5 Tips Mencegah Kulit Bayi Kering

Kulit bayi sangat sensitif terhadap apapun sehingga lebih rentan, dan kulit bayi bisa cepat kering dan jadi kasar. Untuk itu perlu diperhatikan cara merawat kulit kering pada bayi agar si kecil terlindungi dan tetap sehat.

Kondisi kulit bayi baru lahir tentunya berbeda dengan orang dewasa, yang mana kulit mereka sedang dalam tahap penyesuaian dengan lingkungan baru.

Kondisi kulit bayi yang kering lebih sensitif juga didorong oleh lapisan kulit yang 30% lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Tidak hanya itu, kulit juga bekerja keras beradaptasi tanpa cairan amnion yang membantu melembabkan kulitnya selama di dalam rahim.

Baca Juga : Bunda, Yuk Ikuti Kata Expert Agar Kulit Bayi Baru Lahir Sehat dan Bebas Diaper Rash

5 Tips Mencegah Kulit Kering Pada Bayi 

Bunda tentu tidak ingin kan si Kecil mempunyai kulit yang kering? Untuk mencegahnya berikut tips untuk Bunda:

1. Persingkat Durasi Memandikan Bayi

Hal pertama yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah kulit kering pada bayi adalah dengan tidak memandikan si kecil dengan waktu ang lama. Mandi yang lama dapat menyebabkan hilangnya kelembaban kulit bayi. Mandikanlah bayi setidaknya 5 sampai 10 menit dengan menggunakan air hangat.

2. Gunakan Sabun Mandi Bayi yang Tepat

Penggunaan sabun mandi juga berpengaruh pada kulit bayi. Gunakanlah sabun mandi bayi yang mengandung bahan alami dan dikhususkan untuk perwatan kulit bayi yang tidak mengandung pewangi dan cocok untuk kulit sensitif bayi.

3. Pakaikan Pelembab Atau Baby Lotion

Mengoleskan pelembab atau baby lotion setidaknya 2 hingga3 kali sehari dapat membantu mecegah kulit kering pada bayi. Penggunaan lotion bisa membantu memberikan kelembaban kulit serta melindunginya dari berbagai paparan yang dapat membuat kulit bayi menjadi kering. Bunda bisa memberikan lotion pada si kecil di antara waktu pagi, siang, dan sore hari.

4. Pilih Pakaian Yang Berbahan Lembut

Pakaian juga dapat berdampak pada kulit bayi karena teksturnya. Pakaian yang lembut dapat membantu untuk mencegah kulit kering pada bayi. Selain itu Bunda juga wajib memperhatikan detergen saat mencuci pakaian si kecil, karena dikhawatirkan sisa produk detergen dapat terkontaminasi dengan pakaian dan berpengaruh pada kesehatan kulit bayi.

5. Penuhi Kebutuhan Cairan Bayi

Terakhir, pastikan kebutuhan harian cairan si Kecil terpenuhi sepanjang hari agar proses metabolismenya selalu seimbang. Cairan tubuh yang terpenuhi juga sangat baik terhadap kulit bayi untuk terhindar dari kekeringan. Cairan tubuh si Kecil bisa terpenuhi melalui asupan ASI atau susu formula dari Bunda.

Baca Juga : Hindari Dehidrasi pada Kulit Bayi, Pastikan Sabunnya Lembut dan Menyehatkan

Penyebab Kulit Kering Pada Bayi

Selain kondisinya yang lebih sensitif dan tengah beradaptasi, ada beberapa penyebab kulit bayi bisa lebih kering dan dehidrasi.

  1. Udara luar. Udara yang terlalu dingin atau terlalu panas, akan membuat kulit bayi kering dan susah untuk beradaptasi.
  2. Durasi mandi yang terlalu lama bisa membuat kulit bayi menjadi kering. Air dan sabun bisa menghilangkan minyak natural pada kulit bayi. Mandi bayi sangat penting, tapi harus dengan cara yang baik dan benar, ya!
  3. Kelenjar keringat pada bayi belum terbentuk dengan sempurna seperti kelenjar minyak orang dewasa. Belum bisa beradaptasi dengan udara panas, maupun dingin.

Baca Juga : Bunda, Yuk Ikuti Kata Expert Agar Kulit Bayi Baru Lahir Sehat dan Bebas Diaper Rash

Kulit kering pada bayi perlu diatasi sejak dini, lho, Ayah dan Bunda. Kulit kering bisa menimbulkan hal negatif pada bayi. Di antaranya ketidaknyamanan saat bergesekan dengan pakaian. Lebih lanjut, kulit kering pada bayi juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan kulit. Contohnya Dermatitis atau eksim.  

Kesimpulan

Kondisi kulit kering, terutama, merupakan hal yang biasa terjadi pada bayi. Namun, jika dibiarkan bisa menghambat tumbuh kembangnya serta mengganggu kesehatan si Kecil. Ketika menemukan gejala kulit kering pada bayi, atasi dengan perawatan pertama, yaitu melembabkan kulitnya.

Jika kulit keringnya terjadi hingga lebih dari satu minggu atau ketika si Kecil sudah merasa tidak nyaman akibat rasa gatal, sebaiknya konsultasikan kondisi kulitnya dengan dokter kulit.
Yuk, berikan perawatan terbaik untuk kulit si Kecil! Semoga bermanfaat

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!