Cek Dulu List Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Bisa Sekaligus Menstimulasi Panca Inderanya - Cussons Baby Indonesia

Cek Dulu List Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Bisa Sekaligus Menstimulasi Panca Inderanya

Tiga bulan pertama sejak bayi baru lahir adalah waktu paling ajaib yang dialami oleh Bunda. Dalam jangka waktu pendek, banyak hal yang dipelajari bayi baru lahir dan Ia menunjukkan kemampuan barunya setiap hari. Termasuk kemampuan sensorinya. Yuk, cari tahu cara melatih sensori bayi baru lahir dan perlengkapan yang Bunda butuhkan!

 

Tumbuh kembang bayi adalah proses paling mengejutkan sekaligus membahagiakan untuk Bunda. Sejak hari pertamanya lahir di dunia, bayi akan menunjukkan proses tumbuh kembangnya. Lewat perubahan fisik dan kemampuan baru setiap hari.

 

Pada 1.000 hari pertama, tumbuh kembang bayi berada di masa emas. Di periode ini, bayi menerima, menyerap, dan mempelajari banyak hal baru yang ada di sekitarnya. Terutama di tiga bulan pertama sejak kelahiran. Wah, di waktu-waktu ini Bunda akan sering dibuat kaget si Kecil yang tiba-tiba sudah bisa melakukan hal baru. Mulai dari keragaman ekspresi, suara yang makin nyaring, hingga berusaha mengangkat kepala.

 

Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan motorik dan sensorik yang begitu cepat berkembang di tiga bulan pertamanya.  Dilansir dari WebMD, bayi umur tiga bulan adalah bayi siaga. Di umur ini, indera sensori mereka belajar untuk berfungsi dengan cepat. Terutama indera pendengaran dan penglihatan. 

 

Ketika baru dilahirkan, bayi hanya bisa melihat bentuk-bentuk buram. Mereka bisa melihat outline atau bentuk wajah di sekitarnya seperti Bunda, Ayah, Dokter, dan Suster. Namun, masih belum mampu melihat secara jelas. Meskipun begitu, bayi mengetahui saat Bunda tersenyum dan tertawa dari gerakan wajah. 

 

Setiap hari, kemampuan penglihatan bayi akan membaik. Memasuki usia tiga bulan, penglihatanya akan sepenuhnya jelas. Mata yang masih beradaptasi akan memilih benda dengan warna cerah dan berbentuk tajam atau jelas karena lebih mudah dicerna oleh mata.

Di umur ini, indera pendengaran bayi juga semakin baik. Sama seperti mata, telinga bayi belum berfungsi dengan optimal ketika lahir. Seiring waktu, indera pendengarannya akan semakin berkembang dan bisa mendengar suara dengan jelas.

 

Pada usia tiga bulan, bayi cenderung akan merespons dengan cepat jika mendengar suara-suara yang familiar. Seperti suara Ayah dan Bunda. Mereka juga sudah bisa mendengar nada dengan jelas dan terus mempelajari semakin banyak bunyi.

 

Menstimulasi Panca Indera Bayi di Usia Tiga Bulan

 

Tidak hanya indera penglihatan dan pendengaran, indera-indera lain juga mulai bekerja optimal di usia ini. Seperti indera peraba. Saat umurnya tiga bulan, bayi sudah semakin banyak mengenali berbagai tekstur. Menstimulasi indera peraba bayi sangat bermanfaat untuk motoriknya, lho. Saat bayi merasakan tekstur, mereka akan terpancing untuk memegang dan menggenggam bendanya.

 

So, apa saja yang bisa Bunda lakukan dan perlengkapan bayi baru lahir yang Bunda perlukan untuk menstimulasi kemampuan sensori bayi usia tiga bulan? 

 

  • Tummy time

Tummy time atau tengkurap bisa menjadi salah satu stimulasi motorik yang baik untuk bayi. Posisi ini melatih koordinasi sensor motorik pada otot leher, bahu, tangan, dan dada bayi. Posisi ini juga menjadi latihan awal bayi untuk bergerak lebih banyak.

 

  • Mainan genggam

Permainan genggam berguna untuk melatih sensori peraba bayi. Berikan mainan genggam yang memiliki banyak tekstur berbeda agar sensor perabanya terstimulasi. Juga melatih kemampuan genggam dan kekuatan tangan bayi.

 

  • Mendengarkan Musik dan mengobrol

Musik bisa menjadi stimulus yang baik untuk melatih indera pendengaran bayi. Musik bisa juga menstimulasi kemampuan kognitifnya. Selain musik, ajaklah bayi berkomunikasi, sehingga tidak hanya sensor pendengarannya saja yang terstimulasi, tapi juga kemampuan berkomunikasinya.

 

  • Dampingi dengan Perawatan Kulit dan Rambut Bayi Baru Lahir agar Stimulasinya Optimal

 

Disamping melatih lewat mainan dan kegiatan, setiap momen perawatan bayi juga merupakan momen stimulasi sensor si Kecil, lho. Saat mandi dan merawat kulit bayi, terjadi sejumlah stimulasi seperti merasakan tekstur air, sentuhan lembut bunda, aroma hair lotion, hingga setiap interaksi yang terjadi.

 

Nah, agar stimulasinya optimal, pastikan menggunakan produk perawatan kulit dan rambut bayi baru lahir yang baik dan aman. 

Rangkaian Cussons Baby Newborn membantu Bunda merawat kulit bayi baru lahir sambil menstimulasinya. Cussons Baby Newborn Hair and Body Wash dengan formula Organic Olive Oil, Natural Chamomile, dan Pure Water memastikan mandi bayi baru lahir lembut, nyaman, dan melembabkan kulitnya. Setiap usapan lembut Bunda begitu berharga saat memandikan bayi. Teruji dermatologis dengan 0% alkohol dan pewarna, serta hypoallergenic memastikan mandi si Kecil aman.

 

Lengkapi perawatan kulit dan rambutnya dengan rangkaian Cussons Baby Newborn yang terdiri dari Cussons Baby Newborn Cream, Cussons Baby Sensitive Wipes, dan Cussons Baby Lotion yang bisa menjaga serta melembabkan kulit bayi baru lahir hingga 24 jam.

Tags:

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: