Keajaiban Wewangian untuk Mood si Kecil yang Bebas dari Mood Swings

Bukan rahasia jika bayi memiliki mood yang sensitif. Kesannya si Kecil memiliki mood swings. Padahal, belum tentu, lho! Tahukah Ayah dan Bunda bahwa mood atau perasaan adalah cara si Kecil berkomunikasi dengan orang tua dan sekitarnya? 

Tawa riang si Kecil tentu membuat perasaan Ayah dan Bunda senang. Saat mereka bersikap ceria, itu artinya mood atau perasaannya sedang dalam kondisi baik. Bagi Ayah dan Bunda, bayi yang bahagia adalah anugerah tersendiri.

Saat bayi memperlihatkan mood ceria, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa jadi mereka dalam keadaan kenyang. Tubuhnya juga terasa bugar karena tidur dan gizi yang cukup. 

Beda ceritanya ketika bayi menangis. Hampir dipastikan saat itu, si Kecil sedang tidak merasa nyaman. Bisa jadi mereka sedang lapar, haus, atau merasa tubuhnya kotor dan berkeringat.

Contoh di atas adalah cara sederhana untuk ‘membaca mood bayi. Sayangnya, mood bayi ternyata tidak sesederhana itu, lho, Ayah dan Bunda. Masih banyak faktor yang mempengaruhinya.

Baca Juga : Wewangian Ternyata Bisa Mendukung Tumbuh Kembang Bayi lho, Bun!

Sebelum itu, mood apa, sih yang bisa dirasakan si Kecil?

baby mood

Mood baik si Kecil mempengaruhi keceriaannya saat bermain

Mood atau perasaan adalah cara bayi mengungkapkan kondisi dasar tubuhnya. Ketika nyaman, bayi akan ceria, tersenyum, atau tidur dengan nyenyak. Sebaliknya, ketika tidak nyaman, Ia akan rewel dan menangis. 

Perubahan mood bayi tidak sama dengan mood swings, ya, Ayah dan Bunda. Perubahan mood  ini erat kaitannya dengan kondisi fisik saat si Kecil beraktivitas. Kondisi fisik menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi mood bayi setiap hari.

Setiap hari, bayi dari umur nol hingga satu tahun mengalami enam perubahan mood. Di antaranya:

  1. Tenang, yaitu di mana bayi fokus dan berinteraksi dengan nyaman dan ceria bersama Ayah dan Bunda. Mood  ini sangat baik untuk proses belajar dan tumbuh kembangnya.
  2. Lelah, setelah lama bermain, bayi akan mulai merasa lelah dan mengantuk. Ciri mood ini adalah turunnya fokus bayi terhadap mainan di depannya. Matanya pun terlihat lelah dan berat.
  3. Tidur ringan, pada kondisi ini, Ayah dan Bunda akan melihat si Kecil bergerak dan tersenyum padahal matanya tertutup. Kondisi yang juga disebut REM (Rapid Eye Movement) ini menunjukkan si Kecil tengah memproses hal-hal yang Ia pelajari.
  4. Tidur lelap, saat kondisi ini, mood bayi sedang dalam kondisi paling stabil. Di kondisi inilah tubuh di Kecil mengeluarkan hormon yang mendorong tumbuh kembangnya.
  5. Menangis. Meskipun sudah kenyang dan cukup tidur, si Kecil juga tetap bisa menangis. Biasanya karena Ia merasakan terlalu banyak hal dan tangisan adalah caranya untuk meminta tolong.
  6. Aktif. Setelah merasa aman dan nyaman, hormon aktif si Kecil akan kembali muncul. Di kondisi ini, biasanya bayi merasa pada puncak mood-nya dan ingin mengeksplor dunia lebih luas.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi mood bayi, baik dari luar maupun dari dalam tubuhnya. Dengan memastikan kondisi di sekitarnya, tentunya bisa mengurangi potensi mood swings pada bayi. Sebut saja kebersihan badan bayi, suasana hati Ayah dan Bunda, bahkan wewangian di sekitarnya.

Baca juga : Aroma yang Menenangkan Dapat Mendukung Tumbuh Kembang si Kecil

Apa Saja yang Bisa Ayah dan Bunda Lakukan Agar si Kecil Terhindar dari Mood Swings?

baby mood

Mood si Kecil baik dan ceria karena tubuhnya terasa segar sepanjang hari dan perhatian yang cukup dari Ayah dan Bunda


Di masa pertumbuhannya, segala sesuatu tentang si Kecil adalah hal yang sensitif. Tidak hanya kulitnya, tapi juga perasaannya.

Uniknya, kondisi mood si Kecil sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya, lho. Terutama pada aspek emosional. Karenanya, Ayah dan Bunda harus selalu menciptakan suasana yang baik agar mood-nya selalu bagus.

Dikutip dari The Childhood Roots of Adult Happiness, anak yang tidak bebas mengungkapkan emosinya saat bayi berpotensi tumbuh sebagai remaja yang membosankan dan tidak seru. Dalam buku ini, ditegaskan pula bahwa kebahagiaan anak berasal dari dalam dirinya, bukan luar.

Dari fakta tersebut, dapat dipahami bahwa untuk mengelola mood si Kecil, Ayah dan Bunda harus menciptakan mood baik dari dalam diri. Misalnya, memberikan perhatian yang cukup pada si Kecil, menciptakan suasana yang menyenangkan lewat bermain bersama si Kecil, atau menghadirkan vibes yang bisa membuat bayi merasa aman dan nyaman.

Nah, tahukah Ayah dan Bunda bahwa wewangian bisa, lho, jadi cara untuk membuat mood bayi selalu bagus dan bebas mood swings.

Riset mengenai teknologi MoodscentTM yang dilakukan oleh Cussons Baby juga mengungkapkan bahwa wewangian tertentu bisa meningkatkan ikatan antara orang tua dan bayi. 

Prof. Francis McGlone, Pakar Neuroscience dari Liverpool JM University juga menambahkan sentuhan lembut dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi. Bayangkan jika Ayah dan Bunda menyentuh si Kecil sambil dibarengi dengan kehadiran wewangian yang disukai bayi, tentu efeknya akan lebih luar biasa.

Tidak hanya perasaan tenang yang membantu tumbuh kembang emosinya,, si Kecil juga merasakan cinta dari sentuhan lembut dari Ayah dan Bunda yang bermanfaat baik untuk otaknya.

Menjaga tubuh bayi segar seharian

Setelah memahami pentingnya mood bayi yang baik dan hebatnya wewangian untuk menjaga mood bayi, tentu Ayah dan Bunda tergelitik untuk mencobanya. Apakah benar wewangian bisa menjaga mood bayi sehingga less cranky dan bebas mood swings?

Ada banyak cara memanfaatkan wewangian untuk menjaga mood si Kecil. Ayah dan Bunda bisa memanfaatkan sumber wewangian seperti diffuser. Tujuannya untuk menciptakan suasana menenangkan di sekitar bayi.

Baca Juga : Perlengkapan Mandi Bayi yang Tepat Dukung Si Kecil Tetap Segar Beraktivitas di Luar Ruangan

Namun, lebih penting dari itu, Ayah dan Bunda bisa memulainya dari tubuh si Kecil, lho.Yaitu dengan selalu menjaga kesegaran tubuhnya.

Kesegaran tubuh bayi memang merupakan tantangan tersendiri. Apalagi, jika si Kecil aktif mengeksplorasi keadaan sekitarnya. Rasa penasarannya selalu mendorong si Kecil untuk terus bergerak aktif yang membuat tubuhnya mudah berkeringat.

Ketika sedang aktif, tidak jarang tiba-tiba mood si Kecil turun. Banyak Ayah dan Bunda melihatnya sebagai mood swings karena perubahan perasaan yang cepat. Padahal, turunnya mood si Kecil ketika bermain adalah akibat tubuhnya yang sudah tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal ini, cara satu-satunya adalah membersihkan tubuh si Kecil. 

Tapi, tentu repot jika si Kecil harus terus dibersihkan terus menerus, ya. Karenanya, Ayah dan Bunda memerlukan produk-produk pendukung yang membuat si Kecil senantiasa segar seharian dan bebas dari mood swings.

baby mood product

Cussons Baby Happy Fresh Cologne dengan aroma fruity citrus menyegarkan mood si Kecil hingga 12 jam agar mereka ceria seharian.

 

Cussons Baby Happy Fresh Cologne bisa jadi pilihan Ayah dan Bunda! Dengan formula FreshboostTM, baby cologne ini tahan menyegarkan si Kecil hingga 12 jam. Aroma fruity citrus memberikan efek segar. Si Kecil pun bebas beraktivitas, Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir mood-nya turun ketika bermain.

Agar maksimal, penggunaan cologne pun ada aturannya, lho. Ayah dan Bunda bisa menambahkan efek aroma cologne dengan menggunakan produk wangi sejenis. Contohnya adalah Cussons Baby Wash Happy Fresh dan Cussons Baby Lotion Happy Fresh.

Gunakan cologne sehabis mandi, setelah Ayah dan Bunda membalurkan lotion ke seluruh tubuh si Kecil. Cologne juga bisa digunakan saat si Kecil beristirahat di sela aktivitasnya. Tujuannya agar si Kecil selalu segar, sehingga moodnya selalu bagus.

Caranya, teteskan cologne ke telapang tangan Ayah dan Bunda, lalu usapkan merata ke pakaian si Kecil. Perlu ditekankan, baby cologne memang aman untuk kulit bayi, namun, usahakan tetap meminimalisir kontaknya dengan kulit si Kecil, ya. Tujuannya agar Ia masih mengenali aroma alami tubuhnya.

Gampang-gampang susah, ya, menghadapi mood bayi yang sensitif. Kuncinya adalah perhatian penuh dari Ayah dan Bunda untuk membuat tubuh si Kecil tetap segar. Sehingga, aktivitas eksplorasinya selalu menyenangkan dan terhindar dari mood swings.

Ayah dan Bunda, jangan lupakan juga mengabadikan momen aktif si Kecil bersama Cussons Bintang Kecil 2021. Melalui kompetisi ini, Ayah dan Bunda bisa memperlihatkan si Kecil yang ceria dan aktif dengan mood baiknya yang penuh canda tawa setiap hari.

Ada kesempatan untuk memenangkan total hadiah Rp 1 Miliar, lho!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk bagikan momen seru penuh canda tawa dengan si Kecil bersama Cussons Bintang Kecil 2021! Selengkapnya bisa dicek di https://cbk2021.id, Facebook Cussons Baby Indonesia, dan Instagram @cussonsbabyid.

Referensi :

Cussons Baby Happy Fresh

Moods of Babies – Every Parent’s Concern About How to Overcome Baby’s Mood Changes

Why Baby’s Sense of Smell is Important

How to raise a happy baby

Understanding your baby’s moods

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!