Fakta dan Mitos Rambut Bayi Lama Tumbuh

Apakah bunda merasa cemas karena rambut bayi bunda lama tumbuhnya? Setelah dicukur tidak kunjung tumbuh atau sedari lahir rambut bayi tipis dan jarang? Benarkan mencukur rambut bayi hingga botak dapat mempercepat tumbuhnya rambut bayi? Kami akan membahasnya secara tuntas dalam artikel ini.

Rambut Bayi Lama Tumbuh Disebabkan Beberapa Faktor Seperti:

  • Genetik. Pada beberapa bayi dengan bawaan genetik rambut yang tipis dan jarang, pada fase awal hidupnya dapat mengalami pertumbuhan rambut yang lebih lambat dibandingkan dengan anak lain seusianya. Namun jangan khawatir, setelah berusia satu tahun, rambut bayi dapat tumbuh normal dan lebih lebat.
  • Gizi. Asupan gizi sangat berpengaruh dalam pertumbuhan rambut bayi. Makanan dengan kandungan nutrisi seimbang sangat berpengaruh dalam merangsang pertumbuhan rambut bayi dan memperkuat akar rambut. Pada bayi dengan asupan nutrisi kurang seimbang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut bayi menjadi lebih lambat.
  • Pemakaian aksesori rambut. Pemakaian topi atau bando memang membuat bayi terlihat lebih lucu. Namun hati hati loh, bun. Pemakaian topi dan bando secara terus menerus dapat menyebabkan rambut bayi lama tumbuh di area yang tertekan topi atau bando. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan pada kulit kepala sehingga aliran darah ke area tersebut menjadi terhambat dan menyebabkan akar rambut kurang mendapatkan nutrisi.
  • Perawatan rambut dan kulit kepala yang kurang sesuai. Perawatan rambut dan kulit kepala yang kurang sesuai seperti pemilihan shampoo yang salah, atau pemakaian berlebihan produk perawatan lain yang tidak sesuai pada kulit kepala bayi dapat menyebabkan rambut si Kecil lama tumbuh. Hal ini disebabkan karena penggunaan produk produk perawatan yang salah menyebabkan kulit kepala dan rambut tidak mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang optimal.
  • Faktor hormonal selama dalam kehamilan. Pada beberapa ibu dengan kadar hormon tertentu yang tinggi selama dalam kehamilan, seperti hormon estrogen atau justru hormon yang rendah dalam kehamilan seperti pada kondisi hipotiroid atau kurangnya hormon tiroid dapat menyebabkan rambut anak lama tumbuh dalam 6 bulan pertama kehidupannya. Namun bunda tidak perlu khawatir karena setelah berusia satu tahun rambut bayi dapat tumbuh lebih lebat.
rambut bayi lama tumbuh
Kenapa rambut bayi lama tumbuh? Apakah rambut si Kecil semakin lebat jika sering dipotong?

Mitos Rambut Bayi Lama Tumbuh Dan Fakta Dibaliknya:

  • Rambut si Kecil lama tumbuh karena tidak dicukur hingga botak. Mencukur rambut bayi hingga botak lazim dilakukan para orang tua di negara Asia. Hal ini disebabkan oleh adanya mitos apabila rambut bayi baru lahir dicukur hingga botak, maka setelah tumbuh rambut akan lebih lebat dan cepat pertumbuhannya. Hal ini tidak benar karena mencukur rambut bayi hingga botak hanya akan membuat rambut bayi tumbuh dalam satu fase yang sama sehingga terlihat seola olah lebih lebat.
  • Rambutnya tumbuh lama karena bayi pernah mengalami demam tinggi. Demam tinggi tidak menjadi penyebab utama rambut bayi lama tumbuh. Namun penyebab demam tinggi tersebut dan frekuensi terjadinya demam tinggi dapat menjadi pencetus rambut bayi lama tumbuh. Apabila demam tinggi disebabkan infeksi bakteri atau virus berulang yang disebabkan karena asupan nutrisi bayi kurang sehingga daya tahan tubuhnya berkurang makan rambut bayi dapat menjadi lama tumbuh. Begitu npila sebaliknya, apabila demam tinggi berulang menjadi penyebab anak susah makan dan asupan nutrisinya berkurang, maka rambut bayi dapat menjadi lama tumbuhnya.
  • Mitos rambut bayi lama tumbuh karena ibu kurang mengkonsumsi kacang hijau sewaktu mengandung belum terbukti benar secara ilmiah. Meskipun demikian, mengonsumsi kacang hijau saat hamil, memberikan kebaikan. Kacang hijau kaya akan protein dan vitamin, termasuk vitamin E, dan kandungan lemak tak jenuhnya baik untuk membantu perkembangan otak janin.
  • Mitos rambut bayi lama tumbuh karena kurang diberi perawatan dengan memakai hair lotion.
    Pada dasarnya, kulit bayi belum berfungsi secara sempurna. Kulitnya lebih tipis dan jaringan ikat antar selnya masih longgar. Jika rambut bayi masih tipis atau tiba-tiba rontok, Anda jangan panik dulu. Karena seperti gigi, bayi juga mempunyai rambut pertama yang akan lepas dan berganti dengan rambut permanen. Rambut permanen ini akan tumbuh pada usia 3-4 bulan. Meski demikian, bayi tetap perlu diberi hair lotionkarena rambutnya masih dalam fase pertumbuhan.
  • Mitos sering keramas bisa membuat rambut cepat tumbuh. Ibarat tanaman yang makin subur jika sering disirami dan diberi pupuk, rambut bayi juga harus dirawat dengan sampo secara teratur agar tumbuh sehat dan kulit kepala, seperti sisik kepala (cradle cap) dan seboroik. Selain sampo, gunakan hair lotion untuk memberi kelembaban alami pada rambut dan kulit kepala bayi agar rambutnya tumbuh lebih tebal, hitam dan bercahaya serta lebih lembut. Sehingga mudah disisir dan tidak kusut.
menumbuhkan rambut bayi
Bagaimana cara menumbuhkan rambut bayi secara alami? Berikut beberapa bahan – bahan yang mendukung pertumbuhan rambut bayi lebat dan cepat tumbuh!

Baca Juga: 10 Bahan Alami Penumbuh Rambut

Meski rambut bayi lama tumbuh disebabkan oleh berbagai faktor seperti genetik dan asupan nutrisi namun bunda masih bisa melakukan berbagai cara agar rambut bayi cepat tumbuh. Bagaimana caranya?

  1. Vitamin E
    Penelitian menunjukkan bahwa selain bagus untuk kulit, vitamin E dapat membantu pertumbuhan rambut. Berikan bayi bunda perawatan dengan menggunakan produk dengan kandungan bahan alami yang mengandung vitamin E atau makanan yang kaya akan vitamin E apabila rambut bayi bunda lama tumbuh.
  2. Almond
    Apabila rambut bayi bunda lama tumbuh, bunda juga bisa mencari produk perawatan rambut bayi yang mengandung almond. Jenis kacang-kacangan yang satu ini merupakan sumber protein dan asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan rambut. Anda juga dapat menggunakan minyak almond untuk memijat kepala si kecil.
  3. Zat Besi
    Zat besi adalah nutrisi penting lainnya yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, karena mencegah kerusakan helai rambut, yang menyebabkan rambut lebih tebal dan lebih panjang. Bila bayi telah berusia 6 bulan ke atas, jangan lupa memberikannya makanan yang kaya akan zat besi. Misalnya sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, labu, dan banyak lagi.
  4. Aloe Vera
    Semua orang tahu bahwa aloe vera atau lidah buaya baik untuk kulit maupun pertumbuhan rambut. Apabila rambut bayi bunda lama tumbuh, bunda dapat menggunakan lidah buaya langsung ke kulit kepala bayi atau mencampurnya dengan sampo atau kondisioner untuk hasil terbaik. Atau bunda dapat membeli produk perawatan rambut yang mengandung aloe vera.
  5. Handuk Lembut
    Gunakan handuk lembut setiap kali hendak mengeringkan rambut bayi yang basah. Sebab, menggosok rambut bayi dengan handuk kasar dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut bayi lama tumbuh.
  6. Hindari mengikat rambut
    Kebanyakan orang tua suka mengikat rambut bayi atau balita mereka dengan kuncir kuda kecil. Itu membuat penampilan mereka terlihat sangat imut, tetapi mengikat rambut sebenarnya dapat merusaknya. Akar rambut bayi lemah dan mengikatnya dapat menyebabkan kerusakan sehingga menyebabkan rambut bayi rontok dan lama tumbuh kembali.
  7. Perawatan
    Rajin menyisir dengan lembut kulit kepala bayi selain bisa meningkatkan pertumbuhan rambutnya juga berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Bunda dapat menyisir kepala bayi dengan sisir berujung lembut apabila rambut bayi lama tumbuh, namun hindari menyisir secara berlebihan.
  8. Cuci secara Teratur
    Cucilah rambut si kecil dengan air hangat dan sampo bayi yang lembut setiap 2-3 hari sekali. Ini berguna untuk mengurangi akumulasi kotoran dan menjaga kulit kepalanya tetap bersih sehingga pertumbuhan rambut pun tidak terganggu.
  9. Minyak Rambut
    Menggunakan minyak rambut sekaligus memijat kepala bayi dengan lembut dapat membantu sirkulasi darah dan memberikan kelembaban yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain minyak almond seperti yang sudah disebutkan di atas, bunda bisa menggunakan minyak kelapa murni
  10. Kondisioner
    Bila dirasa perlu, bunda juga bisa menggunakan kondisioner khusus bayi. Tidak hanya membuat rambut lebih lembut dan lembap, kondisioner akan memberikan nutrisi penting untuk kulit kepala si kecil. Bila sulit menemukan kondisioner khusus untuk rambut bayi, cobalah kondisioner alami seperti telur atau yoghurt.

Jadi setelah mengetahui fakta dan mitos rambut bayi lama tumbuh, bunda tidak perlu cemas berlebihan apabila mendapati rambut si kecil tidak kunjung tumbuh. Lakukan perawatan sesuai kondisi dan usia bayi dan bersabar hingga bayi berusia satu tahun.

ditulis oleh: dr. Cindy Paulina, Dipl CIBTAC, Dipl CIDESCO

 

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!