayi, karena ini dapat merangsang kelenjar minyak. Ketika memandikan bayi, bilas shampoo di kepala bayi sampai bersih, sehingga pori-pori kepalanya tidak tertutup.

Related Artikels